Ini Beliau 10 Tipe Memori Kamera Yang Paling Terkenal Ketika Ini

Saat ini kartu memori merupakan salah satu komponen penting bagi perangkat digital zaman sekarang, mirip ponsel dan kamera. Bagi ponsel kartu memori ini berguna sebagai media penyimpanan aneka macam macam data. Sedangkan bagi kamera, memori ini memiliki kegunaan untuk menyimpan foto-foto yang berhasil dibidik oleh lensa kamera itu sendiri.

Sebelum periode digital mirip ketika ini, dulu orang menyimpan hasil jepretan kameranya dalam bentuk roll film atau klise yang mungkin masih tersimpan di lemari-lemari orang bau tanah kita. Jika ingin mencetak atau mencuci hasil fotonya, orang-orang harus ke datang studio foto yang menyediakan jasa tersebut.

Boleh dibilang era kamera sebelum digital ini memang sangat menyenangkan dan membahagiakan. Hal itu mampu jadi karena proses yang dilalui seseorang untuk mendapatkan fotonya lumayan panjang dan mendebarkan. Pasti di antara pembaca juga ada yang pernah merasakan hal semacam ini.

Nah dengan hadirnya kartu memori, hasil jepretan kamera sekarang mampu disimpan dengan aman dan dapat dicetak berkali-kali. Jumlah foto yang disimpan juga mampu sangat banyak tanpa harus memakan banyak ruang dan tentu saja uang.

Lalu kartu memori apa saja yang dipakai pada kamera? Untuk mencari tahu balasan ini ayo simak artikel Carisinyal mengenal 10 memori penyimpanan pada kamera di bawah ini.

1. Kartu Memori SD

SD Card

* sumber: commons.wikimedia.org

SD bukan akronim dari SD ya, tapi Secure Digital. Sejauh ini memori SD merupakan tipe kartu memori yang paling umum dan cocok dipakai di dominan kamera digital. Selain dipakai untuk kamera, kartu memori SD juga dapat dipasang di ponsel atau PDA. 

Kartu Memori Sekolah Dasar memiliki ukuran standar 32 mm x 24 mm x 2,1 mm. Namun ada juga yang dibuat lebih tipis semacam kartu MMC (1,4mm). Kapasitas dari kartu memori Sekolah Dasar sendiri dimulai dari 8 MB (jadi inget ponsel Nokia jadul ya) hingga 2 GB.

2. Kartu Memori SDHC

SDHC

* sumber: commons.wikimedia.org

Ini ialah kartu memori Sekolah Dasar tapi dengan kapasitas yang lebih tinggi. SDHC sendiri merupakan kependekan dari Secure Digital High Capacity. Jika kartu SD hanya memiliki maksimum kapasitas 2 GB, maka SDHC ini memiliki kapasitas hingga 16 kali lipat lebih besar, adalah 32 GB.

Secara fisik kartu memori SDHC ini tidak berbeda dengan kartu SD, hanya saja selain dari kapasitasnya yang lebih tinggi, kartu SDHC hanya dapat digunakan oleh kamera digital yang sudah mendukung kartu memori jenis ini. Dan sebagai informasi, kamera digital yang kompatibel dengan SDHC dipastikan kompatibel juga dengan kartu SD.

3. Kartu Memori SDXC

SDXC

* sumber: commons.wikimedia.org

Apalagi nih SDXC? Ini ialah kartu Sekolah Dasar dengan kapasitas yang lebih besar lagi serta mempunyai kecepatan proses yang lebih tinggi. Kapasitas terbesar yang dimuat kartu memori Secure Digital Xtra Capacity ini adalah 2048 GB  atau 2 TB (Terabytes). Sangat besar bukan?

Kamera digital yang mampu memakai kartu memori SDXC umumnya yaitu yang dibuat dari tahun 2010. Hal itu alasannya SDXC sendiri gres diperkenalkan pada awal tahun 2009 lalu. SDXC ini juga memiliki ukuran standar kartu SD. Perangkat yang sudah support SDXC juga mampu memakai SD dan SDHC, namun tidak sebaliknya.

4. Kartu Memori SDUC

SDUC

* sumber: www.futuretimeline.net

Nah yang ini gres diperkenal pada juni 2018 lalu. SDUC merupakan abreviasi dari Secure Digital Ultra Capacity yang artinya memiliki kapasitas yang ultra-besar! Kartu SDUC membawa kapasitas memori hingga 128 TB! Bayangkan berapa banyak data yang mampu masuk ke sana?

Kecepatan proses kartu SDUC mampu mencapai 985 MB per detik melalui antarmuka Sekolah Dasar Express. Agar kecepatan maksimum kartu memori ini mampu tertunaikan, maka kau memerlukan kamera atau perangkat yang sudah kompatibel dengannya.

5. Kartu Memori miniSD

MiniSD_memory_card

* sumber: commons.wikimedia.org

Sepertinya nama awalnya mini yang berarti kecil. Ya, kartu memori SD ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding kartu memori standar Sekolah Dasar (60% lebih kecil).

Kartu miniSD ini dirancang untuk digunakan oleh banyak perangkat ultra-portable seperti kamera, ponsel, dan mp3. Kartu miniSD ini juga mampu dipakai di perangkat yang mendukung kartu Sekolah Dasar, namun harus menggunakan adaptor.

6. Kartu Memori CompactFlash atau CF

CF

* sumber: commons.wikimedia.org

Kartu memori CF ini menunjukkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan kecepatan proses yang lebih tinggi. Walaupun sudah diperkenalkan sejak tahun 1994 oleh Sandisk dan sudah umum dipakai, namun ketika ini kartu memori CF sudah biasa ditemukan di kamera-kamera DSLR yang paling canggih.

7. Kartu Memori microSD

MicroSD

* sumber: commons.wikimedia.org

Walaupun memori microSD saat ini lebih umum dipakai oleh sistem GPS dan MP3 Player, namun beberapa kamera digital masih kompatibel dengan kartu memori ini (seperti Samsung model compact).

Dalam ukuran bahwasanya, microSD ialah kartu memori terkecil yang tersedia secara komersial ialah berukuran 15 × 11 × 1mm. Walaupun demikian kartu memori ini mampu menyimpan data sampai 2 GB. Versi Micro SDHC-nya bahkan mampu menyimpan file yang jauh lebih besar, yaitu dari 4 GB sampai 32 GB.

8. Kartu Memori xD Picture

XD Card

* sumber: commons.wikimedia.org

Selanjutnya ada kartu memori xD yang merupakan kependekan dari eXtreme Digital. Kartu memori ini merupakan sebuah kartu memori format Fujifilm yang digunakan di beberapa kamera Fuji dan Olympus. Kartu compact ini tersedia dalam kapasitas yang sedang dan memiliki ukuran yang lebih kecil dari Sekolah Dasar yang membuatnya sulit digenggam dan mudah hilang.

9. Memory Stick Duo

Memory_Stick_Duo_Adaptor

* sumber: commons.wikimedia.org

Ini yakni jenis kartu memori yang masih digunakan oleh kamera-kamera digital buatan perusahaan Jepang Sony. Akan tetapi, banyak kamera Sony yang saat ini beredar kompatibel dengan kartu memori SD.

10. Kartu Memori MMC

MMC

* sumber: commons.wikimedia.org

Kemudian ada kartu MMC yang merupakan singkatan dari Multi Media Cards. Kartu memori ini memiliki fungsi dan ukuran yang sama dengan kartu memori SD, hanya saja MMC tidak mempunyai fitur pengunci.

Kartu MMC ini memiliki kapasitas yang lebih kecil serta kecepatan proses yang lebih lambat sehingga jarang dipakai ketimbang kartu memori Sekolah Dasar. Walaupun demikian, kartu MMC dapat dijadikan alternatif kartu SD dan masih kompatibel dengan banyak kamera digital.

Itulah 10 tipe memori kamera yang mampu Carisinyal bahas kali ini. Jika kau seorang photographer pasti sudah tahu perihal hal ini. Mungkin yang diketahui selama ini bahwa memori penyimpanan file pada kamera hanya yang itu-itu saja, tapi ternyata jumlahnya cukup banyak.

Dengan adanya kartu memori-memori ini, hasil bidikan kamera jadi lebih mudah dan kondusif disimpan. Tidak seperti orang zaman dulu yang harus menyimpan klise foto sebaik mungkin supaya isinya tidak rusak dan tetap bisa dicuci kembali.

Namun alasannya adalah ukuran memori penyimpanan ini kecil-kecil, kau juga harus berilmu dalam merawatnya semoga tidak hilang dan rusak. Jika demikian, maka tidak hanya satu file foto saja yang hilang, namun keseluruhan data dalam memori tersebut akan lenyap juga.

Mungkin sampai sini dulu bahasan mengenai tipe-tipe memori kamera. Jika ada tipe atau jenis lainnya silahkan isi di kolom komentar. Dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini semoga diketahui banyak orang. Baca juga artikel Carisinyal menarik lainnya mirip 7 Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP dengan Praktis ini.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online