Inilah 5 Tips Menentukan Power Bank Agar Tidak Tertipu

Power bank merupakan perangkat penyimpan daya portabel yang banyak digunakan oleh mereka yang sering beraktivitas di luar ruangan atau outdoor. Keberadaan power bank sangat membantu di abad daya baterai smartphone kita habis di tengah acara. Cukup sambungkan smartphone ke power bank dengan kabel USB maka daya yang tersedia di power bank akan ditransfer di smartphone.

Power bank tiba dengan banyak sekali ukuran daya dan fitur. Agar mampu mengisi daya smartphone berkali-kali, power bank umumnya diberikan kapasitas yang lebih besar daripada kapasitas baterai smartphone itu sendiri. Sebuah power bank bisa berkapasitas kurang atau lebih dari 10000 mAh.

Fitur yang dibawa oleh setiap power bank juga beragam. Beberapa power bank unggulan membawa fitur-fitur menarik yang sangat bermanfaat, seperti pengisian cepat dan LED notifikasi. Tidak hanya itu, teknologi pengisian pun dibentuk sebaik mungkin agar kondusif ketika digunakan konsumen.

Agar tidak merasa galau dikala hendak membeli sebuah power bank, berikut ini Carisinyal akan menunjukkan beberapa tips memilih power bank yang bisa kamu terapkan.

1. Cek Spesifikasi Power Bank

Hal pertama dan yang paling utama sebelum menentukan power bank ialah dengan mengetahui dulu detail spesifikasinya. Layaknya hp, power bank juga memiliki spesifikasi-spesifikasi tertentu sebagai materi berita bagi calon pembeli. Dengan mengetahui hal, diharapkan kita tidak salah dalam membeli power bank pilihan kita.

Beberapa produsen power bank ternama mencantumkan detail spesifikasi produk di situs resmi mereka. Selain gampang diakses, calon pembeli juga dipastikan menerima isu yang benar.

Mengecek spesifikasi power bank dari sumber utama dan terpercaya merupakan hal yang sangat penting. Meskipun para reseller juga tidak lupa mencantumkan informasi serupa di lapak mereka, kita harus tetap cermat sebelum siap membelinya (terutama kalau ingin membeli secara online).

Memahami detail spesifikasi sebuah power bank juga mampu menjadi pembanding power bank mana yang terbaik dan cocok dengan smartphonemu. Beberapa power bank mungkin hanya cocok dengan perangkat-perangkat tertentu sehingga kita harus mengecek spesifikasinya terlebih dahulu.

Spesifikasi utama power bank yang harus diperhatikan:

  • Kapasitas power bank: Jika aktivitas outdoormu tidak begitu padat, power bank dengan kapasitas 5000 mAh atau kurang dirasa cukup. Jika kau memiliki beberapa perangkat (seperti smartphone dan tablet), maka pilihlah yang kapasitas jauh lebih besar. Power bank berkapasitas 10.000 mAh atau lebih dapat mengisi daya ponsel hingga 4 kali dan tablet sampai 2,5 kali tanpa diisi ulang.
  • Ukuran power bank: Pilihlah ukuran power bank yang menurutmu paling portabel. Artinya? Ukuran body power bank mampu berbeda-beda. Ada yang bentuknya lebih besar dengan kapasitas kecil dan ada juga yang bentuknya lebih kecil dengan kapasitas lebih besar. Jadi pilihlah yang sesuai dengan bawaanmu.
  • Input dan output pengisian: Power bank dengan output 1 ampere (A) biasanya ideal untuk smartphone. PB dengan output 2.1 A lebih cocok untuk tablet. Sedangkan untuk laptop biasanya mempunyai output 3 A. Untuk inputnya sendiri berkisar dari 1 A sampai 2.4 A. Sebagai berita, semakin tinggi ampere output, semakin cepat perangkat kita terisi daya. Semakin tinggi ampere input, semakin cepat waktu pengisian ulang PB kita.

2. Cek Kualitas Power Bank

Bagaimana mampu kita ngecek kualitas power bank yang belum ada di tangan kita? Secara teknis bukan kita yang melaksanakan hal ini, tetapi orang lain yang sudah pernah membeli dan menggunakannya. Beberapa konsumen yang selalu aware dengan produk yang mereka beli biasanya suka memberikan ulasan / review / feedback.

Sebuah ulasan mampu bermuatan nilai konkret maupun negatif. Jika kita sukses membeli suatu produk secara online, kita niscaya akan diminta untuk menawarkan ulasan. Hanya saja tidak sedikit ulasan yang masuk bukan mengenai kualitas produk, tapi lebih ke kecepatan pengiriman dan respon penjual. Meskipun demikian, konsumen yang aware juga sering memberikan ulasan-ulasan bermutu kok.

Nah, begitu juga dengan power bank. Sebelum siap membelinya kita mampu mengetahui kualitas power bank tersebut dari ulasan-ulasan konsumen lain. Jika banyak ulasan nyata yang diterima berarti mereka puas dengan produk tersebut. Sebaliknya jikalau ulasannya banyak yang negatif, kau perlu mempertimbangkan produk itu lebih dalam lagi.

Berikut adalah cara mengetahui kualitas sebuah power bank lebih khusus lagi:

  • Ketik di Google “Review/Ulasan Power Bank ….. (isi titik-titik dengan merk atau model PB yang ingin kamu beli). Jika akibatnya tersedia, kamu bisa membaca ulasan yang diberikan oleh para pengguna di situs mereka masing-masing. Biasanya ulasan perorangan seperti ini lebih jujur, apa adanya, dan lebih detail.
  • Ketik di Google “Merk/Model Power Bank Terbaik” atau cukup “Power Bank Terbaik”. Beberapa situs dengan niche teknologi biasanya akan membahas hal-hal semacam ini. Mereka akan mendaftar beberapa brand atau model power bank terbaik yang ada di pasaran. Entah apa metode evaluasi yang mereka gunakan, tapi hal ini bisa menjadi acuan yang baik bagimu.
  • Cek harganya. Semakin tinggi harga suatu power bank, maka kualitasnya bisa dipastikan lebih baik, begitu pula sebaliknya. Cari power bank yang sesuai dengan budget yang kau miliki. Kamu juga mampu melaksanakan pencarian di Google dengan keyword ” Power Bank Murah Terbaik” untuk menemukan produk murah yang berkualitas.

3. Sesuaikan Fitur PB dengan Kebutuhan

Agar kamu tidak merasa ada kekurangan atau kelebihan dari power bank yang kau beli, kau perlu menyesuaikan fitur-fitur power bank yang ada dengan kebutuhanmu.

Misalnya, jikalau kamu mempunyai lebih dari satu perangkat, kamu mampu memilih power bank yang memiliki minimal dua port pengisian. Dengan begitu, kau bisa mengisi ulang beberapa perangkat dalam waktu yang bersamaan.

Produsen biasanya memperlihatkan output pengisian daya yang berbeda pada power bank dengan port pengisian lebih dari satu. Hal itu dimaksudkan semoga pengguna mampu mengisi perangkat yang lebih kecil (misal: smartphone) dan perangkat yang lebih besar (misal: tablet) dengan kecepatan yang sama.

4. Pastikan Kabel Pengisi Daya PB

* sumber: commons.wikimedia.org

Hal lain yang harus kau pertimbangkan dalam memilih sebuah power bank yakni memastikan produk tersebut dilengkapi dengan kabel pengisian yang dibutuhkan. Minimal power bank tersebut dijual dengan satu kabel pengisi ulang daya power bank itu sendiri. Jika suatu model tidak memiliki satu pun kabel pengisi, kau mampu beralih ke model lain kalau berminat.

Jika kamu terpaksa membeli power bank yang tidak dilengkapi dengan kabel, maka imbasnya kau harus mengeluarkan biaya ekstra untuk membeli kabel itu sendiri. Tidak hanya itu, kabel power bank yang ditawarkan juga harus benar-benar cocok dengan perangkat yang kamu gunakan. Jika tidak, mungkin ada beberapa fitur power bank yang tidak bisa kau nikmati.

5. Pilihlah Power Bank yang Memiliki Indikator LED

Power bank yang dilengkapi dengan fitur ini bisa memberitahumu jumlah daya yang tersimpan di dalamnya. Dengan indikator LED tersebut, kau juga bisa mengetahui apakah power bank sudah terisi penuh atau belum. Saat sisa dayanya sudah hampir habis, hal itu juga akan ditunjukkan oleh indikator.

Dengan adanya indikator ini, kau tidak perlu menerka-ngira apakah daya power bank sudah habis atau belum, sudah terisi penuh atau belum, dan sebagainya. Jadi, kami merekomendasikan untuk membeli power bank yang dilengkapi dengan indikator LED.

Itulah beberapa tips memilih power bank dari Carisinyal. Sudah siap membeli power bank? Kami menyarankan untuk membelinya dengan mudah di Bukalapak. Temukan berbagai macam power bank di Bukalapak dengan harga yang kompetitif (klik di sini).

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online