Fitur Unggulan Samsung Galaxy S20 Series Dan Galaxy Z Flip

Samsung memang selalu berhasil untuk menggaet hati para konsumen, khususnya dalam bidang smartphone. Nah, series HP Samsung yang menjadi primadona yaitu Samsung Galaxy S. Melanjutkan seri Samsung Galaxy S10, akhirnya Samsung meresmikan HP gres dengan nama Samsung Galaxy S20 series.

Samsung Galaxy S20 series ini ada tiga tipe, adalah Galaxy S20, Galaxy S20+, dan Galaxy S20 Ultra. Tentu saja dari ketiga series tersebut mempunyai fitur yang berbeda. Namun, ketiganya dibekali dengan fitur-fitur menarik, khususnya di bab kamera.

Yang lebih menariknya lagi, Samsung tidak hanya memperkenalkan Galaxy S20 series saja alasannya adalah mereka juga resmi meluncurkan Galaxy Z Flip. HP tersebut mempunyai konsep flip-phone, hanya saja tidak ada keyboard-nya alias full layar.

Tidak cukup sampai di situ saja, Galaxy Z Flip juga dibenamkan beberapa fitur menarik, seperti Flex Mode. Apa itu Flex Mode? Apa saja fitur dari semua HP terbaru Samsung ini? Bagaimana performanya? Mari kita bahas di artikel berikut ini.

Samsung Galaxy S20 Series

Samsung Galaxy S20 Series (2)

Hal pertama dan yang paling menarik dari Samsung Galaxy S20 series ada di bagian kameranya. Memang, Samsung dikala ini lebih fokus soal kamera. Maka dari itu, Samsung selalu berinovasi untuk memanjakan para konsumennya dengan fitur dan kamera yang lebih canggih dibanding produk lainnya.

Namun, setiap series punya fitur yang berbeda dan fitur terlengkapnya ada di Samsung Galaxy S20 Ultra. Jangan kecewa, sebab Samsung Galaxy S20 dan Samsung Galaxy S20+ juga masih bisa masuk ke dalam kategori fitur terbaik soal kamera, kok. Nah, bila ingin tahu selengkapnya mampu baca ulasan berikut ini:

1. Samsung Galaxy S20 Ultra

Galaxy S20 Ultra

Galaxy S20 Ultra hadir sebagai seri S20 yang termahal, Rp. 18.499.000. Namun, harga ini sebanding dengan semua yang ada di dalam Galaxy S20 Ultra. Yang paling menonjol ada di bab kamera, satu kamera untuk kamera depan dan tiga kamera di bagian belakang.

Kamera depannya dibekali 40MP, PDAF, F2.2(80”) dengan fitur dual video call dan Auto-HDR. Untuk resolusi video di kamera selfie ini mampu mencapai [email protected]/60fps atau [email protected]

Sedangkan untuk kamera utamanya ada 108MP (Wide), 48MP (Telephoto), serta 12MP (Ultrawide). Dilihat dari spesifikasi kameranya sudah cukup menggiurkan apalagi kamera di HP Samsung ini dibekali teknologi terbaru, 100x Space Zoom dan Nona Binning. Apa itu?

Sesuai dengan sebutannya, 100x Space Zoom ini memungkinkan penggunanya melaksanakan zoom 100x sehingga objek yang difoto akan terlihat lebih terperinci dan jernih meskipun berada di jarak yang amat jauh. Lalu, teknologi ini juga didampingi dengan folded lens serta 100x Super Resolution Zoom menciptakan Anda mampu mengambil gambar dari jarak jauh dengan kualitas foto mirip kamera pro-grade.

Untuk teknologi Nona-Binning di Galaxy S20 Ultra ini mampu menggabungkan sembilan piksel menjadi satu. Dengan begitu, Anda bisa menerima hasil foto dengan warna yang lebih kaya dan tajam meskipun dalam keadaan low-light.

Bukan hanya soal mengambil foto, HP ini juga sangat baik untuk melakukan perekaman video. Pasalnya, ada teknologi perekam video beresolusi 8K dengan fitur steady-on yang menciptakan hasil video tidak goyang dan tetap steady meskipun Anda bergerak aktif dikala merekam video.

Berkat fitur-fitur yang keren dengan teknologi terbaik tadi, HP ini memungkinkan Anda untuk menciptakan film ala professional. Hal tersebut juga diamini oleh Joko Anwar yang mencicipi langsung pengalaman membuat film memakai kamera HP Galaxy S20 Ultra ini.

Namun, Joko Anwar tidak hanya puas dengan kameranya saja sebab menurutnya performa dari HP ini juga sangat baik dimana ia mampu membuat film tanpa nge-lag. Wajar, mengingat Galaxy S20 Ultra ini dibekali teknologi RAM LPDR5 dengan kapasitas 12GB.

Tidak hanya itu saja, chipsetnya juga menggunakan teknologi yang tercepat, ialah Exynos 990 7nm 64-bit Octa-Core. Dengan spesifikasi performa mirip tadi, tentu saja HP ini juga masih kuat untuk gaming.

2. Samsung Galaxy S20+

Galaxy S20+

Kalau Galaxy S20 Ultra terlalu mahal, mungkin Anda mampu pertimbangkan untuk membeli Samsung Galaxy S20+ yang dibanderol dengan kisaran Rp. 14.4999.000. Sayangnya, fitur yang ada di Galaxy S20 Ultra dan Galaxy S20+ ini berbeda.

Untuk Galaxy S20+ ini dibekali teknologi 3x Hybrid Optical Zoom yang bisa menghasilkan zoom gambar lebih jelas meskipun tidak sejernih seperti 100x Space Zoom. Di teknologi 3x Hybrid Optical Zoom ini ditenagai oleh AI khusus sehingga pengguna mampu memotret gambar lebih jauh sampai 30 kali dengan kamera beresolusi 64MP.

Jangan terlalu cepat terpesona, ya, karena itu hanya gres bagian kamera. Mari kita lihat bagian performanya! Tidak jauh berbeda dengan Galaxy S20 Ultra, karena Galaxy S20+ tetap dibekali dengan Exynos 990. Namun, di bab kapasitas RAM-nya berbeda, yaitu hanya 8GB RAM saja.

Meskipun begitu, RAM yang ada di HP ini tetap kencang alasannya Samsung membenamkan teknologi LPDDR5 ke dalam HP ini. Masih sangat OKE untuk multitasking apalagi untuk main game, nggak perlu khawatir nge-lag!

Selain berbeda di bab RAM, Galaxy S20+ juga punya luas layar yang lebih kecil dibandingkan Galaxy S20 Ultra, yakni 6.9 inci dengan kapasitas baterai yang juga lebih kecil namun masih tetap powerful dengan kapasitas 4500mAh.

3. Samsung Galaxy S20

Galaxy S20

Ini yakni versi Galaxy S20 yang paling murah dan yang paling kecil dibandingkan kedua Galaxy S20 seri sebelumnya. Untuk Galaxy S20 ini dijual dengan harga Rp. 12.999.000. Meskipun versi yang paling murah, tapi Galaxy S20 masih termasuk ke dalam kategori HP yang powerful.

HP yang punya layar 6.2 inci ini dibekali dengan tiga kamera, adalah 12MP (Ultra Wide), 12MP (Wide) dan 64MP (Telephoto). Sedangkan untuk kamera depannya, HP ini punya resolusi 10MP dengan Dual Pixel AF, F2.2(80”).

Apa saja yang mampu dilakukan kamera HP ini? Banyak, salah satunya yaitu zoom sampai 30 kali dengan teknologi yang sama mirip Galaxy S20+, ialah 3x Hybrid Optical Zoom. Hasil foto dari teknologi tersebut sangat smooth dan jernih. Bahkan, ketika Anda melaksanakan cropping foto, resolusinya pun tidak berubah dan tetap berkualitas tinggi.

Selain soal kamera, Samsung Galaxy S20 juga punya layar yang berkualitas baik dengan layar Infinity-O Display (3200X1440) berteknologi Quad HD+ Dynamic AMOLED 2X. Kelebihan dari layar ini yakni konten video dan foto yang ditampilkan sangat jernih dengan warna yang sebenarnya.

Tapi sayangnya, HP seri ini punya kapasitas baterai yang termasuk minim, 4000mAh saja. Meskipun begitu, HP ini masih tetap powerful di bagian performanya sebab Galaxy S20 ini menggunakan 8GB RAM (LPDDR5) dengan prosesor Exynos 990, sama dengan Samsung Galaxy S20+. Masih sangat OKE untuk main game dan multitasking.

Samsung Galaxy Z Flip

Galaxy Z Flip

Tidak hanya meluncurkan Samsung Galaxy S20 Series, Samsung juga memperkenalkan Galaxy Z Flip. Berbeda dengan Galaxy S20 series, kalau Galaxy Z Flip ini punya konsep dan bentuk flip layar penuh. Menariknya, layar HP tersebut punya teknologi Flex Mode yang memungkinkan Anda untuk menekuk layar HP.

Tujuannya, pengguna mampu merekam gambar tanpa tunjangan tripod atau melakukan chatting yang mampu diletakkan 90 derajat. Selain itu, Galaxy Z Flip ini dibekali dengan Foldable UX. Teknologi tersebut bisa dimanfaatkan untuk multitasking di dua layar berbeda, misalnya Anda mau nonton Youtube di layar atas dan chatting di layar kedua.

Teknologi terbaru lainnya yang ada di HP ini yakni Multi-window Tray. Itu adalah teknologi yang mampu menyimpan aplikasi-aplikasi favorit di window khusus. Lalu, Anda bisa mengakses aplikasi favorit melalui window tersebut dengan cara menggeser layar dari kiri ke kanan.

Itu tadi soal fiturnya, bagaimana dengan kameranya? Cukup menarik meski tidak terlalu WAH seperti Galaxy S20 Ultra. Di Galaxy Z Flip ada kamera depan 10MP dengan kamera belakang 12MP (wide).

Di kamera tersebut, penggunanya bisa melaksanakan up to 8x digital zoom, tracking AF, dan HDR10+ untuk melakukan perekaman video. Cukup menarik, kan?

Bukan hanya di sektor fotografi, bab jeroannya juga menarik dengan RAM 8GB. Tapi, prosesornya tidak menggunakan Exynos, Galaxy Z Flip ini justru memakai Snapdragon 855+ (7nm). Masih tergolong powerful tanpa lag. Sayangnya, ketahanan baterai HP ini sangat rendah alasannya adalah kapasitasnya hanya 3000mAh.

Itu tadi keempat HP Samsung yang diperkenalkan pada program launching HP Samsung terbaru tanggal 4 Maret 2020. Ada tiga seri Galaxy S20; Samsung Galaxy S20 Ultra, Samsung Galaxy S20+, dan Samsung Galaxy S20, serta Samsung Galaxy Z Flip.

Semua HP tadi punya keunggulan fiturnya masing-masing, terutama soal fotografi. Meskipun fokus pada kamera, Samsung juga tidak melupakan performanya dengan kehadiran prosesor tangguh dan teknologi RAM tercanggih. Berminat untuk beli salah satu HP di atas?

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online