7 Aplikasi Perekam Layar Terbaik Untuk Pc Dan Laptop

Aplikasi perekam layar merupakan perangkat lunak yang sering dipakai oleh mereka yang ingin membuatkan pengalaman tertentu dalam memecahkan suatu duduk perkara pada komputer. Dengan merekam layar, langkah-langkah pemecahan problem yang harus diikuti jadi lebih terang dan mudah dipahami.

Aplikasi semacam ini juga sering dipakai untuk merekam aktivitas gaming, video call, sampai live streaming. Beberapa aplikasi bahkan menyediakan fitur-fitur editing yang berguna untuk meningkatkan kualitas rekaman. Berikut ialah sejumlah aplikasi perekam layar laptop terbaik dan gratis untuk digunakan (Windows, Mac, dan Android).

1. Movavi Screen Recorder Studio

Rekomendasi aplikasi perekam layar laptop yang pertama yakni Movavi Screen Recorder Studio. Aplikasi perekaman layar yang satu ini mempunyai banyak fitur perekaman video dan pengeditannya, membuatnya sangat inklusif dan serbaguna.

Aplikasi Movavi Screen Recorder Studio memungkinkan Anda untuk merekam layar laptop atau sebuah bagian dari layar dan mengedit hasil rekaman dengan tunjangan sejumlah fitur, seperti trim, crop, flip, hingga menambahkan filter dan watermark. Anda juga dapat melakukan screenshot layar dan menyimpannya sebagai file.

Selain merekam layar, Anda pun bisa merekam video dengan webcam, baik dilakukan secara bersamaan dengan perekaman layar maupun secara terpisah. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda merekam audio dengan mikrofon.

Aplikasi Movavi Screen Recorder Studio tersedia untuk Windows dan Mac serta mampu diunduh secara gratis. Anda mampu mencoba versi free trial untuk memastikan apakah Anda cocok dengan aplikasi ini atau tidak. Tertarik? Klik link di atas untuk mendapatkannya untuk masing-masing OS.

2. Bandicam

Jika Movavi Screen Recorder Studio mampu digunakan di Windows dan Mac, maka Bandicam hanya tersedia untuk perangkat Windows saja. Aplikasi Perekam Layar Bandicam populer sebab mampu merekam video berkualitas tinggi. Setelah merekam, Anda dapat menyimpan rekaman sebagai file video khususnya dalam format AVI atau MP4 atau dalam file gambar membisu.

Beberapa fitur paling menonjol dari Bandicam adalah kemampuan untuk memilih dan merekam area tertentu atau keseluruhan layar laptop, menggambar pada video dikala sedang direkam, dan menambahkan overlay webcam ke video di mana Anda dapat merekam diri Anda dikala layar sedang direkam.

Fitur embel-embel lainnya termasuk kemampuan untuk mencampur suara Anda sendiri ke dalam rekaman layar, kemampuan untuk menambahkan logo ke video, dan kemampuan untuk menambahkan efek mouse dan animasi lainnya dikala perekaman sedang berlangsung. Selain itu, Bandicam juga memungkinkan Anda untuk merekam game.

Ada dua versi yang ditawarkan oleh Bandicam, yakni registered dan unregistered. Versi registered tentu saja mempunyai fitur-fitur yang lebih lengkap tanpa adanya batas waktu perekaman per-file serta tidak ada watermark. Jika tertarik dengan Bandicam, langsung saja unduh aplikasinya di sini.

3. AceThinker

Rekomendasi aplikasi perekam layar laptop ialah AceThinker. Aplikasi yang dapat dijalankan di OS Windows dan Mac ini tergolong sederhana dan mudah dipakai. Terbilang sederhana karena semua yang perlu Anda lakukan dengan aplikasi ini yakni mengatur perekam, memulai rekaman, dan menyimpan screencast.

Seperti aplikasi lainnya di daftar ini, AceThinker juga memungkinkan Anda untuk merekam area layar tertentu dari seluruh bab layar laptop. Anda juga dapat merekam audio secara pribadi dari laptop maupun mikrofon eksternal kalau diperlukan.

Hasil rekaman layar AceThinker mampu dikonversi ke semua format video populer, termasuk AVI, MOV, dan MP4. Anda juga dapat eksklusif mengunggah video yang sudah akhir ke aneka macam situs web seperti YouTube dan Google Drive. Terdapat dua versi aplikasi AceThinker yang mampu digunakan, yaitu versi gratis dan berbayar.

4. CamStudio

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/[email protected]/

CamStudio yakni sebuah aplikasi perekam layar laptop yang bersifat open source. Aplikasi ini bisa merekam semua bagian layar dan kegiatan audio di laptop Anda dan menciptakan file video AVI yang dapat diubah dengan mudah menjadi video SWF.

Aplikasi CamStudio juga memudahkan Anda dalam menambahkan teks berkualitas tinggi ke semua video yang direkam. Selain mempunyai keunggulan dalam fitur teknis videonya, CamStudio juga menunjukkan kepada penggunanya codec lossless-nya sendiri yang bisa menghasilkan video berkualitas lebih tinggi dengan ukuran file yang lebih kecil.

Anda tidak perlu membayar untuk memakai aplikasi ini meskipun proyek Anda bersifat profesional. Jika Anda membutuhkan santunan dengan proyek yang sedang dilakukan, Anda dapat menggunakan file pemberian bawaan CamStudio yang telah tersedia. Jika ingin mencoba aplikasi perekam layar gratis ini, silahkan untuk mengunduhnya terlebih dahulu di sini.

5. Icecream Screen Recorder

Icecream Screen Recorder yaitu aplikasi perekam layar laptop gratis lainnya yang tersedia untuk perangkat Windows, Mac, dan Android. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk merekam area layar laptop atau menyimpannya sebagai screenshot.

Dengannya Anda dapat merekam aneka macam aplikasi dan game, tutorial video, webinar, live streaming, panggilan Skype, dan masih banyak lagi lainnya dengan cara yang gampang dilakukan. Selain itu, Anda juga mampu merekam layar bersamaan dengan audio dan webcam.

Clipboard ialah fitur penting lainnya yang dimiliki oleh aplikasi ini. Hal ini memungkinkan Anda menyimpan screenshot ke clipboard dan mengirimnya secara instan melalui email atau Skype.

Seperti perekam layar laptop lainnya, Icecream Screen Recorder juga memiliki versi pro yang mempunyai lebih banyak fitur. Anda dapat mengunduh aplikasi ini di sini.

6. Free Screen Video Recorder

Free Screen Video Recorder yakni aplikasi perekam layar yang tersedia secara gratis untuk laptop yang menjalankan Windows 10, 8, 7, Vista, atau XP SP3. Aplikasi ini memperlihatkan bermacam-macam fitur termasuk merekam kegiatan layar dan audio dari mikrofon eksternal.

Anda juga dapat melaksanakan resize, rotasi, dan memotong gambar yang diambil dari screencast. Fitur-fitur lain yang dimiliki oleh aplikasi Free Screen Video Recorder yakni screenshot dengan opsi simpan dan cetak. Bahkan kalau diharapkan Anda mampu meng-highlight jalur kursor untuk kejelasan.

Meskipun gratis, aplikasi ini tidak mengandung spyware atau adware sehingga aman untuk dipasang dan dijalankan. Jika tertarik, Anda bisa mengunduh Free Screen Video Recorder di sini.

7. ShareX

Aplikasi perekam layar ini hanya tersedia untuk laptop yang menjalankan OS Windows 7, 8.1, dan 10 saja. Selain gratis, aplikasi ini juga bersifat open source, tanpa iklan, dan cukup ringan untuk digunakan.

ShareX mampu menangkap sebagian atau seluruh bab layar dan mampu menangkap area layar dengan menggunakan bentuk persegi panjang, elips, atau dengan tangan bebas. ShareX juga memungkinkan Anda untuk menambahkan imbas gambar atau watermark ke dalam rekaman.

Aplikasi ini juga menawarkan fasilitas dalam membagikan hasil rekaman layar laptop ke orang lain, adalah dengan metode drag-and-drop. Anda dapat mengunduh aplikasi ShareX di sini.

Nah, itulah daftar aplikasi perekam layar laptop terbaik dan gratis Anda gunakan. Tentu saja beberapa di antaranya menawarkan versi pro untuk pengalaman merekam yang lebih baik dan lebih profesional.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online