6 Aplikasi Terbaik Untuk Mengedit Pdf Di Aneka Macam Perangkat

PDF ialah salah satu format dokumen yang paling populer dan penting di dunia. Format ini dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Dokumen dengan format ini dapat dengan mudah dibentuk, baik secara offline maupun online.

Untuk mampu mengedit sebuah dokumen PDF dibutuhkan aplikasi khusus yang mendukungnya. Nah, jikalau bidang pekerjaan Anda mengharuskan Anda untuk mengedit dokumen-dokumen PDF, di bawah ini Carisinyal akan membahas sejumlah aplikasi khusus untuk mengedit yang menunjukkan versi gratisan.

1. Sejda

Jika Anda sedang mencari aplikasi untuk mengedit file PDF yang gratis, maka Sejda bisa menjadi balasan yang tepat untuk Anda. Selain mengedit, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menambahkan bidang formulir ke file PDF. Aplikasi Sejda dapat Anda jalankan di Windows, Mac, Web, dan Linux.

Beberapa peran editing yang dapat Anda lakukan dengan aplikasi Sejda yaitu menggabungkan dokumen, memotong (crop) atau memutar (rotate) halaman, menambahkan header dan footer dengan nomor halaman, men-split file PDF menjadi dokumen yang lebih kecil, dan lain sebagainya.

Aplikasi Sejda gratis Anda gunakan untuk mengedit 3 dokumen per hari hingga 200 halaman per dokumen. Anda juga mampu beralih ke versi Pro kalau tidak ingin ada batasan jumlah dokumen yang mampu diedit.

Biaya berlangganan aplikasi ini yakni mulai dari $5 per ahad atau $ 69,95 untuk lisensi desktop tanpa batas waktu untuk pengeditan dan pemrosesan batch tanpa batas. Jika tertarik mencoba aplikasi ini, Anda dapat pergi ke situs resmi Sejda di sini.

2. Xodo

Xodo adalah aplikasi edit PDF gratis yang dapat digunakan di banyak sekali perangkat, termasuk Windows, Android, iOS, dan Web. Meskipun tidak dimaksudkan untuk mengedit teks dan foto yang ada dalam PDF, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mampu menambahkan anotasi yang dibutuhkan untuk menandai dokumen.

Dengan aplikasi Xodo Anda mampu mengisi formulir PDF, melakukan pencarian melalui dokumen dan halaman bookmark, mencoret teks, dan menambahkan gambar, kotak teks, bentuk, tanda tangan, dan anotasi lainnya. Anda juga mampu menggabungkan dokumen PDF atau mengatur ulang halamannya.

Xodo dapat bekerja layaknya Google Documents di mana Anda mampu bekerja sama dengan tim Anda dari dokumen online yang sama. Anda dapat mengundang orang lain melalui email atau menyalin link/tautan ke dokumen Anda. Jika tertarik dengan Xodo, Anda dapat berkunjung ke resmi mereka di sini.

3. CloudConvert

CloudConvert bukanlah sebuah aplikasi untuk mengedit file PDF, melainkan aplikasi untuk mengkonversi file PDF dan ratusan jenis file lainnya menjadi file yang Anda inginkan. Dengan demikian, Anda dapat melakukan editing file yang didukung oleh sistem komputer yang Anda gunakan.

Aplikasi berbasis web ini bisa mengekstrak teks dan gambar, menggantikan font dengan yang standar pada kebanyakan komputer, dan mempertahankan formatnya sebanyak mungkin. Meskipun tidak tepat, aplikasi ini cukup cantik untuk menciptakan dokumen yang mirip dengan PDF yang orisinil.

Setelah tamat melaksanakan editing dengan aplikasi yang ada di komputer, Anda mampu dengan gampang mengkonversi file tersebut (misal .doc) kembali ke PDF dengan CloudConvert.

Aplikasi ini gratis dipakai untuk meng-convert sebuah file dengan ukuran hingga 1 GB dan 25 menit waktu konversi per hari. Jika Anda menginginkan layanan tanpa batas, Anda harus beralih ke versi yang berbayar dengan biaya mulai dari $8 per 500 menit konversi dengan ukuran file yang tidak terbatas.

4. Foxit

Foxit adalah aplikasi untuk mengedit PDF lainnya yang mampu dijalankan di berbagai OS, mirip Windows, Mac, Android, dan iOS. Selain itu, aplikasi ini juga tersedia dalam versi Web. Dengan demikian, Anda mampu mengedit file PDF dengan mudah, baik di smartphone, tablet, dan laptop.

Versi gratis dari Foxit (untuk desktop) hanya mampu dipakai untuk melihat dan menambahkan anotasi ke dalam dokumen PDF. Sementara jikalau Anda menginginkan versi yang lebih lengkap, Anda harus beralih ke versi berbayar dengan biaya langganan mulai dari $8 per bulan (seluler dan desktop) dan mulai dari $129 sekali pembelian untuk desktop.

Beberapa hal yang mampu Anda lakukan dengan Foxit adalah yakni mengekstraksi data dari formulir yang diisi dan menambahkannya ke dalam file spreadsheet, mengubah halaman PDF menjadi template untuk dokumen gres, dan lain sebagainya. Jika tertarik dengan Foxit, pribadi saja dapatkan aplikasinya di sini.

5. PDFelement

Aplikasi untuk mengedit PDF ini menyediakan versi gratis untuk iOS dan Android yang memungkinkan Anda untuk membaca, menciptakan anotasi, dan bahkan mengedit teks dalam dokumen PDF selama Anda mendaftar untuk mendapatkan akun gratis. Untuk desktop, PDFelement menunjukkan beberapa versi berbayar yang mampu dipilih sesuai kebutuhan.

Pertama ada PDFelement Express untuk Mac yang meliputi tool yang disederhanakan untuk membuat anotasi PDF dan mengedit teks tanpa memerlukan aplikasi lengkap. Versi ini dihargai sekitar $40. Selanjutnya ada PDFelement Standard untuk Mac dan Windows dengan editing tool utama. Yang terakhir adalah PDFelement Pro untuk Mac dan Windows dengan tool OCR.

Versi Standar dari aplikasi ini mencakup fitur pengeditan lengkap, sementara versi Pro menggunakan OCR untuk mengenali teks dalam gambar dan mampu menambahkan bidang formulir ke dokumen PDF Anda. Tool tersebut bahkan mampu mengenali bab gaya formulir di dalam dokumen dan mengubahnya menjadi bentuk PDF yang mampu diisi secara otomatis bila diinginkan.

Jika Anda ingin mencoba aplikasi untuk mengedit PDF canggih ini, Anda dapat berkunjung ke situs mereka di sini untuk mendapatkannya.

6. Adobe Acrobat

Adobe Acrobat bisa dibilang sebagai salah satu aplikasi untuk mengedit PDF yang paling populer, paling awal, dan paling canggih di industri PDF editing. Aplikasi ini tersedia untuk sejumlah OS, termasuk Windows, Mac, Linux, Android dan iOS.

Versi gratis dari Adobe Acrobat hanya dimaksudkan untuk melihat PDF, menambahkan highlight dan anotasi dasar, dan mengisi formulir. Untuk dapat mengedit PDF dengan fitur-fitur lengkap, Anda harus beralih ke versi berbayar dengan biaya mulai dari $25 per bulan (bayar per tahun jadi lebih murah) hingga $300 untuk sekali pembelian.

Sebagai aplikasi yang sudah terbilang berpengalaman, Adobe Acrobat (versi terbaru) tiba dengan fitur-fitur yang terasa gampang digunakan. Sebagian tool dalam aplikasi ini disembunyikan secara default, sehingga Anda dapat membaca dan mengisi formulir PDF tanpa mengeditnya.

Alat pengeditan yang dimiliki oleh Adobe Acrobat juga cenderung menciptakan file PDF tetap terlihat mirip aslinya. Perlu diketahui bawah aplikasi ini hanya akan memakai font yang telah terinstal ketika mengedit PDF. Meskipun demikian, Anda ditawarkan lebih banyak opsi pengeditan font untuk memastikan jarak biar tampak benar dalam teks yang diedit.

Nah, itulah sejumlah aplikasi untuk mengedit PDF yang mampu Anda gunakan secara gratis. Jika ingin menerima fitur-fitur yang lebih lengkap dan membantu, Anda mampu beralih ke versi yang berbayar (bulanan atau tahunan).

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online