5 Manfaat Mencetak Brosur Untuk Kepentingan Pemasaran

Siapa yang tidak mengenal brosur? Media promosi yang umumnya terbuat dari kertas ini memuat berbagai berita penting dan menarik tentang produk atau jasa yang ditawarkan sebuah perusahaan. 

Zaman memang sudah berubah, banyak perusahaan yang berbondong-bondong menggunakan media lain yang dianggap efektif untuk dijadikan alat promosi. Media sosial mirip Instagram, contohnya.  

Meski begitu, bukan berarti brosur kehilangan peminatnya. Masih banyak perusahaan yang menggunakan brosur untuk mengiklankan produk atau jasa mereka, alasannya brosur tentunya mempunyai keunggulan tersendiri yang tak dimiliki oleh alat promosi lainnya. 

Nah, pada kesempatan kali ini, Carisinyal akan membagikan informasi seputar manfaat mencetak dan menggunakan brosur untuk kepentingan pemasaran. Ingin tahu, apa saja keunggulan dari brosur? Simak eksklusif saja pembahasannya di bawah ini. 

1. Ukurannya Kecil Namun Sarat Informasi 

vendorcetak manfaat mencetak rosur

Ya, brosur rata-rata mempunyai ukuran yang kecil dan compact. Mulai dari seukuran kertas A5 sampai A4 yang terkadang juga dilipat menjadi beberapa bab. Namun, seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, brosur bisa memuat banyak berita penting perihal satu atau lebih banyak produk dan jasa yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan hingga institusi pendidikan. 

Contohnya pada brosur yang biasa kita dapatkan ketika belanja ke sebuah supermarket. Di dalam brosur terdapat deskripsi singkat serta harga sampai foto dari produk yang dijual ke konsumen.  Atau… brosur dari sebuah universitas yang memuat isu mengenai program studi, visi dan misi hingga akomodasi yang ada di kampus.  

Bahkan tak jarang, dalam brosur juga sudah tercantum info mengenai biaya kuliah yang memudahkan para calon mahasiswa untuk mengetahui berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mengenyam pendidikan di universitas tersebut. 

Di dalam sebuah brosur juga biasanya terdapat nomor kontak ataupun alamat email, hingga akun media umum dari perusahaan atau institusi tersebut. Sehingga, orang yang melihat atau membaca brosurnya bisa eksklusif menghubungi pihak yang bersangkutan. Makara, mencetak brosur bisa menawarkan manfaat bagi pengguna jasa atau produk untuk membantu mendapatkan apa yang mereka cari dengan gampang.  

Selain itu, penggunaan brosur juga memberikan laba pada pihak penyedia jasa atau perusahaan yang menjual produk untuk menerima pelanggan yang membeli atau menggunakan produk juga jasa yang mereka tawarkan. 

2. Biaya Produksi Terjangkau 

hemat biaya

Siapa bilang mencetak brosur bisa menguras kantong? For your isu, cetak brosur tidak memakan biaya yang besar seperti menciptakan iklan dalam bentuk video, lhoTerlebih jikalau Anda menciptakan brosur atau flyer sederhana dalam jumlah banyak, biasanya pihak percetakan akan memperlihatkan harga khusus, dengan begitu Anda bisa menghemat biaya pengeluaran. 

3. Waktu Produksi yang Singkat 

hemat waktu

Tahukah Anda, sekarang Anda dapat menciptakan brosur dalam jumlah banyak tanpa menghabiskan banyak waktu, lho. Jika Anda tinggal di Ibukota, ada beberapa percetakan di Jakarta yang menyediakan jasa mencetak brosur sebanyak 500 lembar atau satu rim dalam waktu yang singkat, yaitu hanya dua sampai tiga jam saja.  

Selain itu, biasanya brosur hanya memerlukan sekali penerbitan saja, namun Anda mampu mencetaknya lagi dalam jumlah banyak di lain waktu. 

4. Desain Fleksibel 

manfaat mencetak brosur

Manfaat lainnya dari mencetak brosur untuk kepentingan pemasaran ialah, Anda mampu menjadikan brosur tersebut sebagai identitas perusahaan melalui desain atau tampilannya. Ya, desain dari brosur sangatlah fleksibel, sehingga Anda juga mampu menciptakan brosur dengan konsep yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan Anda. 

5. Dapat Disebarkan dengan Mudah 

brosur2

Beriklan melalui media umum memang gampang dan praktis, juga tak begitu memakan banyak biaya.  Selain itu, informasinya juga mampu tersebar dalam hitungan detik atau menit saja. Tetapi, tidak semua orang dari banyak sekali kalangan memiliki akun media umum, sehingga informasi atau iklan tersebut mampu saja tidak tersebar secara merata di lapisan masyarakat. 

Lain halnya dengan brosur yang terbuat dari kertas. Bukan hanya pada mereka yang mempunyai akun sosial media saja, kalau Anda menggunakan brosur sebagai alat promosi, Anda juga mampu menjangkau masyarakat dari berbagai kalangan, termasuk mereka yang tidak memiliki akun media sosial seperti Facebook atau Instagram.  

Brosur mampu dibagikan di mana saja. Tidak hanya di daerah kerja atau sekolah-sekolah, brosur mampu dibagikan di dalam bus, kereta api, di sentra perbelanjaan, daerah parkir sampai pasar tradisional. Sehingga, Anda mampu mampu dengan mudah menjaring konsumen ataupun calon pengguna jasa. 

Nah, itulah pembahasan Carisinyal mengenai manfaat mencetak brosur untuk kepentingan pemasaran yang harus Anda ketahui. Terlebih bila Anda yakni seorang pelaku bisnis. 

Jika Anda ingin bisnis Anda lancar dan punya banyak pelanggan setia, tidak ada salahnya untuk menggunakan brosur sebagai media promosi utama bagi bisnis Anda. Oh ya, Anda tidak usah galau mencari percetakan yang mampu mencetak brosur yang cantik dan sesuai harapan dan kebutuhan Anda maupun perusahaan. Ada banyak percetakan yang memperlihatkan jasa mencetak brosur, kartu nama, kartu seruan sampai paper bag yang tersebar di seluruh penjuru kota.  

Namun, bila Anda tak ingin menghabiskan banyak biaya untuk mencetak brosur dan tidak mempunyai banyak waktu untuk datang ke percetakan terdekat, Anda mampu mengajukan pemesanan untuk pembuatan brosur secara online di www.vendorcetak.com. Sangat gampang, bukan? Bagaimana, tertarik untuk mencoba menggunakan brosur sebagai media promosi untuk bisnis yang Anda jalankan?  

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online