Inilah 8 Cara Gampang Menghilangkan Iklan Di Hp Asus

Jika Anda memiliki HP Android, tentu Anda ingin kenyamanan dikala memakainya. Kenyamanan dalam hal ini mampu berupa pengalaman menarik dikala menggunakan HP, tidak ada lag alias performanya cantik, dan tidak adanya iklan yang mengganggu.

Yap, iklan yang muncul di HP Android memang sah saja tetapi tidak semua iklan baik. Terlebih banyak iklan yang mengganggu dan berbentuk virus sehingga mengakibatkan performa HP jadi menurun. Hal ini bisa terjadi di aneka macam tipe HP apapun, termasuk HP merek Asus.

Nah, jikalau kebetulan Anda memiliki HP Asus dan Anda mendapatkan HP disusupi iklan, jangan panik dulu!. Anda bisa menghilangkan iklan di HP Asus tersebut dengan 8 langkah berikut ini!

1. Jangan Izinkan Browser Instal Aplikasi Otomatis

UI ASUS ZENFONE MAX PRO M2

Langkah pertama supaya HP Asus tidak tersusupi iklan yakni dengan tidak mengizinkan browser seperti Google Chrome untuk menginstal  apk atau file aplikasi secara otomatis. Caranya cukup gampang, tinggal masuk ke bab “setelan “, lalu pilih  “aplikasi dan notifikasi“, sesudah itu pilih “kanal aplikasi khusus“.

Nanti akan muncul banyak pilihan menu. Pilihlah opsi “Menginstal aplikasi yang tidak dikenal“. Setelah itu pilih semoga browser tidak mengizinkan untuk menginstal aplikasi mirip terlihat pada gambar berikut ini.UI ASUS ZENFONE MAX PRO M2

Untuk yang memakai bahasa Inggris sama saja. Tinggal masuk “setting“,  pilih “special app access”  dan pilih  “install unknown app“. Hanya perbedaan bahasa saja. Langkah ini dilakukan supaya HP Asus Anda hanya bisa menginstal aplikasi dari file manager, sehingga Anda tahu aplikasi apa yang diinstal.

Contoh pengaturan di atas, menggunakan HP Asus Zenfone Max Pro M2. Bisa jadi lokasi pengaturan atau setelan sedikit berbeda jika di HP Asus lain. Mengingat Asus Zenfone Max Pro M2 menggunakan OS Android murni, sementara ada HP Asus lain yang menawarkan tampilan antarmuka ZenUI. Tetapi secara umum pada prinsipnya sama.

2. Hapus Aplikasi yang Mencurigakan

UI ASUS ZENFONE MAX PRO M2

Cara kedua agar Anda mampu menghilangkan iklan di HP Asus yakni dengan menghapus aplikasi yang aneh atau Anda curigai. Aplikasi yang abnormal ini biasanya tidak Anda sadari telah terpasang atau bisa jadi Anda tidak sengaja menginstal aplikasi gila di luar Google Play Store. Bisa juga karena Anda menginstal satu aplikasi, tetapi yang terinstal dua aplikasi.

Aplikasi mencurigakan ini bisa jadi ialah adware. Anda bisa menghapus adware ini dengan cara membuka bab pengaturan aplikasi dan lalu scroll ke bawah sampai menemukan aplikasi mencurigakan. Aplikasi mencurigakan ini biasanya tidak mempunyai nama dan tidak memiliki gambar. Jika ada aplikasi semacam ini, segera uninstal.

3. Hapus Riwayat Browser

CLEAR BROWSER HISTORY

Langkah lainnya agar HP Asus Anda tidak disisipi iklan adalah dengan menghapus riwayat penjelasan internet di Google Chrome atau browser lain yang Anda gunakan. Anda juga bisa menghapus app data & cache. Cara ini bisa membantu mengurangi munculnya iklan di ponsel Anda.

4. Gunakan Malwarebytes

MALWAREBYTES

Langkah lainnya supaya HP Asus Anda tidak disusupi iklan yaitu dengan menginstal Malwarebytes. Anda mampu unduh aplikasi ini di Google Playstore. Setelah terpasang, silakan lakukan full scanning ponsel Asus Anda. Siapa tahu ada virus yang bersarang di HP Asus Anda. Selain Malwarebytes, Anda juga mampu memakai antivirus lainnya untuk HP Asus Anda.

5. Mematikan Notifikasi Aplikasi yang Disusupi Iklan

IZIN APLIKASI

Anda juga mampu mematikan notifikasi dari aplikasi yang disusupi iklan. Ada banyak aplikasi semacam ini yang kadang memberikan push notification mengganggu. Seperti UC Browser misalnya.

Notifikasi yang muncul biasanya sudah dibarengi dengan iklan yang tentu bakal bikin malas untuk membukanya. Untuk itu, biar aplikasi tidak muncul, matikan notifikasi pada aplikasi-aplikasi semacam ini. Anda bisa mengaturnya di bagian pengaturan aplikasi.

6. Menggunakan Aplikasi Pemblokir Iklan

NET GUARD

Cara berikutnya agar Anda mampu menghapus iklan yakni dengan memakai aplikasi untuk memblokir iklan. Aplikasi untuk memblokir iklan ini bertebaran di Google Play Store. Anda mampu memilih beberapa diantaranya sebagai berikut.

  • AdGuard

AdGuard yakni aplikasi untuk memblokir iklan yang mampu Anda gunakan dengan gampang. Aplikasi ini mampu membantu melindungi ponsel Asus Anda dari serangan iklan berupa pop-up atau aplikasi lainnya yang memunculkan iklan yang mengganggu kenyamanan.

  •  1Blocker

1Blocker yaitu aplikasi yang bisa melindungi ponsel Asus Anda dari banyak sekali macam iklan. Aplikasi mampu menjaga HP dari iklan pop-up bahkan melindungi HP dari serangan malware.

  •  Netguard

NetGuard ialah aplikasi lainnya yang mampu melindungi HP dari banyak sekali iklan.Aplikasi ini bekerja memblokir susukan internet pada aneka macam aplikasi yang ada di HP. Misalnya beberapa aplikasi pemanis seperti keyboard, aplikasi hitungan, dan berbagai gim yang disusupi iklan.

Menariknya, dengan NetGuard, Anda bisa memilih aplikasi mana saja yang bisa diblokir dan mana yang boleh memunculkan iklan. Hal ini tentu anggun karena Anda bisa lebih leluasa jika ada satu aplikasi yang sering memunculkan iklan dengan frekuensi yang terlalu sering.

  • DNS66

Aplikasi lainnya untuk memblokir iklan di HP Asus ialah DNS66. Aplikasi ini dapat memblokir iklan di perangkat mobile dengan sangat gampang. Fiturnya juga cukup manis. Selain dapat menghilangkan iklan mengganggu, aplikasi ini juga menyediakan layanan VPN untuk mencegah jenis iklan yang muncul dan memindahkannya ke blacklist. 

  • AppBrain Ad Detector

Aplikasi lainnya untuk memblokir iklan di HP Asus adalah AppBrain Ad DetectorAplikasi ini tergolong elok karena memiliki banyak fitur yang mampu menunjukkan bantuan pada HP Anda.

Saat HP Anda membuka aplikasi yang terhubung dengan internet, aplikasi bakal membaca bahkan dapat mendeteksi sebelum iklan benar-benar muncul di aplikasi yang sedang dibuka. Sederhananya, aplikasi ini mampu mendeteksi adanya iklan bahkan sebelum iklan tersebut muncul dan menyusup di HP Anda.

7. Menggunakan Mode Pesawat Saat Membuka Aplikasi

MODE PESAWAT

Cara lain agar HP Asus Anda mampu bebas dari iklan yakni dengan membuka aplikasi tanpa menggunakan paket data atau jaringan wifi. Atau bisa juga membuka aplikasi dengan mengaktifkan mode pesawat.

Cara ini cukup mudah dilakukan. Hanya saja ada syaratnya, aplikasi yang dibuka, tidak membutuhkan koneksi internet alias aplikasi tersebut bisa berjalan secara offline. Perlu dipahami bahwa, hadirnya iklan di sebuah aplikasi atau muncul di HP alasannya HP terhubung ke internet. Apabila tidak terhubung ke internet, biasanya tidak akan muncul iklan yang mengganggu.

8. Kembali ke Setelan Pabrik

SETELAN PABRIK

Langkah terakhir yang mampu Anda lakukan semoga HP Asus Anda terhindar dari iklan yakni dengan mengembalikan keadaan ponsel ke setelan awal alias factory reset. Langkah ini ialah langkah paling ampuh yang bisa Anda lakukan supaya HP Anda terbebas dari iklan.

Namun, untuk melaksanakan langkah ini, pastikan jikalau Anda sudah memindahkan data di memori internal Anda alias back up data. Selain itu, langkah ini bisa Anda lakukan bila ketujuh cara sebelumnya tidak mempan dalam menghilangkan iklan di HP Asus Anda.

Demikianlah 8 langkah atau cara untuk menghilangkan iklan di HP Asus Anda. Langkah-langkah tersebut juga mampu Anda terapkan di HP Anda merek lainnya, jadi tidak hanya sebatas HP Asus. HP merek lain seperti Samsung, Oppo, dan HP merek lainnya bisa memakai metode yang sudah dijelaskan ini. Selamat mencoba!

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online