11 Kelebihan Dan Kekurangan Oppo Find X2 Yang Perlu Diketahui

Telah hadir produk HP lainnya dari OPPO yang menyongsong pasar high-end, yaitu OPPO Find X2. HP ini merupakan penerus dari Find X yang telah dirilis pada tahun 2018. Hadir dengan varian non-Pro dan Pro, keduanya mempunyai spesifikasi serta fitur yang sama-sama gahar, terlebih jikalau dilihat dari banyak sekali sektor tertentu.

Sebelumnya, Carisinyal sudah mengulas beberapa daftar kelebihan dan kekurangan OPPO Find X2 Pro. Anda bisa menjadikannya sebagai teladan jika masih mempertimbangkan mau beli yang Pro atau yang biasa.

Kali ini Carisinyal akan membahas varian yang non-Pro yang tentunya mempunyai spesifikasi di bawah Pro. Namun, perbedaan ini hanya terletak pada sertifikasi ketahanan air serta kamera. Varian ini tetap sangat layak dipertimbangkan, terutama jika Anda melihat aneka macam kelebihan yang ditawarkannya.

Terutama bagi Anda yang menyukai HP dengan desain menawan, OPPO memang brand HP yang bisa diacungi jempol. Daripada ingin tau, langsung saja simak berbagai kelebihan dan kekurangan OPPO Find X2 berikut ini.

Spesifikasi OPPO Find X2

Oppo Find X2

  • Rilis: Maret, 2020
  • Layar: AMOLED, 1440 x 3168 piksel
  • Chipset: Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 (7 nm+)
  • GPU: Adreno 650
  • RAM: 12 GB
  • Memori Internal: 256 GB
  • Memori Eksternal: –
  • Kamera Belakang: 48 MP + 13 MP + 12 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4200 mAh

Cek spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan OPPO Find X2

Sebagai kelanjutan dari Find X, tentu saja Anda akan menemukan banyak sekali peningkatan dari segi fitur dan spesifikasi. OPPO Find X2 yang merupakan HP flagship juga tentu menawarkan kemudahan serta penemuan yang tak dimiliki kebanyakan HP lainnya. Simak kelebihan OPPO Find X2 di bawah ini.

1. Fast Charging yang Unggul

oppo find x2 fast charging

Bagi Anda yang super sibuk dan tidak ada waktu banyak untuk mengecas, keunggulan ini sungguh layak diapresiasi. Fitur pengisian daya cepat tentu bukan hal baru di kalangan HP canggih. Namun, tidak semua HP mampu menyaingi kemampuan fast charging pada OPPO Find X2. Bayangkan saja, HP ini hadir dengan pengecasan 65 W SuperVOOC 2.0 yang mampu mengisi daya sampai penuh dalam waktu 38 menit saja!

Padahal baterai dengan kapasitas besar umumnya membutuhkan waktu lebih banyak untuk dicas. Hal ini tidak berlaku untuk baterai Li-Po sebesar 4200 mAh yang diusungnya. Menggabungkan kecepatan pengecasan dan besarnya kapasitas, Anda pasti sangat jarang menerima notifikasi low batt. Pengecasan 65 W ini juga tergolong yang paling besar di antara seluruh jajaran HP canggih di kelasnya.

2. Desain Bodi yang Ciamik

oppo find x2 desain bodi

Tidak hanya powerful, sebuah HP tentu harus mempunyai desain yang baik juga – seperti OPPO Find X2 dengan “wow factor” pada kedua varian desain yang dimilikinya – Black Ceramic (hitam) dan Ocean Glass (biru).

Dihadirkan dengan gabungan tekstur pada material bahannya, Anda dijamin puas dan nyaman dikala memegangnya. Pada bagian belakang Ocean Glass, sekilas terlihat mirip hologram alasannya adalah warna birunya mampu berubah-ubah jikalau dilihat dari sudut yang berbeda. OPPO lagi-lagi lumayan jikalau berurusan dengan desain.

3. Tampilan Layar Sungguh Memukau

oppo find x2 layar

Bersiap-siaplah memanjakan mata Anda ketika melihat layar pada OPPO Find X2. HP ini dihadirkan dengan layar AMOLED berukuran 6,7 inci yang mendukung refresh rate sebesar 120 Hz dan sampling rate sebesar 240 Hz. Artinya, pergerakan objek dalam layar akan terlihat jauh lebih lembut ketimbang 60 Hz. Anda pun mampu melakukan aneka macam kegiatan pada HP dengan lebih nyaman.

Tak hanya itu, layar ini juga dilengkapi dengan kejernihan 3K QHD+ dan True Billion Color Display. Jumlah warna yang ditampilkan sebesar 1 milyar, jauh lebih banyak dari HP pada umumnya yang hanya menghadirkan 16 juta warna. Semua ini dipadukan dengan baik untuk menghasilkan tampilan layar yang sungguh memukau.

4. Pengalaman Menonton Video yang Sangat Berkesan

oppo find x2 video

Siapa yang tidak suka menonton film? Netflix, YouTube, drama korea, ketiga ini merupakan acara yang paling sering dilakukan untuk melepas penat setelah seharian bekerja atau kuliah. Oleh karena itu, Anda pasti tidak akan menyesal menentukan OPPO Find X2.

Selain dari tampilan layarnya yang ciamik, ternyata masih banyak fitur yang bisa meningkatkan pengalaman menonton. 01 Vision Ultra Engine yang dimilikinya mampu menyulap video berkualitas biasa menjadi HDR. Bahkan, video-video di YouTube dan Netflix bisa ditingkatkan FPS-nya dari 30 FPS menjadi 60 hingga 120 FPS.

FPS (frame-rate per second) mengacu pada seberapa banyak frame yang ditampilkan di layar selama sedetik. Dengan FPS yang lebih tinggi, Anda akan mendapatkan immersion yang lebih saat menonton. Segi audionya juga unggul alasannya memiliki dua speaker stereo dengan bantuan Dolby Atmos. Suara yang dihasilkan terasa hadir dari banyak sekali arah seperti waktu Anda menonton bioskop.

5. Mode Malam pada Ketiga Lensa

oppo find x2 camera

Fitur yang tidak pernah mangkir dari sebuah ponsel arif adalah kamera. Untung saja, OPPO Find X2 mempunyai tiga lensa di bab belakang yang bisa menghasilkan hasil foto dan video berkualitas. Lensa utamanya memiliki resolusi sebesar 48 MP dengan bukaan f/1.7, 26mm.

Sementara itu, hadir juga lensa jarak jauh sebesar 13 MP yang bisa melakukan 5x hybrid zoom. Terakhir, ada lensa ultrawide sebesar 12 MP yang sanggup mengambil gambar atau video sampai sudut 120 derajat, serta kemampuan foto makro dengan 3 cm macro shooting.

Uniknya lagi, ketiga kameranya sudah dilengkapi algoritma Ultra Night Mode 3.0 yang tetap mampu menghasilkan bidikan dengan detil yang terjaga, bahkan dikala pencahayaan minim sekalipun. Berikut yakni foto hasil kamera pada OPPO Find X2 sebagai rujukan.

oppo find x2 macro

OPPO Find X2 Foto Makro. * sumber: inet.detik.com

oppo find x2 night mode

OPPO Find X2 Ultra Night Mode. * sumber: inet.detik.com

Seperti yang terlihat, baik untuk pemotretan makro ataupun lanskap pada malam hari, keduanya bisa memperlihatkan detil serta kontras warna yang cukup akurat. Kamera pada OPPO Find X2 sangat cocok untuk mengambil gambar secara profesional maupun untuk dibagikan ke sosial media.

6. Meraih Skor Benchmark Tertinggi

oppo find x2 performance 1

Untuk Anda yang suka bermain game niscaya tidak suka bila tampilan layar tiba-datang ngelag apalagi freezing. Itulah pentingnya performa chipset pada HP biar permainan bisa berjalan tanpa terganggu.

OPPO Find X2 sendiri dilengkapi dengan chipset Snapdragon 865 yang merupakan salah satu chipset terbaik di dunia. Hadir dengan RAM 12 GB, berbagai aplikasi serta game mampu berjalan di background dalam waktu bersamaan.

Untuk skor benchmark Geekbench 5.1, OPPO Find X2 bahkan digadangkan sebagai salah satu HP Android yang memiliki skor tertinggi, meraih skor 913 pada pengujian single core serta skor 3.308 untuk multi-core. Sebuah prestasi yang menakjubkan, bukan? Anda niscaya bisa bermain game berat mirip PUBG dengan pengaturan grafis yang mentok kanan.

7. Fitur Fingerprint Unlock yang Mutakhir

oppo find x2 fingerprint

Sebagai salah satu HP flagship keluaran OPPO, Find X2 hadir dengan fitur pembuka kunci menggunakan sidik jari yang sangat mutakhir. Sensor sidik jari ini terletak pada layar dan bisa membuka kunci dengan cepat alasannya adalah modul pemindainya 91% lebih tipis.

Untuk kenyamanan Anda, luas cakupan dari pemindai sidik jari ini juga dibentuk 10% lebih besar ketimbang OPPO Reno 2. Fitur sidik jari ini sungguh menguntungkan Anda biar bisa memakai HP dengan cepat di situasi darurat.

Kekurangan OPPO Find X2

OPPO Find X2 memang salah satu pilihan HP high-end yang menggiurkan. Tapi, bukan berarti HP ini tanpa cela, lho! Anda juga harus mempertimbangkan beberapa kekurangannya sebagai berikut.

1. Tanpa 3,5 mm Jack

oppo find x2 jack

Untuk menciptakan pengalaman mendengarkan musik atau menonton film tentu diperlukan headset. Masalahnya, rata-rata orang mempunyai headset yang memerlukan konektivitas 3,5 mm pada perangkat.

OPPO Find X2 tidak dihadirkan dengan konektivitas ini sehingga Anda perlu menggunakan adapter agar bisa disambungkan ke USB tipe-C. Atau, Anda harus keluar duit lagi untuk membeli headset wireless yang mampu menyedot baterai HP.

2. Tanpa Dukungan Memori Eksternal

oppo find x2 memori eksternal

OPPO Find X2 adalah salah satu HP terbaru yang menghilangkan akomodasi memori eksternal dengan menawarkan kapasitas memori internal yang besar, yakni 256 GB. Meski demikian, fitur memori eksternal merupakan hal mutlak bagi sebagian orang supaya data-data di dalamnya tetap kondusif meski dilakukan factory reset.

Sementara itu, menunjukkan tunjangan memori eksternal pada HP yang sudah mempunyai kapasitas besar bukanlah hal mustahil. Contohnya mirip Samsung Galaxy S20 Ultra yang mempunyai memori internal sampai 512 GB namun tetap menyediakan slot microSD.

3. Tidak Memiliki Fitur Face Unlock

oppo find x2 face unlock

Belakangan ini sering sekali HP keluaran 2020 yang hadir dengan fitur pembuka kunci melalui deteksi wajah. Bahkan fitur ini sudah merambah ke segmen harga menengah. Karena itu, cukup disayangkan tidak ada fitur Face Unlock pada OPPO Find X2. Padahal produk keluaran OPPO di segmen menengah seperti OPPO A12 sudah dilengkapi AI Face Unlock.

Untung saja masih ada fitur sidik jari yang mutakhir sebagai kompensasinya. Namun, jikalau Anda termasuk orang yang mencari fitur Face Unlock pada HP, mungkin OPPO Find X2 bukan pilihan yang sempurna.

4. Hanya Memiliki Sertifikasi IP54

oppo find x2 ip54

Salah satu hal yang mungkin semoga sering terlupakan namun tidak kalah penting yaitu ketahanan HP terhadap air. Tentu saja umumnya HP bukanlah barang yang cocok dibawa mandi apalagi berenang, namun tidak ada yang bisa memprediksi kapan HP akan terjatuh atau ketumpahan air.

Sayangnya, sertifikasi OPPO Find X2 hanyalah IP54 yang hanya tahan terhadap cipratan air. Bagi sebagian orang mungkin hal ini cukup. Namun tidak ada salahnya mencari HP yang juga tahan apabila tercemplung ke dalam air. Padahal, OPPO Find X2 Pro sudah dilengkapi IP68 yang tahan di air pada kedalaman hingga 1,5 m selama 30 detik.

Simpulan

Itu tadi banyak sekali pertimbangan yang bisa Anda jadikan pola mengenai OPPO Find X2. Sungguh HP flagship yang layak dinobatkan sebagai salah satu HP terbaik di dunia. Hal ini terlihat dari performanya yang kelas atas dan mampu berada di gugusan skor tertinggi pada Geekbench.

Sementara itu, layarnya yang memukau ditambah dengan ketahanan baterai yang kuat, menjadikannya alat penunjang yang cocok untuk dipakai binge-watching seharian penuh.

Hanya saja, headset biasa tidak akan mampu digunakan pada HP ini, kecuali jikalau Anda memiliki adapternya. Anda juga tidak mampu memakaikan kartu memori dari HP Anda yang lama. Untung saja memori internalnya cukup besar.

Nah, bagaimana pendapat Anda mengenai HP canggih ini? Sudahkah Anda memutuskan untuk membelinya? Kunjungi link ini untuk melihat harganya dan jangan lupa bagikan pengalaman Anda menggunakan OPPO Find X2 di kolom komentar.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online