Inilah 10 Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Galaxy A80

Jika menyebut HP Samsung, seri Samsung Galaxy S series dan Note series sering dianggap sebagai HP Samsung kelas atas yang menunjukkan fitur terbaik. Namun, ternyata tidak hanya kedua series tersebut, ada juga HP Samsung Galaxy A series yang memberikan fitur dan spesifikasi mumpuni.

Umumnya, Samsung Galaxy A series yang menunjukkan spesifikasi yakni seri A teratas, mirip Samsung Galaxy A80 contohnya. HP yang satu ini berbeda dengan keluarga A series lainnya. Salah satu pembedanya adalah karena HP ini menawarkan layar yang benar-benar penuh, tanpa notch atau punch hole display. 

Samsung Galaxy A80 sendiri berada di kelas menengah ke atas. Artinya HP ini tidak bisa dikatakan ada di kelas menengah tetapi juga harganya tidak mampu disebut sebagai flagship mengingat ada HP Samsung lain yang lebih mahal.

Lantas seperti Samsung Galaxy A80 ini? Adakah kelebihan dan kekurangannya? Tentu saja ada, karena itu yuk simak 10 poin yang terdiri dari 5 kelebihan dan 5 kekurangan dari HP ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A80

 

Umum

  • Diumumkan
    April, 2019

  • Jaringan
    2G, 3G, 4G

  • SIM Card
    Single SIM (Nano-SIM) atau Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    165.2 x 76.5 x 9.3 mm

  • Berat
    220 g

Layar

  • Jenis
    Super AMOLED capacitive touchscreen

  • Ukuran
    6.7 inci dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 3 dan fitur Always-on display

  • Resolusi
    1080 x 2400 pixels ( 393 ppi density)

Hardware

  • Chipset
    Qualcomm SDM730 Snapdragon 730 (8 nm)

  • CPU
    Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 470 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 470 Silver)

  • GPU
    Adreno 618

Memori

  • RAM
    8 GB

  • Memori Internal
    128 GB

  • Memori Eksternal

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    3

  • Resolusi
    48 MP + 8 MP + TOF 3D camera

  • Fitur
    48 MP, f/2.0, 26mm (lebar), 1/2″, 0.8µm, PDAF

    8 MP, f/2.2, 12mm (ultra lebar), 1.12µm

    Kamera 3D TOF, f/1.2, 30mm

    Fitur: LED flash, panorama, HDR

  • Video

Kamera Selfie

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-grup band, Wi-Fi Direct, hotspot

  • Bluetooth
    5.0, A2DP, LE

  • Infrared

  • NFC

  • GPS
    A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS

  • USB
    2.0, Type-C 1.0 reversible connector

Baterai

  • Jenis
    Li-Po

  • Kapasitas
    Non-removable 3700 mAh

  • Wireless Charging

  • Fitur
    Fast battery charging 25W

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 9.0 Pie

  • Sensor
    Fingerprint (under display), accelerometer, gyro, proximity, compass

    ANT+

  • 3.5mm Jack

  • Warna
    Angel Gold, Ghost White, Phantom Black

  • Lainnya
    – Dikenal juga sebagai Samsung Galaxy A90

    – Dolby Atmos sound

Kelebihan Samsung Galaxy A80

Samsung Galaxy A80 ini termasuk HP yang mempunyai banyak kelebihan. Apa sajakah kelebihan dari HP Samsung ini? Simak poin-poinnya berikut ini!

1. Desain Berkualitas Tinggi

Samsung Galaxy A80 mempunyai dimensi 165.2 x 76.5 x 9.3 mm dan beratnya 220 gram. Bodi HP-nya sendiri dibentuk dengan kualitas rancang bangun yang baik. Betapa tidak, frame yang digunakan oleh HP ini yaitu metal.

Selain itu, HP ini mempunyai balutan pelindung Corning Gorilla Glass 6 di bagian belakang. Hal ini terang menciptakan bodi bab belakang HP ini terlindungi dengan baik. Penggunaan Corning Gorilla Glass 6 di bab belakang bodi ini justru yaitu langkah anggun mengingat HP ini memberikan kamera putar.

Yap, salah teknologi dari HP ini yang patut dipuji ialah kamera putarnya. Samsung mampu menghadirkan HP dengan build quality baik, kamera putar, serta pelindung yang baik. Hal ini terang menciptakan HP ini mempunyai desain rancang bangun berkualitas tinggi.

2. Fast Charging 25W

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=lwD2wXJ09zM

Samsung Galaxy A80 ini hadir dengan teknologi pengisian yang tergolong cepat. Teknologi pengisian cepat di HP ini adalah fast charging 25W. Teknologi ini lebih cepat bila dibandingkan dengan Redmi K20 yang hanya 18W saja.

Dengan fast charging 25W, HP ini mampu terisi dayanya mencapai 50% dalam waktu 30 menit. Channel Youtube Gadgetbyte, mengatakan hal tersebut. Menurut pengalaman mereka juga, semoga HP terisi penuh,  dibutuhkan waktu 1 jam lebih beberapa menit. Hasil ini terang menandakan bila HP ini memiliki pengisian daya yang cepat.

3. Layar AMOLED dengan sRGB yang Akurat

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=lwD2wXJ09zM

Samsung Galaxy A80 menunjukkan layar 6,7 inci dengan panel Super AMOLED. Panel layar Super AMOLED yang ditawarkan HP ini benar-benar anggun. Terlebih alasannya kini HP ini hadir dengan layar yang penuh, bezel tipis, tanpa notch. Benar-benar infinity display. 

Layar HP ini memperlihatkan resolusi 1080 x2400 piksel, rasio 20:9, dengan kerapatan layar 393 ppi. Layar HP ini juga sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 3. Bukan yang terbaru tetapi setidaknya layarnya memiliki pelindung.

Layarnya sendiri mampu menghadirkan tampilan yang elok. Kalau menurut GSMArena, tampilan layar HP ini mempunyai kecerahan layar yang baik di luar ruangan. Selain itu, layarnya mempunyai sRGB dengan tingkat akurasi yang cantik.

Channel Youtube Gadgetbyte, juga memuji kualitas layar dari HP ini yang dibilang sebagai tampilan layar yang excellent alias luar biasa. Terlebih tingkat kecerahan layar HP ini juga elok, bahkan, dengan tingkat kecerahan layar yang minim pun masih terlihat terperinci.

4. Software dan UI yang Bagus

UI Samsung Galaxy A80

* sumber: www.gsmarena.com

Salah satu karya besar Samsung di pengembangan sistem operasi adalah OneUI. OneUI ini yaitu antarmuka dari Samsung yang menarik dan mempunyai pengembanga yang lebih baik dibandingkan Samsung Experience UI yang sebelumnya hadir di HP Samsung.

OneUI hadir di Samsung Galaxy A80 dengan berbasis Android 9.0 Pie. OneUI ini memperlihatkan pengalaman penggunaan yang lebih baik dan bersahabat dengan pengguna. Beberapa fitur menarik dari OneUI di HP ini ialah Dark Mode, home screen yang berwarna, gesture navigation, tiga pilihan power mode, dan sebagainya.

Fitur menarik lainnya yaitu aplikasi Galeri khusus dari Samsung untuk foto dan video, game launcher, dan juga Bixby ajun (tanpa tombol khusus tentunya). Fitur-fitur inilah yang membuat OneUI tergolong menarik dan bakal bikin betah penggunanya.

5. Mekanisme Kamera Putar

Samsung Galaxy A80 memperlihatkan kombinasi tiga kamera. Ketiga kamera tersebut terdiri dari kamera utama 48 MP, kamera ultrawide 8 MP, dan kamera TOF 3D. Ketiga kamera ini juga berfungsi sebagai kamera depan alasannya adalah HP ini memperlihatkan sistem kamera putar, mirip seperti Asus Zenfone 6.

Lantas, bagaimana hasil tangkapan kamera dari HP ini? Berikut beberapa acuan hasil tangkapan kamera Samsung Galaxy A80.

* sumber: www.gsmarena.com

* sumber: www.gsmarena.com

Hasil tangkapan kamera dari Samsung Galaxy A80 tergolong anggun. Hal ini wajar, terlebih kamera utama HP ini memakai modul sensor Sony IMX586 48MP Quad Bayer. Seperti biasa HP yang menggunakan sensor ini pada dasarnya menerapkan kamera bawan 12 MP, sensor 48 MP mampu dipakai dengan mengaktifkan mode Pro.

Berdasarkan pengujian kamera HP ini yang dilakukan GSMArena, hasil tangkapan kamera dari HP ii mempunyai kontras yang baik dan warna-warna cerah yang tergolong menyenangkan. Detail yang ditangkap untuk mode 12 MP tergolong cukup baik, meski terkadang ada sedikit noise. 

Jika ingin hasil foto mempunyai noise yang minim, penggunaan mode 48 MP sangat disarankan. Mode ini bisa meningkatkan kualitas foto menjadi lebih baik.

Sementara mode kamera 8 MP dapat menangkap foto dengan baik tetapi tidak mempunyai cukup ketajaman. Dynamic range juga terbatas tetapi secara keseluruhan, masih tergolong cukup oke.

Bagaimana dengan hasil tangkapan Samsung Galaxy A80 di kondisi malam hari? Mari lihat terlebih dulu, pola hasil tangkapan HP ini di kondisi malam.

* sumber: www.gsmarena.com

* sumber: www.gsmarena.com

* sumber: www.gsmarena.com

Masih menurut GSMArena, hasil tangkapan HP ini malam hari cenderung setuju tetapi akibatnya kurang memuaskan. Terdapat banyak detail halus yang hilang akibat pengurangan noise yang terlalu berangasan.  Namun, hasil berbeda ditunjukkan di mode malam.

Di pengaturan mode malam alias “night mode”, hasil foto bisa menerangkan perbedaan yang cukup signifikan. Hasil foto menawarkan pencahayaan yang tepat dan foto terlihat lebih detail. Memakai mode 48 MP, juga hasil foto tergolong manis. Hal ini mengindikasikan kalau HP ini terperinci memiliki kamera yang secara umum tergolong elok.

Kekurangan Samsung Galaxy A80

Sebagai HP di kelas harga yang cukup mahal, Samsung Galaxy A80 ternyata mempunyai beberapa kekurangan. Apa saja kekurangan tersebut? Simak pembahasannya berikut ini.

1. Daya Tahan Baterai Kalah Saing

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=lwD2wXJ09zM

Samsung Galaxy A80 memang memiliki kinerja pengisian daya yang cepat. Sayangnya, HP ini mempunyai daya tahan baterai yang tidak terlalu bagus. Kapasitas baterai 3,700mAh rasanya terasa kurang. Hal ini terlihat dari hasil pengujian GSMArena yang membuktikan endurance rating HP ini hanya sebesar 80h saja.

* sumber: www.gsmarena.com

Terlihat dari data di atas, penggunaan HP ini untuk internetan dan dan waktu bicara tergolong kecil. Penggunana HP ini untuk menonton video juga hanya mencapai 14 jam, tidak terlalu kecil memang tetapi juga tidak terlalu istimewa.

Alasan daya tahan baterai HP ini jadi kekurangannya juga berdasarkan dari pengalaman Gadgetbyte. Channel Youtube tekno tersebut mengungkapkan pengalaman penggunaan HP ini yang daya tahan baterainya hanya bisa bertahan seharian, alias di sore hari menjelang malam, HP ini sudah harus diisi daya.

2. Performa Biasa untuk Kelas Harganya

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=lwD2wXJ09zM

Jangan salah sangka dulu, Samsung Galaxy A80 bukanlah HP dengan performa yang jelek. Snapdragon 730 sebagai dapur pacu HP ini adalah chipset yang mumpuni dan kencang. Hal ini ditunjukan dengan nilai Antutu HP ini yang mencapai angka 207 ribuan.

* sumber: www.gsmarena.com

Menilik data di atas, Samsung Galaxy A80 memiliki performa yang lebih baik dibandingkan Vivo V15 Pro yang dibekali Snapdragon 675. Namun, kalah dari Honor View 20 yang memakai Kiirn 980.Lantas, bagaimana dengan benchmark Geekbench? Berikut jadinya.

* sumber: www.gsmarena.com

* sumber: www.gsmarena.com

Untuk Geekbench, skor yang didapatkan tergolong menarik. Dari performanya, HP ini berada di kelas menengah mendekati atas. Performa keseluruhan sudah baiklah. Seperti yang disampaikan juga oleh Gadgetbyte, bila HP ini lancar dikala diajak memainkan gim PUBG dengan pengaturan grafis tinggi.

Performa dari HP ini bantu-membantu seperti dengan Redmi K20, alasannya adalah sama-sama menawarkan Snapdragon 730. Yang membedakan, Redmi K20 berada di rentang harga yang tidak terlalu mahal, yaitu Rp5 jutaan (garansi tidak resmi).

Berbeda dengan Samsung Galaxy A80 yang harganya mampu mencapai Rp7 atau Rp8 juta, kemungkinan sih Rp7.999.000 (menurut harga jual di luar negeri yang sudah dikonversi). Karena harganya lebih mahal, membuat Samsung Galaxy A80 sebagai HP yang performanya baik tetapi tidak untuk kelas harganya, alias biasa saja.

Kalau berdasarkan pengalaman GSMArena, performa HP ini menempatkan posisinya sebagai posisi yang “abnormal” dalam hal harga vs kinerja. Secara perfoma unggul tetapi kalau memeriksa harga, ada HP lain dengan harga yang malah lebih murah memiliki performa yang lebih baik.

3. Respon Lambat Sensor Sidik Jari di Layar

Samsung Galaxy A80 hanya mempunyai sensor sidik jari. Tidak ada sensor pembaca wajah alias face unlock, jadi sensor sidik jari yaitu sensor keamanan yang harus dipakai. Sensor sidik jari di HP ini sendiri yakni sensor sidik jari yang ada di layar.

Masalahnya, sensor sidik jari Samsung Galaxy A80 tidak mempunyai kinerja seperti sensor sidik jari ultrasonik di layar layaknya Samsung Galaxy S10 series. Hal ini membuat pembacaan sensor harus dibiasakan. Terlebih respon sensor sidik jari di HP ini terbilang lambat, bila dibandingkan OnePlus 7 Pro contohnya. Satu nilai minus lain dari HP ini tentunya.

4. Tidak Ada Port Audio Jack 3,5 mm

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=lwD2wXJ09zM

Mari ucapkan selamat tinggal pada port audio jack 3,5 mm. Tampaknya, banyak produsen yang sudah mulai menghilangkan port yang satu ini. Masalahnya masih banyak orang yang menyukai HP dengan port audio jack 3,5 mm.

Beberapa vendor yang masih mempertahankan port audio jack 3,5 mm di HP kelas atas terperinci jadi daya tarik sendiri. Asus Zenfone 6 contohnya, yang ada di kelas harga yang mirip dengan HP ini masih tetap mempertahankan port ini. Karena itu, rasanya, kehilangan port audio jack 3,5 mm jadi kekurangan tersendiri.

5. Tidak Ada Slot MicroSD

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=lwD2wXJ09zM

Samsung Galaxy A80 memang sudah menunjukkan kapasitas penyimpanan besar, yakni 128 GB. Selain itu, RAM HP ini juga besar, yakni 8 GB yang tentu membuat performa HP ini tergolong baik untuk multitasking.

Yang jadi dilema, kapasitas penyimpanan 128 GB rasanya bakal terasa kurang untuk HP kelas atas zaman sekarang. Terlebih bila memakai HP untuk kebutuhan video dan foto. Hal ini menciptakan keberadaan slot microSD untuk penyimpanan eksternal sangat diharapkan yang sayangnya tidak ditemukan di HP ini. Satu nilai minus lainnya tentunya.

Simpulan

Samsung Galaxy A80 yakni HP yang menarik. Layar, kamera, desain, dan bahkan performa HP ini masih tergolong anggun. Hanya saja, HP ini mempunyai kelas harga yang terlalu mahal sehingga menciptakan poin performa jadi minus jikalau mengusut kelas harganya.

Samsung Galaxy A70, saudara dari Samsung Galaxy A80 masih sedikit lebih baik secara price to performance. Namun, tentu saja ada hal-hal lain yang menciptakan kenapa Samsung Galaxy A80 dibanderol di atas kelas harga menengah. Tertarik dengan HP yang satu ini? Jika tertarik, mampu beli HP-nya di toko online melalui link ini.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online