9 Aplikasi Untuk Cek Saldo E-Toll Di Smartphone Android

Pembayaran jalan tol yang dilakukan secara cash memang kadang tidak efektif dan efisien. Kadang pengguna membayar jasa jalan bebas kendala tersebut tidak dengan uang pas, sehingga menimbulkan transaksi menjadi lebih lama.

Buntut dari kejadian di atas yaitu terjadinya antrian panjang saat hendak menuju jalan tol, terutama dikala volume kendaraan sedang tinggi. Ada yang pernah mengalami hal mirip ini sebelumnya? Jika ya pasti rasanya cukup menjengkelkan, bukan? 

Fenomena tersebut kini sudah jarang ditemui alasannya adalah hadirnya pembayaran jasa guna jalan tol dilakukan secara elektro. Pengguna hanya perlu mempunyai kartu yang berisi e-money (electronic money) atau uang elektronik untuk transaksi pembayaran. Dengan kartu ini, pengguna jalan tol tidak perlu repot-repot menyiapkan uang cash yang harus pas saat akan membayar. Cukup tempel kartu pada daerah yang disediakan dan terbukalah pintu tol.

Kartu e-money tersebut terdapat banyak pilihan dan disediakan oleh beberapa bank pemerintah dan swasta. Contoh kartu e-money yang mampu dipakai untuk bayar tol ialah e-Toll Card Bank Mandiri, BNI Tap Cash, Flazz BCA, Brizzi BRI, serta Blink BTN.

Sebagai isu, selain dipakai untuk bayar tol, kartu e-money tersebut juga mampu dipakai untuk berbelanja loh. Kaprikornus multiguna, bukan? Tetapi kartu e-money ini memiliki batas pengisian saldo. Batas maksimal saldo mengendap di e-money yaitu Rp2 juta. Khusus untuk pengguna yang identitasnya tercatat, batas maksimal saldo di e-money yaitu Rp10 juta. 

Lalu bagaimana biar bisa mengetahui saldo dalam e-money? Hal itu dapat dilakukan dengan gampang kok. Melalui perangkat ponsel pintar yang digunakan, jumlah saldo e-money dapat dicek dengan cepat. Jika aplikasi mendukung, pengguna juga dapat pribadi melakukan pengisian saldo di sana.

Terkait hal tersebut, Carisinyal akan membahas aplikasi untuk cek saldo e-money atau e-toll yang ada di Android. Perlu dicatat, tidak semua ponsel support aplikasi ini. Hanya HP yang sudah dibenamkan teknologi NFC atau Near-Field Communication yang mampu menjalankan aplikasinya.

1. Electronic Money Card Balance

Electronic Money Card Balance

Aplikasi untuk cek saldo e-toll yang pertama adalah Electronic Money Card Balance. Kartu ini mendukung pengecekan saldo e-money banyak kartu, seperti Mandiri e-Money, BNI Tap Cash, dan Flazz BCA.

Dengan adanya aplikasi ini pengguna jalan tol dapat dengan mudah melaksanakan pengecekan saldo dalam kartu e-money mereka. Dengan demikian, saat hendak masuk ke jalan tol mereka tidak perlu risau apakah saldo untuk bayar masih ada dan cukup atau sudah habis.

Aplikasi ini hanya untuk pengecekan saldo saja dan tidak dapat digunakan untuk top-up atau mengisi saldo. Electronic Money Card Balance mampu diunduh di sini.

2. Mandiri E-Money Info

Mandiri E-Money

Selanjutnya ada aplikasi Mandiri E-Money Info yang mampu digunakan untuk mengecek jumlah saldo e-Toll Card, e-Money, Indomaret Card, dan Gazcard. Melalui aplikasi ini juga pengguna dapat mengetahui cabang-cabang bank Mandiri, ATM, serta minimarket untuk melakukan pengisian saldo kartu e-money-nya.

Setelah aplikasi ini diunduh dan dipasang di ponsel pandai, pengguna tidak perlu melakukan register atau aktivasi. Aplikasi ini mampu langsung dipakai. Cukup aktifkan fitur NFC, buka aplikasinya, kemudian tempelkan kartu-kartu di atas untuk dicek isi saldonya. Dapatkan aplikasi untuk cek saldo e-toll ini di sini.

3. BNI Tap Cash Go

BNI Tap Cash

Tap Cash BNI yaitu salah satu kartu e-money yang juga mampu digunakan sebagai e-toll. Pengguna Tap Cash bank BNI dapat melaksanakan pengecekan saldo e-money mereka melalui aplikasi BNI Tap Cash Go. Pengguna juga mampu meng-update saldo mereka melalui aplikasi dengan pembayaran via ATM, EDC, atau SMS Banking. Download BNI Tap Cash Go di sini.

4. BRI Mobile

Brizzi

Pengguna yang sudah memasang aplikasi BRI Mobile mampu melakukan pengecekan saldo e-money Brizzi. Jika ponsel pengguna sudah mendukung fitur NFC, maka sajian Brizzi akan otomatis tersedia di aplikasi BRI Mobile Banking.

Karena berada dalam satu tubuh BRI Mobile, pengguna juga dapat melaksanakan aktivitas perbankan lainnya seperti transfer antar bank, membayar banyak sekali jenis tagihan, dan lain-lain. Kaprikornus lebih efektif dan efisien, bukan?

Top up Brizzi juga dapat dilakukan melalui BRI Mobile, hanya saja saldo yang masuk berstatus sebagai deposit sehingga perlu aktivasi kembali melalui EDC. Cara lainnya adalah dengan menggunakan internet banking yang mampu eksklusif dipakai. Download aplikasi BRI Mobile Banking di sini.

5. BCA Mobile

BCA Mobile

Pengguna jalan tol yang melaksanakan pembayaran menggunakan Flazz BCA mampu dengan mudah mengetahui saldo yang tersisa dengan BCA Mobile. Sekali lagi, hanya HP yang sudah memiliki fitur NFC yang mampu melaksanakan pengecekan saldo e-money Flazz BCA.

Mirip dengan BRI Mobile, pengguna Flazz juga dapat melakukan transaksi-transaksi lain dengan BCA Mobile. Untuk bisa melaksanakan berbagai transaksi finansial di BCA Mobile, pengguna harus sudah terverifikasi oleh pihak bank BCA dengan cara datang pribadi ke kantor cabang terdekat. Download aplikasi BCA Mobile di sini.

6. Mandiri Online

Mandiri Online

Nasabah bank Mandiri yang sudah melakukan aktivasi Mandiri Online di ponselnya mampu melaksanakan cek saldo e-toll. Caranya yaitu dengan mengaktifkan fitur NFC, buka aplikasi Mandiri Online, kemudian pilih menu E-Money, lalu pilih hidangan Lihat / Perbaharui Saldo. Setelah itu tempelkan kartu e-money Mandiri dan tunggu hingga info saldo muncul di layar HP. Download aplikasi Mandiri Online di sini.

7. Tokopedia

Tokopedia

Tokopedia juga bisa menjadi kawasan untuk mengetahui saldo e-money Mandiri (dan juga mengisi saldonya). Caranya yaitu buka aplikasi Tokopedia (register dulu kalau belum punya akun), pergi ke sajian Tagihan – E-Money, tekan tombol Cek Saldo, lalu tempelkan kartu e-money Mandirinya dan tunggu hingga info saldo muncul. Ingat, HP yang digunakan harus sudah support NFC ya. Download aplikasi Tokopedia di sini.

Itulah aplikasi-aplikasi di Android untuk cek saldo e-toll. Dengan adanya aplikasi untuk cek saldo e-toll ini, menggunakan jasa jalan tol mampu terasa lebih gampang dan tanpa ribet. Pengguna tidak perlu lagi menyiapkan uang cash ketika berada di gerbang tol, sebab cukup menempelkan kartu e-toll atau e-money pada perangkat yang disediakan. Hanya beberapa detik setelah kartu ditempel, pintu gardu jalan tol pun terbuka.

8. Cards – Mobile Wallet

Cards - Mobile Wallet

Untuk mengecek isi saldo e-toll, Anda juga bisa menggunakan Cards – Mobile Wallet. Tapi perlu Anda ketahui jika ini yaitu aplikasi buatan luar negeri, jadi ada kemungkinan beberapa fitur di Cards – Mobile Wallet tidak mampu digunakan di Indonesia. Di sini, Anda hanya perlu tap kartu e-toll ke HP dan aplikasi ini akan menawarkan informasi saldonya untuk Anda. Selain untuk cek saldo e-toll, aplikasi ini juga menyediakan info berupa diskon makan, belanja, dan lain-lain.

9. Mandiri E-Money Isi Ulang

Mandiri E-Money Isi Ulang

Saldo e-toll juga dapat dicek melalui aplikasi mandiri yang satu ini juga. Selain bisa mengetahui sisa saldo yang ada dalam kartu e-toll, pengguna juga mampu melakukan pengisian ulang.

Untuk mampu mengetahui saldo e-toll melalui aplikasi ini, pengguna perlu melaksanakan registrasi terlebih dahulu (sebelumnya aktifkan NFC). Jika sudah tamat, tinggal tempel kartu di bab NFC berada lalu tunggu sampai berita saldo e-toll-nya muncul. Namun sayangnya aplikasi ini sudah tidak tersedia lagi di PlayStore.

Perlu ditegaskan sekali lagi, kumpulan aplikasi pengecekan saldo e-money ini hanya mampu berjalan di ponsel arif yang sudah mendukung fitur NFC.

Umumnya HP yang sudah mendukung NFC biasanya HP kelas menengah dan HP kelas Flagship. Jika dana terbatas, alternatifnya yakni memilih HP murah yang sudah mendukung NFC. Daftar HP murah dengan fitur NFC ini bisa dibaca pada artikel “10 HP dengan Fitur NFC Paling Murah“.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online