Inilah Beberapa Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Galaxy M31

Samsung lagi-lagi berhasil menyita perhatian para penggiat HP melalui salah satu produknya. Samsung Galaxy M31 ialah HP yang dirilis pada segmen harga menengah yang cukup bisa menyaingi HP kelas atas, meski hanya pada sektor tertentu.

Dirils pada bulan Maret 2020, HP ini memiliki beberapa kelebihan yang dapat menciptakan Anda tertarik untuk mencobanya. Tapi, kekurangan pada HP ini juga perlu dipertimbangkan semoga Anda tidak salah beli. Penasaran? Perhatikan beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M31 berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy M31

Samsung Galaxy M31

  • Rilis: Maret, 2020
  • Layar: Super AMOLED, 1080 x 2340 piksel
  • Chipset: Exynos 9611
  • GPU: Mali-G72 MP3
  • RAM: 6 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC hingga 512 GB (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 64 MP + 8 MP + 5 MP + 5 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 6000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Samsung Galaxy M31

Jika Anda tertarik dan penasaran dengan Samsung Galaxy M31 ini, Anda bisa menyimak beberapa keunggulan uniknya sebagai berikut.

1. Baterai Kapasitas Jumbo

Samsung-Galaxy-M31-4

*

Jika Anda ingin memakai HP Anda dengan waktu yang lebih lama, tentu membutuhkan kapasitas baterai yang cukup besar. Karena itu, hadirlah Samsung Galaxy M31 dengan kapasitas baterai yang dijamin lebih besar dari HP lain di kelasnya. Tidak nanggung-nanggung, HP ini mempunyai baterai dengan kapasitas 6000 mAh!

Tentu saja ini artinya HP akan bertahan lebih usang, baik ketika didiamkan atau digunakan non-stop sekalipun. Dalam pemakaian normal, baterai ini diklaim mampu bertahan selama dua hari. Bahkan, mirip yang dilansir dari GSMArena, baterai ini mampu dipakai selama 24 jam lebih dan masih menyisakan sedikit daya (24%). Cocok bagi Anda yang malas membawa power bank ketika berpergian.

2. Kapasitas Memori Internal dan RAM Cukup Besar

samsung-galaxy-m31-2

* sumber: www.smartprix.com

Salah satu hambatan yang sering dialami pengguna Android yaitu kurangnya memori dikala ingin mendownload aplikasi di Play Store. Hal ini tentu mampu diatasi dengan menggunakan HP dengan memori internal yang besar. Di Indonesia,  Samsung Galaxy M31 hadir dengan RAM 6 GB dan memori internal 128 GB. Kapasitas yang tentunya besar.

3.  Memiliki Dedicated Slot

samsung-galaxy-m31-5

Biasanya, HP yang sudah disediakan dengan memori internal yang besar tidak akan didukung oleh pemanis slot memori eksternal, tapi Samsung Galaxy M31 memang unik sih. HP ini tidak hanya memiliki slot microSD sampai 512 GB, tapi Anda juga bisa memakainya bersamaan dengan kartu SIM kedua.

Ya, Samsung Galaxy M31 hadir dengan dedicated slot untuk meningkatkan kapasitas memori menggunakan microSD. Sebuah keunggulan yang layak diapresiasi bagi Anda yang senang mendownload koleksi film berkualitas HD.

4. Memiliki Tampilan Layar yang Bagus

samsung-galaxy-m31-6

Meski merupakan HP dengan segmen harga menengah, nampaknya Samsung Galaxy M31 tidak mau kalah dengan HP lain yang berada di atasnya. Bagaimana tidak? HP ini sudah dibekali dengan layar Super AMOLED dengan ukuran panel yang cukup besar, yaitu 6,4 inci.

Desain kamera depan yang mengusung Infinity-U juga terlihat kekinian dan turut menyumbang pada estetika tampilan secara keseluruhan. Untuk HP sekelas Samsung Galaxy M31, tampilan display yang dimilki cukup memukau, apalagi mengingat HP lain di kelasnya seperti Xiaomi Redmi Note 8 Pro masih mengusung layar IPS.

5. Resolusi Kamera Cukup Besar

samsung-galaxy-m31-kamera

Jika Anda agak kuatir dengan kamera yang terdapat pada Samsung Galaxy M31, damai saja. Kualitas foto dari hasil kameranya cukup elok, kok! 

HP ini dibekali dengan empat kamera belakang dengan resolusi yang cukup besar, yaitu 64 MP sebagai kamera utama, lensa 8 MP sebagai kamera ultra wide, lensa 5 MP untuk memotret objek jarak bersahabat (makro), dan terakhir lensa 5 MP dengan sensor kedalaman untuk mengambil gambar bokeh. Anda mampu melihat beberapa teladan hasil kamera ini sebagai berikut.

contoh-hasil-kamera-ultrawide-samsung-galaxy-m31

* sumber: www.smartprix.com

contoh-hasil-kamera-makro-samsung-galaxy-m31

* sumber: www.smartprix.com

Foto pertama merupakan hasil dari lensa kamera ultra wide. Terlihat bahwa area yang dijangkau cukup luas dan bisa menjaga detil dengan baik. Sementara itu, kamera makronya juga mampu mempertahankan ketajaman objek dengan baik mirip yang terlihat pada foto kedua. Secara keseluruhan, kamera ini mampu menghasilkan foto berkualitas HD selama objek mempunyai pencahayaan yang cukup.

6. Hadir dengan Android 10

samsung-galaxy-m31-android10

* sumber: www.smartprix.com

Salah satu daya tarik dari sebuah HP tentu yakni operating system-nya. Untung saja, Samsung Galay M31 sudah mengusung Android versi 10 yang juga hadir dengan segala fitur barunya. Kalau dari segi antarmuka, HP ini mengusung One UI 2 yang memperlihatkan pengalaman user  dan fasilitas navigasi yang lebih baik.

Kekurangan Samsung Galaxy M31

Sudah sewajarnya Anda menilai sebuah HP tidak hanya dari kelebihannya saja, melainkan kekurangannya juga. Samsung Galaxy M31 memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan, antara lain sebagai berikut.

1. Performa Gaming Biasa Saja

samsung-galaxy-m31-7

Jika Anda mengharapkan performa gaming yang dahsyat, Anda mungkin tidak akan mendapatkannya pada HP ini. Samsung Galaxy M31 yang dibekali dengan Exynos 9611 dan CPU 8 core dianggap kurang bisa menghasilkan pengalaman bermain game yang maksimal. Hal ini mampu dilihat pada benchmark AnTuTu di bawah.

benchmark-antutu-samsung-galaxy-m31

* sumber: www.gsmarena.com

Bila Anda lihat, posisi Samsung Galaxy M31 tidak cukup mengalahkan aneka macam pesaingnya yang berasal dari segmen harga yang serupa, yaitu hanya mendapatkan skor 195284 pada benchmark AnTuTu.

Meskipun begitu, menurut ulasan SmartPrix, HP ini masih mampu memainkan PUBG Mobile dengan FPS yang cukup tinggi (pengaturan default). Anda bisa saja mengubah pengaturan ke Ultra namun akan terasa penurunan dari segi FPS dan performa.

2. Pengisian Baterai yang Lama

samsung-galaxy-m31-10

Samsung Galaxy M31 memang mempunyai baterai dengan kapasitas besar. Namun sayangnya, membutuhkan waktu yang lama hingga baterai terisi hingga penuh. Meskipun diklaim hadir dengan fitur pengisian cepat, namun HP ini tidak dapat mendapatkan daya di atas 15W.

Alhasil, mirip yang dilansir dari GSMArena, pengisian daya pun mampu memakan waktu 2,5 jam untuk terisi penuhm waktu yang cukup usang tentunya mengingat HP lain di kelas yang sama hanya membutuhkan waktu 30 menit.

3. Hanya Dilengkapi dengan Gorilla Glass 3

samsung-galaxy-m31-8

Seapik-apiknya kita, tidak ada yang tahu kapan kita akan menjatuhkan HP. Karena itu, dukungan layar merupakan hal yang penting untuk menjaga HP kita dari kerusakan akhir benturan. Sayangnya, Gorilla Glass 3 yang terdapat pada layar Samsung Galaxy M31 hanya bisa menjaga layar Anda dari ukiran saja, berbeda dengan Gorilla Glass 5 yang mampu meredam benturan hingga ketinggian 1 M.

4. Tidak Memiliki Fitur NFC

samsung-galaxy-m31-9

Sekarang ini sudah ada beberapa mesin pembayaran digital di Indonesia, terutama bagi Anda yang tinggal di kota-kota besar. Itulah mengapa fitur NFC (Near Field Communication) pada HP cukup dicari. Samsung Galaxy M31 tidak memiliki fitur ini, sehingga Anda tidak mampu menggunakannya untuk mengisi saldo kartu e-Toll atau untuk bertransaksi di mesin pembayaran digital.

Simpulan

Yap, itu tadi banyak sekali kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy M31. HP ini sungguh menarik alasannya adalah menawarkan ketahanan baterai yang luar biasa dengan kapasitas sebesar 6000 mAh. Selain itu, internal memori yang besar dilengkapi dengan dedicated slot untuk microSD semakin mengakibatkan HP ini sebuah pilihan yang cocok bagi yang suka menonton film di HP usang-usang.

Tapi, Anda perlu lebih berhati-hati saat memakai Samsung Galaxy M31 sebab pelindung Gorilla Glass 3-nya kurang mampu melindungi layar dari benturan yang keras, berbeda kalau dibandingkan dengan Gorilla Glass 5 atau 6.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya, apakah Anda tertarik untuk membelinya? Jika berminat, Anda bisa membeli Samsung Galaxy M31 melalui link ini.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online