Inilah 6 Perbedaan Infinix Note 7 Dan Infinix Note 6!

Infinix memiliki seri Note yang dikenal memiliki layar lebar serta kapasitas baterai yang besar. Dari waktu ke waktu, seri Infinix Note semakin dikembangkan agar produk-produk yang dirilisnya memiliki daya saing yang tinggi dengan HP lain.

Dua seri Infinix Note terbaru dikala artikel ini diturunkan adalah Infinix Note 6 dan Infinix Note 7. Artikel ini akan membahas beberapa perbedaan Infinix Note 7 dan Note 6.

Keduanya sama-sama dipasarkan pada segmen harga murah, namun beberapa spek dan keunggulannya bahkan mampu menyaingi HP pada kelas di atasnya. Siapa tahu, mungkin salah satu dari dua HP ini bisa menggoda Anda. Simaklah spesifikasi dan perbedaan berikut!

Spesifikasi Infinix Note 7

Infinix Note 7

  • Layar: IPS LCD, 6,95 inci
  • Chipset: Mediatek Helio G70 (12 nm)
  • GPU: Mali-G52 2EEMC2
  • RAM: 4 GB, 6 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 2 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh

Cek spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Infinix Note 6

Infinix Note 6 3

  • Layar: AMOLED, 6,01 inci, 1080 x 2160 piksel
  • Chipset: Mediatek MT6765 Helio P35 (12nm)
  • GPU: PowerVR GE8320
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB
  • Memori Eksternal: microSD (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 16 MP + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4000 mAh

Cek spesifikasi selengkapnya…

Perbedaan Infinix Note 7 dan Note 6

Infinix Note 6 yang merupakan keluaran 2019 memang hadir dengan spek dan fitur yang kurang up-to-date dibandingkan Infinix Note 7 yang merupakan keluaran 2020. Namun apakah Infinix Note 7 lebih unggul pada segala faktor? Belum tentu juga. Karenanya, simaklah beberapa perbedaan berikut ini.

1. Helio G70 vs. Helio P35

performa chipset helio g70 infinix note 7 lite

Infinix menghadirkan chipset Helio G70 pada Infinix Note 7 dan Helio P35 pada Infinix Note 6. Sedangkan untuk pengolah grafisnya, Infinix Note 7 mengandalkan Mali G52 dengan 8 inti prosesor yang terdiri dari dua Cortex A75 (2.0 GHz) dan enam Cortex A55 (1.7 GHz).

Berbeda dengan Infinix Note 6 yang menggunakan PowerVR GE8320 sebagai pengolah grafisnya serta hadir dengan CPU octacore yang terdiri dari 4 inti Cortex A53 (2.3 Ghz) serta 4 inti Coretx A53 (1.8 GHz).

Berdasarkan perbandingan yang tertera pada laman GadgetVersus, chipset Helio G70 mengalami peningkatan performa dari segi single core sebanyak 99%, sedangkan pada segi multi-core, chipset ini lebih unggul sebanyak 47%.

Dari sini Anda bisa menyimpulkan bahwa Infinix Note 7 memang mempunyai performa chipset yang jauh lebih unggul dari Infinix Note 6. Namun tetap saja performa ini masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan HP lain pada kelas yang sama.

2. Ketersediaan Stylus

infinix note 6 x pen

Beberapa HP yang memiliki perhiasan “Note” pada namanya terkadang hadir dengan embel-embel stylus yang bisa dipakai untuk mencatat ataupun menggambar pada HP. Fitur stylus juga hadir pada Infinix Note 6 dengan nama X Pen. Stylus ini selain mampu untuk navigasi dan mencatat, juga bisa dimanfaatkan untuk mengukur ukuran fisik benda dengan aplikasi AR Measure.

Fitur ini sayangnya tidak dihadirkan pada Infinix Note 7. Cukup wajar mengingat harga yang dibanderol pada Infinix Note 7 memang lebih murah dari Infinix Note 6 ketika pertama kali rilis.

3. Jenis Panel dan Ukuran Layar

infinix note 7 layar

Kalau urusan kualitas tampilan layar, Infinix Note 6 lolos menjadi pemenang berkat panel AMOLED yang dimilikinya. Dibandingkan dengan IPS LCD, HP ini tentu mempunyai kontras warna dan ketajaman yang lebih baik. Meski begitu, cukup disayangkan beliau hadir dengan ukuran layar yang cukup kecil, yakni 6,01 inci saja.

Perbedaan ukuran layar ini sungguh kentara dikala dibandingkan dengan Infinix Note 7 yang mempunyai ukuran panel IPS LCD sebesar 6,95 inci. Apalagi, Infinix Note 7 yang merupakan seri penerus ini telah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass yang mampu menjaganya dari tabrakan dan benturan.

Di sisi lain, Infinix Note 6 hadir dengan resolusi layar lebih besar dan kerapatan pixel yang lebih baik. Resolusi 1080 x 2160 piksel dan kerapatan 402 ppi membuatnya bisa menghasilkan tampilan lebih tajam ketimbang Note 7 yang hanya hadir dengan resolusi 720 x 1640 piksel dan kerapatan 258 ppi.

Kualitas layar Infinix Note 6 sayangnya tidak didampingi dengan ukuran layar yang besar, hal ini alasannya beliau masih mengusung desain model HP lama dengan bezel yang besar di bagian atas dan bawah, berbeda dengan Note 7 yang dibekali dengan desain punch-hole sebagai kamera depannya.

4. Kapasitas RAM dan ROM

infinix note 7 tanpa nfc

Sebuah keunggulan dari Infinix Note 7 yaitu kapasitas memori internal yang sangat besar dibandingkan dengan kompetitornya yang lain. Cukup jarang Anda mampu menemukan HP seharga dua jutaan yang sudah hadir dengan ROM 128 GB serta RAM 6 GB. Terutama mengingat jikalau HP ini juga mendukung suplemen memori eksternal microSDXC pada slot khusus.

Kapasitas ini tentu jauh lebih unggul dari Infinix Note 6 yang hanya mampu mengandalkan ROM sebesar 64 GB dengan RAM 4 GB saja. Artinya, selain hanya mampu menyimpan aplikasi dengan jumlah tidak banyak, RAM 4 GB ini juga terbilang lebih lemah untuk menunjang aktivitas multitasking.

Untung saja kehadiran slot khusus juga dimiliki Infinix Note 6, jadi setidaknya Anda masih bisa menyimpan file besar dengan nyaman dengan menyematkan microSDXC tanpa harus mengorbankan slot SIM kedua.

5. Quad vs. Triple Camera

quad camera infinix note 7

Karena kamera yakni fitur yang wajib hadir pada HP keluaran gres manapun, Infinix tentu tidak lupa menghadirkan kamera pada kedua seri Note ini. Bagi Anda yang penasaran dengan Infinix Note 6, HP ini hanya mempunyai konfigurasi tiga kamera belakang dengan resolusi 16 MP (wide), 8 MP (ultrawide), serta 2 MP (depth).

Sementara itu, Infinix Note 7 lebih berjaya dari segi jumlah dan resolusi kamera. Lensa-lensa yang tersemat di belakang bodi ialah lensa 48 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth), dan 2 MP (dedicated video camera). Meski begitu, lensa video ini hanya dikhususkan pada model varian ROM 128 GB dan RAM 6 GB saja.

Kedua HP ini bisa melaksanakan aneka macam perintah kamera seperti pemotretan makro, bokeh, video beresolusi 1080p, dan fitur kamera lain pada umumnya. Selama pencahayaannya terik, Anda masih bisa menerima hasil gambar yang bagus. Namun khusus untuk stabilisasi dan detil gambar pada malam hari, mungkin hasil gambarnya agak sedikit mengecewakan Anda.

6. 5000 mAh vs 4000 mAh

infinix note 7 battery

Kapasitas baterai yang besar membantu pengguna HP untuk menikmati konten lebih lama lagi. Itulah mengapa seri Note pada Infinix terkenal dengan stigma baterainya yang besar. Note 6 yang dirilis 2019 saja sudah disertai dengan baterai LiPo 4000 mAh. Namun, kapasitas ini tidak seberapa dibandingkan baterai 5000 mAh pada Note 7.

Berdasarkan isu yang terkandung pada video YouTube yang diupload Oscarmini, dibutuhkan waktu selama 1 jam dan 17 menit untuk mengecas Infinix Note 6 dari nol sampai penuh. Sedangkan, baterai pada Infinix Note 7 diklaim bisa bertahan hingga 4 hari lamanya pada penggunaan normal, serta dapat dicas hingga penuh selama 2 jam 25 menit menurut pengetesan yang dilakukan PhoneYear.

Simpulan

Kedua seri Note dari brand Infinix ini memang cukup menarik untuk dibahas. Hal ini alasannya adalah keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing sehingga perlu pertimbangan yang matang sebelum Anda membelinya. Yang niscaya, jangan remehkan Infinix Note 6 hanya alasannya adalah dia merupakan seri pendahulu.

Fitur X Pen yang bisa ditarik dari pojok kanan bawah bodi HP ini sungguh sayang dilewatkan bagi Anda yang hobi menggambar. Apalagi, Note 6 sudah hadir dengan panel AMOLED yang umumnya hanya ditemukan pada HP dengan segmen harga yang lebih mahal.

Namun jika Anda tertarik mempunyai HP dengan desain layar modern, Infinix Note 7 mampu dijadikan pilihan alternatif dengan harga yang lebih murah. Oh iya, jangan lupa baca kelebihan dan kekurangan Infinix Note 7 jikalau Anda tertarik mempelajari HP ini lebih lanjut. Atau, klik link ini jikalau tertarik untuk pribadi membelinya.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online