Inilah 10 Kelebihan Dan Kekurangan Huawei P40 Pro+

Huawei memang brand HP yang tidak bosannya menghadirkan inovasi terbaru pada produk HP flagship-nya. Setelah mencuri banyak perhatian berkat seri Huawei P30 pada tahun 2019, Huawei pun kembali merilis seri generasi lanjutannya dengan tajuk Huawei P40 yang hadir dengan tiga varian – Huawei P40, Huawei P40 Pro, dan Huawei P40 Pro+. Kali ini Carisinyal akan membahas kelebihan dan kekurangan Huawei P40 Pro+.

Karena merupakan varian tertinggi pada seri ini, banyak segudang fitur yang hadir lebih canggih ketimbang dua saudaranya. Penasaran apa saja kelebihannya? Lalu kira-kira HP secanggih ini memiliki kekurangan apa saja ya? Langsung simak saja kelebihan dan kekurangan Huawei P40 Pro+ yang sudah kami sajikan untuk Anda.

Spesifikasi Huawei P40 Pro+

Huawei P40 Pro+

  • Layar: OLED, 6.58 inches
  • Chipset: HiSilicon Kirin 990 5G (7 nm+)
  • CPU: Octa-core (2×2.86 GHz Cortex-A76 & 2×2.36 GHz Cortex-A76 & 4×1.95 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G76 MP16
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 256/512 GB
  • Memori Eksternal: Nano Memory hingga 256 GB
  • Kamera Belakang: Penta 50 MP + 8 MP + 8 MP + 40 MP + TOF
  • Kamera Depan: 32 MP + IR TOF 3D
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4200 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Huawei P40 Pro+

Jangan kaget jika Anda menemukan banyak teknologi gres pada Huawei P40 Pro+. Sebagai HP flagship, sudah sewajarnya bahwa HP ini hanya memberikan yang tercanggih untuk penggunanya. Daripada penasaran, pribadi saja simak poin-poin kelebihan berikut ini!

1. Performa Chipset Luar Biasa

performa chipset huawei p40 pro plus

Sebagai varian dari seri Huawei tercanggih, HP ini sudah tentu mempunyai performa chipset yang terbaik pula. Ia mengandalkan chipset HiSilicon Kirin 990 yang sudah terintegrasi dengan modem 5G sehingga Anda mampu mempunyai koneksi super cepat dikala Indonesia sudah menyelesaikan regulasi 5G-nya.

Performa yang dimiliki Huawei P40 Pro+ bisa meraih skor AnTuTu sebesar 482457. Otomatis, angka ini menempatkan Huawei P40 Pro+ di deretan HP Android tercanggih dengan performa teratas setelah OPPO Find X2 Pro dan Samsung Galaxy S20 Ultra.

Tidak perlu diragukan lagi kehebatannya dalam memainkan game berat mirip PUBG Mobile, Anda dapat memakai pengaturan grafis tertinggi dengan frame rate yang mulus.

2. Hadir dengan Penta Camera

huawei p40 pro plus penta camera

Meski hadir dengan performa chipset mutakhir, keunggulan Huawei P40 Pro+ yang paling utama terletak pada kameranya. Di bagian belakang terdapat konfigurasi lima kamera dengan resolusi 50 MP (lebar), lensa periskop 8 MP (telefoto), 8 MP (telefoto), 40 MP (ultra lebar), dan terakhir Time of Flight 3D sebagai pengukur jarak benda dan menunjukkan imbas background blur.

Huawei P40 Pro+ sangat unggul dalam pemotretan jarak jauh berkat lensa periskop yang dihadirkannya. Kameranya pun akibatnya menyediakan fitur bernama 100x SuperZoom Array di mana Anda mampu melaksanakan zoom maksimal 100 kali – 10 kali zoom optikal pada lensa periskop, 3 kali zoom optikal pada lensa telefoto lainnya, serta 20 kali zoom hibrida.

Tapi bukankah kalau di-zoom kamera akan mudah goyang? Jangan khawatir, kehadiran Optical Image Stabilizer atau yang biasa disingkat OIS akan dengan gampang menjaga tampilan kamera semoga tidak mudah goyang walau di-zoom, sehingga Anda pun mampu mengambil foto dengan jarak yang luar biasa jauh tanpa membuatnya ngeblur.

Selain dari kamera jarak jauhnya, Huawei P40 Pro+ juga cukup handal dalam menghadirkan kualitas hasil foto yang tajam meski dalam keadaan minim cahaya.

Bedanya, hasil foto malam hari Huawei P40 Pro+ tidak begitu jauh berbeda dengan HP flagship lainnya mirip iPhone 11 ataupun Samsung Galaxy S20. Tapi bila soal urusan zoom, HP manapun belum ada yang mampu menandingi Huawei P40 Pro+. Berikut yakni beberapa sampel dari kamera Huawei P40 Pro+.

huawei p40 pro plus 60x zoom comparison

Huawei P40 Pro+ vs Samsung Galaxy S20 Ultra vs OPPO Find X2 Pro – 60x zoom. * sumber: www.forbes.com

huawei p40 pro plus low light

Huawei P40 Pro+ low light sample. * sumber: www.cnet.com

huawei p40 pro plus 50x zoom

Huawei P40 Pro Plus 50x zoom. * sumber: www.huaweicentral.com

3. Desain Layar Inovatif

layar huawei p40 pro plus

Huawei P40 Pro+ tak hanya dibekali dengan fitur serba canggih, tapi desain bodinya pun dibuat untuk mencerminkan betapa berkelasnya HP ini.

Bagaimana tidak, bodi bab depan mengusung desain Quad Curve Overflow Display yang menghadirkan lekukan kecil di empat sudutnya. Alhasil, tampilan layar pun menjadi terlihat unik dan bisa meningkatkan immersion saat melakukan aktivitas hiburan pada HP. Bahan material bodi belakang terbuat dari keramik dan hadir dengan dua varian warna – hitam dan putih.

Sementara itu, layarnya yang berukuran 6,58 inci ini pun mampu Anda nikmati kejernihannya berkat resolusinya yang sudah Full HD+ serta didukung teknologi HDR10. Seolah tak cukup Huawei juga menambatkan teknologi DCIE P3 yang menciptakan layarnya bisa menampilkan lebih banyak lagi warna-warna yang bermacam-macam serta lebih natural.

4. Baterai Awet Seharian

baterai huawei p40 pro plus

Huawei P40 Pro+ juga cocok untuk Anda yang suka beraktivitas lama-usang pada HP Anda, alasannya baterai yang dihadirkannya sungguh kekal dan dijamin tidak akan sering-sering memperlihatkan notifikasi low battery.

Walau secara angka kapasitas ini tidak begitu besar, baterai 4200 mAh yang dimilikinya bisa bertahan pada durasi seharian, bahkan lebih. Hal ini alasannya chipset Kirin 990 5G miliknya memang ekonomis daya. Meski kapasitas baterai Huawei P40 Pro+ masih kalah dibandingkan dengan Samsung Galaxy S20 Ultra yang hadir dengan baterai 5000 mAh, masing-masing dari HP ini mempunyai ketahanan baterai yang tidak jauh berbeda.

Bahkan, durasi screen on time pada Huawei P40 Pro+ lebih besar dibandingkan Samsung Galaxy S20 Ultra. Dilansir dari Android Headlines, Huawei P40 Pro+ mampu bertahan antara 7 hingga 10 jam dengan keadaan layar menyala.

Sedangkan, Samsung Galaxy S20 Ultra hadir dengan durasi screen on time antara 5 sampai 7 jam. Ini juga berkat sistem operasi EMUI 10.1 yang sudah teroptimasi sehingga menciptakan baterai menjadi lebih abadi.

5. Fitur Charging Komplit

fitur pengecasan huawei p40 pro plus

Selain dari ketahanan baterai yang unggul, HP canggih ini tentunya menghadirkan fitur pengecasan yang bermacam-macam. Bahkan semua fitur pengecasan mirip fast chargingwireless charging, dan reverse wireless charging semuanya tersedia pada Huawei P40 Pro+. Menggiurkan sekali, bukan?

HP ini mempunyai fast charging 40 W yang mampu mengisi daya dengan sangat cepat. Memang tidak cukup unggul ketimbang Samsung Galaxy S20 Ultra yang menghadirkan fast charging 45 W. Tapi perlu diingat bahwa baterai Huawei P40 Pro+ lebih kecil dan menghadirkan layar yang lebih kecil pula, sehingga keduanya mempunyai kecepatan pengisian daya yang hampir sama.

Ada satu hal yang membuat HP Huawei ini lebih unggul, ialah fitur wireless charging-nya yang sebesar 40 W, sama mirip daya fast charging biasa. Sejauh ini, Huawei P40 Pro dan Pro+ merupakan dua HP yang memiliki kecepatan tertinggi untuk pengecasan nirkabel.

Selain itu, P40 Pro+ juga mampu digunakan untuk mengisi daya perangkat lain secara nirkabel dengan daya 27 W. Di periode darurat, kalau sahabat Anda memiliki HP yang sudah didukung wireless charging bisa numpang mengecas pada HP Anda dengan hanya ditempelkan saja.

6. Sertifikasi IP68

sertifikasi ip huawei p40 pro plus

Barang elektronik biasanya sungguh rentan terhadap air. Itulah mengapa masyarakat disarankan untuk tidak menumpahkan air pada perangkat. Tapi, Anda tidak perlu khawatir bila memakai Huawei P40 Pro+ sebab HP ini sudah mempunyai sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan 100% dari abu serta mampu dibawa berendam di air pada kedalaman 50 meter selama 30 menit.

Sejauh ini, sertifikasi IP68 merupakan tingkatan ketahanan paling tinggi yang mampu diterapkan pada HP terpelajar. Alhasil Anda pun mampu merasa  lebih damai dan tenang saat memakainya dalam situasi seperti apapun.

7. Hadir dengan NFC dan Infrared

huawei p40 pro plus nfc

Memang, ada harga ada barang. Huawei P40 Pro+ yang merupakan salah satu HP tercanggih di dunia sudah sewajarnya menawarkan yang terbaik, mirip pada sektor konektivitas. Selain hadir dengan koneksi 5G yang jauh lebih stabil dan cepat ketimbang 4G, Huawei P40 Pro+ juga dihadirkan dengan fitur NFC (Near Field Communication) yang membantu Anda dalam bertransaksi secara digital.

Selain itu, HP flagship ini juga memiliki sensor infrared sehingga HP bisa dipakai sebagai remote TV, AC, atau perangkat elektro lainnya. Yang pasti, kehadiran Huawei P40 Pro+ di hidup Anda akan membuat segalanya lebih mudah.

Kekurangan Huawei P40 Pro+

Dengan berbagai kelebihan tadi, mungkin Anda berpikir mustahil Huawei P40 Pro+ mempunyai kekurangan. Justru sebaliknya, HP ini setidaknya punya satu kekurangan yang cukup fatal sehingga bisa menciptakan Anda berpikir dua kali sebelum membelinya.

1. Tidak Disertai Google Play Services

google play services

Inilah kekurangan Huawei P40 Pro+ yang cukup menjadi deal breaker. Ekosistem yang dimiliki sistem operasi Android sungguh sulit terpisahkan dari peran Google Play Services yang bisa menawarkan jalan masuk kepada pengguna kepada beberapa aplikasi kesukaannya.

Karena info perang dagang antara Amerika Serikat dengan Tiongkok, brand Huawei sekarang sudah tidak boleh lagi menerapkan Google Play Services pada produk-produk terbarunya.

Alhasil, meskipun hadir dengan Android 10, P40 Pro+ tidak memiliki Play Store di dalamnya. Anda pun harus membiasakan diri mengunduh aplikasi dari AppGallery, APKPure, atau Amazon App Store. Ucapkan selamat tinggal pada aplikasi-aplikasi yang sudah erat di indera pendengaran pengguna mirip Gmail, YouTube, Google Maps, dan lain-lain.

2. Bobot Terlampau Berat

bobot huawei p40 pro plus

Huawei P40 Pro+ yang dibekali dengan segudang fitur dan penemuan terpaksa harus memiliki bobot bodi yang cukup berat, ialah sebesar 226 gram. Sementara itu, Huawei P40 Pro+ juga memiliki dimensi bodi dengan panjang kali lebar sebesar 158.2 x 72.6 mm. Dari segi ketebalannya, HP ini memiliki ukuran 9 mm.

Dari sini sudah bisa dinilai bahwa HP ini memang tidak cocok bagi Anda yang tidak menyukai HP yang besar. Bobot dan dimensinya ini memungkinkan Anda untuk tidak mampu membawa HP dengan nyaman. Jika tertarik, mungkin Anda mampu mempertimbangkan Huawei P40 Pro yang hanya memiliki bobot 209 gram saja.

3. Tidak Memiliki 3,5 mm Jack Audio

huawei p40 pro plus 35mm jack

* sumber: www.androidpit.com

Menggunakan headset saat mendengarkan musik mampu membuat pengguna terhanyut sejenak untuk melupakan persoalan sehari-hari. Untuk itu aneka macam HP di dunia memiliki 3,5 mm jack audio port biar mampu tersambung dengan headset. Namun apa daya, banyak HP high-end tidak menghadirkan port ini – seri Huawei P40 adalah salah satunya.

Alhasil Anda pun harus mengandalkan headset nirkabel yang harganya cukup mahal ketimbang headset biasa. Kebanyakan headset nirkabel bahkan hanya bisa bertahan beberapa jam saja dan harus sering-sering dicas. Cukup merepotkan.

Simpulan

Huawei P40 Pro+ memang bukan HP sembarangan. Tergolong pada deretan HP tercanggih di dunia yang pernah ada, Anda sungguh dapat merasakan kualitas yang premium dengan menikmati serangkaian fitur dan spek canggih yang ditawarkannya.

Hadir dengan penta camera yang canggih, sungguh tidak ada yang bisa menandingi HP ini dari segi pemotretan jarak jauhnya. Selain itu, wireless charging miliknya juga satu-satunya yang terbaik dari berbagai HP kompetitor.

Semua kecanggihan ini mampu Anda nikmati jika Anda bersedia membiasakan diri tanpa kehadiran Google Play Services dan port 3.5 mm jack audio. Anda bisa mengklik link ini untuk membeli Huawei P40 Pro+ seharga Rp18,5 juta.

Anda pun mampu membaca kelebihan dan kekurangan Huawei P40 Pro serta kelebihan dan kekurangan Huawei P40 bila masih galau ingin menentukan yang mana. Selain itu, Carisinyal juga telah menyediakan artikel perbedaan Huawei P40, P40 Pro, dan P40 Pro+ jikalau Anda tertarik membandingkannya dengan lebih detil.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online