Inilah 10 Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Galaxy A9 (2018)

Samsung memperlihatkan kejutan kepada para penggemar smartphone dengan merilis Samsung Galaxy A9 (2018) yang punya ragam fitur menarik, performa yang baik serta satu hal yang paling menarik di antara yang lainnya: empat kamera di bagian belakang. Kehadiran HP ini berdekatan dengan hadirnya Samsung Galaxy A7 2018 yang membawa tiga kamera.

Hadirnya jumlah kamera lebih dari dua pada HP Samsung ini tentu cukup mengejutkan. Tidak heran jikalau kemudian kedepannya, HP dengan lebih dari dua kamera akan dihadirkan juga oleh vendor lain. Kehadiran kamera lebih dari dua membawa hasil foto yang baik, seperti yang pernah dibahas juga pada artikel ihwal kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A7 2018.

Lantas, bagaimana dengan Samsung Galaxy A9 (2018)? Nah, kali ini, Carisinyal akan membagikan berita mengenai kelebihan serta kekurangan dari smartphone Samsung Galaxy A9 (2018). Penasaran? Simak pribadi saja pembahasannya di bawah ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A9

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy a9 samsung-galaxy-a9-2018_4 (Copy)

  • Rilis: November 2018
  • Layar: Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M color
  • Resolusi Layar: 1080 x 2220 pixels, 18.5:9 ratio ( 392 ppi density)
  • Chipset: Qualcomm SDM660 Snapdragon 660 (14 nm)
  • CPU: Octa-core (4×2.2 GHz Kryo 260 & 4×1.8 GHz Kryo 260)
  • GPU: Adreno 512
  • OS: Android 8.0 (Oreo)
  • Memori Internal: 128 GB, 6/8 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 512 GB (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: 24 MP, f/1.7, PDAF + 8 MP, f/2.4, 12mm (ultrawide) + 10 MP f/2.4, (telephoto), 2x optical zoom + 5 MP, f/2.2, depth sensor
  • Kamera Depan: 24 MP, f/2.0
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 3800 mAh battery

Kelebihan Samsung Galaxy A9

1. Memiliki Empat Kamera Belakang

galaxya94 (Copy)

* sumber: www.techradar.com

Yep, inilah yang menjadi salah satu kelebihan utama dari smartphone Samsung Galaxy A9: Empat kamera belakang! Masing-masing dari kamera tersebut di antaranya kamera utama dengan ukuran 24 megapixel, bukaan lensa sebesar f/1.7 dan dilengkapi dengan PDAF atau Phase Detection Autofocus.

Selain itu, smartphone Samsung Galaxy A9 juga dilengkapi dengan lensa telephoto beresolusi 10 megapixel, dengan bukaan lensa berukuran f/2.4 dan 2x optical zoom, 8 megapixel dengan lensa ultra wide 12 mm yang memiliki bukaan lensa berukuran f/2.4 serta satu kamera beresolusi 5 megapixel dengan ukuran bukaan lensa f/2.2 yang dilengkapi dengan depth sensor.

Keempat kamera ini menjadikan Samsung Galaxy A9 sebagai smartphone dengan empat kamera atau biasa disebut dengan quad camera dalam bahasa Inggris, yang pertama di dunia. Wah, keren sekali, bukan?

Nah, bagaimana kualitas dari keempat kamera belakang Samsung Galaxy A9 ini? Yep, tentu saja cantik. Sangat cantik. Warna yang dihasilkan sangat tajam, nyaris tanpa noise dan memiliki kualitas luar biasa. Nggak percaya? Berikut aku lampirkan beberapa hasil jepretan dari keempat kamera ciamik milik Samsung Galaxy A9.

A9 CAMSAMPLE (Copy)

* sumber: www.youtube.com

samsung-galaxy-a9-camera-13 (Copy)

* sumber: root-nation.com

samsung-galaxy-a9-camera-14 (Copy)

* sumber: root-nation.com

samsung-galaxy-a9-camera-15 (Copy)

* sumber: root-nation.com

samsung-galaxy-a9-camera-1 (Copy)

* sumber: root-nation.com

Menurut techline, hasil gambar dari kamera Samsung Galaxy A9 dengan mode auto mempunyai kualitas sangat manis. Begitupun dengan kamera wide angle-nya. Hasil jepretannya tidak kalah memuaskan. Dan untuk telephoto, hasil jepretannya juga elok meski warna yang dihasilkan tidak terlalu vivid dan terasa kurang tajam.

Kamera depan berukuran 24 megapixel dengan bukaan lensa sebesar f/2.0-nya juga menghasilkan kualitas gambar yang tidak kalah amazing.

Ya, meskipun kebanyakan ponsel sekarang memiliki dual selfie camera di bagian depan, namun untuk Samsung Galaxy A9 yang punya empat kamera lain di bagian belakang smartphone, satu kamera depan saja dirasa cukup, ya. Penasaran dengan kualitas jepretan dari kamera depan Samsung Galaxy A9? Berikut akibatnya.

GalaxyA9selfie (Copy)

* sumber: www.youtube.com

GALAXYA9SELFIECAM (Copy)

* sumber: www.youtube.com

Masih berdasarkan techline, Untuk recording video dari Samsung Galaxy A9 juga sangat memuaskan, walau untuk 4K-nya tidak dilengkapi dengan stabilizer sehingga rekaman video-nya cenderung berantakan, namun untuk rekaman video 1080p-nya mampu dibilang oke banget. Tidak goyang alias shaky.

Nah, bagaimana? Keren bukan kamera smartphone satu ini? Buat Anda yang hobi motret dan eksis di sosial media, Samsung Galaxy A9 bisa jadi pilihan utama, nih.

2. Kualitas Layar yang Sangat Bagus

Galaxya98 (Copy)

* sumber: www.techradar.com

Samsung Galaxy A9 memiliki dimensi sebesar 162.5 x 77 x 7.8 mm dengan ukuran layar sebesar 6.3 inci (80.5 % screen to body ratio) dan dilengkapi dengan panel layar andalan Samsung, Super AMOLED capacitive touchscreen 16 M colors. Resolusi dari layarnya berukuran 1080 x 2220 pixel dengan rasio 18:5:9 ( 392 ppi density).

Cukup lega, bukan? Hasil output gambar dari layar Samsung Galaxy A9 juga sangat memuaskan. Warnanya tajam, terang dan nyaman dikala digunakan di luar ruangan. Cocok untuk nonton video di YouTube atau Netflix lama-lama, nih.

3. Desain yang Elegan

galaxya9 (Copy)

* sumber: www.techradar.com

Ini, nih yang menjadi salah satu daya tarik dari smartphone yang hampir menyamai rentetan smartphone flagship dari Samsung. Desainnya. Yes, Samsung Galaxy A9 hadir dengan tampilan super bagus. Bodi ponsel ini terbuat dari paduan kaca serta metal, ditambah dengan empat kamera belakang yang nggak usah diragukan lagi kualitasnya.

Di bab tengah terdapat sensor fingerprint dengan bentuk yang nggak biasa, dibawahnya terdapat logo Samsung yang bertengger dengan bagus.

Bagian sisi kiri bodinya dilengkapi dengan tombol Bixby, alias voice asisstant-nya Samsung yang gak kalah cakep dari Siri. Sementara di bagian bawah smartphone terdapat satu speaker multimedia dengan kualitas output audio yang baik, earphone jack berukuran 3.5 mm serta USB port tipe-C.

4. Pilihan Warna yang Unik

galaxya92 (Copy)

* sumber: www.techradar.com

Smartphone minim bezel ini hadir dengan tiga pilihan warna yang berbeda. Ada caviar black buat kau yang santai, ada juga lemonade blue serta bubblegum pink yang pas untuk kau yang suka tampil sedikit nyentrik.

Warna dari bodi bab belakang Samsung Galaxy A9 ini dapat berubah sesuai kondisi cahaya maupun angle, lho. Keren banget, kan?

Kesan elegan yang dimiliki sebuah smartphone akan berkurang jika dikala dipegang terasa tidak nyaman di tangan. Namun tidak dengan Samsung Galaxy A9. Meskipun ukuran ponsel dan layarnya terbilang ‘jumbo’, smartphone ini sangat nyaman dikala digenggam.

5. Performa yang Cukup Baik

galaxya910 (Copy)

* sumber: www.techradar.com

Nah, bagaimana dengan performanya? Smartphone sekeren ini harusnya punya performa yang baik bukan? Yep, Samsung Galaxy A9 dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 660 (14 nm) dengan prosesor octa core yang terdiri dari empat 2.2 Ghz Kyro 260 dan empat lagi ialah 1.8 Ghz Kyro 260. Samsung Galaxy A9 dilengkapi dengan RAM berukuran 8 GB.

Mari kita lihat bagaimana hasil GeekBench test yang dilakukan GSMArena untuk smartphone Samsung Galaxy A9 ini.

galaxya9 multicore (Copy)

* sumber: www.gsmarena.com

Hasil GeekBench test untuk multi-core memberikan skor sebesar 5856, lebih unggul dibanding Huawei Mate 20 Lite yang dilengkapi dengan chipset Kirin 710 dan prosesor octa core cortex A75 dengan A553-nya.

Meski begitu, Samsung Galaxy A9 masih kalah saing dengan Xiaomi Mi 8 SE yang punya chipset gahar, ialah Qualcomm Snapdragon 710 dengan perolehan skor 5908. Gak apa-apa, beda tipis lah ya.

Galaxya9singlecore (Copy)

* sumber: www.gsmarena.com

Untuk hasil GeekBench test single-core-nya, Samsung Galaxy A9 berada di urutan ke-4, dengan perolehan skor sebanyak 1595, karenanya sama dengan Huawei Mate 20 Lite.

galaxy a9 antutu (Copy)

Untuk skor AnTuTu-nya, bisa dibilang tidak mengecewakan. Samsung Galaxy A9 memperoleh skor sebanyak 141011. Mengalahkan Huawei Mate 20 Lite dengan skor 135583. Meski begitu, smartphone mid-range samsung ini masih kalah jauh skor-nya dari Xiaomi Mi 8 SE dengan skor 170218.

Buat kau yang hobi main game PUBG di smartphone, nggak usah khawatir apalagi hingga bingung. Samsung Galaxy A9 masih sanggup ngangkat, kok. Walaupun setting-an grafisnya diturunkan harus ke medium biar main game-nya mampu lancar jaya.

Tapi kamu mampu memainkan game semacam Asphalt Xtreme sampai Shadow Pi 3 dengan settingan grafis tinggi tanpa kuatir lag atau lemot.

Menurut pengalaman dari techline, Samsung Galaxy A9 sama sekali tidak mengalami overheat dan dilema signifikan ketika memainkan game-game di atas.

6. Kapasitas Baterai Cukup

galaxya11 (Copy)

* sumber: www.techradar.com

Samsung Galaxy A9 dilengkapi dengan baterai non-removable Li Ion berkapasitas 3800 mAh. Dilansir dari techline, baterai Samsung A9 baka hingga 11 jam lamanya untuk pemakaian yang wajar, dan hanya membutuhkan waktu sekitar tiga puluh menit sampai satu jam untuk satu kali pengisian daya.

Samsung Galaxy A9 dilengkapi dengan fitur fast charging yang dapat mempercepat waktu pengisian daya baterai.

Kekurangan Samsung Galaxy A9

1. Tidak Tahan Air

galaxy a912 (Copy)

* sumber: www.techradar.com

Sayang sungguh sayang, smartphone dengan desain elegan ini tidak dilengkapi dengan water resistant mirip smartphone mid-range atau flagship lainnya dari vendor pesaing maupun dari Samsung sendiri.

Agak mengecewakan, memang. Karena smartphone lain besutan Samsung mirip Samsung Galaxy A8 saja yang memiliki harga jauh lebih murah sudah dilengkapi dengan teknologi water restistant IP68, menjadikannya anti air dan anti abu.

2. Tidak Ada Wireless Charging

galaxya93 (Copy)

* sumber: www.techradar.com

Hari gini nge-charge masih pakai kabel? Udah nggak zaman, kali! Begitu kata sebagian orang. Hmmm, jikalau Anda salah satu dari sekian banyak orang yang sudah bosan nge-charge pakai kabel dan ingin beralih ke wireless charging yang dirasa lebih simpel dan modern, maka Samsung Galaxy A9 ini bukan pilihan yang tepat karena tidak dilengkapi dengan fitur wireless charging.

3. Masih Menggunakan Android Oreo

samsung-galaxy-a9-2018-71 (Copy)

* sumber: root-nation.com

Yup, dikala smartphone pesaing lain telah berlomba-lomba melengkapi flagship andalan mereka dengan OS Android terbaru, Samsung nyatanya masih membekali smartphone mid-range Galaxy A9 dengan OS Android Oreo 8.0. Namun, bukan nggak mungkin, kedepannya Samsung Galaxy A9 akan dapat menjalankan OS Android Pie.

4. Kapasitas Penyimpanan Internal Terbatas

samsung-galaxy-a9-2018-86-977x650 (Copy)

* sumber: root-nation.com

Samsung Galaxy A9 hanya tersedia dalam pilihan kapasitas RAM 8GB dengan internal storage sebesar 128 GB yang dirasa kurang lega untuk dikala ini.

Apalagi buat Anda yang hobi jeprat-jepret, rekam video atau install banyak aplikasi, rasanya kapasitas memori segini agak kurang besar. Walaupun begitu, Anda masih tetap bisa menambahkan external memory up to 512 GB. Namun tetap saja, rasanya sayang sekali, alasannya pesaing lain sudah banyak menyematkan memori internal dengan kapasitas yang lebih besar untuk smartphone andalan mereka.

Simpulan

Nah, itulah 10 kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy A9, smartphone yang punya empat kamera belakang dengan performa aduhai. Oh ya, dari segi harga, smartphone satu ini mampu dibilang punya harga yang tidak mengecewakan nguras kantong untuk ukuran di kelasnya.

Lumayan mahal, bukan? Tapi kembali lagi kepada masing-masing individu, deh. Karena harga itu relatif. Ya, meski kualitas performa yang ditawarkan dapur pacunya masih kalah saing jikalau dibanding flagship atau smartphone mid-range lain dengan harga yang lebih ramah di kantong.Tetapi performa empat lensa kameranya juga patut diacungi jempol.

Nah, kamu tertarik untuk membeli smartphone Samsung Galaxy A9 (2018) ini? Jika tertarik, eksklusif saja beli Samsung Galaxy A9 (2018) di toko online lewat link ini.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online