Catat! Inilah 10 Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Galaxy A40

Samsung Galaxy A40 yakni salah satu jajaran smartphone Samsung seri Galaxy A yang dirilis pada tahun 2019. Dari spesifikasinya ponsel tersebut berada di segmen menengah dengan keunggulan utama terletak pada layar Super AMOLED-nya yang keren. Samsung Galaxy A40 hanya tiba dalam satu varian memori saja, ialah 4 GB RAM dan 64 GB ROM.

Membawa berbagai fitur-fitur unggulan lainnya, ponsel yang dibanderol Rp 3 jutaan ini sudah mampu dibeli di Indonesia. Jika kamu berencana untuk meminang Galaxy A40, ada baiknya untuk mengetahui dulu keunggulan dan kekurangan yang dimiliki oleh perangkat tersebut. Sebelumnya cek dulu spek lengkap Samsung Galaxy A40 di bawah ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A40

Umum

  • Diumumkan
    Maret, 2019

  • Jaringan
    2G, 3G, 4G

  • SIM Card
    Single SIM (Nano-SIM) atau Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    144.3 x 69.1 x 7.9 mm

  • Berat

Layar

  • Jenis
    Super AMOLED capacitive touchscreen

  • Ukuran
    5.9 inci

  • Resolusi
    1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio ( 437 ppi density)

Hardware

  • Chipset
    Exynos 7885 Octa (14 nm)

  • CPU
    Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A73 & 6×1.6 GHz Cortex-A53)

  • GPU
    Mali-G71

Memori

  • RAM
    4 GB

  • Memori Internal
    64 GB

  • Memori Eksternal
    microSD, hingga 512 GB (dedicated slot)

Kamera Utama

Kamera Selfie

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-grup band, WiFi Direct, hotspot

  • Bluetooth
    4.2, A2DP, LE

  • Infrared

  • NFC

  • GPS
    A-GPS, GLONASS, BDS

  • USB
    Type-C 1.0 reversible connector

Baterai

  • Jenis
    Li-Po

  • Kapasitas
    Non-removable 3100 mAh

  • Wireless Charging

  • Fitur
    Fast battery charging 15W

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 9.0 Pie

  • Sensor
    Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass

  • 3.5mm Jack

  • Warna
    Black, White, Blue, Coral

  • Lainnya

Kelebihan Samsung Galaxy A40

1. Layar Super AMOLED yang Menawan

 

Panel Super AMOLED yakni salah satu nilai jual utama bagi Samsung Galaxy A40 yang tidak dimiliki oleh smartphone lain dengan kisaran harga yang sama. Dan memang cukup sulit menemukan kompetitor Samsung Galaxy A40 yang membawa teknologi layar serupa. Hal ini benar-benar sebuah nilai plus bagi ponsel akil dengan harga Rp 3,9 jutaan.

Memiliki resolusi tinggi 1080 x 2340 piksel, layar Samsung Galaxy A40 yang berukuran hanya 5,9 inci ini mampu menghasilkan kerapatan piksel mumpuni hingga 437 ppi. Hasilnya panel ponsel ini mampu menampilkan kualitas gambar yang manis, tajam, lembut, dan nyaman dipandang.

Tingkat kecerahan layar Samsung Galaxy A40 juga bisa membukukan angka hingga 548 cd/m2 pada mode Auto Max-nya. Dengan apa yang dihasilkannya tersebut, keterbacaan layar di bawah sinar matahari ponsel ini terbilang sangat baik. Kamu mungkin jarang menemukan hal semacam ini di ponsel akil lain dengan harga yang sebanding dengan Samsung Galaxy A40.

Berikut ini yakni hasil tes layar yang dilakukan oleh GSMArena untuk Samsung Galaxy A40 dan ponsel-ponsel akil lainnya.

Tes layar

* sumber: www.gsmarena.com

2. OS Android dan Samsung UI Terbaru

Samsung Galaxy A40

* sumber: www.expertreviews.co.uk

Walaupun semua seri Samsung Galaxy A datang dengan OS Android 9.0 Pie, namun yang paling penting di sini yaitu UI atau antarmuka pengguna Samsung itu sendiri. Nah, Samsung Galaxy A40 ini sudah membawa teknologi UI Samsung terbaru yang berjalan lebih halus, lancar, mempunyai banyak fitur serta telah dioptimalkan untuk penggunaan satu tangan.

Contoh mudahnya operasi satu tangan di Samsung Galaxy A40 adalah ketika kau hendak membuka tampilan notifikasi. Hanya dengan sentuhan dan jangkauan jempol tanganmu seluruh hidangan notifikasi dapat ditampilkan. Untuk bilah navigasi, kamu mampu memilih antara yang standar maupun yang berbasis gesture dengan gerakan yang sama, yaitu swipe dari bawah.

Selain itu, sajian pengaturan umum di ponsel ini telah dibuat lebih rapi sehingga kau mampu lebih mudah menemukan hal yang kamu cari. Dan untuk mempercepat navigasi melalui sajian, Samsung telah memberikan opsi pengurangan sejumlah animasi serta animasi transisi.

Pada bagian Device Care, kamu mampu melihat sajian-hidangan standar baterai, ruang penyimpanan, memori, dan administrasi keamanan. Menu baterai misalnya, tertera info mengenai aplikasi atau layanan mana yang telah memakai daya paling banyak semenjak pengisian terakhir. Kamu juga mampu menyesuaikan pengaturan yang cukup jelas untuk meningkatkan daya tahan baterai.

Samsung Galaxy A40 juga datang dengan beberapa aplikasi bawaan mirip Kalender, Jam, Galeri, hingga Galaxy Store. Secara keseluruhan, UI ponsel ini bisa bekerja dengan lancar tanpa nge-hang.

3. Performa Cukup Tangguh

Samsung Galaxy A40 ditenagai oleh salah satu chipset kelas menengah terhebat dari Exynos, ialah Exynos 7885. CPU-nya berjumlah delapan inti dengan 2x inti berkinerja tinggi Cortex-A73 kecepatan clock 1.77 GHz dan 6x inti berdaya lebih kecil dan efisien berkecepatan clock 1.59 GHz. Untuk dapat menunjang peran grafisnya dengan baik, ponsel ini mengandalkan GPU Mali-G71 MP2.

Sedangkan dari sektor memori, Samsung Galaxy A40 hanya tersedia satu varian saja, yaitu RAM 4 GB dan ROM 64 GB. Terdapat slot kartu memori aksesori sampai 512 GB jikalau kamu membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan.

Dari pengujian CPU yang dilakukan oleh GSM Arena, Exynos 7885 ternyata bisa bersanding dengan beberapa chipset kelas menengah terbaik lainnya mirip Snapdragon 660 dan Snapdragon 636 (tes performa single-core). Berikut ini yakni skor GeekBench 4.1 dan AnTuTu 7 untuk Samsung Galaxy A40.

Tes performa A40

Skor di atas pertanda bahwa performa Samsung Galaxy A40 tidak begitu jauh beda dengan performa ponsel yang memakai chipset kelas menengah lainnya seperti Nokia 7.1 (Snapdragon 636) dan Motorola Moto G7 (Snapdragon 632). Hanya saja pada tes performa multi-core Galaxy A40 berada paling bawah. Salah satu penyebabnya mungkin adalah kecepatan clock yang lebih kecil.

Sedangkan dari sisi GPU, kau dihentikan berharap lebih dari Samsung Galaxy A40. Untuk penggunaan standar tanpa banyak bermain game-game berat, Galaxy A40 masih mampu kamu andalkan dengan baik. Mali-G71 MP2 bukanlah chipset yang diciptakan untuk penggunaan-penggunaan berat.

4. Hasil Jepretan yang Bagus

Samsung Galaxy A40 mempunyai tiga buah kamera, dua di belakang dan satu di depan. Kamera belakangnya terdiri dari lensa 16 MP dengan aperture f/1.7 dan sebuah kamera sekunder dengan lensa 5 MP sudut ultra lebar  dengan aperture f/2.2. Sedangkan kamera depannya yakni sebuah lensa 25 MP dengan aperture f/2.0 yang diklaim Samsung sebagai kamera selfie terbaik di kelasnya.

Aplikasi kamera bawaan ponsel ini masih memiliki antarmuka pengguna yang sama dengan ponsel-ponsel Samsung lainnya. Jika sebelumnya kamu pengguna Samsung, kamu tidak akan menemukan kebingungan ketika mengotak-atik pengaturan kamera Samsung Galaxy A40.

Hasil jepretan kamera ponsel akil ini memang lumayan. Bidikan gambar Galaxy A40 di siang hari terbilang anggun dengan detail yang cukup, rentang dinamis yang baik, warna yang kaya, dan kontras yang elok. Secara keseluruhan, hasil gambar ponsel ini cukup baik untuk harga yang ditawarkannya serta setara dengan kompetitornya.

Birikan A40 Siang

* sumber: www.gsmarena.com

Bagaimana dengan pengambilan gambar dikala kondisi cahaya rendah? GSM Arena setuju bahwa hasil bidikan kamera Samsung Galaxy A40 dikala kondisi cahaya rendah atau di malam hari terlihat cukup baik dengan sedikit noise di dalam bayangan. Detailnya cukup terlihat tapi tidak sebaik hasil bidikan di siang hari tentu saja.

Bidikan A40 Malam

* sumber: www.gsmarena.com

Kamera selfie Galaxy A40 juga patut diacungi jempol. Lensa 25 MP-nya mampu menghasilkan gambar cukup tajam dengan banyak detail, reproduksi warna yang baik, serta jangkauan dinamis yang luas. Ukuran resolusi kamera depan ponsel ini harus kau atur kalau ingin membidik gambar dengan resolusi tertentu.

Dan untuk video, baik kamera belakang maupun kamera depan Galaxy A40 mampu merekam sampai kualitas [email protected] Jika kau ingin menikmati video rekaman kualitas 2160p, kamu harus mengunduh aplikasi pihak ketiga di Play Store .

5. Desain Ergonomis

Walaupun terbuat dari plastik, desain Samsung Galaxy A40 terbilang manis dan serba compact. Dilihat dari sudut manapun tampilan ponsel ini tetap nyaman dipandang. Notch di bagian depannya juga tidak terlalu mencolok dengan sensor kamera selfie di tengahnya. Tersedia empat varian warna yang bisa kau pilih, ialah hitam, putih, koral, dan biru. Semuanya terlihat simple & calm.

Sisi panel belakang yang dibuat sedikit membulat menciptakan Samsung Galaxy A40 terasa nyaman dikala dalam genggaman. Kecuali untuk modul kamera dan pemindai sidik jari, desain belakang ponsel ini cukup bersih. Sedangkan untuk bingkai samping, walaupun terbuat dari plastik tetapi warna dan nuansa keseluruhannya bisa membuatnya terlihat mirip berbahan metal. Secara keseluruhan desain Samsung Galaxy A40 terlihat ergonomis dan dikemas dengan baik.

6. Fitur Biometrik Lengkap

Samsung Galaxy A40 telah dilengkapi dengan fitur biometrik lengkap, yakni sensor sidik jari di panel dan face unlock. Pemindainya bisa mengenali sidik jari dengan cepat hanya dalam satu kali ketukan. Sementara itu fitur pembuka wajah atau face unlock-nya juga dapat berfungsi dengan baik dengan tunjangan beberapa opsi yang membuatnya bekerja lebih akurat dan cepat.

7. Menggunakan USB Type-C

USB Type-C

* sumber: commons.wikimedia.org

Keunggulan lain yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A40 adalah penggunaan USB Type-C. Dengannya kamu dapat mentransfer data lebih mudah dan lebih cepat dibandingkan perangkat dengan USB 2.0. Selain itu USB Type-C juga sudah mendukung fitur fast charging yang mana teknologi tersebut telah disematkan pada Samsung Galaxy A40.

Kekurangan Samsung Galaxy A40

1. Tidak Ada Image Stabilizer

Blured

* sumber: www.pexels.com

Image Stabilizer atau IS ialah fitur yang berfungsi mengatasi permasalahan blur saat kita sedang memotret. Dengan tidak adanya IS di Samsung Galaxy A40, kemungkinan mendapat hasil bidikan yang blur mampu kamu rasakan. Solusinya yakni kamu harus memegang ponselmu dengan stabil saat akan memotret sesuatu. Jika tidak hasil jepretanmu dapat mengecewakan.

2. Tidak Ada Rekaman Video 4K Bawaan

4K Logo

* sumber: nikonrumors.com

Kamera utama Samsung Galaxy A40 hanya dapat merekam hingga Full HD (1080p) pada 30fps dan hal yang sama berlaku untuk unit sudut lebar. Tetapi jikalau kau ingin merekam video 4K, kau dapat mengunduh aplikasi Open Camera atau aplikasi kamera pihak ketiga lainnya dari Play Store. Setelah itu gres kamu mampu menikmati rekaman 2160p.

3. Body Rentan Terhadap Goresan

Goresan

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/shortformvideo/

Karena terbuat dari materi plastik, panel belakang Samsung Galaxy A40 jadi rentan terhadap tabrakan-gesekan. Agar hal tersebut dapat diminimalisir, sebaiknya hindari meletakan ponsel tersebut di atas permukaan-permukaan yang bernafsu. Layarnya juga tidak dilapisi dengan beling pelindung bawaan sehingga mampu tergores kapan saja. Penggunaan pelindung layar semacam tempered glass mungkin kamu butuhkan untuk melindungi perangkat ini dari goresan.

Simpulan

Samsung Galaxy A40 ialah salah satu ponsel kelas menengah yang unggul di kelasnya. Perangkat tersebut datang dengan fitur-fitur unggulan seperti layar Super AMOLED, USB Type-C, kamera ganda yang mumpuni, dan lain-lain. Adapun sedikit kekurangannya bisa dikemas dengan cukup baik oleh Samsung.

Sebagai ponsel dari merk ternama di dunia, harga yang ditawarkan untuk Samsung Galaxy A40 ini setara dengan apa yang dibawanya. Tertarik membeli Samsung Galaxy A40? Beli produk ini hanya di Bukalapak via link ini.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online