6 Game Digimon Di Android Yang Paling Seru Di Tahun 2020

Digimon (Digital Monster) yakni seri anime dan game yang dirilis pada tahun 1999. Anime Digimon yang pertama mengisahkan petualangan sekumpulan anak yang terpilih (atau biasa disebut DigiDestined) untuk menyelamatkan dunia digital ditemani oleh partner digimon mereka.

Digimon sangat digemari alasannya adalah memiliki desain abjad yang unik dengan cerita yang cukup serius namun layak ditonton bawah umur. Popularitas seri Digimon yang meroket melahirkan banyak sekali sequel dan game-game menarik di beberapa platform, termasuk Android.

Kalau kau anak generasi millenial yang sering menonton serial kartun ini waktu kecil, mungkin kau akan tertarik memainkan game digimon di Android untuk bernostalgia. Bagi yang baru mengenal seri Digimon juga tidak ada salahnya mencoba.

Karena, secara umum game Digimon di Android memiliki grafis yang memukau dan gameplay yang menyenangkan, cocok bagi siapapun yang menggemari game. Daripada ingin tau, yuk simak 6 game Digimon di Android berikut ini!

1. Digimon ReArise

digimon-rearise

*

Digimon ReArise adalah game MMORPG resmi yang dirilis oleh BANDAI Namco Entertainment untuk platform iOS dan Android. Sebelumnya juga telah dirilis game resmi Digimon dengan tajuk Digimon Links namun sudah ditutup pada 24 Juli 2019 kemudian. Seperti game sebelumnya, Digimon ReArise menghadirkan kembali beberapa digimon dari animenya terdahulu sampai yang terbaru.

Kamu akan dipertemukan dengan Herrismon, seekor digimon pendatang baru yang akan menemanimu menyelamatkan dunia digital dari kedatangan musuh berjulukan Spiral.

Spiral adalah makhluk digital yang mampu mirip bentuk digimon lain dan memanipulasi evolusi digimon lain. Bersama dengan Herrismon dan berbagai digimon yang bisa kau koleksi, kamu harus mengalahkan Spiral sebelum mereka berhasil menguasai dunia.

Digimon ReArise juga menghadirkan prosedur gacha di mana kamu berkesempatan mendapatkan digimon langka dengan membayarkan mata uang dalam game bernama “rubies”. Pada game Digimon ReArise, mekanisme ini disebut dengan Reroll dan diharapkan keberuntungan untuk mampu mendapatkan digimon dan aneka macam item yang kau inginkan.

Selain itu, ada dua mode gameplay utama yang mampu kamu nikmati di sini, yakni PvE (Player vs Environment) dan PvP (Player vs Player) yang keduanya mengusung sistem turn-based. Kamu bisa bertarung menggunakan lima digimon sekaligus untuk melawan pemain lain atau bekerja sama dengan mereka untuk mengalahkan digimon berpengaruh.

Uniknya lagi, game Digimon ReArise menghadirkan fitur widget yang bisa dipasang di HP Android kau. Widget ini berfungsi untuk menampilkan partner digimon dalam bentuk sprites mirip bermain tamagotchi.

Setelah mengaktifkan widget ini, kau bisa mendapatkan item seiring dengan seberapa jauh kau berjalan kaki (DigiWalk) atau saat kebetulan bertemu pemain lain di jalan. Kamu mampu mengunduh game ini di Google Play Store atau melalui link ini.

2. Data Squad

digimon-data-squad

*

Data Squad merupakan game digimon lain yang patut kamu coba di Android. Meskipun bukan game resmi, kualitas grafik 3D dan animasi yang ditawarkan tidak kalah memukau dengan Digimon ReArise. Sebagai game digimon yang juga mengusung sistem turn-based, Data Squad mempunyai gameplay yang terkesan lebih simpel dan linear.

Data Squad pun tidak menghadirkan abjad atau kisah gres, melainkan aksara yang sudah ada dari beberapa serial anime Digimon season tertentu. Saat pertama kali bermain, kau akan diminta menentukan salah satu dari dua abjad bersaudara, yakni Taichi dan Hikari. Lalu, kau akan bertemu dengan Mikagura Mirei yang akan memberikanmu partner digimon pertama.

Ada beberapa elemen unik pada game ini mirip mount yang dapat kamu tunggangi dan sistem hubungan kelebihan dan kelemahan tipe digimon. Misalnya kalau kamu memakai digimon tipe api, kau akan memiliki keunggulan terhadap digimon tipe air, dan sebagainya.

Di game ini, kau akan bertemu dengan banyak NPC yang akan memberimu quest untuk dijalankan, mirip game MMORPG pada umumnya. Nantinya, kamu akan mendapatkan reward seperti item dan experience untuk meningkatkan level. Tertarik untuk mencoba? Klik link ini untuk mengunduh game Data Squad di Android.

3. Digital Beast

digital-beast

*

Kalau kamu lebih menyukai game bergenre MOBA mirip Mobile Legends ketimbang MMORPG, kau pasti akan menyukai game digimon yang satu ini. Digital Beast yang merupakan game tidak resmi lainnya yang mengusung tipe permainan action. Kaprikornus, kau mampu menyerang musuh tanpa perlu bergiliran seperti sistem turn-based.

Cerita yang terdapat pada Digital Beast mengambil inspirasi pada seri anime digimon season pertama. Kamu bisa memilih satu dari tiga abjad utama beserta masing-masing partner digimon yakni Taichi dengan partner digimonnya Agumon, Takeru dan Patamon, atau Mimi dan Palmon. Game dimulai saat adanya fenomena abnormal yang menimbulkan beberapa digimon memasuki dunia manusia.

Kamu dan partner digimon-mu harus melawan Parrotmon yang ketika itu tiba untuk menginvestigasi, sebelum karenanya memulai petualangan gres di dunia digital. Ada sekitar 100 digimon yang bisa kamu kumpulkan, termasuk beberapa digimon legendaris mirip Omnimon dan Alphamon. Silakan klik link ini untuk mengunduh game Digital Beast.

4. Digital World: Evolution

digital-world

*

Digital World: Evolution ialah game bergrafik 3D yang juga bisa dimainkan pada platform Android. Seperti kebanyakan game digimon pada daftar ini, Digital World Evolution mengusung sistem permainan turn-based, meskipun terdapat beberapa perbedaan. Contohnya, kamu mampu menentukan deretan yang pas untuk tim digimon kau.

Jika kau menempatkan digimon pada posisi front row, damage yang diterima akan lebih besar. Sedangkan, jikalau kamu menempatkan digimon pada posisi back row, damage yang diterima akan lebih sedikit. Ada empat digimon partner yang mampu kamu mainkan secara bersamaan. Sistem gugusan ini akan membantu kau memilih strategi yang tepat untuk melawan musuh.

Sistem penggunaan skill pada game ini juga cukup unik. Setiap kali digimon melaksanakan serangan, kau akan mendapatkan satu energy slot yang mampu kamu gunakan untuk mengeluarkan skill. Jika energy slot sudah banyak, kamu mampu memilih beberapa skill card sekaligus untuk nantinya dikeluarkan secara bersamaan sesudah menekan tombol Release.

Di game ini juga terdapat sistem gacha yang mampu kamu manfaatkan untuk menerima digimon langka. Caranya, kau perlu melaksanakan tap pada Gabumon setiap harinya untuk meningkatkan “Love”. Nantinya, tingkatan “Love” ini akan kuat pada kelangkaan digimon yang kamu dapat. Game ini tidak tersedia di Google Play Store, tapi kamu mampu mengunduhnya melalui link ini.

5. Digi Warfare

digiwarfare

Sumber: youtube/TESTER GAMER ID

Digi Warfare ialah game digimon di Android yang mempunyai art style menyerupai kartun, berbeda dengan game digimon lainnya. Menariknya, kau mampu memainkan enam digimon partner sekaligus pada game yang mengusung sistem turn-based ini. Ada beberapa keunikan lain dari segi gameplay, yakni terdapatnya mekanisme QTE (Quick Time Event) ketika melaksanakan skill combo.

Masing-masing digimon mempunyai skill portrait yang terletak di bawah layar. Saat portrait-nya menyala jelas, kamu mampu melaksanakan tap pada skill untuk mengeluarkan jurus mematikan.

Lalu, saat jurus dikeluarkan, akan muncul skill circle yang harus kau tap di waktu yang tepat. Kalau kau berhasil tap skill circle ketika ukurannya terkecil, kamu akan mendapatkan perfect combo untuk menghasilkan damage yang lebih besar.

Area pertempuran pada game ini mendatangkan musuh secara terjadwal (wave). Biasanya, pada wave terakhir, kamu akan dihadapkan dengan boss digimon dengan nyawa yang lebih banyak dan serangan yang lebih mematikan. Untuk memainkan game ini, kau mampu mengunduhnya di link ini.

6. RetroMon

retromon

*

Apakah kamu waktu kecil pernah bermain tamagotchi? Tamagotchi adalah sebuah konsol permainan kecil berisikan peliharaan virtual yang sangat digemari belum dewasa pada tahun 90-an. Nah, popularitas tamagotchi ini juga meroket dikala BANDAI mengeluarkan produk tamagotchi berupa DigiVice yang membuatmu mampu memelihara Agumon sebagai peliharaan virtual.

Kalau kau kangen dengan tamagotchi, RetroMon bisa jadi pilihan yang pas buat kau. Bagaimana tidak? RetroMon mempunyai mekanisme permainan yang persis dengan tamagotchi, hanya saja ada beberapa perubahan. Misalnya, selain bisa memberi makan dan melatih monster peliharaan, kamu juga mampu menyuruhnya bertarung dengan pemain lain secara online.

Lalu, kamu juga mampu melaksanakan banyak sekali macam kustomisasi seperti warna, latar belakang, nama peliharaan, dan lain-lain. Game ini juga mampu menampilkan growth chart di mana kau mampu melihat bentuk evolusi dari monster yang kau pelihara. Kalau tertarik, kau bisa mengunduhnya melalui link ini.

Nah, itulah beberapa game digimon di Android yang bisa kamu mainkan di tahun ini. Kebanyakan memang bukan game resmi Android, itulah kenapa kamu tidak akan menemukannya di Google Play Store. Namun, game-game ini sangat layak dimainkan alasannya adalah memberikan grafis yang gahar dan mekanisme permainan yang tidak kalah serunya.

Atau kalau kamu hanya ingin bermain game resminya saja, Digimon ReArise dan RetroMon sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan nostalgiamu. Kaprikornus, game digimon mana saja yang ingin kamu coba lebih dulu? Tuliskan di kolom komentar di bawah ya!

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online