7 Game One Piece Di Pc Yang Mampu Dimainkan Di Waktu Luang

Pencinta anime mana yang tidak pernah tahu mengenai franchise One Piece? Bahkan bagi yang tidak suka anime pun setidaknya pernah mendengar nama One Piece semasa kecilnya – One Piece adalah salah satu kartun Minggu pagi yang paling ditunggu-tunggu banyak belum dewasa pada masanya.

One Piece awalnya bermula dari manga/komik yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1997 oleh Eichiro Oda di Jepang. Sejak kemunculan chapter pertama yang berjudul “Romance Dawn”, kita dapat menyaksikan petualangan seorang anak tengil berjulukan Luffy yang bercita-cita menjadi raja bajak laut.

Popularitas manga One Piece jadinya melahirkan adaptasi bermacam-macam dalam bentuk TV series, film, dan game pada banyak sekali platform. Nah, kali ini Carisinyal akan menunjukkan daftar game One Piece yang mampu dimainkan pada PC.

1. One Piece: World Seeker

Game One Piece yang dirilis pada Maret 2019 ini merupakan permainan offline bergenre petualangan open-world. Kamu akan memainkan Luffy untuk menjelajahi area yang sangat luas dan bertarung melawan aneka macam karakter terkenal mirip Smoke dan Lucci. Uniknya pada game ini, kau bisa memanfaatkan jurus-jurus tangan memanjang Luffy untuk menjelajahi area dengan cepat, mirip mirip Spider-Man.

Akan ada banyak side-quest dan main-quest yang bisa kamu selesaikan di Jail Island, sebuah pulau di New World yang merupakan setting original – pulau ini, beserta dongeng dan huruf-abjad barunya, tidak pernah muncul pada penyesuaian One Piece lainnya.

Dari segi elemen combat, game ini mengusung banyak mekanisme baru dibandingkan dengan game-game terdahulu. Contohnya, kau mampu leluasa mengganti mode biasa dengan mode-mode lainnya seperti second gear dan haki. Ada element stealth juga, sehingga kamu bisa mencoba menaklukkan lawan dari belakang secara membisu-diam.

Atmosfir pada game ini juga terlihat baik dengan detil pemandangan yang sangat memukau. One Piece: World Seeker bisa kau beli di Steam seharga Rp 550.000,- pada link ini.

2. One  Piece: Pirate Warriors 3

Pada game yang penuh agresi ini, kamu bisa memainkan aneka macam macam abjad yang hadir pada manga dan anime One Piece. Game aksi ini merupakan hasil kolaborasi BANDAI dengan pengembang seri Dynasty Warriors, ialah KOEI TECMO.

Yang paling menyenangkan dari game ini ialah kamu mampu mencicipi kepuasan sendiri dikala aksara yang dimainkan mampu menghabisi ratusan bahkan ribuan musuh dengan waktu yang cepat. Mekanisme pertempuran yang merupakan hack-and-slash ini juga menghadirkan banyak sekali jurus ikonik, persis dengan jurus-jurus yang dimiliki masing-masing abjad pada animenya.

Oh ya, game ini juga cocok untuk kau yang bahkan belum pernah menonton One Piece sama sekali. Soalnya, setting dongeng yang diambil mengikuti alur anime dari awal sampai arc terakhir saat game ini dirilis, yaitu Dressrosa.

Kamu akan diajak bernostalgia menyaksikan Luffy merekrut awak kapal pertamanya, Zoro. Berbagai momen terbaik dari One Piece juga turut hadir seperti melawan Gecko Moria, petualangan di Sky Island, dan yang paling penting: “Battle of Marineford”.

Game ini merupakan seri ketiga – Pirate Warrios yang pertama dan kedua tidak hadir di PC. Ada beberapa penambahan fitur dari segi gameplay, contohnya seperti Kizuna Rush yang memungkinkan huruf lain turut membantu ketika kamu sedang mengeluarkan jurus.

Lalu, kamu juga mampu menyaksikan cutscene dalam game yang hanya akan muncul bila berhasil melakukan perintah tertentu (membunuh musuh di bawah waktu yang ditentukan, dsb).

Ada sebanyak 37 karakter yang bisa dimainkan, serta 5 chapter yang terdiri dari 25 stage secara keseluruhan. Kamu dijamin akan memainkan game ini dalam waktu yang cukup usang. Kamu mampu membeli One Piece: Pirate Warriors 3 seharga Rp 450.000,- pada link ini.

3. One Piece: Pirate Warriors 4

Kini juga telah dirilis sequel dari Pirate Warriors 3, yakni Pirate Warriors 4 dengan prosedur pertempuran dan cerita yang lebih baik lagi. Masih mengusung mekanisme hack-and-slash, kamu mampu mencicipi puasnya menghancurkan banyak musuh dalam sekali serangan.

Jika dibandingkan dengan seri sebelumnya, Pirate Warriors 4 memiliki pendekatan yang berbeda dari segi cerita. Plot tidak lagi dimulai dari awal cerita di anime, melainkan beberapa arc yang ikonik saja. Saat pertama bermain, kau akan memainkan stage tutorial di Pulau Wano sebagai Luffy, ditemani oleh Eustass Kid.

Saat stage ini berhasil dilalui, kamu akan pribadi dibawa menjelajahi Kerajaan Alubasta untuk menghentikan Crocodile dari misi jahatnya. Meski tidak mengandung semua arc mirip Pirate Warriors 3, kau mampu menikmati pendekatan story-telling yang lebih terfokus dan mendalam.

Oh, dan satu lagi, untuk pertama kalinya dalam sejarah, kamu mampu mengikuti alur kisah melawan Big Mom dan Kaido pada game One Piece. Ada juga beberapa perubahan dari segi combat, yakni tidak adanya Kizuna Rush. Sebagai gantinya, ada beberapa special move yang mampu dikeluarkan dengan cara menekan dua tombol secara bersamaan, mirip seperti Dynasty Warriors 9.

Pada game ini, kau juga mampu melompat dan melaksanakan berbagai jurus di udara. Mekanisme melompat ini mampu digabungkan dengan kombo jurus di darat sehingga membuat serangkaian serangan yang lebih dinamis dan mematikan. Game ini juga menghadirkan berbagai macam varian fourth gear untuk abjad Luffy mirip Bounce-Man dan Snake-Man.

Sayangnya, ada beberapa arc menarik yang tidak tersedia mirip Sky Island dan Thriller Bark. Kamu pun jadi tidak bisa bermain sebagai Gecko Moria dan Enel – tapi mungkin dua huruf ini akan dihadirkan melalui DLC (Downloadable Content).

Game ini memiliki 8 arcs yang terdiri dari 34 stages, dengan jumlah huruf yang bisa dimainkan sebanyak 37 orang. Kamu mampu membeli One Piece: Pirate Warriors 4 di Steam pada tanggal 27 Maret 2020 seharga Rp 499.000,- melalui link ini.

4. One Piece: Burning Blood

Pernah memainkan One Piece: Grand Battle pada PS1? Jika iya, mungkin kamu akan menyukai game yang satu ini. One Piece: Burning Blood yaitu sebuah permainan bergenre fighting dengan sudut perspektif yang unik. Kalau pada umumnya game fighting mengusung perspektif dari samping, game ini mengusung tampilan over the shoulder (dari belakang).

Game ini hanya mengadaptasi kisah dikala perang besar di Marineford. Kamu akan memainkan empat aksara dengan sudut pandang yang berbeda mirip Luffy, Edward Newgate (Whitebeard), Akainu, dan Ace. Memang, kalau kamu hanya terfokus pada mode dongeng, game ini mampu ditamatkan dengan waktu yang singkat.

Namun, yang menjadi alasan game ini sangat layak digemari ialah prosedur pertarungannya. Kamu mampu bermain 3 lawan 3 dengan format pertarungan duel. Kamu juga mampu memanfaatkan kelebihan dari masing-masing tipe devil fruit, mirip Logia yang memiliki pertahanan yang kuat atau Zoan yang bisa bertransformasi secara real-time. Oh ya, kau bisa bermain secara online juga, lho!

Yang paling menarik, kau mampu memainkan versi fourth gear-nya Luffy – juga dengan beberapa transformasi karakter lainnya mirip Franky, Chopper, dan Drake. Tertarik mencobanya? Game yang dirilis pada 2016 ini bisa didapatkan melalui Steam dengan harga Rp 600.000,- di link ini.

5. One Piece: Unlimited World Red

Game One Piece ini awalnya dirilis untuk Nintendo 3DS pada tahun 2014 sebelum jadinya dibuatkan versi PC pada tahun 2017 dengan judul One Piece: Unlimited World Red Deluxe. Bergenre game petualangan dan action, kau akan bermain sebagai Luffy untuk menjelajahi sebuah pulau dan memakai jurus kombo untuk melawan musuh.

Sekilas seperti dengan One Piece: World Seeker, kamu bisa berpindah-pindah dari gedung ke gedung dengan memanjangkan tangan. Ada 9 huruf yang mampu dimainkan dan masing-masing memiliki keunikan tersendiri.

Misalnya, alasannya adalah Brook adalah tengkorak, beliau mampu berjalan di atas air dan mengakses area yang tidak terjangkau abjad lain. Begitu pun dengan Nami yang bisa mencopet musuhnya, Chopper yang bisa memulihkan HP abjad lain, dan sebagainya.

Meski mengusung dongeng original yang berbeda dari animenya, game ini juga menghadirkan berbagai aksara musuh terkenal seperti Smoke, Akainu, Kizaru, dan masih banyak lagi. Kalau kau tertarik, kau mampu membeli game ini di Steam seharga Rp 310.000,- di sini.

6. One Piece Online

game-one-piece-di-pc

Selain game resmi yang tersedia di Steam, ada pula game One Piece yang bisa dimainkan melalui browser saja. Salah satunya ialah One Piece Online, game MMORPG yang mampu dimainkan memakai Flash pada browser.

Game ini memiliki sistem kelas mirip kebanyakan MMORPG pada umumnya dengan tiga opsi untuk dipilih, yakni Swordman, Sniper, dan Devil Fruit User. Mekanisme pertempuran pada One Piece Online ialah point-and-click di mana kau mampu memberikan perintah untuk menyerang dengan mengklik pada musuh.

Cerita dimulai saat Shanks ingin mendiskusikan planning Kaido untuk menyerang Whitebeard, beliau pun menitipkanmu pesan untuk disampaikan ke Luffy. Setelah itu, kau akan bertarung melawan Sentomaru yang mengincar Luffy.

Kualitas kisah mungkin tidak sebaik game-game lain pada daftar ini, hal ini wajar mengingat One Piece Online besutan JoyGames ini tidak resmi dan dibuat tanpa supervisi dari Eichiro Oda. Tapi, untuk seukuran game browser yang mampu dimainkan secara gratis, mekanisme quest dan menaikkan level pada game ini masih layak dinikmati. Klik link ini untuk memainkannya.

7. One Piece Online 2: Pirate King

game-one-piece-di-pc

Kamu akan memainkan aksara yang diciptakan sendiri dengan 4 pilihan kelas: Sailor, Dark Mage, Sniper, dan Doctor dengan aneka macam kelebihan masing-masing.

Game ini mengusung prosedur turn-based dengan animasi yang seru dan juga jurus-jurus otentik yang dimiliki masing-masing karakter. Pertama kali bermain, kau akan berperan sebagai Shanks saat melawan Mihawk. Pertarungan berakhir seri, lalu Shanks berkata bahwa ia ingin menemukan seseorang yang mewarisi “Will of D”.

Peranmu di sini ialah sebagai bajak maritim yang direkrut Shanks untuk menjelajahi lautan dan menaklukkan bajak laut lain. Siapa tahu, mungkin kau mampu menjadi raja bajak laut selanjutnya sesudah Gol D. Roger. Untuk memainkannya, kunjungi link ini.

Itu tadi beberapa game One Piece yang mampu dimainkan di PC. Meski jumlahnya hanya sedikit, semua game di atas lebih dari cukup untuk membuatmu seolah berada di jagat raya One Piece sungguhan. Kalau kau tidak pernah membeli game di Steam sebelumnya, ada baiknya kamu membaca artikel mengenai cara membeli game di Steam dengan mudah. Selamat menjadi bajak maritim!

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online