3 Keunggulan Galaxy S20 Versi Joko Anwar Untuk Pembuatan Video

Youtube yakni situs membuatkan video terbesar di dunia. Jumlah penggunanya terus bertambah tiap tahun. Hal ini juga dipengaruhi alasannya adalah kini banyak orang lebih memilih menonton Youtube dibandingkan menonton TV. 

Youtube juga memungkinkan banyak orang untuk menyebarkan video menarik perihal apa yang mereka suka. Menariknya, orang mampu mendapatkan penghasilan dari Youtube, baik dari iklan melalui mitra Google Adsense maupun lewat promosi. Bahkan, bergotong-royong Youtube juga mampu dipakai sebagai media promosi dalam bentuk video untuk jualan.  

Karena alasan ini pula, banyak orang yang kini ingin jadi Youtuber. Istilah kerennya, content creator alias kreator konten. Hal ini juga didasari sebab semakin mudahnya orang merekam video lewat ponsel mereka. Yah, dengan ponsel saja, semua orang mampu merekam video. Tidak perlu kamera mahal. 

Masalahnya, semakin banyak orang yang aware terhadap Youtube, semakin banyak pula orang yang bermain di Youtube. Akibatnya, banyak orang jadi Youtuber yang berarti semakin banyak orang, semakin banyak persaingan. 

Karena itu, untuk merekam video dan hanya mengandalkan ponsel biasa saja tidak cukup. Ingin menentukan kamera profesional? Bisa saja, tetapi untuk kreator pemula atau kreator yang bekerja secara sendiri, penggunaan kamera profesional biasanya cenderung ribet. Apalagi bila isi kontennya lebih sering jalan-jalan. 

Lalu, bagaimana solusinya? Tentu setiap persoalan ada solusi. Dan Samsung Galaxy S20 series hadir sebagai sebuah ponsel yang dapat menjawab kebutuhan akan perangkat ponsel yang bisa diandalkan untuk membuat video.

samsung galaxy s20 series

Samsung Galaxy S20 series sendiri resmi diluncurkan di Indonesia. Ada tiga tipe Samsung Galaxy S20 yang hadir di Indonesia. Ketiganya terdiri dari Samsung Galaxy S20, Samsung Galaxy S20+, dan Samsung Galaxy S20 Ultra pada 4 Maret 2020 ini memang memberikan aneka macam inovasi menarik. 

Ketiga Samsung Galaxy S20 series ini merupakan pilihan tepat untuk pengguna yang bahagia mengembangkan atau para kreator konten video. Hal ini alasannya fitur-fitur di Samsung Galaxy S20 series dapat mengakomodir kebutuhan para pembuat konten untuk menghasilkan video yang bermakna. 

Joko Anwar, salah satu sineas kenamaan Indonesia yakni salah satu sineas yang memanfaatkan fitur dari Samsung Galaxy S20 series. Ia membagikan tips membuat konten video yang menarik menggunakan Samsung Galaxy S20 series. Ketiga tips tersebut yakni sebagai berikut. 

1. Video dengan Resolusi 8K 

galaxy s20 series video 8K

Kebanyakan ponsel berakal kelas atas dari merek lain, umumnya hanya menawarkan video dengan resolusi 4K saja. Resolusi ini memang sudah tergolong tinggi dan mampu memperlihatkan kualitas video yang detail dan baik. Tetapi 4K saja tidak cukup. Samsung Galaxy S20 series hadir dengan kemampuan merekam video hingga 8K, dua kali lipat lebih tinggi dari 4K. 

Dengan kemampuan video beresolusi 8K, kemampuan kamera Samsung Galaxy S20 mampu menghadirkan video dengan resolusi 7.680 x 4.320 piksel – setara dengan 33 juta piksel. Resolusi yang tinggi tentunya. Bukan hanya video,Samsung Galaxy S20 series juga memiliki kemampuan untuk menangkap foto dengan resolusi 33MP. 

“Bagi pembuat film, setiap scene mempunyai arti dan konsep, jadi setiap kali kita shoot satu scene, seluruh detail seharusnya dapat terekam dengan jelas dan jernih. Detail-detail kecil ini sering banget kuat sama alur dan konsep kisah. Galaxy S20 kameranya bisa merekam video dalam resolusi 8K, sehingga setiap detail mampu terekam dengan jelas. Hal ini sangat berguna ketika proses editing, sering kali kita ingin melaksanakan cropping, atau bahkan focus pada satu detail semoga kesannya lebih dramatis. Selain itu, fitur 8K Snap juga memudahkan kita untuk mengambil belahan-serpihan scene guna meninjau lebih jauh video yang kita rekam atau bahkan membahas scene tertentu dengan team,” kata Joko Anwar, Movie Director. 

Dengan kemampuan sampai 4K ini, berarti pembuat konten bisa menghadirkan video berkualitas tinggi. Kualitas videonya bahkan mampu dibilang setara dengan kualitas rekaman dari kamera profesional. 

2. Super-steady 2.0 

SUPER STEADY 2.0

Salah satu duduk perkara saat menciptakan konten video sembari jalan-jalan adalah ketidakstabilan video saat merekam. Hasil video bisa terlihat sangat goyang. Hal ini umum terjadi dan pasti banyak dikeluhkan kreator, terutama untuk kreator yang sering merekam video sambil berjalan atau bahkan berlari sedikit. 

Dengan Samsung Galaxy S20 series, para kreator dapat merekam video lebih stabil berkat fitur Super-steady 2.0. Fitur ini menciptakan pengguna dapat melaksanakan perekaman video dengan kestabilan hingga 60 derajat. Di Galaxy S10, seri Samsung Galaxy S sebelumnya, fitur yang menggunakan teknologi  Advanced Rolling Correction ini hanya stabil di angka 30 derajat. 

Adanya fitur ini jelas akan sangat membantu para kreator. Para kreator juga tidak perlu lagi memakai gimbal alasannya Samsung Galaxy S20 series memiliki teknologi yang dinamakan  AI Motion Analysis and Prediction sehingga mampu mengambil video lebih stabil seperti dikala menggunakan gimbal. 

“Biasanya pembuat film memakai perangkat pemanis berupa gimbal untuk mendapatkan hasil video yang stabil dan minim guncangan. Dengan kecanggihan yang dibawa oleh Galaxy S20, mengambil video yang stabil tidak perlu repot-repot lagi. Fitur Super Steady 2.0 sangat membantu aku dalam proses pengambilan video di medan yang menantang dengan hasil yang maksimal,” kata sutradara film Pengabdi Setan dan Gundala tersebut. Sebelumnya di seri Galaxy Note10 Super Steady mampu meredam goncangan sampai 30 derahat, dan kini di Galaxy S20 mampu menahan goncangan hingga 60 derajat, kebayang kan bagaimana smoothnya video yang diambil dalam keadaan banyak bergerak, tambah Joko. 

3. Teknologi Nona-Binning biar Video Lebih Jelas

Kamera-Samsung Galaxy S20 Nona Binning

Samsung Galaxy S20 series datang dengan teknologi yang dinamakan Nona-Binning. Teknologi ini memungkinkan Samsung Galaxy S20 series melakukan pemotretan atau merekam video dengan terang, bahkan untuk kondisi yang minim cahaya. Tentunya hal ini sangat cantik dan memiliki kegunaan, terutama untuk kebutuhan merekam video di kondisi yang kurang cahaya, seperti awal malam misalnya. 

Teknologi Nona-Binning sendiri bekerja dengan cara menarik. Seperti pada kamera S20 Ultra, teknologi ini memungkinkan kamera mengkombinasikan 9 piksel untuk jadi satu. Tujuannya agar gambar mampu mempunyai kualitas yang baik, lebih kaya, tajam, bahkan saat diambil ketika keadaan kurang cahaya. 

Selain itu, ada juga mode Video HDR. Mode ini memungkinkan pengguna Galaxy S20 series merekam video dengan detail yang baik serta mampu menghasilkan tingkat kecerahan dan kontras yang mendekati pandangan mata manusia. Ada juga mode Pro Video, yang fungsinya untuk mengatur ISO, Shutter Speed, dan White Balance sesuai kebutuhan. 

“Cahaya merupakan salah satu aspek dalam pembuatan film yang sangat penting untuk diperhatikan. Sering kali kita dihadapkan pada kondisi pencahayaan di lokasi pengambilan gambar/video yang tidak sesuai dengan ekspektasi kita. Dengan Galaxy S20, hal tersebut mampu diatasi berkat teknologi Nona-Binning, mode HDR dan mode Pro Video untuk pengaturan ISO, Shutter Speed, dan White Balance sesuai kebutuhan. Dengan begitu, pembuat film mampu menghasilkan video dengan pencahayaan yang maksimal,” Kata Joko Anwar. 

“Dari beberapa workshop film yang pernah aku lakukan, tantangan terbesar dari menciptakan film yakni biaya yang cukup tinggi untuk punya atau sewa kamera yang mumpuni. Belum lagi, beberapa lokasi yang cukup sulit untuk membawa kamera besar. Kaprikornus, untuk para content creator baru ataupun mereka yang inin membuat video dengan baik, sekarang bisa mulai coba buat film pakai Galaxy S20, karena kecanggihan kamera yang ditawarkan sangat mumpuni untuk membuat video layaknya film berkualitas profesional. It’s the smartphone that builds the movie!” tutup Joko Anwar. 

Dengan tiga fitur yang jadi unggulan tersebut, tidak berlebihan rasanya menyebut Samsung Galaxy S20 series sebagai sebuah ponsel yang dapat dipercaya untuk merekam video atau membuat konten video untuk kebutuhan Youtube. 

Bisa dibilang, Samsung Galaxy S20 series ialah gear yang sempurna untuk Anda para kreator video yang butuh sebuah perangkat perekaman video yang simpel, mudah dibawa, dan dapat merekam video yang baik di kondisi kurang cahaya. Selain itu, perekaman video yang stabil juga jadi nilai lebih dari ponsel ini. 

Tertarik dengan Samsung Galaxy S20 series? Jika tertarik, yuk ketahui aneka macam info lebih lanjut seputar Galaxy S20 series dengan mengunjungi www.samsung.com/id.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online