11 Rekomendasi Aplikasi Pengganti Idm Yang Bisa Diandalkan

Pernah mendengar aplikasi berjulukan IDM? Kepanjangan dari Internet Download Manager ini dikenal sebagai perangkat lunak yang membantu orang untuk mengunduh file di internet ke komputer dalam waktu yang sangat singkat (koneksi internet juga memainkan peran yang penting) serta dengan cara yang terorganisir. IDM termasuk salah satu pengelola unduhan yang paling terkenal.

IDM mempunyai beberapa fitur yang sangat keren, contohnya akselerasi kecepatan unduhan, memulai ulang unduhan, unduhan yang terjadwal, video grabber, terintegrasi dengan browser, dan banyak lagi. Namun sayang, IDM hanya bisa digunakan untuk Windows. Selain itu, setelah uji coba 30 hari, pengguna harus membeli lisensi. Kaprikornus, bila kau mencari alternatif IDM, simak ulasan berikut.

1. JDownloader

JDownloader

* sumber: jdownloader.org

Salah satu alternatif terbaik untuk pengganti IDM yakni JDownloader. Aplikasi pengelola unduhan internet ini tersedia untuk beragam sistem operasi, seperti Windows, Mac, Java dan Linux. JDownloader merupakan pengelola unduhan open-source yang gratis digunakan untuk mengunduh banyak sekali file dari internet.

Tak beda dari IDM, kamu mampu memulai, menjeda, melanjutkan, dan menghentikan unduhan. Kamu juga dapat menjadwalkan unduhan dan dapat menghemat bandwidth kalau kau memakai perangkat internet terbatas. Penjadwalan mampu membuat unduhan lebih cepat hingga 10% dan menghemat waktu.

2. Orbit Downloader

Orbit Downloader

* sumber: downloads.tomsguide.com

Pengganti lain untuk IDM yang juga sama bagusnya ialah Orbit Downloader. Aplikasi ini memungkinkan kau untuk mengunduh video, lagu, serta file lainnya dengan mudah.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan kau untuk mengunduh video dari website jejaring sosial, misalnya YouTube, Pandora, Myspace, Rapidshare, dan lain-lain.

Orbit Downloader memungkin kau untuk mengunduh file lebih cepat dan kondusif. Berkat “Orbitnet”, yakni teknologi pengunduhannya yang unik, kamu mampu mempercepat kecepatan pengunduhan dengan pinjaman beberapa koneksi.

Mengenai hal ini, Orbit Downloader mencari mirror alternatif dari file unduhan yang sama dan mentransfernya ke server unduhan mereka. Yang tak kalah menariknya adalah antarmukanya yang intuitif dan mudah sehingga lebih menarik bagi pengguna.

3. EagleGet

EagleGet

* sumber: eagleget.findmysoft.com

EagleGet merupakan aplikasi unduhan dan akselerator yang didesain dengan baik serta ramah pengguna juga interface yang mudah digunakan. Tak berbeda dari Internet Download Manager, aplikasi ini juga dilengkapi dengan utilitas yang memungkinkannya untuk pribadi diintegrasikan dengan peramban yang kau gunakan.

EagleGet juga menunjukkan tunjangan untuk protokol seperti HTTPS, FTP, RTPS, HTTP, dan MMS. Dukungan untuk berbagai protokol ini memungkinkan kau untuk mengunduh file dari website yang cocok dengan protokol ini.

Ada bermacam-macam mekanisme pengunduhan file yang dimiliki aplikasi ini. Kamu mampu melaksanakan copy paste link unduhan secara pribadi ke interface pengunduhan EagleGet atau mengumpulkan file unduhan dari situs web tertentu.

Jika kau hendak mengunduh beberapa file dengan ukuran yang besar, maka kamu mampu memakai EagleGet scheduler untuk mengelola semua tugas unduhan yang kamu miliki.

4. Free Rapid Downloader

Free Rapid Downloader

* sumber: www.freewarefiles.com

Salah satu aplikasi pengunduhan yang dikembangkan untuk Java yakni Free Rapid Downloader. Spesialisasi aplikasi ini ialah mampu mengunduh file dari platform mirip YouTube, Facebook, Picasa dan Rapidshare.

Cara mengunduh memakai Free Rapid Downloader yakni dengan cara mengambil URL file yang diinginkan, kemudian simpan di FRD. Semua proses lainnya ditangani oleh FRD.

Ada beberapa alasan mengapa Free Rapid Downloader bisa menjadi alternatif untuk IDM. Pertama, semua catatan unduhan akan ada kecuali jikalau kau menghapusnya. Fitur ini akan membantu bila kau harus mencari link file yang kau unduh di kemudian hari. Kedua aplikasi ini mendukung sekitar 700 situs atau lebih. Ketiga pembaruan plug-in tersedia secara teratur.

Free Rapid Downloader juga menyediakan fitur khas, yakni memverifikasi apakah file sudah tersedia di server atau tidak. Aplikasi ini juga mempunyai pilihan untuk auto-shutdown dan juga mengenali CAPTCHA. Selain Microsoft Windows, FRD juga bisa digunakan untuk Mac dan Linux.

5. Download Ninja

Download Ninja

* sumber: www.afterdawn.com

Selain alternatif untuk IDM, aplikasi Download Ninja juga mampu menjadi pengganti DownThemAll, yaitu alternatif untuk Google Chrome. Aplikasi ini tidak perlu diunduh ke sistem alasannya adalah hanya sebuah ekstensi saja. Cukup tambahkan ke browser Chrome dan kau sudah bisa melaksanakan pengunduhan.

Dengan Download Ninja kamu akan mendapatkan fitur yang seperti dengan IDM. Contohnya yakni pembatasan kecepatan, penerapan tema, pertolongan multibahasa, pengunduhan ulang, dan percepatan unduhan. Download Ninja bisa menjadi alternatif aplikasi pengelola unduhan yang baik untuk kamu gunakan pada PC Windows atau Mac.

6. Internet Download Accelerator

Internet Download Accelerator

* sumber: www.board4all.biz

Alternatif IDM lainnya yang bisa meningkatkan kecepatan unduhan pada tiap unduhan yaitu Internet Download Accelerator. Aplikasi ini mampu mencapai kecepatan maksimum dalam mengunduh yaitu dengan cara memecah file menjadi beberapa bab dan kemudian mengunduhnya secara sedikit demi sedikit dalam waktu beberapa menit.

Jika unduhan yang dihasilkan rusak, kau bisa mengunduh ulang. Selain itu, kamu juga mampu memulai, menghentikan sejenak dan menghentikan unduhan cukup dengan satu klik. Cara lainnya yaitu dengan menarget URL semoga bisa mengunduh aneka macam file dari halaman web.

Internet Download Accelerator mampu diintegrasikan dengan sejumlah peramban, seperti Firefox, Chrome, Mozilla, Internet Explorer, Netscape, Opera, dan Safari. Selain itu, terdapat acara yang memonitor clipboard sistem juga mendeteksi URL pada clipboard layaknya IDM.

7. Download Accelerator Plus

Download Accelerator Plus

* sumber: addons.opera.com

Jika ingin aplikasi untuk mengunduh yang sama cepatnya mirip IDM, alternatif yang bisa kamu pilih yakni Download Accelerator Plus atau (DAP).

Aplikasi ini memungkinkan kau untuk mengunduh file 400% lebih cepat dibandingkan aplikasi pengunduh lain yang ada. Tak hanya cepat, unduhan dengan aplikasi ini juga lebih lancar dan aman dibandingkan aplikasi lain.

Aplikasi ini memastikan bahwa file yang diunduh telah diamankan sebelum dibuka. Lebih dari 293 juta pengguna sudah menjatuhkan pilihannya pada aplikasi ini untuk mengelola unduhan internet mereka.

8. uGet

uGet

* sumber: uget-download-manager.findmysoft.com

uGet merupakan salah satu aplikasi untuk mengunduh yang awalnya dirancang untuk pengguna sistem operasi Linux. Inilah yang menjadi alasan mengapa aplikasi ini merupakan pengelola unduhan open-source sejak awal.

Sesudah meraih sukses besar di Linux, pengembang yang berada di balik aplikasi pengunduhan file ini kesudahannya menetapkan untuk belok ke sistem operasi Microsoft Windows. Perpindahan ini atas undangan pengguna dan pelanggan.

Akhirnya, aplikasi uGet mampu digunakan untuk multi-platform yang kompatibel dengan Linux, Microsoft Windows, OS mobile Android, dan BSD.

9. FlashGet

FlashGet

* sumber: www.snapfiles.com

Awalnya aplikasi ini dikenal sebagai JetCar. Hal itu dikarenakan aplikasi ini mempunyai kecepatan unduhan yang luar biasa. Bahkan FlashGet memiliki kemampuan untuk mengunduh file dari bermacam sumber menggunakan metode pembagian file. FlashGet mempunyai dua versi, ialah versi berbayar tanpa iklan dan versi gratis dengan iklan.

FlashGet juga mendukung banyak protokol. Tanpa harus mengoperasikan download seed, aplikasi FlashGet melakukan semua unduhan secara otomatis. Pengguna bisa menemukan banyak kategori yang sudah ditentukan. Kamu mampu menggunakan aplikasi ini untuk file Torrent. Flashget juga didukung dengan perangkat lunak yang memungkinkan banyak multi-tasking unduhan file.

10. GetRight

GetRight

* sumber: www.download.hr

GetRight yakni aplikasi downloader yang dirilis tahun 1997. Fitur utama aplikasi ini ialah kemampuannya untuk menyediakan unduhan yang bebas gangguan untuk pengguna. Untuk menerima kecepatan mengunduh yang luar biasa, aplikasi ini akan mencari banyak sumber file.

Kekuatan utama GetRight ada dalam hal penjadwalan. GetRight mampu dengan gampang menjadwalkan unduhan. Kamu mampu mengelola unduhan dengan cara menghentikan sementara lalu melanjutkan unduhan sesuai keinginanmu. Bahkan dikala kau mengunduh dan file belum sepenuhnya terunduh, kamu bisa melanjutkan lagi unduhan yang terhenti tadi. GetRight juga memiliki opsi ‘recovery’.

11. Free Download Manager

Free Download Manager

* sumber: www.snapfiles.com

Aplikasi unduhan ini sudah berumur lebih dari satu dekade. Ketika dirilis, Free Download Manager merupakan aplikasi yang berbayar, namun berkembang menjadi aplikasi gratis.

FDM mempunyai kemampuan yang kuat dalam mengatur file “selama unduhan” dan “sehabis unduhan”. Aplikasi ini juga memungkinkan kau membuat folder di dalam folder, jadi mampu lebih baik dalam mengelola file yang diunduh.

Free Download Manager memungkinkan pengguna untuk bisa melihat status unduhan. Aplikasi ini juga mampu digunakan untuk mengunduh file BitTorrent. FDM mampu mengunduh video, terutama video berformat FLV dengan cukup mengagumkan.

Dengan sekali klik, video dari YouTube dan Google Video mampu dengan gampang diunduh. Selain itu, kamu juga mampu mengubah video menjadi beberapa format yang umum digunakan. Kelebihan aplikasi ini yakni kamu mampu menonton video yang belum final diunduh.

Itulah beberapa aplikasi pengganti IDM yang bisa kamu andalkan dengan baik. Jika dikala ini kamu memakai IDM, kamu mungkin perlu membaca artikel mengenai cara mengatasi IDM fake serial number atau cara mempercepat download dengan IDM.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online