Inilah Cara Melanjutkan Download Yang Gagal Di Google Chrome

Kalau kamu sering mendownload film, game, musik, atau TV series, pasti kau tidak mau dong download kamu gagal? Sudah usang menunggu sampai 90%, ternyata download kamu terhenti. Siapa yang tidak jengkel? Untungnya, kau mampu memanfaatkan fitur resume pada Google Chrome untuk melanjutkan download yang gagal.

Tapi, metode menggunakan fitur resume ini tidak selamanya berhasil loh. Ada beberapa faktor yang mensugesti hal ini, sehingga kamu perlu mengetahui metode lainnya untuk berjaga-jaga. Kalau kamu ingin tau, Carisinyal akan mengupas tuntas bagaimana cara melanjutkan download yang gagal di Google Chrome serta alasan mengapa proses download kamu mampu gagal.

Apa yang Menyebabkan Download Gagal?

laptop diatas kasur

Untuk mampu menerima solusi dari suatu dilema, kita perlu mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya. Hal ini tidak terkecuali bagi download yang gagal. Nah, ada beberapa alasan yang perlu kamu tahu supaya ke depannya tidak terjadi lagi.

1.    Koneksi Internet Lambat

Kunci dari mendownload lancar tentu terletak pada kecepatan internet. Semakin cepat internet yang kamu miliki, semakin cepat juga proses download suatu file. Kalau kamu mempunyai koneksi internet yang lambat, kamu masih bisa mendownload dengan lancar meski usang. Tapi, tak jarang pula koneksi internet yang lambat membuat proses download kamu menjadi gagal loh.

Hal ini mampu terjadi jikalau koneksi kamu mengalami gangguan yang cukup parah sehingga tidak sanggup melanjutkan download. Biasanya ada ciri-ciri yang terlihat mirip dikala download masih berlangsung dengan kecepatan 15kB/s hingga risikonya semakin menurun dan menjadikan download berhenti.

2.    Memori Penyimpanan Tidak Cukup

Kalau kau sedang mendownload, tentu file tersebut mempunyai ukuran yang perlu kamu perhatikan. Apabila ukuran file yang didownload sangat besar, kau perlu menyiapkan sisa ruang yang kosong untuk menampung file. Seringkali, kita tidak menyadari bahwa memori kita sudah penuh.

Bahkan, beberapa media penyimpanan file tidak menampilkan isu berupa ukuran saat kita mendownloadnya, mirip ketika mendownload dari Google Drive. Kalau sudah begini, sulit untuk memperkirakan kecocokan antara ukuran file dengan sisa penyimpanan.

3.    Sinyal WiFi Lemah

Mendownload memakai WiFi merupakan cara yang paling digemari saat ini. Bagaimana tidak? Kini, banyak cafe hits yang menyediakan WiFi kencang dan gratis untuk mengakomodir kebutuhan internet yang tidak ada habisnya.

Namun, perlu diperhatikan juga keadaan sinyal WiFi saat mendownload. Hal ini terkadang sulit dideteksi alasannya adalah kita sering membasiskan kekuatan sinyal dengan kecepatan internet. “Ah, dipake download kenceng-kenceng aja, tuh!” yaitu bentuk justifikasi yang seringkali kita lemparkan untuk menghiraukan kekuatan sinyal.

Padahal, meski lancar-lancar saja saat digunakan, sinyal WiFi yang lemah bukanlah keadaan yang ideal untuk mendownload. Mengapa? Karena sinyal kadang menguat kadang melemah.

Apabila sinyal sudah lemah dari sananya (sebab jarak PC dengan modem terlalu jauh), saat sinyal semakin melemah, koneksi akan terputus. Kalau koneksi terputus dikala sedang mendownload, ya tentu saja progres download akan terhenti.

4.    Kecepatan Dibatasi

Apakah kamu pernah mencicipi proses download yang lambat, padahal gres saja mendownload dari situs lain dengan lancar? Bisa jadi, hal ini disebabkan oleh media penyimpanan tertentu yang memiliki batasan bandwidth.

Keadaan bandwidth yang dibatasi ini sering terjadi pada media penyimpanan berbayar namun tetap menyediakan opsi gratis, contohnya mirip RapidGators. Pembatasannya pun bermacam-macam, ada yang maksimal 100kBps, ada juga yang 15kBps. Media penyimpanan seperti ini masih cocok jika kamu download file kecil.

Tapi jikalau filenya berukuran besar seperti game PC, mending kau pikir-pikir lagi deh. Selain dari membutuhkan durasi yang sangat lama, kemungkinan gagal download pun besar. Tidak sepadan dengan waktu yang kamu luangkan.

5.    Banyak yang Mengakses Server

Kegiatan mendownload bahwasanya tidak berbeda jauh mirip mengantre. Bayangkan kau sedang berada di antrean yang sangat panjang. Pasti membutuhkan waktu yang lama sampai antreannya akhir. Ketika banyak orang lain mendownload file yang sama denganmu, server perlu melayani banyak request secara bersamaan. Alhasil, tidak jarang progres downloadmu terganggu dan bahkan mampu hingga gagal.

Menggunakan Download Manager Bawaan

Nah, jikalau kau sudah mengetahui berbagai alasan di atas, sudah waktunya kau mencari cara semoga mampu melanjutkan proses download yang terhenti. Simak langkah-langkah di bawah ini ya.

1. Buka Laman Download Manager Google Chrome

buka-laman-download-manager-google-chrome

*

Google Chrome sendiri memiliki download manager yang bisa kau saluran untuk melakukan beberapa pengaturan seperti melihat file apa saja yang sudah didownload, membatalkan, atau melanjutkan download.

Kamu bisa mengakses laman download manager ini dengan mengetikkan “chrome://downloads/” pada kolom pencarian Google Chrome atau dengan menekan CTRL + J secara bersamaan di keyboard. Penulis berasumsi kau sudah mencoba mendownload suatu file namun gagal. Seharusnya, download-an tersebut akan terlihat di laman download.

2. Lanjutkan Download dari Google Chrome Download Manager

lanjutkan-download-klik-resume

*

Carilah file download yang ingin dilanjutkan progresnya. Laman download manager akan menampilkan semua proses download yang pernah dilakukan dari terawal sampai terakhir, asal belum ada yang dihapus atau dilakukan perintah clear all.

File download yang gagal akan menampilkan status failed mirip pada gambar di atas. Yang perlu kau lakukan hanyalah klik tombol Resume dan progres download pun akan dilanjutkan secara otomatis.

Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua file mampu dilanjutkan, ada yang malah mengulang kembali dari awal. Soalnya, ada beberapa server yang memang tidak mengizinkan unduhan file untuk dilanjutkan saat gagal.

Menggunakan WGet

Apabila cara sebelumnya tidak berhasil, kamu bisa mencoba melanjutkan download memakai sebuah aplikasi berjulukan WGet. WGet merupakan abreviasi dari World Wide Web dan Get yang fungsinya yaitu untuk mengambil data atau bahan berupa file dari suatu web server.

Kalau kau pengguna Linux, fitur ini kemungkinan sudah tersedia dari sananya. Tapi, penulis akan menjelaskan cara memakai WGet untuk OS Windows. Tidak perlu khawatir, caranya tidak terlalu sulit, kok!

1. Download Aplikasi WGet

download-wget

*

Pertama-tama, kau perlu mendownload aplikasi WGet melalui link ini. Kemudian, scroll ke bawah sampai kamu menemukan link download mirip yang ditunjukkan di atas. Pilih direktori penyimpanan dan buka filenya untuk menginstal.

Ikuti petunjuk penginstalannya sampai ke bab pemilihan folder instalasi dan pilihlah folder download yang ditetapkan Google Chrome secara default. Pada kasus penulis, foldernya yaitu “C:\Users\(nama_username)\Downloads”.

2. Ubah Nama File Download yang Gagal dan Pindahkan File ke Folder Instalasi WGet

pindahkan-file-ke-wget-instalasi-folder

*

Umumnya, bila kamu gagal mendownload suatu file dari Google Chrome, file tersebut tetap akan muncul di folder download dengan format ekstensi yang berbeda. Misalnya kamu berusaha mendownload “abcd.exe” maka file yang akan muncul yaitu “abcd.exe.crdownload”.

Nah, kau perlu menghapus goresan pena “.crdownload” pada nama file sehingga kembali ke ekstensi yang seharusnya. Kemudian, pindahkan file tersebut ke folder “bin” di dalam folder penginstalan WGet.

3. Lanjutkan Download Menggunakan Command Line

lanjutkan-download-menggunakan-command-line

*

Ketika nama file sudah benar dan berada di folder “bin” tadi, kamu perlu meng-copas alamat download. Caranya, kunjungi laman download menggunakan CTRL + J pada Google Chrome. Lalu, pada file download yang gagal, klik kanan dan pilih sajian “Copy link address”.

Setelah itu, kembali ke folder “bin” dan bukalah jendela Command Prompt dengan mengetikkan “CMD” pada kolom alamat folder. Setelah jendela Command Prompt terbuka, ketikkan “wget -c (alamat link download)”.

Di bab tanda kurung, paste-kan link download yang telah kau copy tadi, contohnya menjadi “wget -c http://mirror2.internetdownloadmanager.com/idman636build7.exe?b=1&filename=idman636build7.exe”. Setelah itu, tinggal tekan Enter dan kamu akan berhasil melanjutkan download file yang gagal.

Nah, itu tadi dua metode yang mampu kamu gunakan untuk melanjutkan download yang gagal di Google Chrome. Agar ke depannya tidak terjadi kegagalaan download, sebaiknya kau pastikan koneksi internetmu lancar dan sinyal WiFi-mu kuat. Kamu sudah mencoba cara yang mana? Bagikan pengalamanmu di kolom komentar di bawah ya!

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online