7 Alasan Kenapa Kamu Harus Pakai Antivirus Di Pc!

Sebagai pengguna PC/laptop yang aktif, niscaya sering melakukan browsing di internet, entah itu untuk keperluan pekerjaan, belajar, atau pun yang lainnya. Tapi sayangnya, tidak semua yang ada di internet kondusif. Pasalnya, ada saja situs-situs pembangkang yang mampu menjangkit virus ke komputer Anda.

Nah, semoga Anda mampu browsing dengan aman dan nyaman tanpa ada gangguan virus, Anda membutuhkan yang namanya antivirus. Fungsi dari antivirus ini sangat banyak, bukan hanya untuk melindungi komputer dari virus saja, ya. Tapi, antivirus juga bisa berperan untuk mengamankan data-data pribadi Anda, atau melindungi Anda dari phising.

Masih ragu untuk menggunakan antivirus? Yuk, pikirkan kembali dengan mengetahui beberapa alasan yang akan kami ulas berikut ini!

1. Keamanan Terjamin!

Ciri-Ciri Perangkat Yang Terserang Virus dan Malware Android

* sumber: jurnalapps.co.id

Saat Anda menggunakan Antivirus maka sudah dipastikan keamanan PC akan terjamin. Anda tidak perlu khawatir soal virus yang menyerang PC. Ada banyak aplikasi antivirus yang menunjukkan kemampuan untuk menangkal virus komputer malware, ransomware, hingga spyware.

Selain menangkal virus, ada juga aplikasi antivirus yang berperan untuk melindungi PC Anda dari situs-situs yang tidak dikenal. Biasanya, situs yang tidak dikenal bisa membuatkan virus malware. Agar virus tersebut tidak menjangkit di PC Anda maka antivirus akan langsung menghadang virus tersebut saat Anda memasuki situs gres.

2. Pencegahan Phising

Comp Virus

* sumber: pixabay.com

Bukan hanya untuk melindungi dari virus saja, dengan menggunakan antivirus maka Anda bisa mencegah oknum-oknum nakal melakukan phising. Apa, sih, yang dimaksud dengan phising? Makara, phising yaitu suatu tindakan dimana data pribadi Anda diambil oleh oknum-oknum tidak bertanggungjawab.

Nah, data tersebut mampu dijual atau mungkin disalahgunakan untuk keperluan kriminal. Jika Anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi dikala browsing, pilihannya adalah menggunakan antivirus, ya!

3. Fitur yang Lengkap

Keamanan Terjamin

Aplikasi antivirus yang elok tidak hanya berfungsi untuk menangkal virus di PC saja. Pasalnya, ada juga antivirus yang dilengkapi oleh fitur-fitur menarik untuk mengoptimalkan sistem keamanan di PC Anda. Berikut beberapa fiturnya:

  • Safe Browsing, di mana Anda mampu browsing secara anonim tanpa tertangkap basah.
  • Mengoptimalkan PC Anda dengan memindai cache & junk yang ada di setiap folder PC.
  • Adblocker, fitur yang bisa menghindari iklan dikala sedang
  • Safe Site, menawarkan keamanan pada PC saat masuk ke web yang tidak dikenal.
  • Pengelola kata sandi, dengan fitur ini akan melindungi setiap kata sandi yang disimpan dalam PC Anda.

Nah, salah satu aplikasi antivirus yang menawarkan kelengkapan fitur mirip itu adalah Total AV. Dengan memakai Total AV, Anda mampu aman melakukan browsing tanpa ketahuan. Bahkan, Total AV juga bisa mengoptimalkan kinerja PC dengan membersihkan “sampah” yang ada di PC.

Merasa terganggu dengan kehadiran iklan yang tiba-tiba muncul? Tenang saja, Total AV ini punya fitur Adblocker yang mampu menghadang iklan di web. Oh iya, Total AV juga punya fitur safe site di mana Anda mampu aman mengunjungi situs mana pun tanpa khawatir diserang virus, ini berlaku untuk situs yang tidak dikenal maupun situs yang pernah Anda kunjungi.

Punya kata sandi yang bersifat privat? Tenang saja, Total AV siap melindungi setiap kata sandi yang Anda simpan di PC, baik kata sandi berupa akun sosmed atau pun akun lainnya. Sangat lengkap, kan?

Dan yang paling penting, aplikasi Total AV juga sudah diakui oleh beberapa expert lho. Temukan detail review dari pengguna dan expert mengenai Total AV di sini. Makara, Anda tidak perlu ragu lagi dengan aplikasi Total AV. Selain fiturnya yang lengkap dan memadai, Total AV juga sudah diakui oleh para penggunanya, termasuk para expert, mengenai kemampuannya.

4. Tersedia untuk Berbagai Platform

Kemudahan Pemakaian

Jangan kira aplikasi antivirus hanya mampu dipakai untuk satu platform saja, alasannya ada juga aplikasi antivirus yang bisa dipakai untuk beberapa platform. Misalnya saja, Total AV, aplikasi tersebut bukan hanya melindungi PC dari virus tapi juga melindungi ponsel Anda dari serangan virus.

5. Tersedia Buku Panduan

Tersedia Buku Panduan

Jangan khawatir soal cara memakai aplikasi antivirus, sebab bekerjsama ada aplikasi antivirus yang menyediakan buku panduan cara pemakaiannya. Sebenarnya, tanpa buku panduan pun Anda mampu langsung mengerti cara menggunakannya, karena antarmuka aplikasi antivirus pun lebih simpel dan informatif.

Namun, bila Anda masih ragu, ada aplikasi antivirus yang memperlihatkan buku panduan. Salah satu aplikasinya adalah Total AV. Buku panduan dari Total AV berupa ebook dan di dalamnya berisi berita seputar cara mengatasi virus, hal-hal yang harus diwaspadai saat mengunjungi situs gres, dan cara sempurna dalam menangani virus di PC/ponsel.

6. Layanan 24 Jam

Layanan 24 Jam

Kalau Anda berlangganan aplikasi antivirus tertentu maka Anda akan menerima pelayanan khusus. Biasanya aplikasi antivirus menerima pelayanan 24 jam. Pelayanan ini memiliki kegunaan untuk Anda yang ingin bertanya atau complain. Biasanya, layanan bertanya ini mampu melalui email, telepon, atau live chatting. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi soal virus yang menyerang PC!

7. Hemat Biaya

hemat biaya

Jika tidak memakai antivirus dan PC Anda sudah terlanjur terjangkit virus, mungkin PC Anda harus diinstall ulang, atau bahkan menyerang beberapa hardware dan software di PC Anda. Hasilnya, Anda harus mengeluarkan biaya untuk melaksanakan install ulang, mengunduh software, bahkan yang paling parah mungkin harus mengganti beberapa hardware di PC.

Makanya, sebelum semua hal itu terjadi, kami sarankan untuk memakai antivirus, ya. Tidak semua aplikasi antivirus yang versi pro itu mahal. Justru ada juga beberapa aplikasi antivirus yang menawarkan paket dengan harga yang relatif terjangkau. Dengan begitu, Anda mampu menghemat biaya demi keamanan PC atau pun ponsel Anda.

Ya, itu tadi alasan kenapa Anda wajib menggunakan antivirus. Sayangnya, masih ada sekitar 25% pengguna komputer tidak menggunakan PC. Padahal antivirus sangat penting untuk menghindari PC Anda dari virus. Kaprikornus, jangan ragu untuk memakai antivirus untuk PC Anda, ya!

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online