Inilah 6 Perbedaan Redmi Note 9 Pro Dan Note 8 Pro!

Setelah membahas perbedaan Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 9, kini saatnya beralih pada varian Pro dari seri Redmi Note 9 dan Note 8. Kedua HP yang mempunyai waktu rilis terpaut satu tahun ini tentu menghadirkan beragam peningkatan dari segi fitur dan spek ketimbang versi regulernya. Artikel ini akan menjawab perbedaan Redmi Note 9 Pro dan Note 8 Pro sehingga Anda mampu tahu mana yang lebih unggul di antara keduanya.

Spesifikasi Redmi Note 9 Pro

Xiaomi Redmi Note 9 Pro

  • Layar: IPS LCD, 6.67 inches
  • Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver)
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 6 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: Quad 64 MP + 8 MP + 5 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5020 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Redmi Note 8 Pro

Redmi Note 8 Pro

  • Layar: IPS LCD, 6.53 inches
  • Chipset: Mediatek Helio G90T (12nm)
  • CPU: Octa-core (2x Cortex-A76 & 6x Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G76MC4
  • RAM: 6 GB
  • Memori Internal: 64 GB
  • Memori Eksternal: microSD hingga 256 GB
  • Kamera Belakang: Quad 64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 20 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4500 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan Redmi Note 9 Pro dan Note 8 Pro

Apakah Anda sudah mempunyai cukup citra dengan melihat dua spesifikasi di atas? Untuk lebih menyelaminya lagi, yuk simak 6 poin perbedaan Redmi Note 9 Pro dan Note 8 Pro berikut ini!

1. Snapdragon 720G vs. Helio G90T

Snapdragon-720G

Mengusung embel-embel “Pro” di kedua namanya, baik Redmi Note 9 Pro dan Note 8 Pro sudah dihadirkan dengan chipset yang lebih unggul ketimbang masing-masing varian regulernya. Yang menjadi pertanyaannya, manakah yang unggul di antara Snapdragon 720G pada Redmi Note 9 Pro dan Helio G90T pada Note 8 Pro?

Sebuah perbandingan benchmark AnTuTu 8 yang dilansir dari NanoReview mengungkapkan bahwa performa keduanya hampir tidak ada bedanya, dengan Helio G90T yang meraih skor lebih unggul (283125) dibandingkan dengan Snapdragon 720G dengan skor 281200. Perbedaan keduanya hanya terpaut 1%.

Namun, pada uji coba Geekbench 5 yang mengukur performa single core, Snapdragon 720G dinyatakan lebih unggul dengan meraih skor 580 ketimbang Helio G90T yang hanya meraih skor 495. Tak hanya itu saja, performa multi-core juga dimenangkan oleh Snapdragon dengan skor 1723 sementara Helio G90T meraih 1627.

Secara keseluruhan, kondusif untuk menyampaikan bahwa Anda tidak akan melihat perbedaan performa saat bermain game pada kedua HP ini. Hanya saja, para pengembang aplikasi Android umumnya mengoptimasi acara buatannya pada chipset Snapdragon. Inilah yang cukup menciptakan nama Snapdragon menggaung dan lebih diinginkan oleh banyak orang.

2. Resolusi Kamera

kamera redmi note 9 pro

Redmi Note 9 Pro dan Note 8 Pro yang merupakan HP pada segmen harga menengah ke atas mempunyai spesifikasi kamera yang cukup menggiurkan. Pasalnya, kedua varian Pro ini memang menghadirkan resolusi lensa yang lebih besar ketimbang varian biasa.

Redmi Note 9 Pro hadir dengan konfigurasi empat lensa beresolusikan 64 MP (lebar) dengan bukaan f/1.9, 8 MP (ultra lebar) dengan bukaan f/2.2, 5 MP (lensa makro) dengan bukaan f/2.4, serta lensa 2 MP (sensor kedalaman) dengan bukaan f/2.4.

Konfigurasi yang sama juga ditemukan pada Redmi Note 8 Pro dengan sedikit perbedaan. Ya, Redmi Note 8 Pro hanya mempunyai lensa makro 2 MP ketimbang Note 9 Pro yang menghadirkan lensa 5 MP. Alhasil Note 9 Pro memang mampu menangkap detil lebih baik saat melakukan foto close-up.

Selain lensa makro, perbedaan ini juga terletak pada lensa kamera depan di mana Redmi Note 8 Pro lebih unggul dengan lensa beresolusi 20 MP, sementara Note 9 Pro hanya dibekali lensa 16 MP. Sama halnya seperti performa chipset, rupanya perbedaan spek kamera kedua HP ini hanya sedikit.

Jika Anda lebih sering mengambil foto jarak erat, Note 9 Pro lebih cocok untuk Anda sementara Note 8 Pro lebih cocok untuk Anda yang lebih suka selfie.

3. Dimensi Layar

layar redmi note 9 pro

Perbedaan dari segi layar hanya terletak pada bab desain kamera depan dan ukuran layar. Redmi Note 9 Pro terbilang lebih unggul alasannya adalah sudah menghadirkan desain layar tanpa poni berkat punch-hole yang terletak di tengah. Ukurannya pun lebih besar, yakni berada di angka 6,67 inci. Layar yang masih menggunakan panel IPS LCD ini mempunyai resolusi 1080 x 2400 piksel dengan rasio 20:9.

Beralih ke Redmi Note 8, seri pendahulu ini dibekali dengan desain layar berponi atau waterdrop notch. Layar berponi sudah mulai ditinggalkan HP terbaru karena menyisakan bezel yang mampu menghalangi penglihatan pengguna. Selain itu, ukuran layarnya pun “hanya” 6,53 inci dengan resolusi 1080 x 2340 piksel dan rasio 19,5:9. Meski lebih kecil, ukuran ini masih tergolong lega untuk seukuran seri Note.

4. Fast Charging dan Ketahanan Baterai

ketahanan baterai redmi note 9 pro

Selain dari perbedaan layar, perbedaan selanjutnya yang lebih mudah terasa yaitu kapasitas baterai dan juga kemampuan fast charging yang dihadirkan. Redmi Note 9 Pro mempunyai kapasitas 5020 mAh dengan unit fast charger bawaan yang memakai daya 18 W. Meski begitu, perangkatnya sendiri sebenarnya mendukung pengecasan dengan daya sampai 30 W.

Sementara itu, Redmi Note 8 Pro yang merupakan generasi sebelumnya disertakan dengan kapasitas 4500 mAh memakai kemampuan fast charging 18 W. Dalam hal ini cukup terperinci Note 9 Pro lebih unggul dari segi ketahanan baterai maupun kecepatan pengisian dayanya.

5. Versi Android Saat Rilis

layar redmi note 9 pro

* sumber: www.indiatoday.in

Sistem operasi pada setiap produk HP yang dikeluarkan sangat penting. Karena, kalau HP tidak memiliki versi OS terbaru, pengguna akan melewatkan fitur-fitur canggih yang lebih memudahkan keseharian mereka. Untuk itu, Redmi Note 9 Pro yang sudah berjalan pada MIUI 11 berbasiskan Android 10 lebih layak dilirik ketimbang Note 8 Pro yang masih dirilis memakai Android 9 Pie.

Alhasil, HP ini tidak bisa membuat tampilan layar lebih adem dengan mengaktifkan Dark Mode. Padahal eksistensi Dark Mode ini mampu menciptakan HP lebih ekonomis daya, dan fitur-fitur lain seperti pengaturan notifikasi yang muncul serta Smart Reply juga sungguh sayang dilewatkan.

6. Ketersediaan RAM dan ROM

redmi-note-9-pro-ram

Sekarang saatnya beralih ke perbedaan lainnya yang cukup penting, ialah ROM dan RAM. Zaman kini ini penyimpanan data secara digital sudah mulai marak, sebab orang sudah mulai beralih dari DVD dan buku fisik menjadi file video dan koleksi ebook, sehingga membutuhkan memori yang besar.

Maraknya aneka macam layanan online juga mengharuskan pengguna untuk menginstal banyak aplikasi yang mereka butuhkan. Itulah mengapa Redmi Note 9 Pro hadir dengan varian ROM 64/3 GB, dan 128/4 GB. Malahan, kapasitas memori juga masih mampu diperluas dengan memakai microSD sampai kapasitas 512 GB pada slot terpisah.

Sayangnya, Redmi Note 8 Pro hanya memperlihatkan satu varian saja yaitu ROM 64 GB dan RAM 4 GB. Jika dibandingkan dengan standar tahun 2020, kapasitas ini terbilang masih kurang untuk menunjang hobi Generasi Z yang hobi download film dan koleksi meme. Note 8 Pro juga mendukung microSDXC, namun terbatas hanya sampai 256 GB saja dan itupun ditempatkan pada slot SIM kedua.

Simpulan

Nah, sesudah melihat-lihat banyak sekali perbedaan Redmi Note 9 Pro dan 8 Pro di atas, sudah terbayangkah Anda ingin membeli yang mana? Rupanya, berbeda dengan perbedaan Redmi Note 9 dan Note 8 reguler yang memiliki perbedaan performa cukup signifikan – varian Pro dari kedua HP ini justru memiliki performa yang hampir setara.

Perbedaan dari segi layar pun tidak begitu jauh, dengan Redmi Note 9 Pro yang lebih unggul menggunakan desain punch-hole dan ukuran yang sedikit lebih besar. Perbedaan yang sekiranya paling menentukan terletak di sektor baterai dan memori internalnya.

Bagi Anda yang sudah cukup puas dengan spesifikasi yang ditawarkan Redmi Note 8 Pro, bisa membelinya pada link ini seharga Rp 2,8 jutaan. Sedangkan bagi Anda yang menjatuhkan pilihan pada Redmi Note 9 Pro, silakan klik link ini untuk membawa pulang HP-nya dengan harga mulai dari Rp 3,5 jutaan. Selamat menentukan!

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online