Inilah 10 Pilihan Brand Set Top Box Terbaik Di Indonesia

Menonton TV merupakan salah satu acara yang mampu menghilangkan jenuh setelah seharian beraktivitas. Ditemani dengan cemilan, sambil duduk santai di sofa, bersama anggota keluarga tercinta, kegiatan ini bisa menjadi sarana quality time yang baik.

Beberapa orang bahkan memutuskan untuk berlangganan TV berbayar agar pilihan channel lebih variatif. Tapi, harga bulanannya yang mahal terkadang menjadi hambatan. Lalu apa solusinya?

Anda bisa menggunakan perangkat set top box – sebuah dekoder yang mampu menangkap sinyal digital dan mengubahnya menjadi data analog untuk ditampilkan pada layar TV Anda.

Simpelnya, Anda bisa menonton tayangan TV luar negeri memakai set top box tanpa perlu berlangganan. Kualitasnya pun jauh lebih jernih dibandingkan siaran analog biasa. Jika tertarik, tidak ada salahnya simak daftar 10 merk set top box berikut ini.

1. SKYBOX Set Top Box DVB T2

skybox-merl-set-top-box

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

SKYBOX Set Top Box merupakan perangkat dekoder DVB T2 yang mampu menghasilkan kualitas gambar dan bunyi dengan jernih. Sudah mendukung kualitas HD, Anda dijamin tidak akan menemukan “semut” pada siaran televisi Anda, seolah sedang berlangganan TV kabel.

Tidak hanya itu, kompatibilitas perangkat set top box ini juga cukup luas, bisa dipakai pada TV merk apapun dan jenis apapun – LCD, LED, Plasma, bahkan TV tabung sekalipun. Terdapat juga slot USB supaya Anda mampu merekam dan menyimpan siaran TV pada USB flash disk atau HDD external.

Slot USB ini juga mampu dimanfaatkan untuk memutar media dengan aneka macam format mirip mp4, mov, mkv, div, mpg, dan masih banyak lagi. Yang membuatnya unik, terdapat layar LED pada unit yang cukup terang – juga dilengkapi dengan performa profesor yang lebih canggih.

2. Xtreamer BIEN 3

xtreamer-bien-3-merk-set-top-box

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Jika ingin menonton siaran televisi dengan kualitas yang setara dengan DVD, Xtreamer BIEN 3 adalah pilihan yang sempurna. Anda kebetulan sudah mendownload film dengan resolusi 1080p? Mengapa tidak coba dihubungkan dengan perangkat ini? Yap, unit set top box ini bisa memutarkan media dengan resolusi HD manapun, termasuk 1080i, 720p, dan 576p.

Antarmuka OSD (on-screen display) yang diusung pada produk ini juga sudah berbahasa Indonesia sehingga cocok dipakai oleh berbagai kalangan. Lalu, jikalau sebelumnya Anda tidak bisa melaksanakan pause dan rewind pada TV biasa, kini Anda dapat leluasa melakukan itu semua berkat fitur time shifting pada produk ini.

Beberapa fitur lainnya yang hadir adalah parental lock untuk memblokir beberapa channel yang dirasa tidak pantas untuk anak-anak, fitur EWS (Early Warning Sistem) untuk memberitahukan berita bencana yang sedang terjadi, serta dukungan subtitle teleteks dan DVB.

3. AKARI ADS-210

 

 

AKARI ADS-210

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

AKARI juga merupakan brand set top box yang layak untuk dilirik. Berbagai fitur umum mampu Anda nikmati seperti EWS, parental control, perekaman siaran menggunakan flash disk atau hard disk eksternal, juga pemutaran media film dan musik dengan kualitas HD (hingga 1080p).

Tak hanya itu, aspek rasio yang mampu dinikmati juga sangat beragam mirip 16:9, 4:3 letter box, dan 4:3 pan scan sehingga nyaman dipakai pada TV dengan dimensi berapapun. Anda juga dapat menonton siaran kemudian yang sudah lewat dan mengetahui acara siaran hingga 7 hari ke depan berkat fitur EPG (Electronic Program Guide).

4. Venus DVB-T2

venus-merk-set-top-box

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Ada lagi satu brand set top box yang dapat Anda gunakan untuk menonton siaran televisi tanpa noise dan bayangan pada gambar. Venus Brio DVB-T2 yaitu dekoder untuk menampilkan siaran digital dengan ketajaman baik. Juga, fungsinya untuk memenuhi kebutuhan multimedia Anda dengan aneka macam resolusi film yang mampu diputar pada TV jenis apapun.

Fitur EWS (Early Warning System) yang diusung pada unit ini telah bekerja sama dengan BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) sehingga mampu dipastikan data yang diterima sangat akurat.

Tak cukup di situ, unit set top box ini juga mempunyai ketahanan sinyal yang baik meski dipasang pada mobil dengan laju yang cepat. Anda dijamin bisa menonton siaran digital dengan kualitas yang stabil meski di dalam kendaraan.

5. ZTE ZXV10 B760H

zte

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Bisa membayangkan TV tabung diubah menjadi Smart TV? Itulah sebuah keunikan yang ditawarkan oleh ZTE ZXV10 B760H yang berbasiskan Android ini.

Karena OS-nya Android, Anda jadi bisa melakukan berbagai acara seolah sedang memakai HP, seperti browsing, menonton YouTube, dan menyaksikan film di iflix. Pokoknya, unit ini bisa menghadirkan aneka macam fitur Smart TV tak peduli merk dan jenis TV Anda.

Ada juga fitur bernama Miracast yang bisa menampilkan tampilan HP pada layar TV. Caranya pun cukup mudah, tinggal jalankan video YouTube atau putarkan lagu di Spotify pada HP.

Kedua aplikasi ini memiliki opsi yang mampu dipilih untuk langsung terhubung dengan Android TV. Tak hanya itu, Anda pun bisa menggunakan mouse wireless dan keyboard pemanis jika terlalu repot memakai remote. Tertarik mencobanya?

6. Rinrei Dvb T2

rinrei

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

RINREI merupakan merk set top box yang bisa mendatangkan konten digital pada TV analog Anda dengan menggunakan antena UHF. Kualitas gambar yang dihadirkan pada unit ini juga sama jernihnya dengan brand set top box kebanyakan – kualitas HD, tanpa noise dan bayangan, serta resolusi tinggi.

Fitur-fitur lainnya juga jangan ditanya – Anda bisa merekam siaran TV, mengetahui kabar peristiwa melalui EWS, menyebabkan TV sebagai media player, dan masih banyak lagi. Bahan material yang dipakai pada unit ini adalah metal sehingga lebih kokoh dan abadi.

7. Crystal Set Top Box Decoder Receiver

crystal

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Produk set top box brand Crystal ini memiliki dua fungsi – sebagai alarm, dan juga menyuguhkan pengalaman menonton TV yang lebih menyenangkan.

Fitur media player pada Crystal mampu memutarkan film, lagu, dan menampilkan gambar dengan resolusi hingga 1080p. Flash disk dan hard disk pun mampu terkoneksikan dengan baik meski memiliki format berbeda-beda (FAT, FAT32, dan NTFS). Jadi, tidak perlu repot memformat ulang flash disk biar terdeteksi.

Apa hanya itu saja fiturnya? Tentu tidak. Dekoder ini juga mendukung antena aktif yang sudah di-support oleh booster sehingga mampu menayangkan tampilan siaran yang minim noise dan juga berkualitas tinggi. Tampilan display LED pada unit juga cukup besar jadi tidak perlu memicingkan mata jika melihatnya dari jauh.

8. Huawei EC6108V9

huawei-merk-set-top-box

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Siapa di sini yang tidak mengenal Huawei? Bagi Anda yang pecinta teknologi mirip HP niscaya sudah tidak gila lagi dengan namanya. Ternyata, merk raksasa asal Tiongkok ini juga menciptakan set top box yang mampu menyulap TV apapun menjadi Smart TV.

Mirip seperti merk ZTE, unit ini juga berjalan pada sistem operasi Android Kitkat, sehingga mampu diinstalkan berbagai aplikasi mirip iflix, Spotify, YouTube, MX Player, dan masih banyak lagi. Anda juga mampu menginstal KODI – aplikasi dengan fitur serba ada untuk  memperkaya pengalaman menonton film.

9. Ichiko DVB T2 8000HD

Ichiko_merk-set-top-box

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Dengan memakai ICHIKO DVB T2 8000HD, Anda dan keluarga akan betah menonton TV usang-lama. Hadir dengan fitur media player yang serba mampu, Anda tidak hanya dapat menonton siaran umum melainkan juga film apapun yang Anda suka. Sambungkan unit ini dengan beberapa jenis kabel yang didukung TV Anda, seperti HDMI dan RCA.

Nikmati aneka macam fitur yang sebelumnya tidak mampu Anda rasakan pada TV biasa, seperti EWS, melaksanakan pause pada siaran TV manapun, merekam dan menyimpan siaran pada flash disk atau hard drive, dan masih banyak lagi. Siapa bilang menikmati fitur canggih harus mahal?

10. POLYTRON Mola TV PDB-M11

polytron-mola-merk-set-top-box

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang paling banyak penggemarnya di Indonesia. Untuk menjawab kebutuhan konsumen yang spesifik ini, POLYTRON pun mengeluarkan produk set top box khusus Anda penggemar sepak bola, terutama Liga Inggris.

Unit ini tentu saja mempunyai fitur selayaknya set top box biasa, tapi banyak keunggulan yang mampu Anda nikmati. Contohnya, Anda mampu menyaksikan tayang Liga Inggris tahun 2019-2020 melalui layanan on-demand yang juga menghadirkan film-film bergenre umum.

Terdapat empat live channel mirip Mola Sport, Mola Sport 2, Mola Movies, dan Mola Kids. Oh, produk ini juga berjalan pada operating sistem Android sehingga mampu dijadikan daerah untuk browsing, menonton YouTube, dan masih banyak lagi. Fans bola atau bukan, siapapun akan menerima pengalaman menonton yang menyenangkan dengan POLYTRON Mola TV PDB-M11.

Yap, itulah tadi banyak sekali merk set top box yang dapat Anda gunakan biar menonton TV lebih menyenangkan. Berbagai fitur yang terdapat bahkan mampu mengalahkan langganan TV berbayar. Padahal, cukup dengan mengeluarkan uang ratusan ribu seumur hidup, Anda bisa mendapatkan kualitas siaran yang jernih dengan opsi yang hampir tiada batas. Tertarik beli brand set top box yang mana?

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online