Inilah 10 Kelebihan Dan Kekurangan Hp Samsung Galaxy J8

Samsung menambah portofolio mereka di 2018 dengan kehadiran keluarga J seri, Samsung Galaxy J8. Samsung Galaxy J8 ini hadir sebagai ponsel seri J dengan kemampuan yang lebih baik kalau dibandingkan seri Samsung Galaxy J6. Menariknya, desain bodi keseluruhan HP ini justru mirip dengan Samsung Galaxy A6+.

Samsung Galaxy J8 memang bisa dikatakan sebagai Samsung Galaxy A6+ yang mengalami penurunan spesifikasi. Kedua ponsel ini memang tampak identik, tetapi terang kalau kedua ponsel harganya beda jauh. Samsung Galaxy A6+ berada di kelas Rp4,8 jutaan, sementara Samsung Galaxy J8 ada di kelas harga Rp3,8 jutaan.

Lantas, apakah Samsung Galaxy J8 cukup menarik untuk banderol harga yang ditawarkanya? Mari cari tahu mirip apa sebetulnya Samsung Galaxy J8 lewat pemaparan beberapa poin kelebihan dan kekurangan berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy J8

Samsung Galaxy J8

Umum

  • Diumumkan
    Mei, 2018

  • Jaringan
    2G, 3G, 4G

  • SIM Card
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    159.2 x 75.7 x 8.2 mm

  • Berat
    177 g

Layar

  • Jenis
    Super AMOLED capacitive touchscree

  • Ukuran
    6.0 inci

  • Resolusi
    720 x 1480 pixels, 18.5:9 ratio ( 274 ppi density)

Hardware

  • Chipset
    Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm)

  • CPU
    Octa-core 1.6 GHz Cortex-A53

  • GPU
    Adreno 506

Memori

  • RAM
    4 GB

  • Memori Internal
    64 GB

  • Memori Eksternal
    microSD, sampai 256 GB (dedicated slot)

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    2

  • Resolusi
    16 MP + 5 MP

  • Fitur
    f/1.7, AF + f/1.9, depth sensor + LED flash, panorama, HDR

  • Video

Kamera Selfie

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot

  • Bluetooth
    4.2, A2DP, LE

  • Infrared

  • NFC

  • GPS
    Ya, dengan A-GPS, GLONASS, BDS

  • USB
    microUSB 2.0, USB On-The-Go

Baterai

  • Jenis
    Li-Ion

  • Kapasitas
    Non-removable 3500 mAh

  • Wireless Charging

  • Fitur

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 8.0 Oreo

  • Sensor
    Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity

  • 3.5mm Jack

  • Warna
    Black, Gold, Blue, Purple

  • Lainnya

Kelebihan Samsung Galaxy J8

1. Layar Penuh Super AMOLED

* sumber: www.yugatech.com

Samsung Galaxy J8 hadir dengan layar 6 inci. Layarnya mengusung rasio 18,5:9 dengan rasio layar 720 x 1480 piksel. Layarnya sudah mengusung panel Super AMOLED. Spesifikasi layarnya ini seperti sekali dengan layar Samsung Galaxy A6+. Bedanya, Samsung Galaxy A6+ hadir dengan resolusi full HD+.

Layar pada Samsung Galaxy J8 sendiri terbilang baik. Smartprix menyebut bila layar HP ini mengusung panel true AMOLED, alias layar Super AMOLED yang benar-benar khas Samsung. Layar pada ponsel ini mampu menghadirkan warna yang baik dan warna hitam yang pekat.

2. Daya Tahan Baterai yang Baik

* sumber: www.fonearena.com

Samsung Galaxy J8 dibekali dengan baterai berkapasitas 3.500 mAh. Baterainya ini ternyata lebih dari cukup. Pasalnya, dengan baterai 3.500 mAh, Samsung Galaxy J8 memiliki daya tahan baterai yang baik. Seperti apa yang diungkapkan oleh Fonearena jika baterai ponsel ini bisa bertahan sekitar 2 hari. Terlebih mereka juga menguji baterai HP ini dan mendapatkan daya tahan sebesar 16 jam 50 menit.

Tidak hanya Fonearena, banyak juga reviewer lain yang memuji daya tahan baterai HP ini. Yugatech juga mengatakan jika baterai ponsel mampu bertahan hingga dua hari dengan pemakaian moderate tanpa terhubung WIFI.

3. Desain Bodi Cukup Kokoh

Samsung Galaxy J8 membawa elemen desain dari saudaranya, yaitu Samsung Galaxy J6 dan Samsung Galaxy A6+. Desain bodinya cukup setuju dan terlihat premium. Yugatech menyebut jika desain ponsel ini sebagai ponsel dengan desain unibody yang sederhana tapi terasa kokoh.

Hal yang kurang lebih juga diungkapkan oleh Gadgets NDTV. Mereka menyebut kalau HP ini memiliki build quality yang solid dan baik. Karena itu, tidak berlebihan rasanya menyebut jika ponsel ini memang memiliki desain bodi yang baik.

4. Performa Cukup Oke

* sumber: www.youtube.com

Samsung Galaxy J8 dibekali dengan Snapdragon 450, chipset yang sama juga dipakai di Samsung Galaxy A6+. Bedanya, Samsung Galaxy A6+ disokong dengan RAM 4 GB, sementara HP ini hanya memiliki RAM 3 GB. Menariknya, performa kedua HP ini tidak jauh berbeda. Perhatikan tabel berikut ini.

Benchmark Samsung Galaxy J8 (Copy)

* sumber: www.yugatech.com

Dari tabel tersebut, terlihat kalau Samsung Galaxy J8 mempunyai nilai Antutu di angka 70 ribuan. Skor tersebut tidak jauh berbeda dengan skor Antutu Samsung Galaxy A6+ yang berada di kisaran 70 ribuan juga. Berdasarkan hal ini, terang kalau HP ini performanya tidak berbeda jauh dengan Samsung Galaxy A6+ yang secara performa cukup layak memainkan gim terkenal, mirip PUBG Mobile dengan kualitas grafis medium.

Apakah performa HP ini tergolong baik? Untuk kelas harganya, performa Samsung Galaxy J8 bantu-membantu tergolong cukup. Tetapi, alasannya Samsung Galaxy J8 juga memperlihatkan user experience dan kelebihan lain, performa ponsel ini masih bisa diterima. Istilah sederhannya, performa ponsel ini masuk kategori yang performanya tidak jelek tetapi tidak masuk kategori baik, hanya cukup baik.

5. Triple Slot

* sumber: www.youtube.com

Dari desain bodinya, Samsung Galaxy J8 sudah dibekali dengan sensor sidik jari dan face recognition. Untuk ukuran HP Rp3 jutaan, kedua fitur tersebut rasanya memang wajib hadir. Yang menarik justru fakta jikalau Samsung Galaxy J8 memiliki tiga slot, untuk dua SIM Dan satu microSD.

Menariknya, slot microSD terpisah dengan slot dual SIM meskipun posisi kedua slot masih berada di sisi yang sama. Kehadiran tiga slot ini tentu kabar baik bagi kebanyakan pengguna di Indoensia yang sering kali membutuhkan HP dengan dua kartu SIM aktif plus suplemen memori microSD. Terlebih Samsung Galaxy J8 ini hanya dibekali RAM 32 GB yang tentunya bakal terasa kurang.

6.  Kamera Tergolong Baik

* sumber: www.yugatech.com

Samsung membekali Galaxy J8 dengan kamera ganda di bab belakang, adalah 16 MP dengan bukaan bukaan f/1.7 + 5 MP dengan bukaan bukaan f/1.9.  Di bagian depan, tersemat kamera 16 MP yang mempunyai bukaan f/1.9. Kamera pada ponsel ini sudah dibekali dengan fitur, seperti Live Focus, Beauty, Night, Panorama, Sports, dan mode Pro. Kamera ini juga mempunyai fitur AR stickers yang tentu saja menarik.

Bagaimana dengan performa kamera belakang HP ini? Sebelum menjawabnya, simak beberapa acuan hasil tangkapan kamera Samsung Galaxy J8.

* sumber: www.youtube.com

* sumber: www.yugatech.com

* sumber: gadgets.ndtv.com

* sumber: www.yugatech.com

* sumber: www.smartprix.com

Tampak dari hasil tangkapan kamera belakang HP ini, terlihat foto-foto menarik. Samsung Galaxy J8 terbilang mempunyai kamera belakang yang tidak begitu mengecewakan. Kamera ini bisa menghadirkan kualitas foto yang baik. Gadgetsnow menyebut bila kamera belakang ini menunjukkan pengalaman yang berbeda. Kemampuan kamera ini untuk menghadirkan foto dengan latar yang blur juga tergolong baik.

Smartprix juga menyebutkan kalau ponsel ini bisa menghadirkan foto dengan warna yang menarik dan seimbang. Smartprix malah menyebut kalau di kelas harganya, kamera belakang pada ponsel ini tergolong baik. Sementara untuk kamera depan ponsel ini mampu dibilang cukup oke.

Menurut Yugatech, kamera depan 16 MP di HP ini mampu menghadirkan foto selfie dengan detail, akurasi, dan reprodusksi warna yang baik. Sayangnya, dikala berada di dekat sumber cahaya, hasil foto selfie tampak terlihat overexpose. 

Kekurangan Samsung Galaxy J8

1. Kamera Payah di kondisi Low-light

* sumber: www.youtube.com

Samsung Galaxy J8 memang mampu menghadirkan kualitas foto cukup baik. Sayangnya, ponsel ini kurang begitu maksimal dikala memotret pada kondisi cahaya yang gelap. Berikut beberapa contoh hasil jepretan kamera ini di kondisi yang gelap.

* sumber: gadgets.ndtv.com

* sumber: www.smartprix.com

* sumber: www.smartprix.com

Dari foto-foto tersebut, tampak  kalau hasil tangkapan kamera belakang HP ini punya hasil yang beda jauh dengan tangkapan dikala cahayanya cukup. Hasil fotonya menampilkan warna gelap yang memang kurang baik dan tidak detail, terutama di foto ketiga.

Beberapa pihak yang mengulas Samsung Galaxy J8 juga beropini hal yang sama. Yugatech misalnya, yang selain mengeluhkan soal autofocus yang agak lambat, mereka juga mengeluhkan soal hasil foto kamera belakang di kondisi cahaya yang gelap.

Gadgetsnow juga menyatakan bila HP ini ternyata mempunyai hasil tangkapan foto yang cukup jauh perbandingannya antara hasil foto di kondisi cahaya yang cukup dan hasil foto di kondisi gelap atau kurang cahaya. Karena itu, cukup adil rasanya menyebut jika kemampuan HP ini untuk menangkap foto di kondisi cahaya rendah tidaklah bagus.

2. Speaker Kurang Bertenaga

* sumber: www.youtube.com

Samsung menempatkan speaker di Samsung Galaxy J8 di posisi yang agak unik. Speaker di ponsel ini hanya ada satu dan posisinya ada di bagian kanan atas. Di posisi ini bergotong-royong tergolong baik karena bunyi tidak akan terhalangi oleh tangan dikala HP ini dipakai bermain gim.

Sayangnya, speaker ini hanya satu, alias mono. Efek kualitas speaker-nya kurang baik. Kalau kata GadgetByte, speaker di HP ini kualitasnya rata-rata dan suaranya tidak lantang. Yugatech juga sependapat jikalau speaker yang ada di ponsel ini memang kurang bertenaga. Satu catatan penting tentunya untuk Samsung terkait audio.

3. Banyak Fitur yang “Disunat”

* sumber: www.youtube.com

Samsung Galaxy J8 memang mampu dikatakan sebagai ponsel Samsung Galaxy A6+ yang banyak dikurangi spesifikasinya. Bahkan, mampu dibilang spesifikasi yang dipotong berlebihan. Contoh kasatmata pemotongan fitur tersebut terlihat dari minimnya pemberian sensor di HP ini, mirip tidak hadirnya light ambient sensor, gyroscope sensor, orientation sensor, dan magnetic sensor.

Pengurangan fitur juga terjadi pada sektor layar HP ini yang hanya HD+ saja. Kekurangan lain seperti tidak mendukung NFC dan tidak mendukung pengisian cepat masih bisa dimaklumi mengingat Samsung Galaxy A6+ saja tidak mempunyai fitur-fitur tersebut.

4. Bodi Plastik

* sumber: www.youtube.com

Meskipun memiliki bodi desain yang elegan, Samsung Galaxy J8 tetaplah sebuah ponsel berbahan plastik. Memang desainnya tampak premium tetapi ketika menggenggam ponsel ini, feel plastik cukup terasa. Untuk sebuah ponsel mendekati harga Rp4 juta dan masih berbodi plastik, rasanya kurang begitu menarik.

Simpulan

Menilik kelebihan dan kekurangannya, Samsung Galaxy J8 bisa dikatakan sebagai HP yang agak nanggung. Ponsel ini mempunyai banyak fitur yang seharusnya ada di HP dengan harga Rp3 jutaan, tetapi fitur-fitur tersebut malah hilang. Performa, baterai, dan layar HP ini mungkin jadi nilai lebih sendiri tetapi tidak terlalu menonjol.

Bagi yang ingin membeli Samsung Galaxy J8 dan memiliki dana lebih, sebaiknya lupakan ponsel ini dan lebih menentukan Samsung Galaxy A6+. Perbedaan Rp1 juta cukup jauh dari apa yang didapat. Kecuali kalau dana terbatas hanya ada di kisaran Rp3 jutaan saja. Kalau masih tetap tertarik dengan HP ini, tanpa ragu lagi, silakan beli HP tersebut di sini.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online