Cara Download Video Di Twitter Dengan Gampang Dan Cepat

Kalau kamu aktif bersosial media, niscaya kau tidak ajaib dengan Twitter. Platform sosial media berlogokan burung biru ini sempat terkenal pada zamannya. Bahkan, kini pun jumlah pengguna Twitter di seluruh dunia masih tergolong besar.

Salah satu hal yang menciptakan Twitter semakin menarik yaitu penambahan fitur gambar dan video. Yang awalnya pengguna hanya mampu memposkan kata-kata, kini mereka bisa memanfaatkan gambar dan video untuk mengekspresikan diri.

Kalau kamu ingin mengunduh gambar dari cuitan yang kau temui, kau hanya tinggal klik kanan pada gambar dan klik “Save image as”. Namun bagaimana dengan video? Sayangnya, ketika diklik kanan, tidak muncul pilihan untuk menyimpan video.

Kalau kamu penasaran bagaimana caranya download video di Twitter, nih Carisinyal beberkan langkah-langkahnya. Enggak nanggung-nanggung, kita bakalan kasih cara untuk PC dan Android sekaligus. Yuk simak di bawah ini!

Cara Download Video di Twitter pada PC

Kalau kamu menggunakan browser di PC, ada beberapa alat yang bisa kamu gunakan untuk download video di Twitter. Kamu pun akan disuguhi aneka macam macam jenis kualitas yang bisa kamu pilih. Penulis akan memberitahukan langkah mendownload video Twitter menggunakan SaveTweetVid.com.

1. Buka Tweet yang Videonya Mau Didownload

buka-tweet-yang-mau-didownload

*

Pertama-tama, tentu saja kau harus mencari lokasi video yang mau kau download dari Twitter. Ketikkan https://twitter.com pada kolom pencarian di browser yang kau gunakan dan tekan Enter.

Kalau Tweet yang mau dibuka terproteksi oleh privasi, kau harus tersambung dengan akun Twitter terlebih dahulu. Pastikan akunmu sudah mem-follow pengguna Twitter yang videonya mau kamu download. Kemudian, cari pengguna Twitter yang memposkan video tersebut.

Akan tetapi, kamu bahkan tidak perlu memiliki akun Twitter jika cuitan yang dicari tersedia untuk publik. Kalau kau sudah pernah membuka tweet yang dimaksud, kamu bisa mencarinya di sejarah pencarian browser dengan menekan CTRL + H pada keyboard secara bersamaan.

2. Copas Link Tweet

copas-link-tweet

*

Kalau sudah ketemu, kau perlu meng-copas alamat link dari tweet yang telah dibuka. Kamu bisa menemukannya di kolom alamat web di bab atas browser. Atau, kau bisa mengklik kanan pada video dan pilih sajian Copy Video Address.

3. Buka Laman SaveTweetVid.com pada Browser

buka-laman-savetweetvid

*

Setelah link video masuk pada clipboard, kau sudah siap untuk membuka tool online yang mampu mendownload video dari Twitter. Ketikkan https://savetweetvid.com pada kolom pencarian browser dan tekan Enter. Lalu, paste-kan alamat tweet yang sudah disalin tadi pada kolom yang tersedia dan tekan Download.

Akan ada beberapa opsi yang memilih kualitas video dengan resolusi beragam. Semakin besar angkanya, kualitas video semakin anggun. Namun, video yang memiliki resolusi tinggi biasanya mempunyai ukuran file yang besar juga. Jika pilihannya tersedia, kamu juga mampu mengkonversi video menjadi mp3 atau mengubah gif menjadi mp4.

4. Download Video

download-video

*

Langkah berikutnya yakni mengklik tombol Download pada pilihan format, resolusi, dan ukuran yang tersedia. Kamu akan dibawa pada halaman yang memutarkan video tersebut secara otomatis. Tekan CTRL + S pada keyboard secara bersamaan dan pilihlah direktori penyimpanan untuk mendownload video.

Atau, jika mau menyimpan tanpa membuka video tersebut, kau mampu saja mengklik kanan pada tombol Download dan pilih menu “Save link as”. Jendela untuk menentukan direktori penyimpanan akan muncul. Ubah nama file sesuai impian kau dan klik Save. Selamat, kau telah berhasil mendownload video dari Twitter.

Cara Download Video di Twitter pada Android

Sebenarnya, cara yang di PC tadi mampu juga kau aplikasikan pada platform Android. Tapi, jika kau ingin mengetahui cara yang spesifik untuk Android, kau mampu mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Download Aplikasi TwiMate Downloader

download-aplikasi-twimate

*

Cara mendownload video di Twitter bantu-membantu lebih mudah ketimbang PC. Soalnya, kamu akan menggunakan aplikasi gratis yang mampu kau download di Google Play Store. Kamu bebas menggunakan aplikasi apa saja, namun pada tutorial ini penulis akan memakai TwiMate Downloader.

Buka Google Play Store dan ketikkan kata kunci “twimate” pada kolom pencarian. Lalu, tekan tombol Install untuk mulai mendownload. Kalau sudah selesai, tidak perlu menekan tombol Open untuk membuka aplikasi. Lanjutkan ke langkah berikutnya di bawah.

2. Buka Tweet yang Videonya Mau Didownload

buka-tweet-yang-mengandung-video-android

*

Sama seperti langkah di PC, kau harus membuka tweet yang mengandung video untuk kau download. Kalau kamu memakai aplikasi Twitter, kamu mungkin tidak mampu mencari tweet melalui sejarah pencarian. Solusinya yakni dengan mengetikkan cuilan caption pada kolom pencarian Twitter. Lalu, klik tab Video agar hasil pencarian lebih spesifik.

Tapi, kalau akun Google di Android kau tersinkron dengan Google Chrome pada PC, keduanya akan memiliki sejarah pencarian yang sama. Kamu bisa mencoba mencari tweet tersebut memakai Google Chrome di Android jika sebelumnya pernah kamu buka di PC.

3. Copas Link Tweet dan Download Videonya

copas-link-tweet-android

*

Selanjutnya, kau perlu menyalin link tweet yang mengandung video dengan melaksanakan tap pada tombol share. Lalu, pilih sajian “Copy link to Tweet” dan buka aplikasi TwiMate Downloader.

Aplikasi tersebut akan mendeteksi link yang telah disalin. Tunggulah beberapa saat sampai kamu melihat beberapa opsi video yang mampu didownload. Sama mirip langkah di PC, akan tersedia beberapa pilihan resolusi dengan ukuran yang berbeda. Namun, kamu tidak bisa mengonversi video tersebut ke MP3 seperti SaveTweetVid.com.

Tapi, bila kau tidak mau meng-copas link, ada cara lain yang lebih mudah untuk kamu terapkan. Kamu mampu menekan tombol share pada tweet dan pilih menu “Share Tweet via”. Selanjutnya, kamu tinggal cari dan pilih logo TwiMate Downloader. Kamu akan langsung terbawa ke aplikasi dengan varian resolusi dan ukuran yang bisa kamu pilih.

Video yang telah didownload mampu dilihat pada tab Download. Jika kamu menekan tombol titik tiga pada video, beberapa hidangan untuk membagikan, menghapus, atau me-repost video akan muncul. Pada umumnya, video yang didownload akan disimpan di folder “Download/TwitterDownloader/”.

Agar memori internal kau tidak penuh gara-gara kebanyakan download video di Twitter, kau bisa ubah lokasi penyimpanan melalui menu Setting dan arahkan direktorinya ke memori eksternal kau.

Itu tadi beberapa langkah yang bisa kamu terapkan untuk mendownload video di Twitter memakai platform PC dan Android. Sekarang, kau sudah mampu membuat koleksi video-video lucu dan viral di galeri kamu. Lumayan untuk melepaskan penat di masa internet mati atau habis kuota.

Kalau kau sendiri lebih suka menggunakan PC atau Android untuk mendownload video dari Twitter? Atau, apa kau tahu cara lain yang lebih mudah? Jangan sungkan tuliskan di kolom komentar ya. Selamat mencoba!

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online