Cari Tahu 10 Kelebihan Dan Kekurangan Hp Infinix Hot 9

Jika ingin menyebut merk ponsel yang fokus pada kelas harga entry-level dan konsisten menghadirkan produk menarik, maka Infinix yaitu jawabannya. Brand yang satu ini benar-benar menghadirkan produk yang lebih ramah kantong dengan harga mulai dari Rp1 juta sampai Rp2 juta lebih sedikit.

Uniknya, produk dari Infinix cukup banyak diterima pasar. Produk murahnya seperti Infinix Smart 4 yang dibanderol mulai Rp1 juta atau Infinix S5 yang dibanderol kisaran Rp2 jutaan cukup laris di pasaran.

Karena itu tidak heran bila Infinix terus menghadirkan produk menarik di kelas harga ini. Salah satunya yakni Infinix Hot 9. Produk yang satu ini dijual dengan harga Rp1,9 jutaan. Harga yang menarik. Pertanyaannya, apakah produk ini layak dibeli? Untuk mengetahuinya, mari simak kelebihan dan kekurangan dari Infinix Hot 9 berikut ini.

Spesifikasi Infinix Hot 9

Infinix Hot 9

 

  • Rilis: April, 2020
  • Layar: IPS LCD 6,6 inches  720 x 1600 20:9 ratio
  • Chipset: MediaTek Helio A25
  • GPU:PowerVR GE8320
  • CPU: 4 GB
  • Memori Internal: 128 GB, RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 128 GB (dedicated)
  • Kamera Belakang: 16 MP  + 2 MP + 2 MP + QVGA
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai:Non-removable Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi Selengkapnya…

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kelebihan Infinix Hot 9

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh Infinix Hot 9. Apa sajakah kelebihan tersebut? Simak pribadi poin-poinnya berikut ini.

1. Punch-Hole Display

Infinix Hot 9

Infinix Hot 9 tiba memperlihatkan layar 6.6 inci. Layar ini hadir dengan panel IPS LCD dengan resolusi 720 x 1600 piksel. Layarnya ini memiliki kerapatan sebesar 266 ppi. Dan layar HP ini terasa sekali penuh karena hadirnya punch hole kamera depan. 

Kehadiran punch hole kamera depan bukan yang pertama di Infinix. Infinix S5 dan Infinix S5 Lite juga menunjukkan punch hole kamera. Hanya saja, kualitas layar terasa lebih baik.

Felix dari channel Youtube 805Gadget sendiri menyampaikan jika layar HP ini termasuk setuju. Menurutnya warna yang dihasilkan cenderung gonjreng dan layarnya mempunyai sudut pandang yang anggun. Meskipun Infinix seharusnya mampu menghadirkan layar Full HD. Jangan terus-akses HD juga sih memang. 

2. Desain dan Build Quality yang Oke

Infinix Hot 9

Infinix Hot 9 hadir dengan desain dan build quality yang oke. Warna gradasi yang dihadirkan di bodi belakang HP ini tergolong manis. Meskipun bodi belakang HP ini masih memakai plastik yang didesain dengan garis final glossy. 

Bobot HP ini sendiri yakni 185 gram. Bobotnya cenderung tidak berat bahkan cukup ringan. Satu hal menarik lainnya ialah garis desain HP ini yang sedikit beda jikalau dibandingkan HP Infinix lainnya. Infinix menyebut garis desain ini sebagai Game Cut.

3. Memori Lega dan LPDDR4X

Infinix Hot 9

Satu hal yang menarik dari produk Infinix yaitu tidak pelit dalam memori. Termasuk Infinix Hot 9 ini. HP yang satu ini hadir dengan penyimpanan internal 128 GB. Kapasitas yang tentunya besar jika menilik harga HP ini yang ada di bawah Rp2 juta.

Sementara untuk RAM, HP ini hadir menunjukkan RAM 4 GB. Kapasitas RAM 4 GB tentu tergolong menarik untuk kebutuhan penggunaan Android zaman kini. Selain itu, tipe RAM yang digunakan di HP ini ternyata sudah LPDDR4X.

4. Daya Tahan Baterai Oke

baterai Infinix Hot 9

Infinix Hot 9 dibekali dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Kapasitas baterai ini tentu tergolong besar meski bahwasanya sudah banyak HP di kelas harga murah, termasuk Infinix yang menunjukkan baterai 5.000 mAh.

Lalu, apakah daya tahan baterai ini tergolong infinit? Channel Youtube Canggih Kali mengatakan kalau daya tahan baterai HP ini cukup usang. Hal ini terbukti dari pemakaian ringan saja, HP ini bisa bertahan sampai 36 jam. Sementara jika penggunaan yang intensif dibarengi main gim, daya tahan baterai HP ini bisa bertahan seharian.

Felix dari channel Youtube 805Gadget juga menyampaikan kalau daya tahan baterai HP ini mampu mencapai seharian atau seharian lebih. Tentu hal tersebut berdasarkan pemakaiannya. Namun, hal ini mengambarkan jika daya tahan baterai HP ini tergolong infinit. 

5. Quad Kamera

Kamera Infinix Hot 9

Infinix Hot 9 datang dengan konfigurasi empat kamera yang Infinix sebut sebagai AI QUAD CAMERA. Keempat kamera tersebut terdiri dari lensa utama 16 MP, lensa makro 2 MP, lensa efek mendalam 2 MP, dan sensor low-light QVGA. Sementara di bagian depan, HP ini hadir dengan kamera 8 MP.

hasil tangkapan kamera Infinix Hot 9

hasil tangkapan kamera Infinix Hot 9

Hasil dari tangkapan kamera HP ini mampu masuk kategori cukup elok. Meskipun jikalau menyelidiki foto di atas yang merupakan foto dari bagian promosi HP ini, terasa sangat anggun sekali. Lalu, apakah memang HP ini elok atau kategori cukup?

Menurut Felix dari 805Gadget, hasil tangkapan kamera belakang HP ini cukup melebihi ekspektasi beliau. Hal tersebut terlihat dari detail gambar yang dihasilkan. Hal yang sama juga berlaku di kamera depan yang menurut Felix juga tergolong manis.

Kamera di HP ini juga, baik depan maupun belakang, mampu merekam video 1080p 30fps. Kualitas video yang dihasilkan tentu cukup baik untuk kelas harganya. Kalau dibandingkan dengan yang lebih mahal, terang kalah jauh.

6. Dukungan dan Aplikasi DTS

Infinix Hot 9

Infinix Hot 9 memiliki fitur yang tergolong menarik. Fitur tersebut yakni fitur Audio DTS (Dedicated To Sound). Fitur ini berfungsi untuk menghasilkan suara dari speaker Infinix Hot 9 supaya terdengar lebih baik dibandingkan seri Infinix lainnya.

Berkat fitur DTS, Infinix Hot 9 dapat menghasilkan suara yang lebih menggelegar. Dan tentu ini sangat bagus, terutama untuk Anda yang sering memakai HP untuk kebutuhan multimedia.

Kekurangan Infinix Hot 9

Setelah mengetahui 6 poin kelebihan dari Infinix Hot 9, selanjutnya mari bahas soal kekurangan dari Infinix Hot 9. Ada empat poin kekurangan dari Infinix Hot 9 yang mungkin perlu diperhatikan.

1. Waktu Pengisian Baterai yang Lama

charging time Infinix Hot 9

Infinix Hot 9 memiliki dilema yang serupa dengan HP Infinix lain. Masalah tersebut adalah “elok di daya tahan baterai tetapi kurang di waktu pengisian daya”. Itulah yang terjadi pula dengan Infinix Hot 9.

Jangan terlalu berharap kalau pengisian daya HP ini bisa mencapai kurang dari 2 jam. Nyatanya, waktu pengisian baterai HP ini mencapai kurang dari 3 jam. Setidaknya hal tersebut yang dikatakan channel Canggih Kali.

Waktu pengisian itu bergotong-royong agak lebih baik alasannya adalah derma X-Charge 10W. Bandingkan dengan beberapa tipe HP Infinix yang bahkan bisa memakan waktu 3 jam lebih. Ada peningkatan memang dari segi kecepatan tetapi rasanya terasa kurang.

2. Performa yang Kurang di Kelas Harganya

Infinix Hot 9

Infinix Hot 9 hadir dengan chipset MediaTek Helio A25. Chipset ini dibangun dengan proses fabrikasi 12 nm. Chipset ini memiliki prosesor octa core yang terdiri dari 4 core berkecepatan 1,8 GHz dan 4 core berkecepatan 1,5 GHz.  Sementara untuk pengolah grafis, HP ini dibekali pengolah grafis PowerVR GE8320.

Chipset MediaTek Helio A25 ini pada dasarnya yakni chipset yang hemat daya. Tidak heran kalau HP ini mempunyai daya tahan baterai yang kekal. Tetapi untuk performa, jelas chipset ini kurang bertenaga.

Canggih Kali menguji HP ini dengan Antutu benchmark. Hasilnya yaitu 99 ribuan. Nilai Antutu yang tentunya pas-pasan. Untuk bermain gim sesungguhnya masih kategori oke, asal tidak dipakai cukup usang.

Seperti kata Felix dari 805Gadget, jikalau HP ini mampu memainkan gim seperti COD Mobile dan PUBG Mobile dengan pengaturan grafis medium. Tetapi bodinya cukup panas jika main agak lama.

Lain kisah kalau HP ini diajak multitasking dengan aneka macam aplikasi keseharian. RAM 4 GB terang menawarkan efek yang baik.

Lalu, apakah performa HP ini jelek? Jelas tidak terlalu jelek tetapi di kelas harganya, performa HP ini kalah. Apalagi jikalau dibandingkan dengan HP lain di kelas harga Rp1,8 jutaan. Realme C3 dan Relame 5i contohnya, mampu menawarkan performa yang lebih baik.

3. Hanya Support 5 Point Multi-touch

Infinix Hot 9

Kekurangan lain dari Infinix Hot 9 ada di bagian teknologi layar sentuhnya. HP ini hanya memiliki layar dengan bantuan sentuh 5 point (5 titik) saja. Padahal, sudah banyak HP kekinian, termasuk di kelas harga murah yang sudah mendukung layar sentuh 10 point (10 titik).

Bagi yang belum tahu, jumlah titik sentuh ini menentukan berapa banyak jumlah titik yang mampu dirasakan layar dalam satu kali sentuhan. Jika mendukung 10 titik sentuhan, maka layar mampu mencicipi 10 titik sentuhan dalam satu kali sentuhan secara bersamaan. Hal yang sama juga terjadi pada layar dengan 5 titik sentuhan.

Hanya saja, semakin banyak tunjangan titik sentuhan, semakin pengguna dapat mencicipi akurasi dan fluiditas atau kecepatan sentuh yang lebih baik. Bisa dibilang, layar dengan bantuan 10 point multi-touch atau 10 titik poin multi-sentuh, menawarkan pengalaman navigasi yang lebih menyenangkan.

4. Belum USB Type-C

Infinix Hot 9

Infinix Hot 9 masih mempunyai “penyakit” yang memang umum juga terjadi pada HP di kelas harga terjangkau. Hal yang dimaksud ialah masih digunakannya port micro-USBPadahal, beberapa HP di kelas harga Rp1 jutaan sudah menggunakan port USB Type-C. Sebut saja Redmi 8A, Redmi 8A Pro, dan Redmi 8.

Simpulan

Infinix Hot 9 pada dasarnya yakni HP yang masih mirip dengan HP Infinix lain. Kemiripan ini terlihat dari keunggulan yang ditawarkan oleh HP ini mirip memori yang lebih lega dan daya tahan baterai yang abadi.

Lainnya, Infinix Hot 9 masih tampak biasa. Namun, bukan berarti HP ini kurang layak dibeli. HP ini menunjukkan pengalaman multimedia yang lebih baik berkat layar yang luas dan santunan kualitas speaker dengan teknologi DTS. Tertarik dengan HP ini?

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online