Inilah Cara Screenshot Panjang Di Hp Android Dan Pc

Tidak sedikit orang yang masih kebingungan ketika dia ingin mengambil gambar atau screenshot satu halaman penuh. Di perangkat Android, sebetulnya ada fitur untuk melakukan screenshot. Hanya saja fitur yang dihadirkan biasanya terbatas untuk screenshot untuk yang tampil di layar saja.

Nah, karena itulah Carisinyal kali ini bakal menjelaskan wacana cara screenshot panjang atau penuh. Jika Anda ialah orang yang gundah untuk melaksanakan screenshot panjang, langsung saja simak klarifikasi perihal cara screenshot panjang di perangkat HP Android maupun di PC atau laptop berikut ini.

Cara Screenshot Panjang di HP Android

Untuk melakukan screenshot panjang di HP Android, Anda memerlukan aplikasi pihak ketiga atau aplikasi dari Google PlayStore yang perlu diinstal. Adapun aplikasi pihak ketiga untuk melakukan screenshot panjang mampu Anda pilih di dengan mudah di Google PlayStore. Aplikasi untuk melakukan screenshot panjang tersebut yakni sebagai berikut.

1. LongShot

LongShot

LongShot merupakan aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk screenshot panjang. Dengan aplikasi ini, Anda dapat menangkap konten yang panjang alias keseluruhan, bukan sekadar yang terlihat saja. Hal yang menarik dari aplikasi ini yaitu penggunaan aplikasinya yang tergolong mudah. Berikut langkah-langkah memakai aplikasi LongShot.

  • Cari dan unduh aplikasi LongShot di Google PlayStore. Untuk mengunduhnya, Anda mampu klik link ini. Aplikasi LongShot sendiri adalah aplikasi yang gratis dan bebas Anda gunakan.
  • Setelah Anda mengunduh LongShot, selanjutnya buka aplikasi LongShot.
  • Untuk melaksanakan screenshot panjang, silakan klik “Tangkap Halaman Web”. Nantinya, aplikasi ini bakalan bekerja layaknya peramban alias browser. Setelah itu, Anda tinggal memasukan link atau yang akan ditangkap secara keseluruhan.LongShot
  • Contohnya, Anda mampu memasukan “Carisinyal.com”. Kemudian, Anda tinggal menentukan artikel yang ditangkap. Anda juga mampu langsung melaksanakan screenshot pada halaman utama “Carisinyal.com”.
  • Anda akan menemukan opsi “Scroll ke bawah“. Opsi ini memungkinkan Anda untuk mampu screenshot hingga pada bagian yang Anda inginkan.
  • Anda kemudian tinggal pilih “Akhiri disini dan tangkap layar” untuk melakukan screenshot secara panjang.

LongShot sendiri adalah aplikasi yang mempunyai fitur menarik. Fitur menarik tersebut yaitu fitur untuk menggabungkan dua atau lebih screenshot semoga jadi satu yang memanjang. Selain itu,  terdapat juga fitur auto capture screenshot. Fitur ini bekerja dengan cara scrolling untuk kemudian melakukan screenshot laman web yang panjang dengan 2 kali klik saja.

2. Scroll Capture for Web

Scroll Capture for Web

Aplikasi lainnya yang bisa dipakai untuk screenshot panjang di HP Android yakni Scroll Capture. Aplikasi yang satu ini tergolong simpel. Malah, aplikasi ini tergolong lebih gampang digunakan.

Yang perlu Anda lakukan cukup buka aplikasi ini, terus tinggal masukan tautan website yang ingin Anda screenshot. Setelah itu, silakan langsung pilih screenshot yang berada di tengah bawah. Semudah itu. Tertarik mencoba? Silakan gunakan LongShot dengan cara mengunduhnya di sini.

3. Web Scroll Capture

Web Scroll Capture

Web Scroll Capture yakni aplikasi lainnya untuk melaksanakan screenshot panjang. Aplikasi ini juga tergolong mudah digunakan. Anda tinggal buka aplikasi ini, memasukan alamat website, kemudian tinggal pilih screenshot yang posisinya ada di bab kanan bawah.

Hal menarik dari aplikasi ini yaitu hadirnya tiga opsi yang mampu dipilih. Opsi pertama yaitu “Download this page completely”. Fitur ini berfungsi untuk mengunduh halaman secara lengkap.

Opsi kedua adalah “Capture as PDF”. Opsi ini berfungsi untuk screenshot dengan hasil format PDF. Opsi ketiga yaitu “Capture as Image” ialah hasil screenshot berupa gambar. Tertarik menggunakan aplikasi ini? Jika tertarik, silakan unduh aplikasi Web Scroll Capture  di sini.

4. Long Screenshot – Full Screen Capture

Long Screenshot - Full Screen Capture

Aplikasi Long Screenshot – Full Screen Capture yaitu aplikasi di Android lainnya yang memungkinkan Anda untuk melakukan screenshot panjang. Ketika aplikasi ini dibuka, Anda akan mendapatkan tampilan Google.com.

Tidak ada opsi untuk memasukan link tertentu. Kaprikornus Anda harus menggunakan layanan Google terlebih dulu untuk ke situs tertentu. Tertarik dengan aplikasi ini? Jika tertarik, silakan gunakan aplikasi ini dengan cara unduh di sini.

Cara Screenshot Panjang di PC dan Laptop 

Setelah mengetahui screenshot panjang di Android, selanjutnya yaitu melakukan screenshot panjang di PC. Untuk screenshot di PC, ada beberapa cara yang mampu Anda lakukan. Apa saja caranya? Langsung simak pembahasannya berikut ini.

1. Memakai Firefox Quantum

Jika Anda menggunakan browser Firefox Quantum di PC, Anda mampu memakai fitur yang ada di Firefox untuk melakukan screenshot secara panjang. Silakan unduh Firefox Quantum terbaru. Setelah terunduh, buka halaman situs yang akan di-screenshot. Setelah itu, pilih tanda titik tiga seperti terlihat pada gambar berikut ini.

firefox screenshot

Akan muncul beberapa opsi, pilihlah “take a screenshot”.

firefox screenshot

Untuk mengambil screenshot secara penuh, pilihlah opsi “Save full page”.

Anda juga bisa memilih opsi “save visible” untuk menangkap layar yang tampil saja. Cukup gampang bukan?

2. Memakai Opera Browser 

Opera

Jika Anda memakai browser Opera Browser, Anda juga mampu dengan mudah melakukan screenshot. Caranya ialah dengan membuka terlebih dahulu halaman website yang akan di-screenshot.  Setelah itu, silakan buka sajian dengan klik logo Opera di kanan atas.

Opera Screenshot

Pilihlah opsi “Snapshot”. Setelah itu, pilihlah opsi “Capture Full Screen”.

Opera Screenshot

Anda juga bisa menentukan opsi “Save page as PDF” yang memungkinkan halaman web tersimpan dalam bentuk PDF.

2. Menginstal Extension di Google Chrome

Google Chrome juga memungkinkan Anda untuk melakukan screenshot panjang. Hanya saja, tidak ada fitur atau opsi khusus untuk melakukan screenshot seperti halnya Firefox dan Opera. Untuk Google Chrome, Anda perlu menginstal extension untuk melakukan screenshot panjang atau penuh. Extension yang perlu dipasang yakni sebagai berikut.

Scrn.li

Extension ini ialah extension yang memungkinkan Anda untuk screenshot panjang. Anda bisa menentukan opsi “Entire page” untuk screenshot penuh. Anda juga mampu memilih opsi “Visible Page” untuk screenshot yang nampak saja.

Opsi “Selected Area” ialah opsi untuk screenshot sebagian saja. Semeetara opsi “Browser Window” yaitu opsi yang memungkinkan extension ini untuk screenshot browser Windows secara keseluruhan.

Anda juga mampu pilih opsi “Download Entire Page” untuk mengunduh halaman secara keseluruhan. Sementara opsi “Add Image” yaitu opsi yang memungkinkan extensi ini mengedit gambar yang ada di komputer Anda.

FireShot

Extension yang kedua yang mampu Anda instal untuk melakukan screenshot panjang yaitu Fireshot. Extension ini mampu menangkap gambar seluruh atau sebagian saja. Menariknya, hasil screenshot bisa dipilih dalam format gambar PNG maupun JPG.

  • Nimbus Screenshot & Screen Video Recorder

 

Nimbus Screenshot & Screen Video Recorder

Nimbus Screenshot & Screen Video Recorder yaitu extension lainnya yang bisa Anda pasang di Google Chrome untuk menangkap layar panjang atau penuh. Hasil screenshot tersebut mampu Anda edit langsung dengan extension ini.

Yang menarik, extension ini memungkinkan Anda untuk melaksanakan rekaman layar alias screen video recorder. Hanya saja yang direkam hanyalah tampilan web tidak keseluruhan tampilan desktop Windows. Karena fitur ini, extension Nimbus ini memiliki ukuran file yang tergolong besar.

Demikianlah klarifikasi perihal cara screenshot panjang di HP Android maupun di PC atau laptop. Semoga informasi ini membantu bagi Anda yang sedang kebingungan cara screenshot panjang di HP Android maupun di PC.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online