5 Cara Memunculkan Keyboard Di Layar Laptop Dengan Mudah

Keyboard virtual merupakan salah satu bagian yang sangat penting dari perangkat layar sentuh era sekarang, seperti smartphone dan tablet. Laptop hybrid yang menggabungkan fungsi laptop dan tablet juga pastinya sangat membutuhkan keyboard virtual jika suatu dikala digunakan dalam mode tablet.

Keyboard virtual sendiri merupakan sebuah komponen perangkat lunak yang memungkinkan pengguna menginput huruf tanpa memerlukan keyboard fisik. Keyboard non-fisik ini biasanya yaitu bawaan dari sistem operasi yang dipakai oleh sebuah perangkat. Meskipun demikian, pengguna masih mampu memasang keyboard virtual pihak ketiga di perangkat mereka.

On-Screen Keyboard

Bagaimana dengan pengguna komputer atau laptop non layar sentuh? Bisakah mereka menggunakan keyboard virtual? Tentu saja bisa sebab itu merupakan sudah bawaan OS (semua atau mungkin sebagian).

Pengguna laptop dengan sistem operasi atau OS Windows pasti sudah erat dengan keyboard virtual OS tersebut yang dikenal dengan On-Screen Keyboard (Bahasa Indonesia: Papan Ketik Pada Layar). Fitur layar virtual di komputer biasa sangat penting alasannya bisa jadi alternatif ketika keyboard fisik mengalami kerusakan.

Manfaat On-Screen Keyboard

On-Screen Keyboard atau keyboard virtual secara umum pastinya sangat bermanfaat bagi pengguna perangkat berlayar sentuh, mirip laptop hybrid dan tablet. Apakah keyboard non-fisik ini juga dibutuhkan oleh laptop non-layar sentuh dan PC? Tentu saja diharapkan bila suatu saat Anda mengalami kendala dengan keyboard fisik laptop Anda.

Misal, Anda harus masuk ke komputer dengan kata sandi, sedangkan keyboard fisik laptop sedang mengalami duduk perkara, mirip sebagian tombolnya yang tidak mampu digunakan. Agar tetap bisa masuk ke komputer, Anda bisa memakai On-Screen Keyboard untuk memasukan kata sandi.

Bagaimana cara mengaktifkan On-Screen Keyboard di halaman masuk? Anda cukup mengklik ikon Ease of Access yang secara default muncul di halaman masuk komputer Anda. Di sana terdapat beberapa opsi tunjangan, salah satunya yakni On-Screen Keyboard. Cukup klik sekali dan keyboard virtual di halaman muka pun akan terbuka.

Hanya saja untuk mampu menekan setiap tombol dalam On-Screen Keyboard pada komputer non-layar sentuh, Anda harus menggunakan mouse untuk melakukannya.

Cara Memunculkan On-Screen Keyboard di Windows 10

Berikut ialah beberapa cara memunculkan keyboard di layar laptop Windows 10 dengan mudah.

1. Melalui Pengaturan

* sumber: www.isunshare.com

Pertama, On-Screen Keyboard mampu diaktifkan melalui menu pengaturan komputer atau settings. Hanya dengan satu dua langkah, keyboard virtual sudah siap untuk digunakan.

  • Gulir pointer ke bab kiri bawah layar dan klik ikon Windows untuk membuka Start Menu.
  • Geser pointer ke bagian atas kemudian pilih Settings > Ease of Access > Keyboard
  • Kemudian aktifkan opsi On-Screen Keyboard di sebelah kanan.
  • Selesai, kini On-Screen Keyboard siap untuk dipakai.

2. Melalui Control Panel

Metode yang kedua ini bahwasanya sama dengan metode pertama, hanya dengan jalan yang berbeda. Di sini On-Screen Keyboard diaktifkan melalui sajian Ease of Access Center di Control Panel. Berikut ialah cara tercepat mengaktifkannya.

  • Tekan tombol Windows + U secara bersamaan untuk membuka hidangan Ease of Access Center.
  • Klik opsi Start On-Screen Keyboard pada kotak saluran tools cepat yang tersedia.
  • Tunggu beberapa dikala sampai On-Screen Keyboard muncul di layar.
  • Selesai, sekarang layar virtual siap untuk digunakan.

3. Melalui Panel Pencarian

* sumber: www.isunshare.com

Windows 10 memiliki sebuah panel pencarian khusus yang terletak di taskbar sebelah kiri. Berikut ialah cara mengaktifkan On-Screen Keyboard melalui menu pencarian ini.

  • Klik ikon pencarian
  • Tuliskan kata “On”, “Screen”, “Keyboard” atau “On-Screen Keyboard”. Tanpa perlu menekan enter, sistem akan menampilkan hasil pencarian terkait secara otomatis.
  • Jika akhirnya sudah muncul, Anda bisa eksklusif mengaktifkan On-Screen Keyboard dikala itu juga.

Anda dapat memakai perintah suara untuk mengaktifkan On-Screen Keyboard dengan syarat harus mengaktifkan fitur Cortana terlebih dahulu.

4. Melalui Windows Run

Mengaktifkan On-Screen Keyboard di Windows 10 melalui Windows Run merupakan salah satu cara tercepat yang mampu Anda lakukan. Berikut yaitu langkah-langkahnya.

  • Tekan tombol Windows+R pada keyboard.
  • Jika kotak Run sudah muncul, ketik kata “osk” pada kota pencarian lalu tekan OK.
  • Tunggu beberapa ketika dan On-Screen Keyboard pun akan pribadi muncul di hadapan Anda.

5. Melalui Command Prompt

Metode lain yang mampu Anda lakukan untuk mengaktifkan fitur On-Screen Keyboard adalah melalui derma Command Prompt. Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk melakukanya.

  • Tekan tombol Windows+X pada keyboard.
  • Pada sajian saluran cepat yang muncul, klik Command Prompt
  • Setelah tab Command Prompt terbuka, ketik perintah “osk” kemudian tekan enter.
  • Setelah beberapa ketika On-Screen Keyboard akan eksklusif muncul di hadapan Anda.

Aplikasi Keyboard Virtual untuk Windows

Selain memakai keyboard virtual bawaan, Anda juga dapat memasang aplikasi keyboard virtual pihak ketiga di komputer Windows Anda. Aplikasi ini ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Aplikasi keyboard virtual yang berbayar pastinya memperlihatkan lebih banyak fitur ketimbang yang gratis.

Salah satu aplikasi keyboard virtual gratis untuk Windows yakni Free Virtual Keyboard. Selain gratis, aplikasi ini juga ringan, multibahasa, serta ramah jari.

Aplikasi Free Virtual Keyboard mampu dipasang dan dijalankan pada komputer berbasis Windows dengan layar sentuh. Anda dapat memakai mouse, layar sentuh, pena atau alat penunjuk lainnya untuk mengetik. Keyboard simpel ini memiliki tombol yang cukup besar untuk diketik dengan ujung jari, sehingga gampang dipakai.

Aplikasi keyboard virtual gratis ini hadir dengan 4 keyboard virtual yang berbeda dan mendukung semua bahasa dan tata letak keyboard yang terpasang dalam sistem. Beberapa fitur yang terdapat dalam Free Virtual Keyboard adalah:

1. Mengubah ukuran, warna, dan transparansi keyboard di layar komputer

Anda mampu mengubah ukuran, warna, dan transparansi keyboard dengan gampang. Dalam mode layar penuh atau full-screen, keyboard virtual akan secara otomatis menyesuaikan bentuknya dengan lebar layar saat diminta. Dengan demikian, aplikasi keyboard ini dapat dipergunakan dalam mode landscape dan portrait.

2. Memiliki fungsi auto-repeat

Fungsi auto-repeat ini memungkinkan Anda untuk dapat menekan tombol apa saja untuk mengulangi karakter yang sama secara terus-menerus secara otomatis. Semua tombol keyboard yang relevan akan mengulang secara otomatis ketika ditekan terus menerus.

3. Bisa dijalankan melalui flashdisk

Free Virtual Keyboard adalah aplikasi yang sepenuhnya portabel, artinya Anda dapat menyimpannya di dalam flashdisk dan menjalankannya langsung dari sana. Pengaturan aplikasi ini disimpan dalam file FreeVK.ini yang terletak di dalam folder instalasi program. Jika tidak memungkinkan, pengaturan disimpan di dalam registri.

Jika Anda tertarik dengan keyboard virtual gratis ini, Anda mampu eksklusif mengunduhnya melalui situs aplikasi secara langsung (klik di sini) atau melalui toko aplikasi Microsoft (klik di sini).

Nah, itulah beberapa cara memunculkan keyboard di layar laptop Windows 10 yang mudah dilakukan. Selain menggunakan keyboard virtual bawaan dan aplikasi Free Virtual Keyboard, Anda juga dapat memakai perangkat lunak sejenis lainnya yang bisa Anda cari di toko aplikasi Microsoft.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online