Ini Dia 15 Aplikasi Kamera Bokeh Terbaik Untuk Smartphone

Semakin berkembangnya zaman, smartphone dapat digunakan dalam segala hal, termasuk untuk mengabadikan momen. Ada smartphone yang sudah di-build dari awal dengan berbagai fitur fotografi yang unggul dan terbaru, tapi tidak semua. Dan, harga ponsel berbekal kamera yang apik pun cukup mahal.

Para pengembang pun berlomba membuat aplikasi yang mendukung kebutuhan manusia di masa digital saat ini, salah satunya dalam mengambil foto dengan efek bokeh. Jika harus menggunakan kamera mirip DSLR pada setiap aktivitas, hal itu kurang praktis dibandingkan menggunakan smartphone yang mampu dibawa kemana pun. Tidak semua orang punya kamera DSLR juga, kan?

Adanya aplikasi foto dengan imbas bokeh menciptakan biaya yang dikeluarkan untuk mendapat hasil foto secara sempurna jauh lebih murah, dana Anda pun dapat dialokasikan untuk kebutuhan lain.

Selain dirancang untuk memperoleh gambar bokeh, beberapa aplikasi di bawah ini juga dilengkapi oleh beragam fitur lain yang mampu Anda dapatkan secara gratis maupun berbayar. Mulai dari teknologi pengambilan gambar, filter, stiker, sampai editing foto maupun video.

Adanya aplikasi foto membantu pengguna smartphone yang gemar berswafoto untuk dapat menyempurnakan hasil fotonya, salah satunya dengan memberi efek blur, pudar, atau bokeh di beberapa bagian yang diinginkan. Sehingga, gambar yang diperoleh bisa tampak lebih fokus dan berkesan. Berikut beberapa aplikasi kamera bokeh yang dapat dijadikan pilihan versi Carisinyal.

1. VSCO Cam

Aplikasi “VSCO Cam” ini dikenal sebagai aplikasi editing populer yang rupanya dapat dipakai untuk kebutuhan bokeh. Aplikasi yang telah diunduh 50 juta orang lebih ini mengusung beragam fitur pribadi dan menarik lainnya, seperti mode RAW, ISO, white balance dan masih banyak lagi.

Sayangnya, untuk menerima fitur yang lengkap, Anda harus menggunakan versi Pro atau versi berbayar dari aplikasi tersebut. Namun, bila Anda tidak masalah dengan versi gratis, mampu klik di sini untuk download aplikasinya.

2. Candy Camera

Candy Camera” ialah aplikasi populer yang telah diunduh lebih dari 100 juta orang user. Menawarkan banyak filter, stiker, kolase, hingga fitur yang mendukung semoga foto jadi lebih tepat. Selain dapat digunakan untuk mengambil foto bokeh, “Candy Camera” juga memiliki beberapa fitur lain seperti menyamarkan noda pada wajah. Sayangnya, aplikasi ini dipenuhi dengan beragam iklan untuk versi gratisnya.

3. Camera FV 5

Aplikasi yang sering kali disebut mirip hasil asli DSLR ini memiliki bermacam-macam fitur, mulai dari kecepatan, ISO, white balance, hingga intervalometer built in yang mendukung timelapse. Selain itu, aplikasi “Camera FV 5” juga mendukung aneka macam format gambar mulai dari JPEG, RAW, DNG hingga PNG lossless.

Sehingga, wajar saja jikalau hasil gambar yang diperoleh akan serupa dengan hasil tangkapan fotografer. Aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 10 juta orang ini mampu Anda peroleh secara gratis atau pun berbayar untuk fitur yang lebih lengkap.

4. DSLR Camera Pro

Seperti DSLR pada umumnya, aplikasi “DSLR Camera Pro” ini diklaim dapat mirip fitur aslinya, termasuk dalam mengambil gambar bokeh. Sehingga, gambar yang dijepret menggunakan aplikasi ini akan tampak mirip hasil foto profesional. Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 10 ribu orang ini tersedia dalam versi berbayar untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap.

5. Cymera Beauty Camera

Aplikasi kamera bokeh yang dilengkapi dengan aneka stiker dan fitur editing ini telah dipakai lebih dari 300 juta orang. Pasalnya, “Cymera Beauty Camera” memberikan lebih dari 150 pilihan filter yang lucu dan menarik. Aplikasi ini juga mendukung hasil gambar semakin sempurna alasannya adanya fungsi timer, mode silent, sampai stabilizer.

6. Retrica

Selain dapat dipakai untuk editing foto dan video sampai membuat GIF, aplikasi “Retrica” ini mendukung pengambilan foto bokeh juga. Tak hanya itu, “Retrica” juga terdapat beragam filter, kolase dan fitur yang ditawarkan, salah satunya mode multi shot. Aplikasi ini juga terhubung pada sosial media, sehingga Anda dapat membagikan hasil gambar dengan lebih gampang. Klik link ini untuk download aplikasinya.

7. Google Camera

Meskipun tidak kompatibel pada semua smartphone, aplikasi bawaan Google yang dikembangkan untuk Android ini mampu dipakai untuk mengambil foto bokeh.

Selain itu, “Google Camera” juga punya beragam fitur mirip mode smartbust, stabilizer, dan yang keren yaitu photosphere 360° yang mendukung pengambilan gambar secara melingkar namun tetap detail meskipun dalam keadaan cahaya yang kurang memadai.

8. Open Camera

Memiliki bermacam-macam fitur canggih mulai dari stabilizer, geo tagging, hingga GUI, aplikasi “Open Camera” menunjukkan tampilan yang ringan namun menarik. Selain itu, terdapat teknologi voice instruction yang memudahkan penggunanya untuk mengambil gambar dengan mengeluarkan bunyi.

Dan, tentunya ada pula teknologi yang menciptakan aplikasi ini  bisa menghasilkan foto bokeh. Sejauh ini, aplikasi “Open Camera” telah diunduh lebih dari 10 juta orang.

9. Camera Zoom FX

Berbeda dari aplikasi kamera bokeh yang lain, “Camera Zoom FX” ini dikenal mampu mengambil foto dengan kecepatan tinggi. Bahkan, untuk merekam video, aplikasi ini dapat bekerja dengan 50 frame/second.

Didukung pula oleh bermacam-macam fitur menarik mulai dari mode burst, pengaturan ISO, penangkapan RAW sampai banyak sekali filter. Namun, lagi-lagi untuk mendapatkan fitur lengkap tersebut Anda harus menggunakan versi berbayar dari aplikasi ini.

10. Footej Camera

Aplikasi foto bokeh yang mampu merekam video dengan resolusi tinggi ini dilengkapi banyak sekali fitur canggih. Diantaranya ada slow motion, mode panorama dan mode burst. Sayangnya, untuk memperoleh aplikasi dengan tampilan menarik ini, Anda harus memakai versi berbayar supaya dapat merasakan kecanggihan dari keseluruhan fitur yang diusung.

11. A Better Camera

Aplikasi kamera bokeh satu ini cukup canggih karena didukung dengan fitur best shot, sehingga dapat membidik foto secara cepat dan tepat. Ditambah adanya Camera 2 API yang membuat hasil gambar yang diperoleh tampak seperti tangkapan fotografer profesional. Ada pula fitur lainnya seperti multi shot, night mode, white balance, hingga pengaturan cahaya yang terdapat pada aplikasi “A Better Camera” ini.

12. Camera360

Dilengkapi dengan banyak sekali pilihan stiker maupun filter, aplikasi yang dikenal sebagai aplikasi editing terpopuler ini mampu digunakan juga untuk mengambil foto bokeh. “Camera360” cocok untuk Anda yang tertarik pada aplikasi yang telah terintegrasi dengan sosial media secara eksklusif.

13. B612

Siapa yang tidak tahu aplikasi B612 ini? Mengusung banyak filter dan stiker membuat aplikasi ini telah dipakai lebih dari 100 juta orang. Terlebih, B612 mampu digunakan untuk mengambil foto bokeh dan juga video yang menarik. Selain itu, user interface yang dihadirkan pun terbilang ringan dan dapat terhubung secara pribadi ke media sosial.

14. ProShot

Aplikasi “ProShot” ini didukung teknologi guna untuk editing seperti pengaturan rasio dan kompresi. Buat yang masih awam dengan dunia fotografi, videografi dan editing damai saja. Karena, aplikasi ini dilengkapi oleh tutorial secara keseluruhan.

Penggunaan aplikasi ini juga terbilang mudah. Cukup dengan klik pada satu titik, maka gambar bokeh yang dihasilkan akan sesuai dengan impian. Aplikasi kamera bokeh yang hadir dengan bermacam-macam fitur fotografer handal ini mampu Anda peroleh secara berbayar.

15. Camera MX

Aplikasi kamera bokeh ini telah diunduh lebih dari 10 juta orang. Aplikasi “Camera MX” hampir memiliki keseluruhan fitur fotografi seperti filter, kolase, convert to GIF, hingga editing video maupun foto di smartphone.

Ada pula opsi pre-shot atau pun shoot to the past yang berfungsi mirip timer. Nilai plus dari aplikasi ini termasuk mengambil gambar dengan resolusi tinggi.

Banyak sekali pilihan aplikasi untuk menghasilkan foto bokeh. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kalau kamera HP tidak mempunyai kamera bokeh. Adakah aplikasi foto bokeh yang menjadi favoritmu?

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online