Inilah 10 Kelebihan Dan Kekurangan Dari Hp Pocophone F1

Kalau ada satu jenama ponsel yang selalu menciptakan kaget harganya, maka Xiaomi jawabannya. Xiaomi sudah jamak dikenal sebagai vendor yang memproduksi smartphone dengan harga murah tetapi spesifikasi tinggi. Ponsel akil keluaran mereka pun selalu jadi sorotan dan laku keras di pasaran, termasuk di Indonesia.

Salah satu produk mereka, Xiaomi Redmi Note 5, menjadi salah satu produk laku yang pada awal kemunculannya cukup banyak diperebutkan. Karena hal ini, muncul istilah ponsel goib, adalah ponsel yang dijual tetapi cepat hilang alasannya adalah banyak diperebutkan saat penjualan flash sale.

Sukses dengan Xiaomi Redmi Note 5, Xiaomi kembali menghadirkan kejutan. Kali ini tidak menggunakan nama Xiaomi langsung, tetapi melalui “tangan lain” yang masih dalam pengawasan Xiaomi, Pocophone. Pocophone ini mampu dibilang sebagai sub brand dari Xiaomi, seperti seperti Huawei dengan Honor, Oppo dengan Realme, dan ZTE dengan Nubia.

Pocophone menghadirkan ponsel yang dinamakan Pocophone F1. Ponsel ini hadir dengan spesifikasi tinggi tetapi dibanderol murah. Harganya malah tergolong membuat kaget. Seperti apa memang Pocophone F1 ini? Tanpa berlama-usang lagi, mari simak kelebihan dan kekurangan Pocophone F1 berikut ini.

Spesifikasi Pocophone F1

Xiaomi Pocophone F1

  • Rilis: Agustus 2018
  • Layar: IPS LCD 6.18 inches Corning Gorilla Glass
  • Resolusi Layar: 1080 x 2246 pixels 18.7:9
  • Chipset: Qualcomm SDM845 Snapdragon 845
  • CPU: Octa-core (4×2.8 GHz Kryo 385 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 385 Silver)
  • GPU: Adreno 630
  • Memori Internal: 256 GB, 8 GB RAM or 64/128 GB, 6 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB (uses SIM 2 slot)
  • Kamera Belakang: 12 MP, f/1.9, 1/2.55″, 1.4µm , dual pixel PDAF + 5 MP, f/2.0, 1.12µm, depth sensor, Dual-LED flash, HDR, panorama, [email protected], [email protected] (gyro-EIS), [email protected]
  • Kamera Depan: 20 MP, f/2.0, 0.9µm, HDR, [email protected]
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4000 mAh

Kelebihan Pocophone F1

1. Performa Sangat Kencang

POCOPHONE F1 PERFORMANCE

* sumber: www.youtube.com

Rasanya tidak perlu dipertanyakan kemampuan HP yang sudah dibekali dengan Snapdragon 845. Kencang? Sudah pasti. Mampu menjalankan gim dengan grafis tinggi? Sudah jelas. Snapdragon 845 yakni chipset terbaik yang memang tidak perlu diragukan lagi kinerjanya.

Kehadiran Snapdragon 845 di Pocophone F1 inilah yang membuat  keunggulan performa ada di nomor pertama. Pihak Pocophone F1 bahkan mengklaim jika performa ponsel ini sangat baik, terbukti dengan nilai Antutu hingga 290 ribu.

Nilai Antutu-nya bergotong-royong tidak setinggi itu. GSMArena menandakan jika nilai Antutu HP ini hanya ada di kisaran 260 ribu. Sementara untuk skor Geekbench, HP ini menerima nilai 2.438 untuk single core dan 9.003 untuk multi-core. Nilai yang tidak jauh beda juga didapatkan oleh Gadgets NDTV saat menguji benchmark HP ini.

Skor tersebut masih terbilang tinggi. Dengan skor tersebut, Pocophone F1 bisa menjalankan gim PUBG Mobile dan Asphalt 9 dengan baik dan lancar untuk pengaturan grafis tinggi. Bermain gim di ponsel ini juga tidak perlu takut bodinya panas. Pocophone F1 mempunyai cooling pipe, ialah semacam pipa pembuang panas. Dengan cooling pipe ini, Pocophone F1 memiliki suhu bodi yang cukup terjaga meski dipakai bermain gim.

2. Tampilan Layar Cukup Baik

* sumber: www.trustedreviews.com

Pocophone F1 hadir dengan layar 6,18 inci. Layarnya menggunakan panel IPS LCD dengan resolusi 1080 x 2246 piksel. Layarnya sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass. Spesifikasi layarnya sebetulnya biasa saja. Hanya saja berdasarkan GSMArena, tampilan visual layar Pocophoen F1 termasuk yang terbaik.

Menurut GSMArena, HP ini memiliki tingkat kecerahan maksimum sebesar 461 nits. Layar pada ponsel ini juga mempunyai kontras yang tergolong baik. ObatGaptek juga menyebut bila layar Pocophone F1 bergotong-royong tergolong masuk kategori baik. Hal ini terlihat dari hadirnya teknologi Sunlight Display yang memungkinkan layar HP ini tetap cerah meski kena sinar matahari langsung.

Karena alasan-alasan tersebut, tidak berlebihan jika menyebut jikalau HP ini memiliki keunggulan di sektor layar.

3. Kapasitas Baterai Besar

* sumber: www.gsmarena.com

Pocophone F1 dibekali baterai dengan kapasitas 4.000 mAh. Kapasitas baterai HP ini cukup besar. ObatGaptek menggunakan ponsel ini untuk bermain PUBG Mobile selama 4 jam, dan baterainya bisa habis hingga 2 harian. Hal yang sama juga diungkapkan oleh Trustedreviews yang menyampaikan jika ponsel ini bisa bertahan selama tamat pekan, bahkan menyisakan daya di beberapa hari kerja.

GSMArena juga memuji kualitas daya tahan baterai ponsel ini. Terbukti mereka memberikan nilai daya tahan 94 jam pada Pocophone F1. Hasil pengujian di semua tes seperti pemutaran video, berselancar di internet, dan panggilan telepon juga menerima skor baterai yang tergolong memuaskan.

4. Sudah Mendukung Quick Charge

 Pocophone F1 quick charge 4.0

Pocophone F1 tidak hanya unggul di sektor daya tahan baterai. Ponsel ini juga sudah mendukung teknologi Quick Charge milik Qualcomm Snapdragon. Awalnya, Pocophone F1 diberitakan mendukung teknologi Quick Charge 3.0. Belakangan, disebutkan jika Pocophone F1 ternyata sudah mendukung Quick Charge 4.0.

Menurut ObatGaptek, Pocophone F1 mampu terisi penuh selama 1 jam 40 menit. Sementara Trustedreviews menyatakan kalau HP ini mampu terisi hingga 73% selama satu jam dan 45 menit kemudian, HP ini bisa terisi penuh. Artinya, Pocophone F1 memang memiliki kecepatan pengisian penuh kisaran 1 jam 40 menit. Hasil ini tergolong baik mengingat kapasitas baterai HP ini tergolong cukup besar.

5. Bodi Cukup Solid

* sumber: www.trustedreviews.com

Pocophone F1 dibalut dengan bodi plastik. Tidak perlu kaget sesungguhnya mengingat ponsel ini dibanderol murah, otomatis bodinya tidak memakai bahan yang lebih baik. Namun, meskipun menggunakan bodi plastik, ponsel ini memiliki desain bodi yang tergolong solid. Bodinya masih tergolong cukup besar lengan berkuasa.

Jika berharap Pocophone F1 hadir dengan desian bodi yang lebih baik, maka Pocophone menjawab dengan kehadiran Pocophone F1 Kevlar Editon. Pocophone F1 ini memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan Pocophone F1 biasa. Perbedaannya terletak pada bodi ponsel ini yang terbuat dari kevlar yang anti peluru.

6. Tahan Percikan Air

 Pocophone F1 tahan cipratan air

Pocophone F1 memiliki keunggulan lain, yaitu ketahanan ponsel terhadap cipratan air. Bukan, Pocophone F1 tidak tahan air dan memiliki sertifikasi militer. Sertifikasi yang dimiliki Pocophone F1 hanya sebatas tahan air. Meskipun tidak mempunyai sertifikasi tahan air, Pocophone F1 layak dipuji alasannya memiliki kemampuan lain. Jarang lho, di kelas harganya, ada sebuah ponsel yang sudah mempunyai ketahanan air.

7. Murah untuk Spesifikasi yang Ditawarkan

* sumber: www.trustedreviews.com

Poin ini yang paling penting, yaitu fakta bahwa Pocophone F1 ialah HP yang terlalu murah untuk spesifikasi yang ditawarkan. Mengapa? Karena HP lain yang mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 845 dibanderol dengan harga yang lebih mahal, ada yang Rp10 juta, bahkan ada yang Rp13 jutaan.

Memang ada HP lain yang menggunakan Snapdragon 845 dijual dengan harga cukup tidak mengecewakan murah, yaitu Asus Zenfone 5Z. Hanya saja harganya tetap lebih mahal, yaitu kisaran Rp6 jutaan. Sementara Pocophone F1 dijual dengan harga Rp4,5 jutaan untuk varian RAM 6 GB ROM 64 GB. Ada juga varian RAM 8 GB ROM 128 GB tapi harganya sedikit lebih mahal, adalah Rp4,9 jutaan.

Bukan hanya soal kehadiran Snapdragon 845 yang membawa ponsel ini istimewa. Fitur-fitur lain seperti kehadiran IR Blaster, port USB Type-C, mendukung VoLTE, dan mempunyai sensor yang lengkap menjadi fitur yang menarik di HP ini. Fitur-fitur tersebut hadir di sebuah ponsel dengan hardware kelas atas tetapi harganya kelas menengah. Tidak berlebihan jika akibatnya, Pocophone F1 disebut sebagai HP flagship berharga murah.

Kekurangan Pocophone F1

1. Tidak Ada NFC

no nfc

* sumber: www.fourthsource.com

Sebagai sebuah ponsel flagship, Pocophone F1 seharusnya mempunyai fitur yang satu ini. NFC seharusnya jadi fitur yang ada di HP ini. Harganya mungkin akan sedikit mahal tetapi justru akan menarik jikalau HP yang ada di kelas Rp4 atau Rp5 jutaan mampu hadir dengan spesifikasi tinggi dan NFC.

Sayangnya, mirip kebanyakan vendor, NFC seolah jadi fitur yang dianggap kurang menarik. Padahal, ponsel dengan rentang harga Rp3 jutaan ke atas seharusnya sudah dibekali dengan fitur NFC.

2. Sektor Kamera Kurang Dioptimalkan Kinerjanya

* sumber: www.trustedreviews.com

Pocophone F1 dibekali dengan kamera belakang 12 MP + 5 MP. Kamera ini sudah memiliki fitur seperti PDAF. Hasil jepretan kamera belakang HP ini sudah terbilang cukup baiklah dan bisa menghasilkan foto dengan kualitas baik. Berikut beberapa contoh hasil jepretan memakai kamera Pocophone F1.

* sumber: gadgets.ndtv.com

* sumber: gadgets.ndtv.com

* sumber: gadgets.ndtv.com

* sumber: www.gsmarena.com

* sumber: www.gsmarena.com

Menilik hasil tangkapan kameranya, HP ini bergotong-royong sudah memiliki kamera utama yang tergolong baik dalam menangkap gambar. Detailnya tergolong baik, begitu juga dengan fokusnya. Gadgets NDTV juga menyatakan bila kamera utama Pochophone F1 ini memiliki detail yang baik. Hal serupa juga diungkapkan GSMArena kalau HP ini memiliki kamera yang tergolong baik.

Sayangnya, Pocophone F1 yakni HP yang mempunyai status flagship. Kamera harusnya jadi sektor yang tergolong baik dari semua fitur yang ditawarkan dan Pocophone tidak mempunyai hal ini. Seperti kata GSMArena, kamera utama Pocophone F1 ini mempunyai kualitas kurang baik ketika menangkap gambar dengan kondisi cahaya yang rendah.

Selain itu, Pocophone F1 juga tidak mempunyai fitur OIS. HP ini mempunyai fitur EIS, hanya saja akan berfungsi bila digunakan saat merekam video 1080p saja. Mengingat HP ini bisa merekam video 4K, seharusnya EIS juga hadir di rekaman video dengan resolusi 4K.

Untuk kamera depan, HP ini dibekali dengan kamera depan 20 MP. Kamera depan ini masih tergolong baik untuk selfie. Sayangnya, akibatnya tidak sebagus HP khas selfie dari Oppo dan Vivo yang rentang harganya tidak beda jauh.

Lantas apa simpulannya? Apakah sektor kamera ialah salah satu kekurangan dari HP ini? Secara parsial, kamera untuk fotografinya tergolong baik. Sayangnya, kinerja kameranya kurang begitu optimal untuk video dan juga hasil fotonya kalah saing. Intinya, kamera pada HP ini sesungguhnya masih bisa lebih optimal dan lebih baik.

3. Bezel Cukup Tebal

Mengingat HP zaman sekarang sudah hadir dengan bodi yang tipis, mengusut bezel pada HP ini terasa mirip HP yang kurang kekinian. HP ini masih memiliki bezel yang cukup tebal. Untuk sebuah ponsel andalan, seharusnya Pocophone F1 bisa menghadirkan bezel yang lebih tipis.

Notch pada HP ini juga tergolong besar sehingga lebih terkesan mengganggu. Karena hal ini, bezel yang tebal jadi kekurangan lain dari Pocophone F1.

4. Bodi Terkesan Murah

Pocophone F1 Kevlar Edition ialah Pocophone F1 dengan bodi terbaik. Sementara Pocophone F1 versi biasa meskipun bodinya solid, bodinya tampak terlihat murahan. Sangat terasa sekali jikalau HP ini terbuat dari plastik.

Vendor lain di kelas harga yang sama juga menghadirkan ponsel dengan bodi plastik. Namun, mereka mampu meramunya menjadi bodi yang lebih menarik dan terlihat mewah, dan seharusnya Pocophone F1 bisa melakukan hal yang sama.

Simpulan

Pocophone F1 lebih banyak keunggulannya dibandingkan kekurangan itu sendiri. Salah satu nilai keunggulan yang patut dikedepankan dan diapresiasi dari HP ini jelas adalah harganya yang murah untuk sebuah ponsel flagship.

Pocophone F1 layak diapresiasi sebagai ponsel pilihan terbaik untuk kelas harga Rp4 jutaan. Ponsel ini memiliki performa, baterai, dan tentu saja harga yang menarik. Tertarik? Bagi yang tertarik, silakan beli Pocophone F1 di toko online melalui link ini.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online