5 Game Digimon Terbaik Yang Bisa Dimainkan Di Laptop

Serial anime Digimon memang begitu terkenal di Indonesia pada selesai 90an. Sangking terkenalnya, sebagian orang yang tumbuh di waktu tersebut tentunya hafal dengan monster digital berjulukan Greymon, Angemon, Gabumon, Patamon dan Gatomon. Sampai dikala ini, anime Digimon telah tayang hingga sembilan seri dengan menampilkan ceritanya masing-masing, baik secara sekuel ataupun dongeng gres.

Selain mampu dinikmati sebagai tontonan yang seru, anime Digimon pun sudah merambah ke dunia video game dan mampu dimainkan oleh siapa saja. Digimon World merupakan seri pertama dari game Digimon yang rilis pada konsol PlaySation 1 di tahun 1999. Karena cukup sukses, pihak developer kemudian merilis banyak sekali macam permainan digital monster ini dari tahun ke tahun di banyak sekali macam konsol.

Tidak hanya terdapat di konsol PlayStation atau Android saja, sejak tahun 2002 pihak Bandai mencoba merilis game Digimon World ke dalam platform Windows (PC). Bandai kemudian mengkonversi beberapa seri game Digimon biar bisa dimainkan oleh pengguna PC gaming.

Meski tidak banyak, namun semua game tersebut tetap seru untuk dicoba dan mampu membawa kalian yang memainkannya seperti berada dalam dunia Digimon yang sesungguhnya. Nah, Carisinyal kali ini akan memperlihatkan daftar game Digimon yang rilis di platform PC. Kira-kira apa saja ya? eksklusif saja simak ulasannya di bawah ini.

1. Digimon World (2002)

Digimon World

* sumber: thatgreendude.com

Alur dongeng dalam permainan ini mengisahkan tentang seorang anak manusia yang dibawa oleh Jijimon untuk menyelamatkan sebuah pulau bernama File Island. Di pulau tersebut, para Digimon telah kehilangan ingatannya dan berubah menjadi makhluk yang liar. Pemain pun akan melaksanakan petualangan dan membantu memulihkan memori dari para Digimon serta mengembalikan mereka kembali ke File City.

Di awal permainan, pemain akan memilih untuk menggunakan Agumon atau Gabumon. Selanjutnya, pemain akan membesarkannya mulai dari bentuk telur (Digi-Egg), sampai melatihnya untuk menjadi seekor Digimon yang berpengaruh. Para pemain mampu mengumpulkan Digimon lainnya sepanjang perjalanan, melatihnya dan menggunakannya untuk memudahkan permainan saat adanya pertempuran.

Pemain akan menjelajahi seluruh File Island dan menemukan berbagai Digimon yang menjelma liar dan bernafsu. Mereka mampu dikalahkan oleh Digimon yang kita punyai, maka dari itu jangan lupa untuk terus melatihnya agar level kekuatannya semakin meningkat, dan mampu berevolusi ke tingkat yang lebih besar.

Tempat terakhir yang harus dituju oleh pemain bersama para Digimonnya adalah Infinity Mountain. Di lokasi tersebut, kalian akan menghadapi boss battle yang cukup sengit dengan melawan Analogman dan Mega Machinedramon. Jika kalian berhasil mengalahkannya, maka dunia digital File Island akan selamat dari kehancuran.

2. Digimon Story: Cyber Sleuth (2019)

Digimon Story Cyber Sleuth

* sumber: store.steampowered.com

Digimon Story: Cyber ​​Sleuth memiliki dua karakter yang mampu dipilih, yakni Takumi Aiba atau Ami Aiba. Diceritakan bahwa keduanya yakni seorang hacker pemula yang kebetulan mendapatkan sebuah teknologi bernama Digimon Capture dari orang misterius. Dengan alat tersebut mereka ternyata dapat berinteraksi dengan para Digimon yang hidup di dunia digital.

Sementara itu, sosok jahat yang misterius mulai bangun dan mengganggu kedamaian di antara dunia digital dan manusia. Ia mulai merencanakan untuk menyatukan dua dunia tersebut. Pemain selanjutnya mampu menentukan antara Palmon, Terriermon atau Hagurumon sebagai Digimon pertama yang mampu menemani petualanganmu di awal permainan.

Setelah memasuki area baru dan mulai memasuki perjalanan, pemain tentunya mampu mengumpulkan beberapa Digimon lainnya. Mereka harus dilatih dan dipelihara dengan baik biar kemampuannya semakin berpengaruh dan menjadi penurut. Setiap Digimon yang dimiliki bisa berevolusi hingga keempat level yang berbeda.

Game ini berada di kota Tokyo dengan konsep semi open world, dan pemain hanya bisa menelusuri beberapa tempat saja seperti Akihabara, Shibuya, Ueno, dan Shinjuku. Digimon Story: Cyber ​​Sleuth mempunyai sekitar 249 Digimon yang ditampilkan selama permainan, dan memiliki beragam misi menarik yang harus diselesaikan.

3. Digimon Story: Cyber Sleuth – Hacker’s Memory (2019)

Digimon Story Cyber Sleuth – Hacker's Memory

* sumber: www.rpgsite.net

Kelanjutan dari game Digimon Story: Cyber Sleuth ini masih tetap mengambil latar di Jepang, namun dengan plot cerita yang gres. Game ini berfokus kepada sebuah kelompok hacker bernama Hudie, dan pemain akan mengendalikan seorang cowok dengan nama Keisuke. Di dalam kelompok tersebut, ia diharuskan untuk merebut kembali dunia virtual EDEN yang telah dicuri oleh hacker misterius.

Di sepanjang permainan pemain akan dibantu oleh seorang anggota Hudie lainnya yang berjulukan Erika Mishima beserta sobat Digimonnya, Wormmon. Sedangkan untuk Keisuke, pemain dapat menentukan untuk menggunakan salah satu dari dari Gotsumon, Tentomon atau Betamon.

Seperti di seri sebelumnya, game ini menawarkan konsep semi open world dengan wilayah penjelajahan lebih luas mulai dari Nakano, Shinjuku hingga Shibuya. Mekanisme pertarungan di sekuel ini pun tetap sama, pemain dapat mengendalikan Digimon untuk melakukan serangan kepada lawan secara bergantian.

Saat melawan Digimon yang memiliki kecepatan menyerang tinggi, pemain mampu memakai item HP untuk meningkatkan daya serang terhadap lawan. Jika ingin mengalahkan musuh secara cepat, pemain mampu memakai serangan kombo dengan menghadirkan tiga Digimon sekaligus ke dalam arena pertarungan. Cara tersebut juga mampu dilakukan dikala pemain berhadapan dalam adegan boss battle.

4. Digimon Battle Online (2002)

Digimon Battle Online

* sumber: alchetron.com

Dalam game ini, pemain akan mengontrol satu dari empat huruf yang ada di seri anime Digimon Tamers, adalah Takato Matsuki, Rika Nonaka, Henry Wong dan Jeri Katou. Setelah dipilih, pemain lalu mampu memodifikasinya dengan menggunakan nama masing-masing. Sebagai permulaan, ada tiga Digimon yang dapat dipakai untuk memulai permainan, mereka adalah Gigimon, Gummymon, atau Viximon.

Selama perjalanan, pemain juga dapat menemukan beberapa Digimon lainnya yang sebagian dari mereka mampu ditangkap seperti DemiVeemon, Hopmon, Yaamon, Dorimon, dan Koromon. Meski begitu, hanya Digimon dengan kategori ‘pembinaan” saja yang mampu ditangkap oleh pemain.

Semua Digimon yang dimiliki bisa dipakai dalam pertempuran untuk menerima Digimon yang lebih berpengaruh, dan menuntaskan misi yang diberikan oleh pemain non abjad (NPC). Dengan sering melibatkan para Digimon ke dalam sebuah misi atau melatihnya, mereka pada akibatnya bisa berevolusi (Digivolve) menjadi bentuk yang lebih besar lengan berkuasa dari Ultimate Level sampai menuju ke Mega Level.

Sistem pertarungan dalam game ini dilakukan dengan gaya berbasis giliran. Setiap Digimon yang dipilih ke arena pertandingan akan mempunyai kafe waktu yang setiap detiknya akan terus naik selama pertarungan berlangsung. Jika kafe tersebut sudah penuh, pemain mampu menentukan tindakan kepada Digimon yang ada di arena dengan menyuruhnya untuk menyerang, memakai item atau melarikan diri.

5. Digimon Masters (2009)

Digimon Masters

* sumber: store.steampowered.com

Karakter yang mampu dimainkan dalam game ini masih tetap mengambil dari pemain film seri anime Digimon Tamers. Pemain nantinya akan menentukan salah satu dari empat huruf yang bernama Marcus Damon, Thomas H. Norstein, Yoshino Fujieda, dan Keenan Crier. Pemain mampu memodifikasi penampilan huruf yang dipilih serta memberikannya nama sesuai harapan masing-masing.

Pemain kemudian dapat menentukan sahabat Digimon yang bisa dipakai dalam pertempuran untuk mencapai misi-misi tertentu yang diberikan oleh karakter non pemain (NPC). Di sisi lainnya, pemain dapat memelihara Digimon Mercenary dari Digi-Eggs yang dijatuhkan oleh Digimon musuh dikala pertarungan.

Selama permainan berlangsung, teman Digimon dan Mercenary Digimon akan Digivolve menjadi bentuk yang lebih besar lengan berkuasa. Namun, beberapa di antara mereka memerlukan item khusus atau diharuskan mempelajari keterampilan gres untuk mampu bisa mencapai bentuk sempurna tersebut.

Sistem pertarungan dilakukan secara real-time, dan setiap Digimon mempunyai meteran Digi-soul serta kafe kesehatan. Meteran Digi-soul digunakan untuk mengukur energi Digimon dalam memakai serangan khusus. Saat meteran tersebut kosong, Digimon hanya mampu menggunakan serangan standar.

Nah, itulah game-game Digimon yang dapat kalian mainkan di PC gaming kesayanganmu. Menonton anime Digimon tentunya kurang lengkap kalau belum pernah memainkan edisi video gamenya. Jika ingin mencicipi keseruan berada di dunia monster digital ini, maka kalian harus mencoba salah satu dari daftar permainan yang sudah diberikan di atas.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online