Inilah 10 Game Membangun Kota Terbaik Untuk Platform Pc

Hampir semua gamer mungkin sudah hafal betul jika SimCity menjadi salah satu game yang menjadi pionir permainan bergenre city building. Namun seiring berkembangnya waktu dan teknologi, kini para developer telah banyak memproduksi game-game membangun kota yang tidak kalah seru dari SimCity.

Meski memberikan premis yang sama, namun setiap game tersebut memberikan konsep latar permainan berbeda, contohnya seperti membangun kota di planet lain. Para developer pun tak segan untuk menambahkan unsur bertahan hidup, politik dan seni manajemen semoga permainan membangun kota terasa lebih seru dan menantang.

Untuk merasakan tantangan tersebut, di bawah ini Carisinyal akan merekomendasikan 10 game membangun kota yang wajib dimainkan di platform PC. Berikut adalah ulasan selengkapnya.

1. Frostpunk (2018)

Frostpunk

* sumber: gamingbolt.com

Frostpunk yaitu sebuah permainan city-building survival yang mempunyai latar waktu di tahun 1886. Jalan ceritanya mengisahkan perihal letusan Gunung Krakatau dan Tambora yang menjadikan trend hambar vulkanik berkepanjangan di seluruh dunia. Pemain nantinya akan mencari daerah baru untuk berlindung dan membangun peradaban guna tetap selamat dari kondisi dunia yang mencekam.

Pemain akan berada dalam sebuah kelompok survival yang terdiri dari para pekerja, insinyur dan anak-anak. Pada awalnya, pemain hanya memiliki sumber daya terbatas untuk membangun sebuah kota. Selanjutnya, para pemain diharuskan untuk memanen kayu, batu bara, baja dan makanan semoga semua orang tetap hangat dan hidup.

Di sepanjang permainan, pemain dapat memakai opsi Order untuk menerima sumbangan dari warga dalam menegakkan aturan, serta opsi Faith untuk menerapkan undang-undang. Pemain juga mesti membangun semacam bengkel semoga mampu membangun kota secara efisien dengan sumber daya yang seadanya.

2. Aven Colony (2017)

Aven Colony

* sumber: www.thexboxhub.com

Pemain akan terlibat dalam membangun kota insan baru di sebuah planet alien yang jaraknya sangat jauh dari Bumi bernama Aven Prime. Nantinya, pemain harus mengawasi setiap pekerjaan konstruksi, sumber daya dan orang-orang yang tinggal dalam koloni. Berbagai macam bangunan dapat dibuat, mirip gedung pencakar langit, lift ruang angkasa, pemukiman dan yang lainnya.

Setiap bangunan dalam game ini berfungsi untuk melayani kebutuhan warga, mirip penciptaan oksigen, daerah tinggal, budidaya makanan, penambangan sumber daya, dukungan koloni, eksplorasi dan perluasan. Pemain juga harus menjaga koloni dari ancaman cuaca yang ekstrim dari topan, abu dan gas beracun.

Selain itu, ada juga makhluk alien yang selalu mengganggu dan mampu menyerang koloni kapan saja. Serangan dari alien tersebut mampu dicegah dengan membangun struktur pertahanan untuk melindungi keselamatan semua penghuni dalam koloni.

3. Tropico 6 (2019)

Tropico 6

* sumber: www.gamereactor.asia

Dalam game ini, pemain akan berperan sebagai El Presidente, pemimpin negara Kepulauan Karibia di Tropico. Selanjutnya, pemain memiliki kekuasaan untuk membangun kota di semua wilayah yang ada di kepulauan tersebut. Pemain dapat membangun jembatan untuk menghubungkan satu pulau dengan pulau lainnya.

Bertindak sebagai pemimpin negara, tentunya pemain mampu bertindak penuh terhadap warganya. Jika pemain bersikap agresif terhadap warga-warganya, maka mereka akan melaksanakan pemberontakan. Lebih parahnya lagi, tingkat produktivitas dari kota yang dibangun nantinya akan berkurang.

Tropico 6 menerima ulasan kasatmata dari para kritikus dengan tinjaun Metacritic yang menunjukkan nilai 78/100. Pada tahun 2019, game ini masuk nominasi dalam ajang The Game Awards untuk kategori Best Strategy Game.

4. Surviving Mars (2018)

Surviving Mars

* sumber: www.pcgamer.com

Manusia balasannya bisa tinggal di planet Mars, namun tidak dalam kehidupan faktual, melainkan terjadi dalam game yang satu ini. Manusia memiliki misi utama untuk membentuk peradaban di planet merah ini. Maka dari itu, pemain diharuskan membangun kota di Mars dan bertanggung jawab atas semua semua sumber daya manufaktur, serta mengelola setiap bangunan warga-warganya.

Untuk menjaga kehidupan insan di Mars, pemain harus memperhatikan sepenuhnya akan kebutuhan oksigen, air, tempat tinggal dan makanan. Game ini juga memiliki jalan kisah yang disebut dengan mysteries, di mana di dalamnya pemain akan menghadapi wabah, perang, persaingan antar korporasi, dan pemberontakan oleh alien.

Selama permainan, pemain mampu mengeksplor situs pendaratan yang memiliki banyak sekali sumber daya, mirip logam, beton dan benda-benda lainnya. Sumber daya langka tersebut nantinya dapat dikirimkan kembali ke Bumi untuk menerima uang.

5. Anno 1800 (2019)

Anno 1800

* sumber: theenemyofboredom.com

Latar waktu dalam game ini terjadi pada kala ke-19 dikala Era Industri tengah memuncak. Permainan ini sendiri menawarkan genre city building yang dikemas dengan unsur taktik. Anno 1800 memiliki fitur cetak biru atau rancangan desain yang membantu pemain ketika mulai untuk merencanakan membangun kota.

Pemain nantinya harus mengelola kebutuhan warga, para pekerja, dan pengrajin di sentra-pusat industri semoga kehidupan kota berjalan dinamis. Game ini juga memberikan kepada pemain untuk mengatur rute perdagangan, militer dan segala jenis tantangan lainnya.

Anno 1800 menampilkan mode Story Campaign, Sandbox, dan Multiplayer. Game ini juga menggabungkan unsur pertempuran dan pembangunan kota. Pemain sepenuhnya akan berada di sebuah abad klasik di mana pendapatan ekonomi sebuah kota sepenuhnya dihasilkan dari perdagangan antar koloni dan industri.

6. The Colonists (2018)

The Colonists

* sumber: sagamer.co.za

The Colonists yakni sebuah game yang terinspirasi dari seri klasik city building mirip The Settlers. Pemain mampu memainkan misi individu atau membangun sebuah koloni dengan leluasa lewat mode Sandbox. Pemain dalam game ini akan mengendalikan tim robot yang bertujuan untuk mensimulasikan peradaban insan.

Robot-robot tersebut diceritakan berhasil melarikan diri dari Bumi, dan sedang mencari planet gres untuk membangun sebuah kota pemukiman untuk dihuni. Pemain tentunya harus membangun infrastruktur berupa sistem transportasi, jalan, kapal, dan kereta api.

Selain itu, pemain juga diharuskan untuk memanen sumber daya alam, mengatur pertanian, mengelola produksi makanan, serta membuat ekspedisi untuk menemukan wilayah dan teknologi baru. Ada dua misi terpisah dalam game ini, pemain mampu membangun kota sebebas-bebasnya atau melaksanakan eksplorasi dengan melawan koloni lain yang diatur oleh artificial intelligence (AI).

7. Banished (2014)

Banished

* sumber: www.pcgamer.com

Untuk permainan ini, pemain akan mengatur warga-warga yang terkucilkan untuk terus berkembang dan tumbuh dalam satu lingkungan pemukiman. Pemain akan mengelola kota tersebut dengan warganya bertindak sebagai sumber daya yang harus diberdayakan.

Pemain harus menugaskan mereka untuk berbagai pekerjaan, mirip membangun infrastruktur atau memancing. Di lain sisi, pemain juga harus memenuhi kebutuhan mereka dengan memastikan pasokan makanan semoga tetap tersedia. Pemain mampu mendukung kehidupan warganya dengan membangun aneka macam macam kemudahan, mirip rumah, toko cerdik besi, rumah sakit, peternakan, dan sekolah.

Nantinya, jumlah warga akan bertambah dengan adanya kelahiran, dan kedatangan perantau yang ingin menetap. Ada siklus penambahan usia di mana setiap warga yang tinggal akan menua dan meninggal.

8. Cities: Skylines (2015)

Cities

* sumber: www.techradar.com

Cities: Skylines ialah sebuah game simulasi pembangunan kota yang cukup kompleks, namun sangat menantang untuk dimainkan. Di sini, pemain layaknya seperti seorang walikota bahkan gubernur alasannya harus benar-benar detail dalam perencanaan sebuah kota.

Dalam game ini, pemain mesti mengatur kota dari aneka macam aspek, seperti perpajakan, layanan publik, zonasi distrik, penempatan jalan, transportasi, dan hal-hal lainnya. Jika ingin keberlangsungan kota tetap terjaga secara sehat dan nyaman, pemain harus mengelola tingkat polusi, kesehatan, anggaran keuangan dan kebutuhan pekerjaan untuk tiap-tiap warga.

Lewat aspek yang detail seperti itu, game ini lalu mendapatkan evaluasi yang sangat baik dari aneka macam ulasan. Situs IGN menawarkan nilai 8.5/10, Metacritic 85/100 dan majalah PC Gamer dari Inggris menghadiahi game ini dengan skor 86/100.

9. SimCity (2013)

SimCity

* sumber: www.noobfeed.com

Game ini merupakan edisi reboot dari seri SimCity terdahulu. Para pemain mampu membuat sebuah pemukiman yang nantinya bisa tumbuh sebagai kota metropolitan. Di kota tersebut kemudian mampu dikembangkan lagi menjadi daerah perumahan, komersial, industri, dengan aksesori fasilitas layanan publik dan transportasi.

Kota-kota yang dibangun akan terhubung satu sama lain melalui jaringan regional, seperti jalan raya, kereta api dan akses air. Setiap kota mampu memperdagangkan sumber daya khas yang dimilikinya, atau menyebarkan layanan publik dengan antar tetangga seperti pengumpulan sampah dan perawatan kesehatan.

Setiap kota yang dibangun harus menawarkan manfaat bagi seluruh wilayah yang saling terhubung. Pemain dapat membangun pembangkit listrik tenaga surya secara besar-besaran atau sebuah bandara supaya bisa mendukung antar wilayah.

10. Cities XL (2009)

Cities XL

* sumber: megagames.com

Permainan yang satu ini menunjukkan tiga jenis bidang bangunan, ialah tempat perumahan, komersial, dan industri. Masing-masing distrik tersebut memiliki kepadatan yang berbeda-beda, dan terbagi ke dalam empat kelas sosial berbeda, mirip unskilled workers, skilled workers, executives, dan elites.

Untuk membuat banyak bangunan sekaligus, pemain mampu membuat zonasi di area peta, dan selanjutnya masing-masing bidang bangunan akan dibuat secara pribadi. Game ini memungkinkan pemain untuk membuat rute jalan raya atau pedestrian dengan sudut belokan yang dapat diatur.

Agar kota dapat saling terkoneksi, pemain bisa merencanakan untuk membangun fasilitas transportasi mirip bandara, kereta api, kapal feri, dan kereta bawah tanah. Jika tantangan membangun kota dalam permainan ini cukup seru buatmu, maka jangan lupa untuk memainkan game Cities XL.

Bagaimana dengan daftar ulasan yang sudah diberikan di atas? Apakah sudah tertarik untuk memainkannya? Semua game tersebut tentunya mampu mengasah daya khayalan dan kreativitasmu dalam mengelola sebuah kota.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online