Ini Beliau Review Lengkap Flashdisk T-Force Spark Rgb 128Gb

TEAMGROUP adalah produsen perangkat keras yang selalu aktif dalam memproduksi hardware yang inovatif dan efektif. Salah satu hardware yang dibentuk oleh TEAMGROUP yaitu Flashdisk. Flashdisk yang ditawarkan TEAMGROUP cukup beragam, mulai dari OTG Flash Drive, USB 2.0, sampai yang terbaru yaitu USB 3.2.

 

Flashdisk terbarunya ini cukup menarik perhatian. Selain dibekali dengan versi 3.2, flashdisk ini juga punya fitur RGB di dalamnya. Tidak hanya itu saja, Flashdisk T-Force Spark RGB 128GB ini diklaim mampu melaksanakan transfer data dengan kecepatan 180MB/s Read dan 90MB/s Write. Penasaran dengan keunggulan lainnya? Yuk, baca selengkapnya di artikel ini!

 

Spesifikasi Flashdisk

 

Spesifikasi Flashdisk

 

 

    • Voltage: DC +5V

 

    • Interface: USB 3.2 Gen1 (3.0 / 3.1)

 

    • Dimensions: 60.9(L) x 20.4(W) x 8.6(H) mm

 

    • Weight: 25g

 

    • Capacity: 128GB

 

    • Data Transfer Rate: Read: 180MB/s Max, Write: 90MB/s Max

 

    • Support OS: Windows 10 / 8.1 / 8 / 7 / Vista, Mac OS, Linux, Console

 

    • Warranty: Lifetime warranty

 

 

Fitur Flashdisk

 

Fitur Flashdisk

 

Ada beberapa fitur yang menarik pada flashdisk ini dan beberapa fiturnya bahkan dicantumkan pada bagian kemasan. Namun, untuk mengetahui fitur lengkapnya, bisa lihat di bawah ini:

 

 

    • RGB soft ambient lighting effect.

 

    • Smart capacity status indicator.

 

    • Bisa dipakai di berbagai platform, Windows, Mac, Linux, sampai konsol mirip PS4, PS3, Xbox One, dan Xbox 360.

 

    • Praktis di-slide dengan desain Capless.

 

 

Kemasan Flashdisk

 

Kemasan Flashdisk

 

Flashdisk T-Force Spark RGB 128GB dikemas dengan kotak persegi panjang. Di bagian depannya, kamu mampu melihat info kapasitas dan beberapa fitur Flashdisk-nya, mirip RGB lighting effect dan smart capacity display.

 

Kemasan Flashdisk

 

Lalu, di bab belakang kemasannya, kamu bisa menemukan info spesifikasi lengkap Flashdisk, mirip Voltage, Interface, Dimensions, Weight, Support OS, sampai penjelasan soal kapasitas dan warna lampu RGB-nya. Namun di bagian kemasan ini tidak ada info mengenai performa Read and Write-nya. Kami mengetahui info tersebut di website TEAMGROUP.

 

Desain Flashdisk

 

Desain Flashdisk

 

Nah, di bagian dalam kemasannya, Flashdisk ini diberi alas khusus dan pribadi terlihat di bab depan ada goresan pena “128GB RGB” dengan suplemen logo T-Force. Untuk lampu RGB-nya ada di bagian bawah. Sedangkan untuk menggunakannya, kau hanya perlu slide tuasnya ke atas.

 

Desain Flashdisk

 

Untuk ukurannya sendiri cukup compact dan ringkas namun sedikit lebih panjang dari baterai AA brand Alkaline. Warnanya hitam tapi tidak terlalu pekat. Bahannya tidak meninggalkan bekas jari atau goresan, cukup kuat.

 

Desain Flashdisk

 

Untuk RGB-nya akan muncul di bab bawah flashdisk yang berwarna putih. Jika dicolokan ke PC, RGB-nya akan eksklusif menyala. Ada tiga indikator warna di Flashdisk T-Force Spark 128GB ini, yakni biru, kuning, dan merah. Ketiganya memberi info kapasitas yang ada di dalam flashdisk.

 

Desain Flashdisk

*Blue 0-80%

 

Desain Flashdisk

*Yellow 91%-92%

 

Desain Flashdisk

*Red 93%-98%

 

Jika kapasitasnya berada di range 0% – 80% maka muncul warna biru. Sedangkan untuk kapasitas berada di 81% – 92% maka muncul warna kuning. Terakhir, jika flashdisk-nya cukup penuh sekitar 93% – 98% maka warnanya akan menjelma merah. Nah, fitur dari RGB tadi disebut sebagai smart capacity status indicator.

 

Desain Flashdisk

 

Tapi sayangnya, fitur itu hanya mampu dijalankan pada OS Windows. Sedangkan untuk OS lain, seperti Mac dan konsol, hanya menghadirkan warna RGB biasa tanpa ada indikator apapun. Meskipun begitu, warna RGB yang dihasilkan pada flashdisk ini tetap menarik.

 

Performa

 

Flashdisk T-Force Spark RGB 128GB ini diklaim mampu menghasilkan rate transfer data yang cukup kencang, ialah Read: 180MB/s Max dan Write: 90MB/s Max. Untuk membuktikannya, kami menguji coba Flashdisk ini dengan dua tools pengujian, CrystalDiskmark dan ATTO.

 

Perangkat yang kami gunakan punya spesifikasi kepetangan i7 – 7th gen, GPU Nvidia GeForce 930MX, dengan RAM 8GB. Kami juga mengandalkan Windows 10 Home sebagai OS-nya. Berikut hasil dari benchmark menurut CrystalDiskmark 7:

 

CrystalDiskmark Benchmark

 

Kami memilih setting 5 test count, 1GiB test file, dan MB/s sebagai teladan test unit-nya. Hasilnya menerangkan bahwa SEQ1M Q8T1 mampu melaksanakan read hingga 167.57MB/s dan write 19.30MB/s. Hasil ini tidak jauh berbeda dengan klaim yang dikatakan oleh TEAMGROUP. Kaprikornus, bisa dibilang flashdisk ini punya transfer data yang cepat.

 

Tidak hanya satu benchmark, kami juga melakukan pengujian performa flashdisk ini dengan menggunakan ATTO. Setting-an pada ATTO, kami memakai ukuran I/O (Input-output) 512B to 64MB dengan File Size 256MB. Kami juga mengaturnya dengan Queue Depth sebanyak 4 kali. Berikut hasil yang diberikan oleh ATTO:

 

ATTO benchmark

 

Hasil benchmark yang didapat memang tidak mencapai 180MB/s alasannya itu yakni performa maksimalnya. Sayangnya, kami tidak menerima performa maksimal tersebut namun kami menerima hasil performa yang memuaskan, read 174.45MB/s dan write 16.78MB/s. Hasil tersebut tidak terlalu jauh dengan klaim dari TEAMGROUP.

 

Perlu diketahui juga, hasil benchmark performa ini tidak selalu sama di setiap perangkat karena menyesuaikan dengan spesifikasi laptop/PC masing-masing, ya.

 

Simpulan

 

Desain Flashdisk 1

 

Secara keseluruhan flashdisk ini layak untuk dipakai untuk kau yang membutuhkan Flashdisk dengan transfer data yang cepat. Selain punya performa yang baik, T-Force Spark RGB 128GB ini juga punya bentuk yang gahar namun tetap elegan dengan lampu RGB yang unik.

 

Lalu, lampu RGB-nya ini juga cukup membantu untuk mengetahui kapasitas yang tersisa di dalam flashdisk. Perlu kamu ketahui juga jika flashdisk ini melaksanakan transfer data terlalu banyak, beliau akan bekerja lebih keras sehingga menghasilkan suhu panas pada Flashdisk. Namun, suhu panas tersebut masih normal dan tidak menyebabkan overheat.

 

Overall, untuk flashdisk seharag $25 dollar (sekitar 360 ribuan) ini layak untuk dibeli. Tapi sayangnya, flashdisk ini belum tersedia di pasaran Indonesia. Kaprikornus, bila kau tertarik untuk membelinya, bisa pesan di marketplace internasional, ya.

 

Oh iya, selain me-review flashdisk, kami juga pernah melakukan review untuk SSD dari TEAMGROUP. Ingin tahu isu selengkapnya? Silakan langsung kunjungi Review T-Force DELTA MAX RGB.

 

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online