Inilah Cara Mengatasi Download Tertunda Di Google Play Store

Kamu pemilik perangkat Android? Jika iya, niscaya kamu sering mendownload aplikasi dan game dari Google Play Store. Memang sudah sewajarnya, sebab Google Play Store merupakan sarana distribusi digital resmi yang terdapat pada Android.

Bisa saja mendapatkan aplikasi dengan cara lain seperti mencari file APK yang tersebar luas di internet. Namun, cara ini agak berbahaya mengingat file-file tersebut mampu saja mengandung virus berbahaya yang mampu menciptakan perangkatmu eror.

Selain itu, Google Play Store juga berfungsi sebagai penyedia isu aplikasi yang diharapkan. Kamu mampu melihat gugusan aplikasi terbaik untuk kata kunci tertentu dan melihat langsung ulasan yang diberikan pengguna lain sebagai materi pertimbangan.

Tidak hanya itu saja keuntungan yang mampu didapatkan. Berkat fitur auto-update yang diusung Google Play Store, semua game dan aplikasi yang kau download niscaya selalu berada pada versi terbaru.

Tapi, Google Play Store bukanlah tanpa cela. Tidak jarang pengguna dipusingkan oleh kendala yang menghambat proses download gara-gara tulisan “download pending” atau yang dalam bahasa Indonesianya adalah “Download tertunda”.

Masalah ini terjadi sesudah kau melaksanakan tap pada tombol Install dan proses instalasi menampilkan tulisan tadi. Normalnya, kau hanya perlu menunggu beberapa ketika hingga progress bar-nya menunjukkan angka persen. Tapi jikalau sedang apes, tulisan “download tertunda” ini tidak akan hilang-hilang seberapa lama pun kamu menunggu.

Mengesalkan, bukan? Untung saja Carisinyal telah menyediakan beberapa cara mengatasi download tertunda pada Play Store dengan mudah dan cepat.

Mengapa Kendala “Download Tertunda” Terjadi?

Yang menjadi ajaib adalah hambatan ini sulit ditebak kapan datangnya. Terkadang kau bisa mendownload dengan lancar, terkadang tidak. Meski risikonya hal ini terjadi secara acak, kamu perlu tahu bahwa ada beberapa penyebab yang memungkinkan ini terjadi.

1. Koneksi Tidak Lancar

poor-connection

* sumber: www.advotics.com

Mendownload aplikasi dari Google Play Store tentu saja memerlukan internet. Apabila internet kau lancar, kemungkinan proses download pun akan berjalan mulus.

Karena itu, jikalau hambatan “download tertunda” terjadi sama kau, mungkin perlu diperiksa kembali apakah perangkat Android kau terhubung dengan internet yang kuat.

Periksa apakah kau terhubung dengan WiFi yang benar, apakah kamu masih memiliki kuota, dan apakah batas pemakaian FUP (Fair Usage Policy) sudah habis. Kamu juga mampu mengecek kondisi internet kamu dengan coba browsing. Kalau dikala browsing lancar tapi kau masih mengalami kendala “download tertunda”, mungkin kau perlu pertimbangkan alasan lain.

2.  Ada Aplikasi Lain yang Didownload

aplikasi-android

* sumber: www.webdigitalmediagroup.com

Saat mendownload aplikasi di Google Play Store, kau bisa menekan tombol Install pada aplikasi sebanyak apapun. Namun, perlu diingat proses mendownload tetap akan dilakukan satu per satu.

Jadi, jikalau kamu galau mengapa goresan pena “download tertunda” tidak hilang-hilang, periksalah apakah ada proses download lain yang belum selesai.

3. Memori Internal Tidak Cukup

memori-internal

* sumber: www.techadvisor.co.uk

Setiap aplikasi yang didownload terdiri dari elemen-elemen mirip gambar atau script. Itulah mengapa aplikasi akan memakan ruang ketika diinstal. Kalau kamu berusaha mendownload aplikasi dan memori internal sudah penuh, bisa jadi inilah alasan mengapa kendala “download tertunda” mampu terjadi.

Cara Mengatasi “Download Tertunda” pada Play Store

Setelah mengetahui alasan-alasan di atas, kau mungkin sudah mengetahui cara menanggulanginya. Tapi, tidak sedikit pula kendala “download tertunda” ini tetap terjadi meski kamu sudah memiliki internet yang cepat, memori internal yang cukup, dan tidak ada aplikasi yang sedang didownload.

Kalau dilema ini tetap terjadi pada Android kamu, tidak perlu frustasi. Coba lakukan cara-cara di bawah ini untuk mengatasi “download tertunda” pada Google Play Store. Oh ya, sebagai info, penulis memakai Xiaomi Mi A1 (Android 9) dikala menuliskan tutorial ini. Navigasi mungkin akan berbeda di setiap perangkat dan versi Android.

1. Nyalakan Mode Pesawat dan Matikan Lagi

mode-pesawat

Meskipun kamu merasa kecepatan browsing kamu normal, belum tentu masalahnya bukan terletak pada koneksi. Terkadang ada saja gangguan yang terjadi pada koneksi tanpa kamu sadari. Agar semakin yakin, cobalah untuk me-reset koneksi kamu dengan cara berikut.

  • Lakukan swipe bawah pada kafe notifikasi untuk membuka quick setting
  • Pada umumnya, akan ada pilihan menu mode pesawat. Tap sekali untuk mengaktifkan mode tersebut.
  • Pastikan jaringan seluler dan WiFi menjadi tidak aktif . Lalu, tap sekali lagi pada hidangan mode pesawat untuk mematikannya kembali.
  • Jaringan seluler akan kembali nyala. Kalau kamu memakai WiFi, sambungkan kembali perangkat pada nama WiFi yang aktif.
  • Coba batalkan download pada Play Store dan tap tombol Install sekali lagi.

Tunggu beberapa detik hingga goresan pena “download tertunda” menghilang dan berganti dengan berita MB serta angka dalam bentuk persen. Kalau ternyata belum hilang selama semenit, kamu mampu mencoba cara lain.

2. Lakukan Clear Cache

clear-cache

Perlu diketahui, aplikasi yang pernah kau buka di perangkat Android akan menyimpan file sementara. File sementar ini tersimpan pada penyimpanan berjulukan cache. File sementara ini berkhasiat supaya kau mampu membuka aplikasi yang sama untuk kedua kalinya dengan lebih cepat.

Namun, terkadang cache juga mengandung data leftover atau “sisa” dari download-download yang pernah kau lakukan. Hal ini bisa besar lengan berkuasa pada proses download selanjutnya, alasannya itu sebaiknya kamu lakukan clear cache dengan langkah-langkah berikut ini.

  • Buka hidangan Setting pada perangkat Android kau.
  • Pilih hidangan Storage atau Penyimpanan
  • Pilih hidangan Other Apps
  • Akan ada tampilan daftar aplikasi yang terinstal di perangkatmu. Carilah dan pilih tulisan “Google Play Services” pada daftar.
  • Pilih sajian Clear Cache, informasi ukuran Cache yang tertera akan berubah menjadi 0 B.
  • Hilangkan aplikasi Google Play Store dari daftar aplikasi yang berjalan di latar belakang (running background), buka kembali Google Play Store dan coba download kembali.

Mudah-mudahan metode abolisi cache ini mampu mengatasi masalah “download tertunda” pada Google Play Store. Jika belum berhasil, jangan kuatir! Masih ada cara lain yang mampu kamu coba.

3. Restart Perangkat Android

Restart

* sumber: www.murdockcruz.com

Jika sudah melaksanakan cara-cara tadi namun berhasil juga, saatnya melaksanakan solusi yang terbilang ampuh mengatasi aneka macam duduk perkara: dengan melakukan restart.

Hampir semua perangkat (PC ataupun Android) akan mempunyai aneka macam macam aplikasi yang berjalan di latar belakang. Hal ini kemudian menawarkan efek kepada perangkat yang dapat menjadikannya lemot, tidak responsif, atau bermasalah.

Saat di-restart, perangkat seolah menyala kembali dengan keadaan yang masih “fresh”. Caranya pun cukup gampang, kamu tinggal perlu menekan tombol power yang lama hingga muncul pilihan untuk restart.

4. Lakukan Factory Reset

factory-reset

Masih belum berhasil juga? Yang tabah ya. Untung masih ada cara terakhir yang penulis jamin akan mengatasi duduk perkara kau, adalah dengan factory reset.

Sesuai namanya, factory reset akan mengembalikan kondisi perangkat pada keadaan semula saat pertama kau membelinya. Cara ini tidak dianjurkan karena akan menghapus semua aplikasi, kontak, dan data yang tersimpan pada memori internal.

Kalau memang benar-benar harus pakai cara ini, kamu bisa mem-backup seluruh kontak dan filemu. Kalau perangkat Android kamu pakai microSD, kamu bisa pindahkan seluruh file seperti foto, video, dan dokumen ke memori eksternal.

Kontakmu pun sebaiknya disinkronkan pada akun Google semoga nantinya mampu dipulihkan dengan gampang. Sudah siap melakukan factory reset? Ini ia langkah-langkahnya.

  • Bukalah sajian Setting dan pilih “Reset options”
  • Kemudian, pilih menu “Erase all data (factory reset)”
  • Kamu akan disajikan info mengenai data apa saja yang akan terhapus. Akan ada sederet akun yang terhubung pada perangkat Android kau. Scroll sampai ke bawah dan lakukan tap pada tombol “Reset phone”
  • Tunggu beberapa dikala dan ikuti aba-aba selanjutnya yang ditampilkan di layar (jika ada)

Setelah perangkat Android di-reset, silakan hubungkan kembali akun Googlemu. Download kembali beberapa aplikasi penting serta aplikasi yang sebelumnya gagal kau download.

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi kendala  “download tertunda” di Google Play Store. Usahakan untuk lakukan cara pertama terlebih dahulu, gres lakukan cara-cara berikutnya kalau masih belum berhasil. Semoga beruntung ya!

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online