5 Hal Yang Harus Dihindari Biar Laptop Abadi Dan Tahan Lama

Laptop seperti sudah menjadi barang penting yang harus dimiliki. Perangkat ini dapat membantu kita dalam melaksanakan banyak hal, seperti menonton film, bermain game, menulis artikel atau novel, membuat laporan peran, dan masih banyak lagi. Laptop sekarang tidak lagi digunakan oleh orang akil balig cukup akal, tetapi juga belum dewasa. Anda mampu menghadiahkan laptop untuk anak Anda dan harga laptop Lenovo terbaru bisa menjadi referensi.

Dengan pemakaian yang relatif sering dan lama, maka problem pada laptop seringkali bermunculan, mirip sering mengalami lag atau hang, baterai yang drop, layar yang datang-datang mati, speaker laptop menjadi tidak jernih, dan masih banyak lagi. Hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor akhir perawatan laptop yang tidak dilakukan secara rutin.

Sebagai perangkat yang selalu diharapkan, laptop memerlukan perawatan khusus supaya tidak cepat rusak. Beberapa diantaranya adalah mirip membersihkan komponen-komponen laptop, tidak menggunakannya dalam jangka waktu yang usang, tidak menginstall software atau aplikasi yang tidak penting, rajin membersihkan hard disk (HDD), tidak mengaktifkan internet dikala hujan lebat, dan masih banyak lagi.

Meski harga laptop Lenovo terbaru cukup terjangkau, pastikan Anda juga mampu merawatnya dengan benar. Selain itu, penting juga untuk Anda ketahui hal-hal yang harus dihindari kalau ingin laptop Anda mempunyai ‘usia’ yang panjang. Berikut adalah ulasannya.

1. Hindari penggunaan laptop terlalu lama

bekerja di depan laptop

Laptop merupakan benda elektronik yang sewaktu-waktu dapat mengalami kerusakan. Maka dari itu, laptop membutuhkan waktu untuk istirahat. Bila penggunaan lebih dari 3 jam terlebih lagi dilakukan untuk bermain game atau menonton film, sebaiknya diberi waktu jeda atau istirahat biar mesin tak mengalami overheat yang dapat menyebabkan panas yang berlebih pada laptop.

2. Hindari meletakan barang berat di atas layar

Barang Berat Di Atas Laptop

Benar harga laptop Lenovo terbaru ini terjangkau, namun ini tidak mengurangi sifat laptop yang mampu dibilang sebagai perangkat yang sensitif, terlebih lagi layarnya yang rentan mengalami kerusakan. Bila layar laptop terlempar atau terinjak maka kemungkinan layar akan rusak.

Maka dari itu, hindari menyimpan barang yang berat di atas layar laptop, seperti tumpukan buku-buku atau sejenisnya alasannya adalah nantinya dapat menyebabkan LCD pecah atau masalah layar lainnya. Jika ingin lebih kondusif, Anda bisa memakai tumpukan buku sebagai alas laptop ketimbang menyimpan di atasnya.

3. Hindari meletakan laptop di atas kasur

laptop diatas kasur

Bagi Anda yang suka mager, menonton film di laptop sambil tiduran niscaya menyenangkan, kan? Sebenarnya hal ini akan menimbulkan laptop cepat panas dan dapat mengakibatkan laptop Anda mati sebab overheat. Hal ini disebabkan

oleh lubang udara di bagian bawah laptop yang tertutup oleh permukaan tak rata dari kasur atau sprei.

Maka dari itu, untuk menghindari terjadinya kerusakan, letakanlah laptop di atas permukaan benda yang keras mirip meja, kayu supaya sirkulasi udara yang di dalam laptop dapat berjalan teratur, atau Anda bisa juga menggunakan tumpukan buku mirip yang sudah dibahas pada poin sebelumnya.

4. Hindari penumpukan abu pada keyboard laptop

bersihkan debu keyboard

Kebersihan keyboard merupakan hal yang harus dilakukan alasannya adalah bila debu menumpuk di keyboard dan debu tersebut masuk ke tuts keyboard, maka akan menyebabkan tuts tidak dapat berfungsi kembali. Bila kerusakan belum terlalu parah, Anda mampu membersihkannya dengan kuas sehingga keyboard mampu berfungsi kembali.

Demikianlah ulasan mengenai hal-hal yang harus dihindari bila Anda menginginkan laptop yang baka. Namun bila laptop terlanjur rusak, Anda mampu membeli laptop gres di Bukalapak. Ya, seri dan harga laptop Lenovo terbaru kini dapat Anda jumpai di marketplace Bukalapak.com. Berbelanja di Bukalapak.com dijamin aman dan nyaman sebab marketplace ini memperlihatkan layanan yang optimal

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online