20 Situs Dan Aplikasi Nonton Film Terbaik Di Tahun 2020

Nonton film bisa menjadi salah satu aktivitas menyenangkan untuk mengisi waktu luang. Bahkan, sekalipun hobimu bukanlah menonton film tapi toh sesekali kamu akan menonton film, entah itu yang sesuai selera atau yang sedang hits ketika itu.

Aktivitas nonton film tak harus selalu dilakukan di bioskop. Kamu bisa streaming alias menonton film secara online melalui PC, laptop, atau smartphone. Kali ini, Carisinyal akan menunjukkan isu mengenai situs dan aplikasi nonton film yang legal. Yuk, catat dan kunjungi salah satunya untuk menonton film yang kamu sukai.

1. Netflix

Netflix

Dari sekian banyak situs nonton film, Netflix menjadi situs yang paling banyak dipilih oleh masyarakat di seluruh dunia. Ya, layanan penyedia streaming film asal Amerika ini memang sudah bisa diakses di hampir semua negara, termasuk Indonesia.

Meskipun bukan layanan streaming gratis, Netflix tetap diminati karena koleksi film dan serialnya yang sangat menarik. Bahkan, untuk memanjakan penggunanya Netflix juga membuat beberapa original series atau original film yang kualitasnya tak kalah dengan film-film bioskop.

Netflix mampu diakses melalui website maupun aplikasi yang diunduh di smartphone-mu. Untuk berlangganan kau bisa memakai kartu debit atau kartu kredit sebagai pembayarannya.

2. Catchplay

Catchplay

* sumber: vulcanpost.com

Serupa dengan Netflix, Catchplay juga merupakan layanan streaming film yang cukup diminati di Asia. Catchplay sendiri merupakan perusahaan yang berasal dari Taiwan. Jika pada awal perilisannya Catchplay hanya menampilkan film-film dari Taiwan atau Tiongkok Raya, sekarang sudah ada banyak film blockbuster dan box office Amerika yang bisa ditonton di sini.

Berbicara soal update film-film terbaru, Catchplay termasuk cepat dalam meng-update daftar film yang bisa ditonton oleh kau dan pengguna lainnya. Namun, beberapa film bersifat single rental atau kamu harus membayarnya per judul kalau ingin menontonnya, persis seperti rental DVD offline.

3. Amazon Prime Video

Amazon Prime Video

* sumber: www.techhive.com

Siapa yang tak kenal dengan Amazon.com? Situs yang menyediakan lapak untuk jual beli online wilayah internasional ini memang tidak terdengar abnormal di pendengaran kita. Meskipun kebanyakan masyarakat Indonesia jarang menggunakan Amazon.com untuk transaksi jual beli, tapi setidaknya kita pernah mendengar namanya, bukan?

Amazon menyediakan layanan video on demand atau rental persewaan film secara online persis seperti Catchplay atau Netflix. Film-film yang tersedia di Amazon Prime Video cukup up to date mengikuti perkembangan zaman.

Untuk bisa memakai layanan Amazon Prime Video, kamu harus membayar biaya berlangganan terlebih dahulu. Meskipun berbayar, film-film yang mampu ditonton di sini tergolong baru dan tidak akan mengecewakanmu kok.

4. HBO Go

HBO Go

* sumber: www.rappler.com

HBO dikenal sebagai salah satu channel televisi yang mampu ditonton oleh pemilik TV kabel. Film-film yang ditayangkan di channel HBO ini tergolong gres dan selalu up to date. Kini, HBO menciptakan layanan streaming untuk memudahkanmu menonton film-film melalui PC atau smartphone.

Lewat HBO Go, kau dapat menyaksikan film-film terbaru sesuai selera. Sayangnya, layanan HBO Go belum bisa diakses di Indonesia. Untuk mampu mengakses situs HBO Go disarankan untuk menggunakan VPN pada server Singapura. Pasalnya, HBO Go sudah mampu diakses di negara tetangga tersebut.

HBO Go bersifat seperti Netflix, yang artinya kau harus menjadi membership berbayar dulu agar bisa menonton film-film yang tersedia di sana.

5. Hoopla

Hoopla

* sumber: www.latimes.com

Jika beberapa layanan streaming film mengenakan biaya untuk mampu menonton film di situs atau aplikasinya, Hoopla menunjukkan layanan streaming gratis untuk penggunanya. Tak hanya film dan serial TV, ada juga buku atau komik yang bisa kau baca. Pokoknya, Hoopla yaitu one stop entertainment yang menyenangkan!

Situs Hoopla tergolong ringan dan tidak gampang ngelag saat dibuka. Walaupun film-filmnya mungkin tidak sebaru HBO Go atau Catchplay, tapi bila kau mencari situs nonton film yang legal dan gratis, Hoopla bisa menjadi pilihan yang tepat.

Perlu kamu ingat, Hoopla menerapkan sistem yang sama seperti perpustakaan di mana kamu hanya bisa ‘meminjam’ film atau serial TV dalam jangka waktu tertentu saja alias ada batas waktunya.

6. Popcornflix

Popcornflix

Satu lagi situs nonton film online yang bisa diakses secara gratis, yakni Popcornflix. Bahkan, kamu tak perlu ribet mendaftar akun terlebih dahulu untuk bisa menonton di sini. Cukup pilih film yang kau ingin tonton, lalu klik tombol “Play”, dan silakan menonton film tersebut.

Popcornflix yakni situs streaming film yang menuai kebanggaan dari banyak penggunanya. Selain website-nya ringan dan bisa diakses secara gratis, konten yang tersedia di sini juga sangat baik dan ter-update setiap tahunnya. Apalagi kau mampu mencari film sesuai genre, tahun rilis, dan negara asalnya, lho!

Walaupun tidak sebesar Netflix, Popcornflix juga memiliki beberapa film orisinal. Penasaran, kan? Langsung cek Popcornflix, deh! Jangan lupa untuk memakai VPN sebab beberapa film hanya bisa diakses di negara tertentu saja.

7. Plex

Plex

* sumber: variety.com

Di antara situs layanan streaming yang ada di dunia, Plex termasuk situs gres. Walaupun tergolong gres, film-film yang tersedia di Plex cukup up to date dan tidak ketinggalan zaman. Jauh sebelum merilis layanan streaming film, Plex ialah ‘alat’ untuk mengakses file media personal dari seluruh dunia. Setelah me-launching layanan streaming film, pengguna Flex jadi bertambah banyak.

Plex menyediakan berbagai film dan program TV luar yang sangat menarik. Tak hanya itu saja, di platform streaming ini kamu juga bisa mendengarkan lagu-lagu dengan kualitas audio yang mumpuni.

Ada beberapa film yang mampu ditonton secara gratis, tapi ada juga yang hanya tersedia untuk membership premium.

8. Crackle

Crackle

Siapa bilang sulit menemukan layanan streaming gratis dan berkualitas? Crackle yaitu situs streaming film gratis dengan konten yang berkelas. Maklum saja, platform ini masih di bawah perusahan Sony Pictures Entertainment jadi konten-kontennya pun pasti tidak ketinggalan zaman.

Crackle tetap beroperasi dengan mengandalkan pendapatan yang berasal dari iklan. Kamu tak perlu membayar membership atau menyewa film per judul di Crackle. Hanya saja, Crackle belum bisa diakses di Indonesia meskipun situs ini legal. Kamu wajib memakai VPN yang terhubung dengan server Australia, Inggris, atau Amerika kalau ingin membuka Crackle.

9. Hulu

Hulu

* sumber: techcrunch.com

Salah satu kompetitor Netflix adalah Hulu. Platform streaming film ini memiliki koleksi film-film berkualitas dan up to date. Bahkan, yang menciptakan Hulu pantas disebut sebagai kompetitor Netflix adalah tersedianya Hulu Originals yang berupa film-film produksi Hulu.

Hulu mengharuskan penggunanya untuk membayar biaya membership di mana biayanya sekitar 5.99 US dollar per bulannya. Dengan menjadi membership, kamu bebas mengakses semua film yang tersedia di Hulu. Kamu pun bebas menggunakan perangkat apapun untuk streaming di Hulu, entah itu PC atau ponselmu.

10. Viki

Viki

* sumber: rakuten.today

Bagi kamu penggemar drama-drama Asia, kamu niscaya bakal betah dikala streaming di Viki. Situs yang merupakan anak induk perusahaan Rakuten ini ialah tempat menonton drama Korea, Taiwan, dan Jepang. Tak tanggung-tanggung, koleksi film yang tersedia di sini sangat banyak dan up to date.

Kabar baik untuk kau yang ingin mencoba Viki sebab situs ini bisa diakses secara gratis tanpa perlu membayar biaya berlangganan. Website-nya sangat ringan sehingga kau bisa mengaksesnya di PC maupun smartphone.

Hal lain yang membuat Viki pantas dinobatkan sebagai salah satu situs nonton film online terbaik yakni kita tak perlu mendaftar akun terlebih dahulu. Cukup masuk ke website-nya, pilih film yang ingin ditonton, klik “Play”, dan atur subtitle-nya menggunakan Bahasa Indonesia. Wah, se-simple itu, kan?

Baca juga: Situs Streaming Drama Korea Terbaik yang Legal

11. Filmrise

Filmrise

Pecinta film tentu tidak harus selalu menonton film gres. Terkadang mengulik film-film lawas juga bisa menjadi aktivitas yang seru. Toh banyak judul film lawas yang kualitasnya tidak kalah dengan film-film yang baru rilis di bioskop. Jika kamu salah satu penggemar film lawas, maka puaskan hobimu itu dengan streaming di Filmrise.

Filmrise memperlihatkan susukan gratis untuk penggunanya. Kalau kau lagi bokek dan merasa biaya bulanan Netflix dan Hulu terlalu mahal, maka pertimbangkan untuk streaming film klasik di Filmrise. Old but gold is real!

12. MAXstream

Maxstream

* sumber: gizmologi.id

MAXstream sejatinya adalahaplikasi streaming yang digagas oleh Telkomsel. Bahkan, Telkomsel hingga membuat paket khusus untuk penggunanya yang menikmati MAXstream. Melalui MAXstream kamu bahkan bisa mengakses HBO Go maupun Viu.

Film-film yang disediakan oleh MAXstream termasuk gres. Kalau kamu yaitu penggemar film-film nasional, MAXstream turut menyediakan film-film Indonesia yang kualitasnya sangat baik. Platform ini hanya hadir dalam bentuk aplikasi sehingga kau hanya mampu menonton film MAXstream di HP atau PC.

Menariknya, MAXstream juga mempunyai original series yang cukup menghibur. Nah, jika kamu adalah pengguna Telkomsel dan punya kuota MAXstream, coba deh streaming film di aplikasinya!

13. iflix

iflix

* sumber: www.asianentrepreneur.org

Dewasa ini, semakin banyak situs nonton film legal yang bermunculan. iflix menjadi salah satu platform yang paling banyak digunakan di Indonesia. Situs nonton yang berasal dari Malaysia ini disukai karena mampu diakses gratis dan koleksi filmnya lengkap, mulai dari K-drama atau film-film Indonesia semuanya ada di sini.

Mengingat iflix adalah milik Malaysia, maka jangan heran kalau kau banyak menemukan film-film negeri jiran itu saat mengakses situsnya. Kalau tidak suka menonton film Malaysia, ada juga film-film atau acara TV barat yang tersedia.

iflix mampu diakses pribadi di situsnya atau download aplikasinya di ponselmu. Yuk, tonton film berkualitas secara legal dan tanpa bayar di iflix!

14. Viu

Viu

Viu yakni platform streaming film atau serial Asia. Kalau kamu yakni penggemar drakor, Viu yaitu kawasan terbaik untuk menonton drama-drama Korea. Boleh dibilang drakor yang tersedia di sini sangat update. Bahkan, beberapa drama yang sedang tayang di negara asalnya pun sudah mampu ditonton di Viu.

Viu tersedia dalam bentuk aplikasi maupun website. Semua orang mampu menggunakan Viu secara gratis tapi terbatas pada beberapa judul saja. Kalau ingin mengakses semua judul film atau series yang ada di Viu, kamu harus menjadi premium membership berbayar terlebih dahulu.

15. Tubi

Tubi

* sumber: deadline.com

Menjadi tentangan terberat HBO Go, Tubi merupakan layanan streaming yang dimiliki Fox Corporation. Sebagaimana yang kita ketahui HBO dan FOX ialah dua channel televisi asal Amerika yang memang sama-sama bersaing ketat.

Yang menciptakan Tubi mempunyai nilai plus ketimbang HBO Go yaitu Tubi bisa diakses secara gratis. Lupakan biaya keanggotaan bulanan atau registrasi yang rumit karena ketika kamu membuka website dan memilih film yang hendak ditonton, film tersebut sudah bisa pribadi diputar.

Keterbatasan Tubi hanya terletak pada subtitle saja. Nampaknya layanan streaming ini belum menyediakan pilihan subtitle Bahasa Indonesia.

16. Genflix

Genflix

* sumber: bitmovin.com

Kalau yang satu ini ialah layanan streaming karya anak bangsa. Ya, Genflix yaitu situs streaming film yang sangat ‘ramah’ terhadap masyarakat Indonesia. Selain aksesnya gampang, semua film luar yang tersedia di sini tentu sudah mampu diatur memakai subtitle Bahasa Indonesia.

Mengingat Genflix yakni karya anak bangsa, maka film-film yang tersedia di sini didominasi oleh film nasional. Namun, ada juga film Korea dan Amerika yang tersedia di sini. Tidak semua film yang tersedia di Genflix bisa ditonton secara gratis. Beberapa di antaranya hanya mampu diakses jikalau kau sudah membayar biaya berlangganan.

17. Kanopy

Kanopy

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=YALa3V7k_Cc

Kanopy mempunyai banyak kemiripan dengan Hoopla. Penggunanya menyebut Kanopy sebagai perpustakaan online untuk menyewa film dalam jangka waktu tertentu. Akan tetapi, koleksi film yang terdapat di sini cukup lengkap walaupun tidak bisa dibilang selalu up to date.

Akses masuk ke Kanopy bahu-membahu gratis. Sayangnya, kau perlu kartu perpustakaan dari perpustakaan publik atau universitas. Makara, jikalau kamu tidak mempunyai kartu perpustakaan nampaknya kau akan kesulitan untuk bisa mengakses Kanopy.

Saran kami, pinjam saja kartu perpustakaan dari kerabat yang mungkin bersekolah di luar negeri. Kartu tersebut hanya dibutuhkan pada ketika pendaftaran pertama kali saja kok!

18. Pluto TV

Pluto TV

Masih membahas layanan streaming dari Amerika kali ini ada Pluto TV. Walaupun namanya tidak sepopuler HBO Go atau Amazon Prime Video, film yang tersedia di Pluto TV ini tergolong cukup gres dan tidak terlalu ketinggalan zaman.

Menariknya, ada beberapa channel televisi luar negeri yang bisa ditonton melalui Pluto TV. Namun, kamu wajib menggunakan VPN saat mengakses Pluto TV karena beberapa negara di Asia, termasuk Indonesia, belum bisa melaksanakan streaming film di Pluto TV walaupun situs ini termasuk situs legal.

19. Vidio

Vidio

Nah, yang satu ini adalah layanan streaming film yang dulunya hanya bisa dipakai untuk menonton channel televisi lokal saja. Semakin berkembang, Vidio kesannya merilis fitur streaming film. Meskipun koleksi film di sini jumlahnya tidak terlalu banyak tapi film-filmnya cukup up to date kok.

Bukan cuma film, di Vidio kamu juga bisa menonton drakor atau pertandingan bola yang sedang berlangsung. Akan tetapi, saluran streaming ini hanya bisa dinikmati oleh pengguna yang sudah berlangganan premier membership. Namun kamu tak perlu khawatir sebab biaya membership di Vidio ini tergolong sangat murah dibanding platform streaming seperti Netflix.

20. Retrovision TV

Retrovision TV

* sumber: www.cybrhome.com

Tahukah kau bahwa ada banyak film jadul yang menarik untuk ditonton? Bahkan, walaupun kualitas filmnya masih hitam-putih, ada banyak judul film lawas yang memiliki jalan dongeng menarik atau tergolong sukses pada masanya.

Sayangnya, sebagian orang kesulitan untuk menerima film-film klasik tersebut. Untuk menunjukkan solusi, Retrovision TV hadir memperlihatkan banyak judul film lawas yang mampu ditonton secara gratis!

Semua situs dan aplikasi nonton film di atas legal dan bukan mengambil film-film bajakan. Kamu tak perlu khawatir menonton film ilegal ketika mengakses situs dan aplikasi di atas.

Beberapa situs di atas mungkin belum mampu diakses dari negara kita. Kamu harus menggunakan VPN untuk mampu masuk ke situs-situs tersebut. Jika ada aksesori situs atau aplikasi nonton film legal lainnya yang belum dibahas di sini, silakan tulis namanya di kolom komentar, ya!

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online