Cara Mengganti Kursor Di Laptop Windows 10 Dengan Gampang

Kursor dalam komputer berguna sebagai alat navigasi untuk melaksanakan banyak hal. Bentuk kursor ini bermacam-macam tergantung arah kerjanya. Jika untuk menunjuk atau mengatur contohnya, maka kursor akan berbentuk seperti ujung anak panah. Jika ingin mengklik sebuah link, maka kursor akan berbentuk jari tangan yang menunjuk. Saat menunggu loading juga, kursor memiliki bentuk yang berbeda.

Di Windows 10. kau mampu mengganti bentuk visual kursormu. Kamu dapat mengubah ukuran kursor, warnanya, dan juga bentuknya. Di bawah ini terdapat beberapa cara yang bisa kau coba untuk mengganti kursor di laptop Windows 10 dengan mudah (baca juga artikel ihwal kelebihan dan kekurangan Windows 10 di sini). Sebelumnya kau perlu mengetahui dulu pengaturan mouse dasar di Windows 10 berikut ini.

Pengaturan Mouse Dasar di Windows 10

Sebelum mencoba mengganti kursor di laptop Windows 10, sebaiknya kamu mengetahui dulu pengaturan mouse dasar pada laptopmu. Untuk masuk ke pengaturan mouse ini, kamu cukup menekan tombol Windows + I untuk masuk ke Windows Setting, lalu pilih Device > Mouse.

Pengaturan-pengaturan dasar tentang mouse-mu akan terpampang di sana. Yang paling atas adalah select your primary button untuk mengganti tombol utama mouse kamu. Secara default sistem akan memilih tombol sebelah kiri, namun kau bisa mengubahnya ke tombol sebelah kanan kalau sewaktu-waktu kau memakai mouse dengan tangan kiri.

Pengaturan Mouse

Yang kedua ialah Roll the mouse wheel to scroll. Pengaturan ini berkhasiat untuk memilih berapa baris halaman beranjak saat kamu menggulirkan roda mouse.

Multiple lines at a time adalah pengaturan default dari sistem di mana kau bisa memilih jumlah barisnya sendiri di bab bawah. Semakin ke kiri sebuah slide halaman, maka semakin sedikit pula baris yang beranjak saat kamu menggulir roda mouse dalam sekali waktu.

Pilihan lain dari pengaturan kedua ini yakni One screen at a time. Jika kau memilih pengaturan ini, maka satu halaman akan beranjak dikala kamu menggulir roda mouse-mu.

Yang terakhir ialah pengaturan Scroll inactive windows when I hover them. Pengaturan yang berkhasiat ketika kamu sedang membuka dua jendela sekaligus dalam satu tampilan. Jika fitur ini aktif, maka kamu mampu melakukan scroll di kedua jendela tanpa perlu mengklik jendela tersebut. Jika kau nonaktifkan, kau harus mengklik satu jendela untuk mampu melaksanakan scroll di dalamnya.

Cara Mengganti Kursor di Laptop Windows 10

1. Cara Pertama: Mengganti Kursor di Windows Settings

Pengaturan Pointer

Kamu bisa mengganti kursor di laptop Windows 10 dengan sangat gampang. Cara yang pertama ini mampu kamu lakukan di Windows Settings. Berikut ini yaitu langkah-langkah untuk melakukannya.

  • Pertama kamu harus pergi ke Windows Setting dengan klik tombol Windows + I. Setelah itu pergilah ke Easy Access > Cursor & pointer size.
  • Untuk mengganti kursor, kamu tinggal pilih bab Change pointer size. Kamu akan menemukan tiga pilihan ukuran kursor di sana, mulai dari yang kecil, medium, dan besar.
  • Jika ingin mengubah warna kursor, klik bagian Change pointer color. Terdapat tiga pilihan warna untuk kursor di sini, yakni putih, hitam, dan hitam putih.

2. Cara Kedua: Mengganti Kursor di Pengaturan Pointers

Pointer Setting

Di cara yang kedua ini kau bisa mengubah gaya visual kursor beserta berbagai pengaturan lainnya yang bermacam-macam. Berikut ini adalah langkah-langkah mudahnya.

  • Klik tombol Start di bagian kiri bawah tampilan, kemudian pilih kotak pencarian. Ketiklah kata ‘Mouse’ hingga muncul karenanya ialah ‘Mouse settings’. Klik hasil pencarian tersebut.
  • Saat sudah masuk di pengaturan mouse, carilah bagian Additional mouse options dan klik. Nantinya akan muncul jendela gres dengan berbagai sajian. Pilihlah menu pengaturan “Pointers”.
  • Pada bab Scheme, kamu mampu mengubah dan menetapkan seluruh visual kursor (contohnya kursor memilih, menunggu, memindahkan, dan lain-lain) sekaligus. Adalah belasan skema yang mampu kau pilih di sana. Setiap bagan kursor yang ingin kamu memutuskan, maka akan muncul pratinjaunya di kotak sebelah kanan.
  • Sebagai alternatif lain, kau mampu menggunakan bab Customise untuk mengubah visual kursor secara acak sesuai dengan keinginanmu.
  • Untuk menerima lebih banyak pilihan, klik Browse dan carilah file berformat .ANI (animasi) atau .CUR (statis) untuk mengganti visual aneka macam macam kursor. Saat penulis mencoba Browse, ada puluhan jenis file terkait yang bisa kamu pilih.
  • Jika sudah selesai mengganti kursornya, klik Apply kemudian OK.

3. Cara Ketiga: Mengganti Kursor di Control Panel

Control Panel

Cara mengganti kursor yang ketiga ini sesungguhnya hampir mirip dengan cara yang pertama. Hanya saja kau akan melakukannya di hidangan Control Panel. Berikut ini ialah langkah-langkahnya.

  • Pergi ke menu pencarian di tombol Start. Ketiklah ‘Control Panel’ lalu pergi ke sana bila sudah ditemukan. Setelah itu pilih bagian Easy of Access Center.
  • Carilah sajian Make the mouse easier to use. Setelah halaman gres terbuka, di sana akan eksklusif terpampang aneka macam macam pilihan kursor untuk kau ganti. Terdapat sembilan pilihan kursor seperti Regular White, Regular Black, Regular Inverting, dan lain-lain.
  • Jika pergantian kursor sudah kamu tentukan, klik Apply kemudian OK untuk menyelesaikan pengaturan tersebut.

Pengaturan Kursor Lebih Lanjut

Pointer Options

Setelah kamu mengganti bentuk visual kursor di menu pengaturan Pointers, kamu juga masih mampu melakukan pengaturan kursor lebih lanjut di sajian pengaturan Pointer Options. Di sini kau mampu memilih kecepatan kursor bergerak, visibilitas, dan lain-lain. Berikut ini yakni langkahnya untukmu.

  • Setelah kamu membuka menu pengaturan Pointers di cara kedua mengganti kursor, kamu mampu beralih ke sajian selanjutnya, adalah Pointer Options.
  • Pada pilihan menu Select a pointer speed, kamu mampu menentukan seberapa cepat kursormu bergerak pada layar laptop.
  • Kamu juga bisa men-checklist pilihan sajian “Enhance pointer precision” untuk menyesuaikan seberapa jauh kursor bergerak tergantung dengan seberapa cepat kau memindahkannya. Hal ini tidak akan bekerja dengan baik jika sensor mouse-mu sangat buruk.
  • Selanjutnya ada pilihan Snap To yang jikalau kamu aktifkan akan memindahkan kursor secara otomatis ke tombol default (mirip tombol OK atau Apply) saat sebuah kotak obrolan terbuka.
  • Kamu mampu mencentang Display pointer trails kalau ingin kursornya mempunyai bayangan (menduplikasi dirinya sendiri) saat kau memindahkannya. Kamu bisa menentukan panjang pendeknya bayangan kursor kau di bawahnya.
  • Yang terakhir kau mampu mencentang pilihan “Hide pointer while typing” untuk menyembunyikan kursor ketika kau mengetik dan “Show location of pointer when I press the Ctrl key” untuk mengetahui letak kursor dikala menekan tombol CTRL (sangat berguna jikalau layar laptop atau komputermu sangat lebar).

Itulah beberapa cara yang mampu kamu lakukan untuk mengganti kursor di laptop Windows 10 dengan sangat gampang.  Dengan demikian, kini kau mampu mengotak-atik bentuk visual kursormu sesuai dengan keinginanmu. Kaprikornus, selamat mencoba tips-tips Carisinyal ini ya.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online