8 Syarat Dan Cara Menerima Centang Biru Di Instagram

Bukan hal ajaib kalau setiap pengguna smartphone memiliki akun sosial media Instagram. Pasalnya, Instagram memang cukup menyita perhatian masyarakat dengan berbagai keunikan fiturnya. Belum lagi, Instagram cukup aktif dalam menginovasikan fitur terbaru biar penggunanya tidak bosan, entah itu berupa Instastory, IGTV, dan lainnya.

Tak heran memang jikalau banyak pengguna Instagram berbondong-bondong ingin menerima perhatian dari banyaknya jumlah followers. Followers yang dimiliki setiap akun memang sangat besar lengan berkuasa, misalnya selebgram dengan followers puluhan ribu bahkan ada yang tembus ratusan ribu. Dengan banyaknya followers maka beliau cukup layak menerima centang biru dari Instagram.

Namun, bahu-membahu untuk apa centang biru? Apa itu centang biru? Bagaimana cara menerima centang biru? Sebenarnya, kali ini Carisinyal akan membahas syarat dan cara mendapatkan centang biru di Instagram. Namun sebelumnya, mari ketahui dulu apa maksud dari centang biru pada Instagram.

Apa Itu Centang Biru di Instagram?

* sumber: www.hindustantimes.com

Kebanyakan pengguna Instagram di Indonesia akan menyebutnya sebagai “centang biru.” Namun istilah ini sebetulnya yakni verified account di mana sebuah akun Instagram akan mempunyai tanda centang biru sebagai akun orisinil atau sebut saja akun yang telah terverifikasi keasliannya oleh pihak Instagram.

Mengapa harus ada centang biru? Perlu diketahui, akun Instagram para artis terkenal berpotensi untuk dipalsukan. Artinya, untuk membedakan antara akun asli sang artis dengan akun tiruan maka Instagram memperlihatkan solusi dengan menandainya sebagai centang biru.

Jadi, ketika Anda menemukan akun Instagram yang mengatasnamakan seorang artis namun tidak ada verified account dari Instagram, maka kemungkinan itu yakni akun palsu. Namun, bila Anda menemukan akun artis dengan kehadiran centang biru maka Anda mampu memastikan bahwa akun tersebut asli bukan tiruan.

Namun, untuk cara menerima centang biru di Instagram bukanlah hal yang mudah di mana Anda harus memenuhi beberapa persyaratan dari Instagram. Dan juga, bukan hanya artis yang mampu menerima verified account. Berikut beberapa syarat dan cara menerima centang biru di Instagram.

8 Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram

1. Artis atau Selebriti

Selena Gomez

Syarat dan cara mendapatkan centang biru di Instagram yang pertama yakni, Anda harus berprofesi sebagai artis atau selebriti terkenal. Ya, bila Anda bukan artis ternama dan populer maka Instagram tidak akan memverifikasi akun Instagram Anda.

Profesi sebagai artis atau selebriti terkenal niscaya mempunyai sejumlah fans yang tak terhitung. Maka dari itu, untuk menghindari pemalsuan akun sang artis, Instagram akan melakukan verifikasi akun. Hal ini juga membantu para fans untuk tidak tertipu dengan akun-akun bodong yang mengatasnamakan artis tertentu untuk mendapatkan keuntungan, baik dari segi finansial ataupun yang lainnya.

2. Atlet dan Seniman

Christiano Ronaldo

Dilansir dari Tribunews bahwa atlet dan seniman juga menjadi salah satu syarat untuk menerima verified account dari Instagram. Nah, jika Anda ingin mendapatkan centang biru di Instagram maka mampu menapaki profesi sebagai atlet dan seniman, ya. Namun syarat lainnya yaitu, Anda harus menjadi atlet dan seniman ternama dan cukup banyak dikenal masyarakat.

Mengapa atlet dan seniman mampu mendapatkan centang biru? Beberapa atlet seperti Christiano Ronaldo yakni salah satu atlet sepakbola yang amat populer di dunia. Saking terkenalnya, maka tak menutup kemungkinan kalau ada saja akun palsu yang mengatasnamakan Ronaldo, bukan?

Sedangkan untuk seniman, mungkin saja mereka akan memposting karya-karyanya di akun Instagram. Nah, untuk melindungi copyright maka Instagram akan melaksanakan verifikasi akun untuk para seniman kondang.

3. Merk Produk Ternama

Merk Produk Ternama

Jika Anda punya brand produk favorit, maka Anda bisa melihat adanya tanda centang biru pada akun Instagramnya. Ini juga merupakan salah satu syarat dan cara menerima centang biru di Instagram. Anda mampu lihat merk produk terkenal seperti Chanel di Instagram @chanelofficial, mereka sudah mengantungi verified account dari Instagram semoga konsumen setianya tidak tertipu dengan akun palsu.

4. Tokoh Masyarakat

Tokoh Masyarakat

Selain akun artis, seniman, atlet, dan merk produk populer, bahkan tokoh masyarakat pun masuk dalam salah satu list syarat dan cara mendapatkan centang biru di Instagram. Tokoh masyarakat yang dimaksud yaitu Presiden, Menteri, Ahli, Wali Kota, Gubernur, Politikus, dan lainnya. Tujuannya masih sama, ialah semoga tidak ada akun tiruan dari sang tokoh masyarakat.

5. Akun dengan Followers dan Likers yang Meningkat Drastis

* sumber: www.youtube.com

Jika Anda merasa sulit harus menjadi artis, masih ada cara lain untuk mendapatkan centang biru, yaitu pastikan akun Anda mendapatkan lonjakan drastis pada followers dan likers. Ya, Instagram juga akan mempertimbangkan akun IGers yang mendapatkan followers dan likers sangat banyak setiap harinya.

Hal ini juga punya tujuan yang sama ialah menghindari adanya akun palsu yang menduplikat akun aslinya. Jika suatu akun punya followers dan likers yang meningkat secara drastis maka otomatis akun tersebut akan dilihat dan menjadi sorotan banyak orang. Oleh alasannya adalah itulah, akun seperti tadi akan berpotensi untuk dipalsukan oleh orang lain.

6. Akun yang Sedang Hits di Instagram

cara mendapatkan centang biru di instagram Akun yang Sedang Hits di Instagram

Akun hits tidak selalu selebgram, ya. Anda mampu menerima centang biru dari Instagram bila akun Anda cukup hits, dalam artian sedang banyak diperbincangkan oleh para IGers. Instagram paham bahwa ada beberapa akun yang hits dan berpotensi akun tersebut akan dipalsukan oleh orang lain.

Maka dari itulah, akun yang akan menerima verified account dari Instagram salah satunya yaitu akun yang sedang hits. Nah, seperti apa, sih, akun yang sedang hits itu? Mungkin Anda bisa lihat @9gag salah satu akun hits di Instagram. Hampir semua IGers mengetahui 9gag, maka dari itulah Instagram memperlihatkan centang birunya.

7. Akun Pribadi yang Banyak Diduplikasi

Akun Pribadi yang Banyak Diduplikasi

* sumber: www.dexerto.com

Akun pribadi yang banyak diduplikasi atau dipalsukan juga masuk ke dalam salah satu syarat dan cara menerima centang biru di Instagram. Pasalnya, kalau akun eksklusif sudah diperbanyak oleh orang lain, apalagi untuk menerima laba pribadi, maka Instagram akan memperlihatkan centang biru pada akun aslinya. Tujuannya masih sama, semoga para IGers tidak tertipu dengan akun palsunya.

8. Selebgram

Cara Menjadi Selebgram

* sumber: www.kompasiana.com

Tidak mengherankan para selebgram akan menerima centang biru dari Instagram alasannya dianggap sudah memiliki banyak fans. Banyak yang mengetahui ketenaran dari selebgram juga berpotensi bahwa akun selebgram tersebut akan dipalsukan oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Atas dasar itu juga Instagram tidak segan untuk menawarkan verified account untuk para akun selebgram yang dirasa cukup layak mendapatkan centang biru. Dengan begitu, para fans dari selebgram tidak akan tertipu dengan akun-akun palsu.

Tambahan berita juga untuk Anda, selain mengacu pada kedelapan syarat di atas, Instagram juga akan selalu mengawasi setiap akun IGers yang memang layak menerima centang biru. Jika akun Anda layak mendapatkan centang birunya Instagram, maka pihak Instagram akan memberitakannya melalui e-mail Anda untuk konfirmasi lebih lanjut.

Makara, bagi Anda yang ingin mendapatkan centang biru di akun Instagram, mungkin Anda harus memenuhi salah satu dari delapan syarat yang ada di atas. Anda bisa menjadi artis, seniman, atlet, punya akun hits, tokoh masyarakat, ataupun Anda mampu jadi selebgram.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online