Begini Cara Melihat Jalan Macet Di Google Maps Dengan Mudah

Dewasa ini, hampir setiap kebutuhan dan segala acara dibantu dengan hadirnya macam-macam aplikasi, salah satunya aplikasi Google Maps. Aplikasi tersebut siap membantu para penggunanya untuk mengetahui rute jalan dengan cepat dan mudah.

Dulu, sebelum kehadiran Google Maps, orang-orang harus membaca peta untuk mencari jalan yang sempurna semoga hingga tujuan yang diinginkan. Tapi, zaman sudah berubah dan serba teknologi, Anda tidak perlu repot lagi melihat peta sebab kini hadir Google Maps yang mampu menunjukan rute jalan secara online.

Namun, Google Maps ini bukan hanya untuk pertanda jalan. Pasalnya, di Google Maps juga terdapat banyak sekali macam fitur yang memudahkan para pengguna jalan, salah satunya yaitu fitur melihat jalanan yang macet. Jika Anda penasaran dengan fitur tersebut, kali ini Carisinyal mau membuatkan dan mengulas mengenai cara melihat jalan macet di Google Maps. Simak terus di artikel ini, ya!

Cara Melihat Jalan Macet di Google Maps

cara melihat Jalan Macet di Google Maps

Sebenarnya, cara melihat jalan macet di Google Maps sangat mudah dan mudah. Namun, pastikan dulu bahwa Anda sudah mengaktifkan GPS pada ponsel Anda. Selain itu, Anda juga harus terkoneksi dengan internet. Mengapa? Sebab, untuk cara melihat jalan macet di Google Maps secara real-time, maka Anda butuh internet agar Google Maps bisa selalu update.

Jika Anda tidak terkoneksi dengan internet bekerjsama tidak dilema, hanya saja nanti Anda akan kesulitan mengetahui jalan macet di ketika itu juga, karena Google Maps tidak bisa meng-update. Berikut langkah mudah untuk cara melihat jalan macet di Google Maps:

  • Aktifkan GPS yang ada pada HP Anda.
  • Bukalah aplikasi Google Maps yang ada di HP Anda.
  • Kemudian, tentukan lokasi tujuan Anda dengan menuliskan alamat lokasi tujuan di search here pada┬ábagian atas.
  • Setelah itu, pilih alamat yang dituju dan langsung klik pada alamat yang tertera.
  • Kemudian, Anda mampu pribadi klik direction untuk membuktikan rute menuju lokasi tujuan Anda.
  • Nah, pada tahap ini Anda mampu melihat rute jalan dengan berbagai macam warna, ada warna merah, kuning, dan hijau. Untuk cara melihat jalan macet di Google Maps, maka Anda hanya perlu memperhatikan jalanan berwarna merah yang artinya jalanan tersebut sangat macet.

Informasi Warna Jalanan di Google Maps

Informasi Warna Jalanan di Google Maps

Tadi sudah dijelaskan bahwa jalanan yang macet akan diindikasikan dengan warna merah pada Google Maps. Mungkin Anda juga bertanya-tanya maksud dari indikasi warna lainnya, seperti warna kuning dan biru di Google Maps. Berikut penjelasan warna yang tertera pada Google Maps untuk jalanan:

  • Warna Merah: Kalau Anda menemukan warna merah di jalanan Google Maps, artinya jalanan tersebut sangat padat alias macet banget. Makara, besar kemungkinan Anda bisa terjebak kemacetan bila melewati jalanan tersebut.
  • Warna Kuning: Warna kuning pertanda bahwa jalanan padat merayap. Artinya, meskipun penuh dengan kendaraan dan terkesan macet, namun jalanan berwarna kuning ini masih bisa dilalui oleh kendaraan dan tidak terlalu macet.
  • Warna Biru: Kebalikannya dengan warna merah, jika Anda melihat warna biru di jalanan Google Maps maka artinya jalanan tersebut sangat lancar dan lengang. Makara, Anda tidak perlu khawatir untuk menghadapi kemacetan.

Catatan penting bagi Anda yang mengandalkan Google Maps, indikasi warna jalanan bisa berubah secara tiba-datang karena Google Maps cukup akurat untuk menentukan jalanan macet atau tidak. Jadi, pastikan Anda selalu terkoneksi dengan internet. Siapa tahu rute jalan yang Anda tempuh datang-datang jadi macet.

Fitur-fitur Google Maps

Google Maps bukan hanya diciptakan untuk melihat jalanan yang macet saja. Pasalnya, Google Maps juga menyediakan berbagai macam fitur yang pasti akan diperlukan oleh para penggunanya. Ingin tahu fitur lainnya di Google Maps selain mengambarkan rute jalanan? Berikut fitur-fitur yang umum dipakai oleh para pengguna Google Maps:

1. Melihat Lalu Lintas

Melihat Lalu Lintas

Sudah menjadi fitur utamanya, memang Google Maps ini punya fitur di mana setiap penggunanya mampu memantau kondisi kemudian lintas secara real-time. Artinya, Google Maps mampu untuk menandakan kondisi jalanan macet atau lengang.

Jika macet, biasanya Google Maps akan merekomendasikan rute yang lebih lengang dengan waktu tempuh yang lebih singkat. Hal ini berlaku untuk semua kendaraan, baik kendaraan bermotor maupun sepeda. Bahkan rute jalanan untuk pejalan kaki pun ada di Google Maps.

2. Jalur Angkutan Umum

Jalur Angkutan Umum

Google Maps paham betul jikalau tidak semua orang menggunakan kendaraan langsung, beberapa di antaranya juga ada yang menggunakan kendaraan umum. Atas dasar kebutuhan kebanyakan orang-orang di Indonesia, maka Google Maps juga selalu update mengenai rute-rute untuk angkutan umum.

Kaprikornus, Anda tidak perlu repot tanya-tanya orang harus naik angkot yang mana, karena hanya dengan Google Maps saja Anda sudah mampu mengetahui setiap rute angkot di Indonesia. Dan pastinya, Google Maps akan selalu update untuk rute angkot terbaru di kota yang ada di Indonesia lho!

3. Rute untuk Pengguna Sepeda

Rute untuk Pengguna Sepeda

Seperti yang sudah dijelaskan, Anda yang sering mengandalkan sepeda sebagai alat transportasi juga bisa merasakan manfaat dari Google Maps. Mengapa? Sebab, Google Maps ini siap membuktikan setiap rute yang bisa dilalui oleh sepeda. Biasanya, rute untuk sepeda ini akan membuktikan jalanan yang kondusif untuk para pengendara sepeda. Jadi, jangan takut terganggu dengan kendaraan bermotor, ya.

4. Informasi Fasilitas Umum

Informasi Fasilitas Umum

Ini dia fitur yang juga sangat membantu untuk Anda, fitur mencarikan fasilitas umum. Google Maps selalu memahami kebutuhan para konsumennya, termasuk dalam hal mencari fasilitas umum terdekat. Fitur ini akan memudahkan Anda untuk menemukan lokasi pom bensin, rumah makan, bahkan ATM terdekat.

Cara mencari akomodasi umum, Anda bisa masuk ke aplikasi Google Maps. Kemudian, Anda mampu eksklusif klik pada menu Explore yang ada di bagian bawah. Biasanya, Google Maps eksklusif merekomendasikan akomodasi yang ingin Anda cari, contohnya restoran, bar, atau tempat rekreasi.

Namun, jikalau Anda ingin mencari tempat umum lainnya, maka Anda mampu klik bagian More. Pada hidangan More tersebut Google Maps akan menampilkan daerah-daerah umum yang Anda butuhkan dan dibagi menjadi beberapa kategori seperti, Food & Drinks, Things to do, Shopping, dan Services.

Nah, seperti itulah cara melihat jalan macet di Google Maps serta segala kelengkapan fitur yang ada di Google Maps. Sangat gampang menggunakan Google Maps, bukan? Namun, perlu Anda ketahui, bahwa aplikasi navigasi bukan hanya Google Maps saja. Berikut kami punya 10 rekomendasi aplikasi GPS & navigasi terbaik versi Carisinyal.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online