Inilah Beberapa Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Galaxy A01

Siapa yang tidak mengenal Samsung? Merk HP yang berasal dari Korea Selatan ini telah lama merajai pasar ponsel cendekia untuk segala segmen harga. Nah, HP yang akan dibahas pada artikel ini adalah Samsung Galaxy A01 yang terbilang sangat murah, yakni sekitar Rp1 jutaan.

Meskipun murah, HP ini memiliki beberapa keunggulan yang mungkin akan mengejutkan Anda, terlepas dari beberapa kelemahannya. Jika Anda penasaran, langsung saja simak kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A01 di bawah ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A01

Samsung Galaxy A01

*

  • Rilis: Februari, 2020
  • Layar: 5,7 inci, 720 x 1560 piksel
  • Chipset: Qualcomm SDM439 Snapdragon 439
  • GPU: Adreno 505
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 16 GB
  • Memori Eksternal: Up to 512 GB
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable 3.000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Samsung Galaxy A01

Terdapat beberapa kelebihan Samsung Galaxy A01 yang menarik untuk dilirik. Anda bisa mempertimbangkan beberapa hal ini jikalau penasaran dengan keunggulan yang dimiliki HP Samsung yang satu ini.

1. Memiliki Dapur Pacu yang Cukup Kuat

galaxy-a01-spec

*

Tentu saja, performa menjadi hal yang paling banyak dilirik ketika memiih HP. Umumnya, HP dengan segmen harga murah akan memiliki dapur pacu yang biasa saja, namun hal ini berbeda dengan Samsung Galaxy A01.

HP Samsung ini ditenagai oleh Qualcomm SDM439 Snapdragon 439 yang terbilang cukup baik untuk HP sekelas ini, sehingga mampu membuat Anda menjalankan aplikasi dengan cepat dan lancar dipakai beraktifitas sehari-hari seperti menonton YouTube dan media sosial.

2.  Terdapat Slot MicroSD dengan Kapasitas Hingga 512 GB

Samsung-Galaxy-A01-support-memori-eksternal

*

Samsung Galaxy A01 juga dilengkapi dengan slot microSD yang mendukung kapasitas sampai 512 GB. Memori eksternal memang memiliki laba tersendiri sebagai kawasan penyimpanan file-file selain game dan aplikasi, contohnya mirip film, mentahan aplikasi, atau foto-foto dengan resolusi tinggi.

Kelebihan ini cukup menarik, alasannya adalah tidak banyak HP sekelasnya yang menyediakan tunjangan memori eksternal sebesar ini. Jika Anda tipe orang yang senang bermain game atau mengedit-edit foto, perlindungan slot microSD yang besar ini lebih dari mampu untuk menunjang kebutuhan Anda.

3. Memiliki Versi Android 10

sasmung-galaxy-a01-android-10

*

Seringkali kita memaklumi HP di segmen murah yang hanya support versi Android terdahulu. Namun, Samsung Galaxy A01 yang hadir dengan Android 10 seolah berusaha mematahkan stereotype yang melekat dengan identitasnya sebagai HP 1jutaan.

Terlebih jika mengingat bahwa HP murah ini juga hadir dengan fitur keamanan face recognition. Android 10 atau yang juga dikenal dengan sebutan Android Q memiliki perkembangan dari fitur-fitur lama serta menambahkan beberapa fitur gres.

Contohnya, Android 10 memiliki kontrol privasi yang lebih baik dengan membiarkan pengguna mengatur izin aplikasi dalam mengakses hal-hal sensitif seperti IMEI dan nomor seri. Selain itu, Android 10 juga mempunyai fitur dynamic depth yang mampu meningkatkan kinerja aplikasi foto ketiga untuk mengambil gambar dengan kualitas blur yang lebih baik.

Bayangkan kalau HP dengan harga terjangkau mirip Samsung Galaxy A01 memiliki kelebihan-kelebihan di atas. Menakjubkan, bukan?

4. Menggunakan Teknologi Dual Kamera

samsung-galaxy-a01-dual-kamera

*

Salah satu aspek pada HP yang paling memotivasi orang untuk membeli ialah kamera. Tren yang sedang hangat di kalangan HP canggih ketika Samsung Galaxy A01 diluncurkan adalah jumlah kamera belakang yang banyak.

Meskipun Samsung Galaxy A01 merupakan HP yang tergolong murah, ia bisa menghadirkan dua kamera belakang dengan tingkat resolusi yang lumayan tinggi untuk HP sekelasnya, adalah 13 MP dan 2 MP. Ditambah lagi, lensa dari kamera Samsung Galaxy A01 juga berjenis wide sehingga mampu menangkap gambar yang lebih luas dalam sekali jepretan.

Fitur live focus yang terdapat pada Samsung Galaxy A01 juga memungkinkan Anda mengambil foto bokeh, lho! Kamera depannya juga memiliki resolusi 8 MP dan dilengkapi dengan Selfie Focus biar foto yang diambil terlihat lebih aktual.

Tak hanya foto, Anda dijamin mampu merekam video dengan resolusi HD dengan kualitas yang cukup baik. Secara keseluruhan dan jikalau dilihat dari kelasnya, Samsung Galaxy A01 terbilang lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan fotografi.

5. Nyaman Dipegang dengan Satu Tangan

Samsung Galaxy a01

* sumber: uzone.id

Kalau Anda tipe orang yang lebih melihat HP dari segi portabilitas, Samsung Galaxy A01 tidak akan mengecewakan Anda. Hadir dengan ketebalan 8,3 mm, HP ini terasa pas untuk digunakan memakai satu tangan dan cocok dibawa ke mana-mana.

HP ini pun didesain dengan sentuhan mate finish compact yang tidak licin dan lezat digenggam tanpa membuatnya mudah lepas dari genggaman. Selain itu, ukuran layar 5,7 inci yang diusung pada Samsung Galaxy A01 juga masih menyisakan ruang ketika disimpan di kantong. Layar pada HP ini juga mempunyai sentuhan Infinity V yang tampak membuatnya terlihat kekinian dan enak dilihat.

Kekurangan Samsung Galaxy A01

Tidak hanya kelebihan, Samsung Galaxy A01 juga tak luput dari kelemahan yang hadir pada HP pada segmen harga murah ini. Kelemahan-kelemahan tersebut mampu dilihat sebagai berikut.

1. Memiliki Kapasitas Baterai Sedikit

kapasitas-baterai-sedikit

*

Jika kita mempertimbangkan tuntutan zaman sekarang yang segalanya perlu dilakukan dengan cepat, HP menjadi alat yang krusial untuk menjawab kebutuhan ini. Itulah mengapa kapasitas baterai menjadi faktor utama dalam memilih ponsel pilihan. Sayangnya, Samsung Galaxy A01 hanya memiliki kapasitas baterai yang sedikit, adalah 3000 mAh.

Dari segi ketahanan baterai pun, ponsel Samsung ini hanya mampu bertahan selama 4-5 jam (screen-on time) dan 10-12 jam dalam pemakaian normal. Padahal, Xiaomi Redmi 8A yang berasal dari segmen harga yang sama mempunyai kapasitas baterai yang jauh lebih besar, ialah 5000 mAh dan mampu bertahan hingga 2 hari dalam pemakaian normal.

Kalau Anda menginginkan HP dengan kapasitas baterai yang besar, mungkin Samsung Galaxy A01 perlu ditambah dengan sumbangan casan portabel.

2. Tidak Memiliki Pelindung Layar

samsung-galaxy-A01-featured-image

* sumber: www.smartphones.com.bd

Untuk HP touchscreen mana pun, layar merupakan salah satu komponen HP yang paling rentan rusak. Oleh alasannya adalah itu, masuk akal bagi Anda untuk mempertimbangkan ketahanan layar dalam menentukan HP yang pas. Meskipun Anda terbilang apik, penggunaan yang intens tetap saja mampu meninggalkan beberapa gesekan ringan dalam kala waktu tertentu.

Karena itu, sangat disayangkan Samsung Galaxy A01 tidak hadir dengan pelindung layar apapun. Untungnya Anda dapat mengatasi hal ini dengan menambahkan lapisan antigores suplemen seperti tempered glass.

3. Tidak Memiliki Fitur Fingerprint

tidak-ada-fingerprint

Meskipun Samsung Galaxy A01 ini mempunyai banyak keunggulan yang tidak dimiliki HP lainnya pada segmen harga yang sama, HP ini tidak dilengkapi dengan fitur fingerprint. Padahal, fitur fingerprint sudah banyak ditemukan pada HP lain dengan harga Rp1-jutaan.

Mungkin kalau dilihat dari segi keamanan, kelemahan ini dapat dikompensasi dengan kemudahan face recognition. Namun, jika dilihat dari fungsi sensor fingerprint yang lain, Anda tidak mampu mengatur fungsi quick gesture yang mampu dilakukan menggunakan sentuhan jari.

Quick gesture ini sendiri berfungsi shortcut agar Anda dapat melakukan aneka macam perintah tertentu tanpa perlu melaksanakan navigasi layar, seperti mengambil screenshot, mengunci layar, dan lain-lain.

Fitur fingerprint juga berguna untuk mengambil selfie dengan praktis hanya dengan sentuhan jari. Kaprikornus, jikalau Anda ingin cara lain untuk mengambil selfie tanpa ribet, salah satunya bisa menggunakan palm gesture. Sungguh disayangkan Samsung Galaxy A01 tidak hadir dengan fitur fingerprint.

4. Tidak Support Sensor Barometer dan Temperature

samsung-galaxy-A01-tidak-lengkap-sensor

Sensor juga merupakan salah satu aspek yang tidak kalah penting dari sebuah HP. Meskipun hadir dengan aneka macam sumbangan sensor mirip  gyroscope dan accelerometer, Anda tidak akan menemukan sensor barometer dan temperature pada HP Samsung seharga Rp1-jutaan ini.

Sensor barometer itu sendiri berfungsi untuk mendeteksi tekanan udara, berguna jikalau Anda bahagia berpetualang ke suatu daerah. Selain itu, Anda juga bisa memakai barometer untuk mendeteksi kecenderungan cuaca. Untuk pemakaian normal, mungkin tidak adanya sensor ini tidak berpengaruh pada penilaian Anda, lain halnya dengan sensor temperature.

Saat memakai HP, penting untuk mengetahui seberapa besar suhu dari perangkat yang sedang kita gunakan. Apalagi bila Anda seorang gamer berat, HP Anda niscaya mempunyai kecenderungan yang lebih tinggi untuk cepat panas.

Tanpa dibekali sensor temperature, Anda tidak bisa mengetahui apakah suhu HP masih tergolong aman untuk digunakan atau perlu diistirahatkan sejenak. Karena itu, sensor temperature cenderung penting dan mampu dibilang pengguna HP mungkin akan sedikit dirugikan dengan kelemahan ini.

5. Baterai Tidak Dapat Dilepas

baterai-tanam

*

Beberapa orang menginginkan baterai yang dapat dilepas. Hal ini karena banyak fasilitas yang mampu dirasakan seperti membawa baterai cadangan ketika berpergian jauh, mampu mengganti baterai dengan gampang apabila rusak, dan mencegah HP agar tidak konslet dengan segera melepas baterai saat tercelup genangan air.

Terlebih pada masalah Samsung Galaxy A01 yang memiliki kapasitas baterai 3000 mAh, seharusnya bisa diatasi dengan baterai cadangan untuk mengkompensasi kapasitasnya yang kecil. Memang, jikalau dilihat secara umum, sekilas HP ini dibentuk tanpa terlalu memfokuskan daya baterai.

Simpulan

Secara keseluruhan, banyak sekali keunggulan Samsung Galaxy A01 yang melampaui aneka macam macam HP pada segmen harga yang sama. Bahkan, ada beberapa kelebihan yang tidak dimiliki beberapa HP dari kelas di atasnya mirip pinjaman memori eksternal sampai 512 GB.

Lalu, santunan face recognition yang merupakan salah satu fitur canggih dari Android 10 juga turut menyumbang pada keunikan yang dimiliki HP ini.

Meski begitu, sungguh disayangkan HP ini memiliki baterai tanam dengan kapasitas yang tergolong kurang bila dilihat dari standar zaman kini. Makara, apakah Anda tertarik membeli Samsung Galaxy A01? Silakan pertimbangkan kelebihan dan kelemahan yang telah dibahas tadi. Mau beli? Bisa kunjungi link ini.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online