8 Situs Baca Komik Legal Untuk Mengapresiasi Karya Komikus

Ketika kita mencari situs ataupun aplikasi baca komik online di mesin pencarian Google, kita akan menemukan berbagai macam situs komik digital. Tapi. tahukah kalian jika sebagian besar situs tersebut ialah situs ilegal?

Konten yang mereka sediakan yakni hasil scanlation, di mana mereka men-scan komik dan menerjemahkannya ke dalam berbagai bahasa tanpa izin kreator orisinil komik tersebut.

Jika kita melihat dari sisi pembaca, tentu hal ini memudahkan kita untuk membaca komik dengan cepat dan gratis. Namun, jikalau kita mengambil perspektif dari sisi kreator, tentu rasanya tidak enak jika ada yang membajak karya yang kita buat dengan susah payah, apalagi hingga dikomersilkan.

Bagi kalian yang ingin mengapresiasi karya para komikus, kalian mampu membaca hasil kerja mereka di situs baca komik legal. Berikut ini kami sudah menyediakan 8 ulasan situs baca komik legal untuk para pecinta komik.

1. Manga Plus

Manga Plus

* sumber: mangaplus.shueisha.co.jp

Kalian ingin membaca membaca manga online gratis sekaligus mengapresiasi karya mangaka? Manga Plus ini bisa menjadi jawaban sempurna untuk kalian. Situs yang disediakan oleh penerbit majalah manga ternama, Shueisha mempunyai range koleksi manga yang cukup beragam. Beberapa manga populer mirip Boruto, Death Note, Tokyo Ghoul hingga manga klasik seperti Dragon Ball pun tersedia di sini.

Yang paling menarik yaitu koleksi manga di situs ini di-update sesuai dengan agenda rilis manga-nya di Jepang. Sehingga, kalian tak perlu lagi menunggu usang untuk membaca update terbaru dari manga kesayangan kalian.

MangaPlus juga menawarkan bagian dari ad-revenue yang tayang di situs ini kepada para mangaka. Selain mampu dinikmati melalui website resminya, Manga Plus juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang mampu diunduh oleh pengguna iOS maupun Android.

2. Crunchyroll

Crunchyroll

* sumber: www.crunchyroll.com

Crunchyroll ini merupakan salah satu situs penyedia manga dan anime yang populer di kalangan fans Japanese Culture. Situs baca komik ini mempunyai cukup banyak koleksi manga terkenal, seperti Attack on Titan, Seven Deadly Sins, Fairy Tail, The Grim Reaper and an Argent Cavalier dan masih banyak lagi.

Selain itu, Crunchyroll juga menyediakan forum di mana pengguna mampu berdiskusi, review, sampai menanyakan hal-hal seputar anime atau manga. Layanan-layanan yang terdapat di situs ini mampu dinikmati secara gratis. Namun, terdapat banyak batasan untuk free membership, seperti tidak mampu membaca atau menonton konten-konten premium.

Jadi, jikalau kalian ingin mengakses anime dan manga tanpa batas, kalian dapat berlangganan premium membership mulai dari $7.99 atau sekitar Rp 100.000-an untuk setiap bulannya. Untuk memudahkan pengguna mengakses manga via mobile, Crunchyroll juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang mampu diunduh di Google Play Store dan App Store.

3. ComicWalker

ComicWalker

* sumber: comic-walker.com

ComicWalker merupakan salah satu situs penyedia layanan membaca komik secara bebas alias gratis. ComicWalker ini diluncurkan pada tahun 2014 oleh penerbit manga terkenal Kodokawa. Situs ini ComicWalker menyediakan beberapa fitur pemanis seperti “Favourite” yang mampu memudahkan pengguna untuk mengakses kembali manga kesukaan kalian.

Lalu terdapat juga fitur “Calendar” di mana pengguna dapat melihat tanggal update dari koleksi manga yang tersedia di situs ini. ComicWalker memiliki range koleksi manga klasik sampai gres, seperti Mobile Suit Gundam The Origin, Cross Ange: Rondo of Angels and Dragons, Sword Art Online Fairy Dance. Koleksi manga tersebut mampu diakses di situs ComicWalker secara gratis dan legal.

4. ComiXology

ComiXology

* sumber: www.comixology.com

ComiXology merupakan layanan penyedia komik digital yang dikelola oleh Amazon. Berbeda dari situs sebelumnya yang hanya menyediakan komik keluaran Jepang, koleksi yang disediakan oleh comiXology sangat luas. Mereka menyediakan komik-komik yang diterbitkan oleh DC, Marvel, Image, Archie, Fantagraphics, Dark Horse, komik-komik terbitan Jepang lainnya, hingga komik asli ComiXology.

Komik digital yang mereka sediakan dirilis bersamaan dengan edisi komik dalam bentuk printed. Lalu, komik-komik yang mereka sediakan juga sudah dalam kualitas high definition. Lewat comiXology, kalian dapat membeli komik-komik kesayangan kalian dalam bentuk digital ataupun berlangganan layanan ComiXology unlimited dimana kalian dapat mengakses koleksi komik mereka secara bebas.

Untuk berlangganan layanan ComiXology unlimited kalian akan dikenakan tarif sebesar $5.99 atau sekitar Rp 89.000 setiap bulannya. Seluruh koleksi komik digital ComiXology ini mampu di cek melalui web browser ataupun via aplikasi yang tersedia untuk iOS, Android dan Kindle Fire.

5. Book Walker

Book Walker

* sumber: global.bookwalker.jp

Book Walker merupakan situs milik Kodokawa di mana kalian mampu membeli dan membaca digital manga dan light novel. Layanan yang mereka tawarkan sama seperti ComiXology, namun mereka hanya menyediakan manga dan light novel.

Genre yang disajikan di sini juga sangat lengkap, mulai dari drama, komedi, aksin, horor, fantasi, sampai shoujo. Sehingga, manga yang kalian ingin baca atau beli kemungkinan besar ada di sini. Selain itu, ada beberapa judul komik di situs ini yang dapat dibaca dengan gratis.

Koleksi Book Walker ini mampu dibaca melalui web browser, dengan meng-klik “Read on Browser Viewer” pada komik sudah yang dibeli atau di-download. Selain itu, Book Walker juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang dapat diunduh melalui Google Play dan App Store.

6. Ciayo Comics

Ciayo Comics

* sumber: www.ciayo.com

Ciayo Comics ini merupakan situs baca komik digital yang berasal dari dalam negeri. Genre komik yang ditawarkannya pun cukup luas, mulai dari yang ringan seperti komedi romantis, slice of life, drama sampai fantasi, horor, dan aksi. Yang menciptakan situs ini Istimewa adalah mereka menyediakan komik yang dibuat oleh komikus-komikus Indonesia.

Sehingga, kemungkinan besar kalian dapat relate dengan cerita-kisah yang mereka sajikan terutama dalam genre slice of life. Lalu, fitur “Schedule” yang terdapat di sini juga memudahkan kamu untuk mengecek acara update dari komik-komik kesayangan kau.

Hal menarik lainnya yakni konten-konten komik yang Ciayo tawarkan mampu diakses secara bebas alias gratis. Namun, bagi yang ingin menerima layanan lebih seperti, jalan masuk bebas tanpa iklan, konten langsung serta early access untuk beberapa judul komik, kalian dapat berlangganan Ciayo Comics Plus+ dengan membayar Rp 15.000 per bulan.

Bagi yang tertarik dengan platform Ciayo ini, kalian dapat langsung membuka website resminya ataupun mengunduh aplikasinya di Google Play atau App Store.

7. Line Webtoon

Line Webtoon

* sumber: www.webtoons.com

Sebagian besar dari kalian pasti sudah mengenal platform layanan baca komik digital asal Korea ini. Bagaimana tidak, hingga saat ini pengguna platform Webtoon tercatat sudah mencapai lebih dari 62 juta pengguna.

Saking populernya, beberapa kisah dari Webtoon bahkan sudah disesuaikan ke dalam beberapa judul drama Korea, mirip Cheese in the Trap, My ID is Gangnam Beauty dan masih banyak lagi.

Agar pengguna merasa nyaman ketika membaca, situs ini menyediakan webtoon dengan kualitas gambar high definition, ceritanya pun mampu dengan gampang di-scroll serta yang paling menarik ialah terdapat embel-embel sound effect pada beberapa judul webtoon.

Semua layanan membaca komik digital atau webtoon ini dapat diakses secara cuma-cuma melalui website browser dan juga aplikasi yang tersedia untuk iOS dan Android.

8. KakaoPage

KakaoPage

* sumber: kakaopage.co.id

Rekomendasi selanjutnya masih dari platform webtoon original ialah, KakaoPage. Jika Line Webtoon disediakan oleh Naver, KakaoPage ini dibawahi oleh Kakao Corp. Sama seperti Line Webtoon, koleksi webtoon milik KakaoPage juga sudah ada yang disesuaikan dalam drama, salah satu contohnya ialah Itaewon Class.

Lalu, KakaoPage ini juga sudah dilengkapi dengan fitur download, sehingga pengguna dapat membaca webtoon secara offline. Koleksi webtoon original KakaoPage ini mampu dengan mudah didapatkan di website KakaoPage ataupun via aplikasi yang dapat diunduh di App Store dan Google Store.

Itu ia 8 situs baca komik yang mampu kalian susukan secara legal mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. Bagaimana? Apakah kalian pernah membaca komik di situs-situs tersebut? Situs baca komik mana yang paling bikin kalian penasaran? Tulis tanggapan kalian di kolom komentar ya!

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online