6 Aplikasi Keyboard Virtual Terbaik Dan Gratis Untuk Laptop

Keyboard virtual yakni keyboard non-fisik yang umum digunakan pada perangkat berlayar sentuh, mirip smartphone, tablet, dan laptop hybrid. Selain sudah menjadi fitur bawaan, pengguna juga masih dapat memakai aplikasi keyboard virtual pihak ketiga yang menunjukkan fitur lebih banyak.

Berikut ini Carisinyal akan membahas sejumlah aplikasi keyboard laptop virtual yang bisa Anda gunakan secara gratis. Anda juga dapat beralih ke versi Pro bila menginginkan fitur yang lebih lengkap. Yuk, eksklusif saja lihat daftarnya di bawah ini!

1. On-Screen Keyboard Windows

On-Screen Keyboard merupakan keyboard virtual bawaan Windows yang gratis digunakan. Fitur ini bisa diakses dengan gampang menggunakan beberapa metode yang mampu Anda dapatkan di sini.

Meskipun tidak selengkap aplikasi keyboard virtual pihak ketiga, On-Screen Keyboard Windows ini memiliki sejumlah fitur, seperti bunyi keyboard dan prediksi teks. Sayangnya dikala dipakai, fitur keyboard bawaan ini belum mendukung pengaturan multi bahasa.

Selain di perangkat-perangkat Windows berlayar sentuh, On-Screen Keyboard juga dapat digunakan di komputer non layar sentuh. Fitur ini cukup bermanfaat di era pengguna tidak mampu mengakses komputer mereka alasannya adalah keyboard fisiknya mengalami dilema.

2. Free Virtual Keyboard

Salah satu aplikasi keyboard virtual gratis untuk Windows yakni Free Virtual Keyboard. Selain gratis, aplikasi ini juga ringan, multibahasa (tidak hanya tersedia dalam bahasa Inggris saja), serta ramah jari (gampang dioperasikan).

Aplikasi Free Virtual Keyboard mampu dipasang dan dijalankan pada komputer berbasis Windows dengan layar sentuh. Anda dapat memakai mouse, layar sentuh, pena atau alat penunjuk lainnya untuk mengetik. Keyboard mudah ini mempunyai tombol yang cukup besar untuk diketik dengan ujung jari, sehingga mudah digunakan.

Aplikasi keyboard virtual gratis ini hadir dengan empat keyboard virtual yang berbeda dan mendukung semua bahasa dan tata letak keyboard yang terpasang dalam sistem. Beberapa fitur yang terdapat dalam Free Virtual Keyboard ialah:

  • Mengubah ukuran, warna, dan transparansi keyboard di layar komputer.
  • Memiliki fungsi auto-repeat untuk menekan tombol apa saja untuk mengulangi abjad yang sama secara terus-menerus secara otomatis.
  • Bisa dijalankan melalui flashdisk, sehingga sangat portabel.

Jika Anda tertarik dengan keyboard virtual gratis ini, Anda dapat eksklusif mengunduhnya melalui situs aplikasi secara eksklusif (klik di sini) atau melalui toko aplikasi Microsoft (klik di sini).

3. On-Screen Keyboard Portable

Aplikasi keyboard laptop virtual gratis lainnya adalah On-Screen Keyboard Portable yang mampu dipasang di laptop dengan sistem operasi atau OS Windows XP, Vista, 7, 8, dan 10. Aplikasi yang bersifat Open Source ini cukup ringan untuk dipasang di laptop karena ukurannya hanya 1 MB.

Meskipun secara tampilan mampu dibilang kurang menarik, aplikasi keyboard virtual yang ini memiliki fungsi mengingat pengaturan yang Anda buat saat menggunakan keyboard. Dengan demikian, Anda tidak perlu menciptakan pengaturan lain ketika akan memakai keyboard portabel ini di lain waktu.

Sayangnya dari sisi keamanan, aplikasi ini tidak mampu melindungi pengguna dari perangkat lunak berbahaya (malicious software), atau dari pelacakan sumber (source tracking) yang bisa memperoleh dan menyimpan data penting pengguna mirip kata sandi.

Meskipun On-Screen Keyboard Portable memperlihatkan perlindungan terhadap keylogger perangkat keras, aplikasi tidak menawarkan pertolongan terhadap keylogger perangkat lunak (yang jauh lebih umum). Hal itu utamanya dimaksudkan sebagai alat aksesibilitas atau sebagai cara alternatif entri teks (komputasi berbasis pena, dll).

Sama seperti Free Virtual Keyboard, aplikasi keyboard virtual yang ini juga mampu disimpan dan dijalankan melalui flashdisk. Jika Anda ingin mencoba aplikasi ini, Anda mampu mengunduhnya di sini.

4. Comfort On-Screen Keyboard Pro

Ini yakni sebuah aplikasi keyboard virtual berbayar, namun Anda mampu mencoba memakai versi free trial-nya. Seperti namanya, aplikasi yang mampu berjalan di Windows 10/8.1/8/7/ Vista/XP ini menawarkan sejumlah fitur profesional yang sangat membantu pengguna.

Keyboard ini sudah mendukung multi bahasa yang dapat menampilkan karakter yang diketik dalam bahasa apa pun. Selain itu, Anda juga dapat dengan cepat beralih antar bahasa hanya dengan satu klik atau sentuhan.

Comfort On-Screen Keyboard Pro juga memungkinkan Anda untuk dapat menyesuaikan tampilan dan kinerja keyboard di layar (posisi, ukuran dan jumlah tombol, warna, dan skin). Hal itu alasannya aplikasi ini telah dibekali sejumlah template yang mampu Anda pilih sesuai cita-cita.

Fitur keren lainnya yang dimiliki oleh aplikasi keyboard virtual yang ini yaitu mampu menampilkan ikon pintasan Windows dan sejumlah aplikasi terkenal, dan masih banyak lagi fitur-fitur lainnya yang bermanfaat bagi pengguna. Jika Anda ingin mencoba Comfort On-Screen Keyboard Pro, silakan unduh aplikasinya di sini.

5. Click-N-Type

Click-N-Type yaitu aplikasi keyboard laptop virtual lainnya yang mampu Anda gunakan secara gratis. Aplikasi ini dibekali sejumlah fitur yang mendukung pengetikan secara mudah, seperti prediksi teks dan penyelesaian kata. Selain sepenuhnya dapat dikonfigurasi, Click-N-Type juga memberikan mode AutoClick dan Scanning serta pilihan sejumlah bahasa yang berbeda.

Karena fungsionalitasnya yang baik, aplikasi keyboard yang ini juga memungkinkan Anda untuk mengetik di jendela dan aplikasi apa pun memakai kursor. Meskipun fitur-fitur canggih mirip spell-check tidak tersedia, aplikasi Click-N-Type tetap dapat dipercaya dengan baik.

Sayangnya aplikasi hanya dapat dipasang dan dijalankan di laptop dengan sistem operasi Windows 98/Me/NT/2000/XP/Vista/Win-7. Sama seperti beberapa aplikasi keyboard virtual di atas, Click-N-Type juga mempunyai versi portabel untuk USB flash drive. Tertarik? Anda mampu mengunduh aplikasinya di sini.

6. Hot Virtual Keyboard

Hot Virtual Keyboard membawa sejumlah fitur canggih untuk menciptakan pengetikan di layar lebih cepat, lebih gampang, dan lebih akurat. Selain nyaman digunakan dengan jari di perangkat komputer layar sentuh, Hot Virtual Keyboard juga menawarkan pengalaman mengetik dengan mouse dengan cepat dan efisien!

Meskipun aplikasi ini memberikan versi trial secara gratis, Anda harus membayar jika ingin versi lengkap. Hot Virtual Keyboard mendukung banyak sekali bahasa dan menunjukkan fitur auto-complete sebagai alat untuk mempercepat pengetikan dengan melengkapi kata-kata yang Anda ketik.

Fitur lain yang dimiliki oleh Hot Virtual Keyboard ialah sepenuhnya mampu dikustomisasi. Anda dapat memodifikasi keyboard virtual Anda sendiri dengan memilih latar belakang, bentuk, warna dan font tombol, suara dari berbagai gugus tombol, dan parameter-parameter lainnya untuk menciptakan keyboard virtual yang sesuai dengan impian Anda.

Hot Virtual Keyboard mampu dijalankan di banyak sistem operasi Windows, mulai dari Windows 2000 hingga Windows 10. Jika Anda tertarik memakai aplikasi keyboard virtual ini, silahkan unduh aplikasinya di sini.

Nah, itulah beberapa aplikasi keyboard laptop virtual yang dapat dipakai secara gratis. Meskipun yang gratisan juga sudah cukup membantu dalam melaksanakan pengetikan, Anda mampu beralih ke versi berbayar jikalau menginginkan fitur-fitur yang lebih profesional dan mampu menunjang pekerjaan Anda.

Kalau butuh tips laptop lainnya, kami pernah mengulas berbagai tips khusus permasalahan pada laptop dalam artikel-artikel Tips Laptop ini.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online