Inilah 7 Aplikasi Pendukung Bisnis Semoga Perjuangan Anda Berkembang

Berbisnis yaitu sebuah acara yang mengharuskan pelakunya untuk fokus dan memantau terus perkembangan bisnis yang dijalani. Berbisnis bukanlah sebuah “mesin otomatis” yang menciptakan Anda mampu kalem dan uang berdatangan terus-menerus. Tentu tidak mirip itu.

Ketika Anda memutuskan berbisnis, ada banyak hal yang harus diperhatikan dan Anda pantau. Jangan hingga Anda lalai dan membuat bisnis Anda malah tidak berkembang. Karena itu, Anda membutuhkan aplikasi atau layanan penunjang bisnis. Tujuannya supaya bisnis Anda gampang terpantau dan Anda tahu perkembangannya.

Lantas, apa sajakah layanan penunjang bisnis tersebut? Tanpa berlama-lama lagi, simak daftar layanan pendukung bisnis yang harus Anda ketahui berikut ini.

1. Evernote atau Aplikasi Sejenisnya

Evernote

Sebelum era ponsel cerdik, banyak orang menyarankan untuk membawa pena dan buku catatan kecil. Tujuannya semoga mampu menuliskan hal-hal yang terlintas di kepala, bahkan untuk hal yang terkecil sekalipun. Siapa tahu ada pandangan baru terlintas saat sedang jalan-jalan. Siapa tahu ide tersebut yakni ilham bisnis yang potensial.

Hal yang sama berlaku di era ponsel terpelajar. Bedanya, kita tidak perlu membawa pena dan catatan kecil. Terlalu ribet, meskipun bagi beberapa orang hal ini tetap perlu dibawa. Tetapi untuk apa membawa catatan kecil saat Anda bisa menuliskan segalanya di aplikasi catatan seperti Evernote contohnya.

Evernote ini merupakan aplikasi catatan yang banyak digunakan. Aplikasi ini sudah terkenal sejak dulu dan banyak dipakai untuk para pebisnis. Dengan Evernote, Anda bisa mencatat hal-hal penting ketika rapat, brainstorming, dan lainnya. Evernote juga memungkinkan Anda untuk menuliskan agenda dan mencatat nomor penting.

Sebenarnya selain Evernote, ada banyak aplikasi lain. Salah satu misalnya yaitu Color Note atau Google Keep. Anda mampu mencarinya di toko aplikasi Android atau iOS Apapun aplikasinya, pastikan aplikasi tersebut memang jadi teman catatan menarik untuk Anda.

2. Aplikasi Pencatatan Keuangan

catatan keuangan

Sebelum kurun ponsel pintar, banyak orang mencatat pemasukan dan pengeluaran di aplikasi pengolah data mirip Microsoft Excel. Malah masih banyak yang menuliskannya di buku kas besar. Tentunya kedua hal tersebut sudah agak usang, apalagi buku catatan besar.

Untuk mencatat keuangan, baik pemasukan dan pengeluaran, sebaiknya memakai aplikasi yang memang gampang diakses kemanapun Anda pergi. Dan ketika ini, banyak aplikasi atau layanan pencatatan keuangan yang bisa dipilih. Usahakan Anda menentukan aplikasi keuangan yang juga sekaligus sebagai aplikasi kasir.

Aplikasi kasir ini cocok dipilih untuk Anda yang bisnis di bidang penjualan barang. Dengan aplikasi kasir, Anda mampu memantau catatan penjualan, pemasukan dan hal lainnya.

Aplikasi-aplikasi tersebut ada yang gratis ada juga yang berbayar. Untuk Anda yang memiliki bisnis besar, jelas aplikasi berbayar sangat dibutuhkan alasannya biasanya diakses oleh banyak orang dan banyak data. Tetapi kalau Anda mempunyai bisnis yang baru berkembang, tidak ada salahnya memakai aplikasi catatan keuangan yang lebih mudah atau gratisan.

3. Situs Belajar Bisnis

folderbisnis

Tidak hanya aplikasi, Anda yang sedang berniat untuk berbisnis atau sedang menjalankan bisnis kecil-kecilan, harus terus belajar untuk menambah pengetahuan terkait bisnis. Bahkan, mereka para pelaku bisnis yang sudah mapan pun banyak yang masih merasa perlu menambah pengetahuan soal bisnis.

Untuk menambah pengetahuan bisnis, Anda sebenarnya mampu membaca buku terkait bisnis. Tetapi alasannya adalah ada banyak buku bisnis dan pastinya membuat Anda galau, mari berguru dari yang lebih simpel, yakni sebuah situs pembelajaran bisnis.

Salah satu situs yang mampu dijadikan pembelajaran yaitu Folderbisnis.com. Situs ini merupakan sebuah situs blog bisnis dan investasi yang sangat direkomendasikan untuk dibaca. Di situs ini, Anda mampu belajar soal peluang bisnis, tips berbisnis, bahkan sampai soal investasi. Anda juga bisa mempelajari soal hal-hal yang berkaitan dengan keuangan.

4. Aplikasi Manajemen Karyawan

 HR Software for Google Apps

Anda yang mempunyai usaha atau bisnis dengan jumlah karyawan yang cukup banyak, perlu memanfaatkan aplikasi administrasi karyawan. Bahkan, sebetulnya untuk Anda yang punya karyawan dengan jumlah belasan atau puluhan, harus memakai aplikasi manajemen karyawan.

Mengapa harus memakai aplikasi manajemen karyawan? Karena dengan aplikasi ini, Anda mampu memantau perkembangan karyawan Anda. Soal absensi, soal pengajuan cuti dan lainnya bisa Anda atur di aplikasi sejenis ini. Kehadiran aplikasi sejenis ini juga sangat cocok untuk bisnis yang baru berkembang alasannya adalah menghemat penggunaan seorang HRD.

5. Google Suite

google suite

Google Suite ialah salah satu jenis layanan administrasi untuk kebutuhan bisnis. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar yang cocok untuk Anda yang sibuk dan banyak memantau perkembangan bisnis dari jarak jauh.

Dengan Google Suite, Anda bisa mengatur dokumen, kalender, dan hal lainnya secara gampang dan menggunakan teknologi cloud computing alias komputasi awan. Dengan Google Suite, Anda juga mampu mendapatkan email bisnis yang disesuaikan dengan nama perusahaan Anda sehingga terlihat lebih profesional.

Selain itu, Google Suite juga menunjukkan berbagai layanan mirip penyimpanan data yang besar dan layanan kerja mirip aplikasi pengolah kata (Google Docs) dan lainnya. Google Suite juga memperlihatkan layanan Google Meet yang memungkinkan Anda untuk melakukan konferensi lewat video dengan rekan bisnis atau klien Anda.

Sebenarnya ada juga layanan lain sejenis Google Suite. Hanya saja alasannya dikala ini, kehidupan berinternet tidak lepas dari Google, layanan Google inilah yang paling populer.

6. Aplikasi Perbankan

Mandiri Online

Sebagai pebisnis, tentunya Anda membutuhkan aplikasi perbankan. Apalagi jika pengelolaan keuangan dipegang eksklusif oleh Anda. Karena itu, aplikasi perbankan ini menjadi salah satu aplikasi yang harus terpasang di ponsel Anda.

Kehadiran aplikasi perbankan mirip mobile banking, memudahkan Anda untuk mentransfer uang ke tim Anda. Apalagi yang menyangkut soal pekerjaan. Aplikasi perbankan juga memudahkan Anda untuk transaksi dimanapun tanpa harus mencari mesin ATM.

7. Aplikasi Chat untuk Bisnis

slack

Aplikasi lainnya yang harus dimiliki oleh kalangan pebisnis adalah aplikasi chat yang khusus untuk bisnis. Anda yang terbiasa dengan WhatsApp untuk segala aktivitas chat, harus mulai bisa mengubah kebiasaan.

Anda perlu memisahkan chat eksklusif dengan chat untuk bisnis. Karena itu, Anda perlu aplikasi WhatsApp Business. Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang berjualan online atau berjualan apapun yang mengharuskan konsumen menghubungi Anda.

Jika Anda mempunyai bisnis dengan banyak rekan kerja, Anda mampu memanfaatkan Slack. Slack ini merupakan aplikasi untuk komunikasi dengan tim. Slack memungkinkan Anda untuk membagi karyawan ke dalam beberapa tim dan melihat perkembangan dari pekerjaan karyawan Anda.

Tujuh aplikasi atau layanan di atas merupakan aplikasi pendukung bisnis yang sangat membantu dalam tumbuh kembangnya bisnis Anda. Karena itu, usahakan biar layanan atau aplikasi tersebut selalu Anda punya, minimal terpasang di ponsel cerdik Anda.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online