7 Cara Menyimpan Hasil Download Ke Kartu Memori Di Hp

Sudah susah-susah download, nunggu hasil download-nya lama, eh hasil downloadnya justru tidak eksklusif tersimpan ke kartu memori eksternal. Pernah mengalaminya? Memang, kadang ada saja hambatan dan dilema saat menggunakan smartphone. Tapi, percayalah bahwa setiap duduk perkara selalu ada solusinya, seperti persoalan hasil download yang tidak pribadi tersimpan di kartu memori.

Ada beberapa solusi dan cara menyimpan hasil download ke kartu memori dengan mudah dan sederhana. Bahkan, Anda bisa melakukannya sendiri tanpa perlu tunjangan dari professional. Nah, untuk mengetahui cara menyimpan hasil download ke kartu memori, Carisinyal punya beberapa tips dan solusinya, nih. Disimak artikelnya hingga akhir, ya!

1. Pindahkan Secara Manual

Pindahkan Secara Manual

* sumber: www.youtube.com

HP Anda tidak mempunyai fitur menyimpan hasil download secara pribadi ke kartu memori? Tenang saja, masih ada jalan menuju Roma, ya masih banyak cara dan salah satunya yaitu memindahkan secara manual. Meski terkesan ribet, tapi cara ini juga cukup efektif dan gampang dilakukan kok.

Anda hanya perlu buka managing file (setiap HP namanya berbeda-beda). Kemudian, masuklah ke dalam internal storage >> download. Lalu, Anda bisa langsung pilih setiap file hasil download yang ingin Anda simpan ke external storage.

Jika sudah tamat memilih, pribadi saja pindahkan / cut hasil download tersebut ke external storage. Beres deh, kini hasil download di HP sudah dipindahkan ke kartu memori. Gimana, mudah?

2. Andalkan PC / Laptop

Andalkan PC Laptop

* sumber: www.youtube.com

Mari lanjutkan dengan cara lain, cara menyimpan hasil download ke kartu memori yang satu ini niscaya mampu dilakukan oleh semua HP. Tapi sayangnya, cara yang satu ini tidak akan menciptakan hasil download pribadi tersimpan di kartu memori, ya. Juga, Anda harus melalui tahap-tahap yang cukup ribet. Begini caranya:

  • Sambungkan kabel USB HP ke Port USB di PC atau Laptop.
  • Kemudian, cek di PC / laprtop Anda dan langsung buka file-file yang ada di HP melalui PC.
  • Setelah itu, pilihlah internal storage.
  • Lalu, Anda bisa pribadi memindahkan file-file di internal storage dengan cara cut atau CTRL + Z.
  • Terakhir, barulah Anda melakukan pemindahan ke external storage dengan cara CTRL + V di dalam external storage.

Selesai sudah, sekarang semua file hasil download Anda di internal storage sudah dipindahkan ke external storage alias kartu memori.

3. Mengatur di Google Chrome

Karena smartphone Android umumnya sudah menghadirkan browser bawaan Google Chrome, maka tentu saja bila Anda unduh atau download file pastinya memakai Google Chrome. Karena itu, hasil download yang pribadi dipindahkan ke microSD atau kartu Sekolah Dasar sejenis bisa diatur melalui Google Chrome. Caranya bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Google Chrome dan pilih tanda tiga titik di kanan atas.

Cara Menyimpan Hasil Download ke Kartu Memori di HP

  • Nanti akan muncul beberapa opsi, Anda hanya tinggal pilih “Download”.

Cara Menyimpan Hasil Download ke Kartu Memori di HP

  • Kemudian Anda pilih bagian pengaturan “Download” seperti yang ditunjukan oleh tanda panah yang ada di gambar bawah ini.

Cara Menyimpan Hasil Download ke Kartu Memori di HP

  • Setelah terbuka, nanti ada opsi “download location”. Pilih bagian ini!

Cara Menyimpan Hasil Download ke Kartu Memori di HP

  • Nanti akan muncul opsi “Downloads” dan “Sekolah Dasar Card”.
  • Pilih “Done”
  • Setelah itu, Anda silakan download apapun di Google Chrome. Nantinya, hasil download akan pribadi masuk ke kartu SD.

4. Menggunakan Aplikasi Advanced Download Manager

Advanced Download Manager

Khusus bagi pengguna Android, bila Anda merasa repot harus memindahkan hasil download ke kartu memori dengan menggunakan PC / laptop, maka cobalah aplikasi yang tersedia di PlayStore. Pasalnya, PlayStore ini juga punya aplikasi manis yang bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara memindahkan hasil download ke kartu memori di HP, Advanced Download Manager.

Aplikasi gratis yang mampu didapatkan di PlayStore ini terbukti cukup membantu untuk pengguna Android yang ingin hasil download pribadi disimpan ke kartu memori. Pasalnya, Advanced Download Manager ini punya fitur pengaturan di mana Anda tak perlu repot menggunakan PC atau memindahkan secara manual untuk hasil download.

Biarkan aplikasi ini yang memindahkan hasil download-an Anda ke kartu memori. Nah, cara menggunakannya cukup gampang. Pertama, tentunya Anda harus punya aplikasinya dulu, silakan download aplikasinya melalui link ini. Setelah itu pasang aplikasinya di ponsel Anda.

Kini Anda bisa melanjutkannya dengan membuka dan masuk ke dalam aplikasi. Pilihlah sajian pengaturan / setting. Sesudahnya, Anda mampu langsung klik pada hidangan Undahan / Download. Lalu, masuk pada sajian Folder File Unduhan dan klik pada ikon folder.

Sudah final? Nah, sekarang saatnya Anda memilih folder mana yang ingin dijadikan daerah untuk menyimpan hasil download, berarti di tahap ini maka Anda pilih kartu memori.

Langkah terakhir, kini Anda hanya perlu klik OK. Beres deh, kini hasil download Anda sudah dipindahkan ke kartu memori, bahkan ketika download file baru pun akan eksklusif masuk ke dalam kartu memori.

5. Atur di Pengaturan

Cara Menyimpan Hasil Download ke Kartu Memori

* sumber: id.wikihow.com

Sebenarnya cara menyimpan hasil download ke kartu memori satu ini tidak terlalu efektif. Mengapa? Sebab, cara ini jarang hadir di beberapa HP gres. Namun, ada beberapa HP juga yang masih menyediakan fitur setting untuk menyimpan hasil download secara pribadi ke kartu memori.

Caranya cukup gampang dan hanya butuh beberapa kali klik saja. Pertama, Anda mampu masuk ke dalam menu pengaturan. Setelah itu, barulah Anda cari sajian Penyimpanan / Storage. Jika sudah ketemu, pribadi pilih aturan Kartu SD. Selesai, kini semua hasil download Anda akan disimpan secara otomatis ke kartu memori.

Jika Anda ingin memindahkan aplikasi ke kartu eksternal, Anda bisa memakai cara yang lain. Pertama, Anda masuk ke Settings atau Pengaturan. Setelah itu, pilih Apps >. Kemudian pilih aplikasi yang ingin dipindahkan. Setelah itu pilih Storage Used. Klik dan pilih Change ke External/Sekolah Dasar. 

Untuk yang menggunakan bahasa Indonesia, caranya sama saja. Hanya bahasanya saja yang berbeda. Oh yah, untuk perpindahan aplikasi ke kartu SD ini tidak semuanya bisa. Ada aplikasi tertentu yang tidak mampu terpasang di memori eksternal.

6. Menggunakan ES File Explorer

ES File Explorer File Manager

Anda juga mampu memindahkan hasil download ke microSD atau kartu SD menggunakan aplikasi ES File Explorer. Aplikasi ini tergolong cantik untuk manajemen file. Sayangnya, aplikasi ini sudah tidak tersedia di Google Play Store tetapi Anda mampu mendapatkannya dari toko aplikasi lain. Berikut cara menggunakan ES File Explorer.

  • Download terlebih dahulu ES File Explorer. Anda mampu unduh aplikasinya terlebih dahulu lewat link ini.
  • Setelah itu, silakan instal dan buka ES File Explorer.
  • Silakan buka bab “Settings”.
    ES File Explorer 

    *Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=oQqJsV6QgDg

     

Kemudian pilih “Download path”.

ES File Explorer 

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=oQqJsV6QgDg

  • Selanjutnya pilih “storage” yang posisinya ada di bagian bawah “internal storage”.

ES File Explorer 

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=oQqJsV6QgDg

Dengan cara ini, Anda pun mampu mengunduh atau download file yang nantinya bakal tersimpan eksklusif ke microSD. Cukup mudah bukan?

 

7. Cara Memindahkan Hasil Download Khusus HP Xiaomi

* sumber: www.teknosid.com

Kalau 4 cara tadi bisa digunakan oleh HP brand apapun, namun cara yang satu ini hanya untuk para pengguna Xiaomi saja, ya. Pasalnya, HP Xiaomi punya fitur sendiri untuk mengubah lokasi penyimpanan hasil download. Jadi, semua file yang sudah diunduh akan pribadi disimpan ke kartu memori dan Anda tidak perlu repot memindahkannya lagi secara manual.

  • Ubah Pengaturannya

Ada dua acara memindahkan hasil download ke kartu memori pada HP Xiaomi, yang pertama ialah dengan mengubah pengaturannya. Beginilah cara mengubah pengaturan biar semua hasil download dapat terpindah ke kartu memori.

Pertama, cari aplikasi Unduhan/Downloads (biasanya ada di folder Alat/Tools). Jika sudah ketemu, lanjutkan dengan klik simbol titik tiga pada pojok kanan atas, lalu pilih setting. Selanjutnya, Anda pilihlah Save to a custom location. Langkah terakhir, pilihlah lokasi penyimpanan hasil download di kartu memori. Selesai sudah, mudah dan simpel, kan?

  • Gunakan Aplikasi Browser Bawaan

Selain cara di atas, masih ada cara lain untuk HP Xiaomi agar hasil download pribadi dipindahkan ke kartu memori. Tapi, cara ini harus memakai aplikasi browser bawaan dari HP Xiaomi, ya. Caranya gampang, pertama Anda harus ganti setelan pada aplikasi browser Xiaomi.

Buka Setelan, kemudian gulir ke bawah dan pilihlah Sistem Aplikasi. Setelah itu, Anda mampu pilih Browser >> Setelan Tambahan >> Lokasi Unduhan. Nah, pada tahap tersebut maka pilihlah kartu Sekolah Dasar / kartu memori sebagai daerah untuk menyimpan hasil download. Selesai, kini Anda sudah memindahkan dan langsung menyimpan hasil download di kartu memori.

Itulah tadi beberapa cara memindahkan serta menyimpan hasil download di kartu memori, ada yang memindahkan secara manual ataupun eksklusif menyimpan hasil download ke kartu memori. Kalau Anda lebih suka dengan cara yang mana?

Belum tahu wacana perbedaan dan jenis kartu memori? Temukan informasinya melalui artikel Perbedaan Memori SD Card, Mini Sekolah Dasar, dan Micro SD ini.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online