Cari Tahu 10 Kelebihan Dan Kekurangan Realme 2 Pro!

Kehadiran Realme ke Indonesia menciptakan persaingan HP murah dengan spesifikasi yang baik menjadi menarik saja. Brand yang merupakan entitas terpisah dari Oppo ini eksklusif mencuri perhatian sebab memberikan spesifikasi dan harga yang menarik. Xiaomi, yang dikenal sebagai brand ponsel dengan price to performance terbaiknya patut waspada dengan kehadiran Realme ini.

Xiaomi sebenarnya sudah menghadirkan langkah taktis dengan menghadirkan brand Pocophone lewat produk ponsel berjulukan Pocophone F1.  Hanya saja Pocophone (ketika artikel ini dibentuk)  dihadirkan sebagai flagship killer. Di kelas harga Rp2 jutaan dan Rp3 jutaan, Pocophone belum masuk. Di pasar ini justru hadir sub-merk lain macam Honor dan yang terbaru Realme.

Realme menghadirkan Realme 2 dan Realme 2 Pro. Realme 2 harganya jelas lebih terjangkau dibandingkan Realme 2. Spesifikasi yang ditawarkan juga menarik. Anda yang ingin tahu ihwal Realme 2 dapat membaca artikel kelebihan dan kekurangan Realme 2.

Lalu, apa yang ditawarkan oleh Realme 2 Pro? Seperti apa performa ponsel ini? Tanpa berlama-usang lagi, simak pembahasna soal kelebihan dan kekurangan Realme 2 Pro berikut ini. Seperti biasa, sebelum bahas poin kelebihan dan kekurangan, simak terlebih dulu detail spesifikasi Realme 2 Pro berikut ini.

Spesifikasi Realme 2 Pro

Oppo Realme 2 Pro

Umum

  • Diumumkan
    September, 2018

  • Jaringan
    2G, 3G, 4G

  • SIM Card
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    156.7 x 74 x 8.5 mm

  • Berat
    174 g

Layar

  • Jenis
    IPS LCD capacitive touchscreen

  • Ukuran
    6.3 inci

  • Resolusi
    1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio ( 409 ppi density)

Hardware

  • Chipset
    Qualcomm SDM660 Snapdragon 660 (14 nm)

  • CPU
    Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 & 4×1.8 GHz Kryo 260)

  • GPU
    Adreno 512

Memori

  • RAM
    8 GB

  • Memori Internal
    128 GB

  • Memori Eksternal
    microSD, sampai 256 GB (dedicated slot)

Kamera Utama

Kamera Selfie

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 а/b/g/n/ac, dual-grup band, WiFi Direct, hotspot

  • Bluetooth
    5.0, A2DP, LE

  • Infrared

  • NFC

  • GPS
    A-GPS

  • USB
    microUSB 2.0, USB On-The-Go

Baterai

  • Jenis
    Li-Ion

  • Kapasitas
    Non-removable 3500 mAh

  • Wireless Charging

  • Fitur
    Charging 2A/5V 10W

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 8.1 Oreo

  • Sensor
    Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass

  • 3.5mm Jack

  • Warna
    Black, Deep Blue, Light Blue

  • Lainnya

Kelebihan Realme 2 Pro

1. Layar Full HD dan Notch yang Kecil

layar realme 2 pro

Realme 2 Pro mengusung dimensi konsep desain yang serupa dengan Oppo F9. Hampir bagian depannya mengadopsi teknologi layar Oppo F9, termasuk soal notch kecil di bab tengah yang jadi bab depan. Mengingat Realme ini masih saudara dengan Oppo F9, layarnya yang seperti ini tentu tidak jadi duduk perkara besar.

Layar yang dimiliki Realme 2 Pro memang mempunyai dimensi yang serupa dengan Oppo F9, ialah layar 6,3 inci dengan resolusi 1080 x 2340 piksel.  Layarnya juga memiliki kepadatan layar yang sama yakni 403 ppi. Perbedaan paling kentara yakni fakta kalau Realme 2 Pro menggunakan Corning Gorilla Glass 3.

Sektor layar ini jadi salah satu kelebihan di Oppo F9. Begitu juga dengan Realme 2 Pro ini. Situs Yugatech juga mengatakan bila layar  Realme 2 Pro terlihat tajam dan mempunyai reproduksi warna yang akurat. Satu paling yang dikeluhkan dari layar ini yaitu tingkat kecerahannya yang terasa kurang saat ada di bawah sinar matahari.

2. Performa Terbaik di Kelasnya

Realme 2 Pro dibekali dengan Snapdragon 660. Chipset ini merupakan chipset yang terbilang cantik. Terbukti dari beberapa tipe ponsel yang sudah memakai chipset ini seperti Vivo V9 6 GB, Vivo V11 Pro, Xiaomi Mi A2, atau Samsung Galaxy A8 Star.

Yang menarik, dengan chipset yang sama, Realme 2 Pro dijual dengan harga yang lebih murah. HP ini dijual mulai Rp3 jutaan. Harga lebih mahal untuk Realme 2 Pro RAM 8 GB dengan ROM 128 GB. Tapi harganya masih dibawah ketiga ponsel tersebut.

Karena harganya yang lebih murah dari pesaing tetapi memiliki chipset yang sama, terang menciptakan Realme 2 Pro lebih menarik di kelasnya. Performa HP ini sendiri tergolong baik. Terlihat dari skor Antutu yang didapatkan HP ini yang mencapai 132.293. Sementara untuk Geekbench, nilai yang didapatkan yakni 1.450 untuk single-core dan 5.479 untuk multi-core.

benchmark Realme 2 Pro

* sumber: www.yugatech.com

Lantas bagaimana performa gim Realme 2 Pro ini? Menurut Yugatech, Realme 2 Pro bisa memainkan beberapa gim terkenal dengan lancar. Sebut saja gim seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, Asphalt 9, dan Tekken Mobile.

Keempat gim tersebut mampu dimainkan dengan grafis yang tinggi. Frame drop sesekali dialami tetapi tidak terlalu dilema. Untuk kenyamanan bermain gim yang cukup lama, memang sebaiknya mengatur grafis ke medium.

Satu hal lagi dari Realme 2 Pro ialah kehadiran fitur GameSpace. Fitur ini mampu bekerja untuk mengoptimalkan pengalaman bermain gim. Sayangnya fitur ini kurang optimal untuk setidaknya memberi notifikasi suhu ponsel mengingat bodi HP cukup panas jika digunakan bermain cukup usang.

Terlepas dari hal tersebut, Realme 2 Pro  tetaplah ponsel yang juara, yang berada di kelas terbaiknya. Performanya tergolong kencang dan jadi salah satu HP yang layak dipilih.

3. Kamera Belakang dan Depan Tergolong Baik di Kelasnya

Realme 2 Pro hadir dengan kamera  yang serupa dengan Realme 2. Kamera pada Realme 2 Pro ini hadir dengan kamera belakang ganda. Kamera pertama ialah 13 MP yang memiliki bukaan f / 2.2 dan kamera  keduanya 2 MP untuk dept effect alias untuk membantu menghasilkan foto bokeh.

Seperti apa kualitas kamera Realme 2 Pro ini? Sebagai gambaran, berikut hasil tangkap kamera belakang Realme 2 Pro.

* sumber: www.youtube.com

* sumber: www.yugatech.com

* sumber: www.youtube.com

* sumber: yangcanggih.com

* sumber: www.yugatech.com

* sumber: yangcanggih.com

Kalau menyelidiki kualitas foto di atas, Realme 2 Pro ini mampu menghasilkan gambar yang baik. Sebenarnya jikalau dibandingkan dengan hasil tangkapan kamera Xiaomi Redmi Note 5 atau Xiaomi Redmi Note 6 Pro, hasil tangkapan kameranya sedikit kalah kualitas.

Kalau menurut situs Yangcanggih, kamera belakang HP ini mampu menghasilkan foto dengan gambar yang tajam dan detail. Warna yang dihasilkan tergolong baik, terutama dikala memotret pada kondisi foto dengan cahaya yang cukup.

Pendapat situs Yangcanggih serupa dengan apa yang dikatakan oleh Yugatech. Menurut Yugatech, kamera Realme 2 Pro ini dapat menghasilkan foto yang cantik dan gambarnya tajam. Dynamic range HP ini juga tergolong baik. Yang mungkin agak kurang dari kameranya yakni tangkapan saat di kondisi cahaya yang rendah.

Kekurangan tersebut bergotong-royong tejradi juga di HP lain. Bisa dibilang, hal tersebut yaitu “penyakit” hampir semua HP kelas menengah ke bawah. Karena itu, mampu disimpulkan jika kamera belakang Realme 2 Pro ini tergolong baik.

Oh yah untuk kamera depan, HP ini hadir dengan kamera depan 16 MP. Kamera depan ini tergolong optimal untuk selfie sebab mempunyai fitur beauty. Fitur ini bila menurut reviewer Obat Gaptek, dapat mengubah hasil selfie menjadi lebih manis dan ganteng.

4. Tampilan Desain Menarik

Realme 2 Pro

Keunggulan lain dari Realme 2 Pro yakni desain. HP ini menunjukkan desain yang menarik dan pilihan warna yang cukup menarik perhatian. Tidak lupa notch kecil di bagian tengah atas layar menciptakan HP ini terasa tampak full. 

Desain yang cantik ini akan mengingatkan pada desain HP Oppo F9. Bentuk dan desain HP ini terang mirip dengan Oppo F9. Karena memang kedua perusahaan bersaudara, rasanya dibilang menggandakan juga kurang baik.

Bisa dibilang, Realme 2 Pro ini dihadirkan sebagai alternatif bagi yang menyukai desain Oppo F9 tetapi dana terbatas. Maklum, Oppo F9 (ketika artikel ini dibuat) harganya Rp4 jutaan sementara Realme 2 PRO hanya Rp3 jutaan. Bagi sebagian besar orang, perbedaan harga sampai Rp1 juta cukup mencolok.

Lantas apakah desain HP ini bagus? Seperti rupa menarik yang ditawarkan Oppo F9. Tidak ada kata jelek untuk desain ponsel yang tergolong kekinian ini.

5. Daya Tahan Baterai Tergolong Oke

* sumber: www.gsmarena.com

Lanjut kini soal baterai. Baterai Realme 2 Pro ini berkapasitas 3.500 mAh, lebih kecil dari saudaranya, Realme 2 yang mempunyai kapasitas 4.230 mAh. Meskipun kapasitas baterainya lebih kecil, terlihat endurance rating yang diberikan GSMArena pada HP ini tergolong baik.

GSMArena saja menyebut bila baterai HP ini termasuk salah satu baterai dengan kapasitas yang dalam bahasa Inggris disebut excellent. Artinya, Realme 2 Pro memiliki baterai  yang baik dan hasil pengujian baterai HP ini tergolong elok.

Berbeda dengan GSMArena, situs Yugatech dan Yangcanggih mengatakan kalau baterai pada ponsel ini terbilang rata-rata. Keduanya sepekat setelah melaksanakan uji pakai pada Realme 2 Pro yakni bahwa baterai Realme 2 Pro dapat bertahan seharian alias 12 jam.  Sementara reviewer Obat Gaptek mengatakan jika daya tahan baterai HP ini mampu hingga 14 jam.

Menilik hasil tersebut, bisa dibilang bila daya tahan baterai Realme 2 Pro memang masuk kategori baik untuk kelas menengah. Karena itu, daya tahan baterai HP ini jadi kelebihan tersendiri.

6. Triple Slot

* sumber: www.yugatech.com

Realme 2 Pro memperlihatkan tiga slot yang berarti HP ini dapat digunakan dengan dua kartu SIM aktif serta untuk menambah memori eksternal. Meskipun jika membeli varian RAM 8 GB ROM 128 GB, rasanya menambah memori eksternal sudah tidak diharapkan lagi.

Hanya perlu diingat, kebutuhan data tiap bulannya selalu meningkat. Mungkin saja RAM 128 GB dikala ini terlalu lega tetapi satu atau dua tahun kedepan siapa yang tahu. Kehadiran microSD yang dapat ditambah hingga 256 GB tentunya jadi salah satu kelebihan biar Anda dapat menyimpan lebih banyak data.

7. Price to Performance

* sumber: www.yugatech.com

Xiaomi dulu dikenal sebagai brand dengan price to performance terbaik. Kini gelar tersebut bisa saja direbut oleh Realme, terutama oleh Realme 2 Pro. Pasalnya, Realme 2 Pro memberikan spesifikasi yang tinggi tetapi dibanderol dengan harga Rp3 juta saja.

Bayangkan saja, HP dengan layar 6,3 inci full HD, Snapdragon 660, RAM berkapasitas besar sampai 8 GB, dan ROM 64 atau 128 GB hanya ditawarkan di harga Rp3 jutaan saja. Sesuatu yang belum tertandingi untuk saat ini.

Kekurangan Realme 2

1. Speaker Masih Kurang Nendang

* sumber: www.youtube.com

Realme 2 Pro menempatkan speaker di bab bawah. Berbeda dengan speaker yang ada di Realme 2, speaker pada Realme 2 Pro hanya ada satu alias mono. Suara speaker kencang tetapi menurut Obat Gaptek suara yang dihasilkan cenderung tipis.

Suara yang dihasilkan tidak cempreng memang tetapi memang kurang begitu baik. Untuk kelas harganya, speaker yang biasa saja masih mampu dimaklumi sih meskipun tentunya bunyi yang dihasilkan tentu bisa lebih baik.

2. Color OS yang Kurang Ramah

* sumber: www.yugatech.com

Realme 2 Pro hadir dengan tampilan UI ColorOS 5.2 berbasis Android 8.1 Oreo. Sistem operasi dan UI ini serupa dengan apa yang ada di HP Oppo F9. Perbedaan mencolok dari OS ini ialah tampilan ikon yang sedikit berbeda.

Untuk yang terbiasa dengan HP Oppo, ColorOS tentu jadi hal yang begitu dekat. Sayangnya untuk yang belum terbiasa, akan terasa kurang familiar.

3. Rekaman Video yang Kurang Baik

* sumber: www.youtube.com

Kamera Realme 2 Pro dapat merekam video dengan kualitas yang tidak terlalu jelek tetapi cukup baiklah. Menurut Obat Gaptek, kamera HP ini kurang optimal untuk video dokumentasi. Meskipun kameranya mampu merekam video sampai 4K tetapi masih terasa kurang untuk video.

Kamera HP ini baru optimal bila merekam video dengan resolusi full HD. Mengapa? Karena di resolusi ini, fitur EIS akan aktif sehingga kamera tidak terlalu goyang. Karena memiliki fitur EIS, terang HP ini tidak

4. Bodi Plastik

Bodi Plastik Realme 2

* sumber: www.youtube.com

Poin terakhir ini umum dijumpai di tipe HP yang dibuat Oppo kelas menengah ke bawah, yaitu bodi desain berbahan murah plastik. Hal yang sama ternyata ditemukan pada HP Realme 2 Pro. Desain yang cantik ternyata tidak berbanding lurus dengan materi bodinya.

Bahan bodi HP ini terbuat dari polycarbonate alias plastik. Dan mirip yang umum orang tahu, desain bodi plastik tentu kurang baik meskipun tampilan HP ini tetap bagus.

Simpulan

Realme 2 Pro mampu disebut sebagai HP alternatif dari Oppo F9. Hanya saja performa HP ini lebih kencang dari Oppo F9. Selain itu, HP ini harga banderolnya tergolong murah di kelasnya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bila Realme 2 Pro yaitu HP dengan kategori price to performance yang baik.

Lantas, untuk siapa HP ini? HP ditujukan untuk Anda yang memang butuh HP Rp3 jutaan dengan RAM dan ROM besar, mampu lirik Realme 2 Pro ini. Tertarik dengan Realme 2 ini? Jika tertarik, Anda mampu membeli Realme 2 Pro melalui link ini.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online