Inilah 3 Cara Menghilangkan Virus Shortcut Pada Laptop

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda pastinya tidak bisa dipisahkan dari perangkat elektronik, mirip laptop dan smartphone. Laptop menjadi barang penting yang tidak mampu hilang dari keseharian. Laptop mampu Anda gunakan untuk mengerjakan beberapa pekerjaan juga untuk berselancar di media sosial. Anda mampu dengan mudah menerima perangkat ini alasannya harga laptop HP terbaru  kini ini memiliki berbagai penawaran harga yang menarik.

Anda bisa melaksanakan banyak hal di laptop. Anda mampu bermain game seharian, mengerjakan tugas-peran yang sudah menumpuk, menonton film, mengecek harga laptop HP terbaru, dan masih banyak lagi. Tentu saja, Anda juga mampu melaksanakan streaming di aneka macam website. Selain itu, semoga film itu mampu ditonton kembali, Anda juga bisa mengunduhnya di website tertentu.

Selain film, banyak juga file yang bisa Anda unduh di internet. Namun tanpa Anda sadari, virus akan ikut terbawa ketika mengunduh file. Hal tersebut mampu saja terjadi sebab Anda tidak sengaja mengklik halaman yang disarankan saat akan mengunduh file tertentu. Dengan begitu, laptop Anda akan terkena virus atau malware, mirip virus Trojan, Worms, FAT Virus, dan masih banyak lagi. Tentu saja virus-virus tersebut akan merusak laptop kalau Anda tidak segera mengatasinya.

Diantara banyaknya virus yang ada, salah satu virus yang paling menyebalkan ialah virus shortcut. Virus ini tergolong virus yang mudah menular melalui Flash Drive USB. Umumnya virus ini menginfeksi directory file pada laptop dan storage device Anda. Virus ini bisa dikatakan tidak terlalu berbahaya karena tidak akan menciptakan file Anda corrupt dan sangat gampang untuk diatasi. Namun tetap saja jikalau dibiarkan akan mengganggu performa laptop Anda.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut

Untuk itu, guna mengatasi masalah tersebut, simak ulasan lengkap cara menghilangkan virus shortcut di bawah ini.

1. Melakukan proses unhide files

Unhide-Files

Hal pertama yang bisa Anda lakukan ialah dengan melaksanakan proses unhide files dengan menggunakan windows. Cara yang pertama yakni dengan membuka control panel pada windows Anda, lalu pilih folder options dan masuk ke dalam tab view. Setelah itu, lakukan langkah-langkah untuk memunculkan file yang tersembunyi akhir virus dengan mengklik “Show Hidden files”. Dengan melaksanakan langkah ini, mampu dipastikan file yang ter-hpandangan baru balasan virus shortcut akan muncul.

2. Melakukan proses remove attribute pada storage device

command prompt remove attribute

Langkah yang kedua ialah melaksanakan proses remove attribute. Caranya adalah dengan memakai Command Prompt pada start menu. Jika fitur tersebut sudah muncul, ketikan drive letter laptop Anda yang sedang bermasalah. Misalnya Drive C, maka cukup ketik C: lalu tekan enter. Apabila drive C sudah muncul, langkah selanjutnya yakni melaksanakan pembersihan attribute dengan menuliskan “Attrib –s –h –r /s /d” sehabis itu tekan Enter.

3. Menghapus virus dari storage device

removing malware

Langkah terakhir yang mampu Anda lakukan adalah dengan menghapus atau membuang virus dari storage device laptop Anda. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yang pertama ialah pembatalan memakai anti-virus, dan yang kedua ialah penghapusan secara manual. Jika Anda memilih untuk menggunakan anti-virus, Anda cukup melaksanakan scanning dan virus pun akan otomatis terdeteksi.

Jika Anda ingin melaksanakan cara manual, cukup hapus file-file yang terkena virus shortcut yang biasanya memiliki ekstensi file ‘ink’. Demikianlah beberapa cara untuk menghilangkan virus shortcut pada laptop. Harga laptop HP terbaru dan harga laptop HP Probook terbaru  bisa Anda cek di Bukalapak.com. Dapatkan harga promo dan penawaran harga menarik lainnya hanya di Bukalapak.com

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online