Ini Ia 10 Kelebihan Dan Kekurangan Hp Advan G2 Plus

Advan ternyata mempunyai lini produk seri G yang meluncur di 2018. Produsen lokal ini melahirkan produk berjulukan Advan G3 yang tergolong menarik. Selain Advan G3 diluncurkan ke pasaran, Advan juga punya produk lain yang menarik, yakni Advan G2 Plus.

Salah satu yang menonjol dari Advan G2 Plus yakni kapasitas baterainya yang besar, yaitu 4000 mAh. Para pesaing ponsel ini di garis harga yang tidak terlalu jauh umumnya membawa kapasitas baterai di angka 3000-an mAh. Makara, hal ini ialah salah satu cara untuk menjegal serbuan ponsel murah dari luar.

Lalu, apa saja yang menjadi kelebihan-kelebihan dari ponsel lokal ini? Dan bagaimana dengan kekurangannya? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, dikala ini Carisinyal akan membahas 10 kelebihan dan kekurangan dari HP Advan G2 Plus ini. Sebelumnya simak dulu spek singkat dari ponsel ini.

Spesifikasi Advan G2 Plus

advan g2 plus

  • Rilis: Juli, 2018
  • Layar: IPS LCD, 5,7 inch Full View
  • Resolusi Layar: 1440 X 720 pixel, 18:9 ratio
  • Chipset: MediaTekMT6737
  • CPU: Quad Core 1.3 Ghz 64-Bit
  • GPU: Mali-T720
  • Memori Internal: 32 GB, 3 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD up to 64 GB, dedicated slot
  • Kamera Belakang: 13 Megapixel, Autofocus, Dual LED Flash
  • Kamera Depan: 8 Megapixel
  • Baterai: 4000 mAh battery

Kelebihan Advan G2 Plus

1. Baterai Jumbo

Battery Advan G2 Plus

Kapasitas yang ditawarkan Advan pada ponsel kelas entry-level mereka yang ini terbilang besar, adalah 4000 mAh. Dengan daya sekuat itu, ponsel ini mampu bertahan selama belasan jam hingga seharian penuh untuk pemakaian sehari-hari.

Aktivitas-kegiatan semisal bermain game, menonton video (baik streaming atau offline), serta berselancar di dunia maya dapat dilakukan lebih tahan lama dengan ponsel Advan G2 Plus ini. Selain itu, jikalau pengguna menyukai aktivitas outdoor, maka HP dari merk Tanah Air ini sepertinya mampu untuk menemani acara tersebut tanpa perlu sering di-charge.

2. Layar Lebar Full View

Display Advan G2

Advan G2 Plus dibekali layar yang cukup lebar, adalah 5,7 inch dengan resolusi HD+ (1440 X 720). Panel yang dipakai pada layar ponsel ini yaitu IPS berlapis beling 2,5D dengan rasio 18:9. Dengan spek layar yang demikian, ponsel ini dapat mengemban amanah dengan baik untuk bersenang-bahagia seperti menonton video atau bermain game.

Advan juga membenamkan fitur Full Screen Gesture pada G2 Plus ini. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mampu mengakses layar secara gampang dengan memakai satu jari. Dengan adanya fitur ini, acara swipe layar baik dari atas ke bawah atau kiri ke kanan bisa terasa lebih menyenangkan.

3. Dua Biometrik

Face ID

* sumber: www.jasus.com

Fitur keamanan atau biometrik yang disematkan pada Advan G2 Plus ada dua lapis. Yang pertama yakni adanya teknologi pengenalan wajah atau Face ID. Selain terasa keren dan kondusif, fitur Face ID juga mampu menjadi pilihan yang cepat dan sempurna untuk mengakses ponsel ketika tangan dibungkus sarung tangan atau sedang dalam keadaan lembap.

Jika sedang demikian, penggunaan sensor Fingerprint akan terasa ribet alasannya adalah jari tangan harus bebas dari penghalang dan juga harus kering. Makara, cukup pegang Advan G2 Plus dan tempatkan dengan sempurna di depan wajah, maka terbukalah terusan ke ponsel tersebut. Mudah, bukan?

Biometrik yang kedua tentu saja sensor pemindai sidik jari atau Fingerprint yang terletak di bab belakang body. Jika merasa belum bisa beradaptasi dengan sensor pemindai wajah, maka cukup tempelkan jari dan terbukalah kanal ke Advan G2 Plus.

4. Expandable Memory

Memori yang diberikan Advan pada G2 Plus sudah bisa dikatakan cukup. Memori RAM ponsel ini ialah 3 GB dengan ROM 32 GB. Untuk HP dengan harga di level satu jutaan (hampir dua juta sih), hal ini cukup memuaskan. Jika ruang penyimpanannya dirasa kurang, pengguna masih dapat memperluasnya dengan menggunakan memori eksternal (microSD) hingga 64 GB.

RAM sebesar 3 GB yang tertanam pada ponsel ini juga mampu membantu mengoptimalkan kinerja prosesornya. Makara, walaupun jeroannya tidak terlalu mengesankan, setidaknya pengguna masih bisa merasakan pengalaman yang baik dengan perlindungan RAM Advan G2 Plus ini.

5. Memotret Layaknya Pro

Kamera Advan G2

Sensor kamera belakang dan depan pada ponsel Advan G2 Plus masing-masing terdiri dari satu kamera. Bagian utamanya mempunyai resolusi sebesar 13 MP dengan bukaan f/2.0 plus fitur Autofocus dan LED Flash untuk membantu menangkap gambar ketika kondisi cahaya rendah. Level video tertinggi yang dapat direkam kamera belakang G2 Plus ialah Full HD [email protected]

Agar pengguna mampu merasakan pengalaman pengambilan foto laiknya seorang photographer profesional, pihak Advan telah menambahkan fitur Pro Mode pada kamera utama G2 Plus mereka. Dengan mode tersebut, pengguna dapat melakukan pengaturan ISO atau saturation seperti yang biasa terlihat pada kamera pro.

Pada sektor kamera depannya, Advan menyematkan sensor sebesar 8 MP dengan lensa lebar dan memiliki aperture 2.2. Fitur Bokeh juga tersedia di sini mampu digunakan untuk pengambilan foto mode portrait saja. Hasil jepretan kamera depan G2 Plus dapat dibilang cukup baik, terutama saat kondisi cukup cahaya.

6. Sistem Privasi yang Aman

Privacy

* sumber: complianceandethics.org

Selain dua teknologi biometrik untuk memulai saluran Advan G2 Plus, ponsel ini juga diberikan fitur keamanan lainnya, yaitu pada dikala ponsel sedang digunakan. Fitur itu bernama Privacy System atau Sistem Privasi yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan data-data penting mereka. Fitur privasi lainnya adalah Guest dan Child Mode.

7. Antarmuka yang Lumayan

Antarmuka Advan G2 Plus

Sistem Operasi atau OS yang dipakai oleh Advan G2 Plus ini yakni Android Oreo 8.1 yang dimaksimalkan oleh antarmuka IDOS 8.1 juga. Secara keseluruhan, ponsel ini tidak mengecewakan nyaman diakses dan membawa beberapa fitur di dalamnya untuk memberi pengalaman berlebih pada para penggunanya.

Kekurangan Advan G2 Plus

1. Belum Fast Charging

Fast Charging

* sumber: www.pinterest.co.uk

Kapasitas baterai yang besar pada ponsel Advan G2 Plus ini masih belum di-support oleh teknologi pengisian cepat atau Quick Charge. Alhasil, untuk mengisi daya hingga penuh 100%, pengguna membutuhkan waktu yang lebih usang (berdasarkan asumsi penulis kira-kira membutuhkan waktu di atas 2 jam).

Penulis mengambil perbandingan pada ponsel Xiaomi Mi A1 (harga tidak terlalu jauh dengan Advan G2 Plus) yang memiliki kapasitas baterai 3080 mAh. Ponsel yang sudah didukung teknologi pengisian cepat ini membutuhkan waktu hingga 110 menit untuk mengisi baterainya secara penuh (30% dalam 30 menit berdasarkan GSM Arena).

Ketidakhadiran teknologi fast charging pada ponsel Advan G2 Plus masih dapat dimaklumi alasannya ini merupakan ponsel entry level yang sudah membawa beberapa kelebihan mirip pada sektor kamera dan pada baterainya itu sendiri.

2. Desain Kurang Greget

Advan G2 Plus Biru

Sebagai ponsel kelas entry-level, tidak perlu banyak harapan pada desain body ponsel Advan G2 Plus ini. Lapisan plastik yang membalut bodi G2 Plus serta pilihan warna (hanya hitam dan biru) yang ditawarkan memang sedikit kurang greget di mata penulis. Secara keseluruhan, desain Advan G2 Plus ini tergolong biasa saja.

3. Masih Sedikit Kalah dari Kompetitor

Mediatek vs Snapdragon

Ponsel berilmu murah dari luar sekarang sudah menjamur di Indonesia. Salah satunya ialah Xiaomi yang selalu menyuguhkan ponsel murah dengan spek yang mampu dibilang wah. Ada beberapa ponsel Xiaomi yang dibanderol dengan harga yang tidak jauh dengan Advan G2 Plus, namun mempunyai spek di atasnya.

Misalnya mirip pada teknologi kamera ganda yang sudah mulai banyak diadopsi oleh ponsel berakal aneka macam level. Walaupun kamera Advan G2 Plus sudah dirasa cukup untuk jeprat-jepret foto layaknya pro, namun hadirnya pilihan dual kamera tentunya bisa menjadi nilai tambah yang bagus buat ponsel seharga G2 Plus yang hampir menyentuh angka 2 jutaan.

Selain itu, jeroan yang dibawa ponsel ini juga masih tergolong rendah. Sebagai perbandingan, Xiaomi Redmi S2 dipasarkan dengan harga di bawah Rp 2 juta namun mempunyai spek jeroan lebih tinggi dari G2 Plus, seperti penggunaan chipset tipe Snapdragon 625 dengan delapan inti CPU dan kamera utamanya juga sudah memiliki dua sensor alias dual camera.

Simpulan

Sebagai ponsel lokal, Advan G2 Plus ini cukup dapat diandalkan untuk menunjang acara-acara dasar pengguna ponsel cerdik. Bagi mereka yang tidak mempermasalahkan jeroan yang dibawanya, ponsel ini laik untuk dimiliki alasannya membawa kapasitas baterai yang besar, sehingga mampu bertahan lebih lama dari ponsel sejenisnya.

Walaupun demikian, penulis tetap mengharapkan agar ponsel lokal ini mampu bersaing lebih dalam lagi dengan ponsel-ponsel luar yang dijual lebih murah namun mempunyai spesifikasi yang lebih wah. Apa yang dibuat Advan pada G2 Plus ini memang sebuah balasan bagi sebagian pengguna smartphone di Tanah Air yang menginginkan kapasitas baterai yang jumbo.

Makara, secara keseluruhan ponsel ini direkomendasikan bagi mereka yang sering beraktivitas di luar ruangan dan membutuhkan gadget yang dapat bertahan lebih lama dari biasanya. Tertarik? Anda mampu beli HP ini dengan menyiapkan dana sekitar Rp1 jutaan. Silakan langsung beli Advan G2 Plus di toko online lewat link ini.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online