Inilah Cara Mengecilkan Icon Desktop Dengan Mudah Dan Cepat

Jika kamu pengguna komputer dengan OS Windows, kau pastinya selalu menggunakan icon desktop untuk membuka sebuah aplikasi atau file. Ini yakni cara termudah untuk mengakses kedua hal tadi dibandingkan harus masuk lebih jauh ke dalam sistem file komputer. Tinggal klik dua kali pada icon tersebut, maka aplikasi atau file pun akan langsung terbuka.

Biasanya secara default, komputer dengan OS Windows 10, 8.1, dan Windows 7 akan menampilkan icon desktop dalam ukuran medium. Bagi sebagian orang, ukuran icon medium itu mampu terlalu besar atau terlalu kecil. Oleh alasannya adalah itu, terdapat pilihan untuk memperkecil atau memperbesar icon desktop dari ukuran semula. Kamu mampu membaca panduan di bawah ini untuk mengecilkan atau memperbesar ukuran icon desktop.

Cara Mengecilkan Icon Desktop dengan Mudah

Desktop Icon

Mengecilkan icon desktop dapat kau lakukan dengan mudah dan sangat cepat loh. Hanya dalam waktu beberapa detik saja, kamu mampu mengubah ukuran icon desktop menjadi lebih kecil atau lebih besar. Bagi kau yang punya berbagai icon di tampilan desktopnya, mengecilkan icon-icon tersebut yakni hal yang diharapkan biar tidak memenuhi layar.

Dua cara mengecilkan icon desktop di bawah ini dapat kau lakukan di komputer dengan OS Windows 7, Windows 8 atau 8.1, serta Windows 10. Kaprikornus apa saja caranya? Yuk simak bahasan Carisinyal di bawah ini.

1. Menggunakan Menu Klik Kanan

resize-desktop-icon-using-context-menu

* sumber: www.isumsoft.com

Salah satu cara paling mudah untuk mengecilkan ikon desktop ialah dengan memakai menu klik kanan. Dengan pertolongan sebuah mouse, kau bahkan mampu melakukannya secara lebih cepat. Jika kau menggunakan komputer layar sentuh, kau tinggal menekan area layar dan menahannya beberapa dikala.

Mengecilkan ikon desktop dengan klik kanan dapat dilakukan secara instan dan simpel. Cukup klik kanan pada area kosong di tampilan desktopmu, maka akan muncul sebuah tab yang berisi beberapa pengaturan. Untuk mengecilkan atau memperbesar ikon, pilih menu View kemudian serong ke kanan. Di sana ada pilihan Large icons, Medium icons, dan Small icons.

Untuk ikon desktop yang paling kecil berarti pilih Small icons, untuk yang sedang pilih Medium icons, dan yang paling besar pilih Large icons. Mudah sekali, bukan?

2. Menggunakan Keyboard dan Mouse

resize-desktop-icon-using-scroll-wheel

* sumber: www.isumsoft.com

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan papan pengetik atau keyboard dan  mouse. Cara ini bisa jadi sangat menyenangkan untuk mengecilkan dan memperbesar ikon desktop. Dengan memakai keyboard dan mouse juga, ikon desktop mampu dibentuk lebih kecil dibandingkan cara klik kanan.

Jika kau menggunakan laptop, yang harus kamu miliki yaitu mouse-nya saja. Namun, kalau menggunakan komputer biasa kamu harus menghubungkan keyboard beserta mouse. Bagaimana sih caranya?

Sangat mudah sekali mengecilkan ikon desktop dengan kedua benda ini. Pertama kamu harus menekan dan menahan tombol CTRL di keyboard, lalu gulir atau scroll roda mouse kau ke belakang. Dengan cara ini, ikon desktopmu bisa dibuat lebih kecil lagi sampai beberapa kali lipat dibanding ukuran normalnya.

Jika ingin memperbesar ikon desktop, caranya sama dengan langkah-langkah di atas. Hanya saja ketika menggulir roda mouse, lakukan hal itu ke bab depan. Dengan cara ini juga, kau bisa memenuhi tampilan desktopmu dengan ikon-ikon yang super besar.

Itulah dua cara termudah yang mampu kamu lakukan untuk mengecilkan icon dekstop dan juga memperbesarnya. Tanpa perlu memasang aplikasi macam-macam, kamu mampu melakukan hal ini dengan sangat cepat menggunakan mouse atau keyboard komputermu. Selain itu, Carisinyal juga akan membahas cara mengecilkan icon File Explorer dan icon taskbar di bawah ini.

Cara Mengecilkan Icon di File Explorer

Icon atau thumbnail file atau folder di File Explorer juga bisa kau perkecil atau perbesar loh. Caranya juga sangat gampang dan hampir seperti dengan cara mengecilkan atau memperbesar icon desktop di atas.

1. Dengan Klik Menu View

Menu View

Yang pertama ialah dengan cara manual menentukan view tampilan icon-icon tersebut. Caranya sangat mudah, kamu tinggal membuka sebuah folder di File Explorer. Pada tampilan bagian atas, kau akan melihat jejeran hidangan mirip File, Home, Share, dan View.

Untuk memperkecil maupun memperbesar icon atau thumbnail, pilih menu View. Setelah itu akan muncul pilihan untuk menampilkan icon dalam beberapa macam ukuran dan pilihan.

Terdapat delapan pilihan hidangan tampilan icon di File Explorer, ialah Extra large icons untuk menampilkan icon dalam ukuran yang sangat besar, Large icons untuk ukuran yang besar, Medium icons untuk ukuran medium standar, Small icons untuk ukuran yang kecil, List untuk menampilkan icon-icon dalam bentuk daftar, Details untuk menampilkan icon dalam daftar dengan detail gosip (data pembuatan, jenis file), serta ada Tile dan Content.

2. Dengan Keyboard dan Mouse

resize-desktop-icon-using-scroll-wheel

* sumber: www.isumsoft.com

Yang ini juga dapat dilakukan sangat gampang loh. Caranya melakukannya sangat mirip dengan langkah mengecilkan icon desktop di atas. Pertama-tama kau harus membua folder di File Explorer. Kemudian tekan dan tahan tombol CTRL, kemudian gulirkan roda mouse ke bekalang (untuk memperkecil) dan ke depan (untuk memperbesar).

Saat cara yang kedua ini dicoba di komputer penulis, perubahan icon-icon folder atau file-nya mengikuti alur pilihan pada menu View. Alurnya adalah seperti ini: Extra large icons > Large icons > Medium icons > Small icons > List > Details > Tile > Content. Dengan cara yang kedua ini, kau mampu mengubah ukuran icon-icon di File Explorer lebih cepat.

Cara Mengubah Ukuran Icon di Taskbar

Taskbar ialah sebuah panel yang biasanya terletak di bab bawah tampilan komputer. Kamu juga bisa mengubah penempatan taskbar, apakah itu di atas, sisi kanan, atau sisi kiri tampilan komputer. Taskbar ini mampu menampilkan acara-program komputer yang sedang kamu jalankan.

Icon pada taskbar memiliki kegunaan sebagai jalan pintas membuka program yang sedang berjalan atau aplikasi yang ingin di jalankan dalam satu klik. Icon taskbar juga mampu kamu perkecil atau perbesar memakai langkah-langkah di bawah ini.

1. Di Windows 10

Use Small Icon Taskbar W10

* sumber: www.isumsoft.com

Cara melaksanakan perubahan icon taskbar yang ini khusus bagi pengguna Windows 10. Jika menu taskbar terlalu kecil, kamu mampu memperbesarnya. Pada menu pengaturan Taskbar Windows 10 juga terdapat pilihan sajian ‘Use small taskbar buttons’.

Caranya ialah klik kanan pada bab taskbar, lalu pilih hidangan Taskbar settings. Lalu kau akan dibawa ke tampilan baru pengaturan Taskbar. Cari hidangan ‘Use small taskbar buttons’ dan aktifkan.

2. Di Windows 7

Use Small Icon W7

* sumber: www.isumsoft.com

Pada Windows 7 juga kau bisa mengubah ukuran icon taskbar. Caranya hampir mirip dengan langkah-langkah pada Windows 10. Kamu cukup klik kanan pada taskbar dan pilih ‘Properties’. Pada tab yang terbuka, kamu bisa mencentang pilihan ‘Use small icons’.

Caranya sangat mudah, bukan? Jika ingin icon taskbar yang berukuran besar, tinggal uncheck saja pilihan tersebut. Pada Windows 10, kamu hanya perlu menonaktifkan hidangan ‘Use small taskbar buttons’.

Nah, itulah langkah-langkah mengecilkan icon desktop dan icon-icon lainnya di komputer kamu. Cara di atas sangat gampang dilakukan dan mampu kau praktekan kini juga. Makara, selamat mencoba.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online