10 Tips Membeli Hp Xiaomi Yang Penting Untuk Kamu Ketahui

Xiaomi ialah salah satu brand ponsel yang populer di Indonesia dan beberapa negara lainnya. Produk-produk smartphone pabrikan Tiongkok ini sering tiba membawa kejutan kepada masyarakat. Ponsel Xiaomi banyak yang dijual lebih murah dibanding pesaing-pesaingnya walaupun datang dengan spesifikasi yang hampir seperti. Oleh sebab itu, banyak smartphone Xiaomi banyak diburu oleh pecinta gadget di tanah air.

Nah, kali ini Carisinyal akan memberikan tips-tips menarik sebelum para pembaca di sini akan membeli HP Xiaomi. Dengan membaca artikel ini biar kamu bisa menemukan perangkat Xiaomi yang sempurna dan sesuai dengan kebutuhanmu. Langsung saja cek tips-tips tersebut di bawah ini ya.

1. Tentukan Tujuan Membeli HP Xiaomi

Target

* sumber: pixabay.com

Sebelum siap membeli HP Xiaomi, kamu harus memilih tujuanmu dulu. Apakah HP Xiaomi yang akan kamu beli itu untuk bermain game, fotografi, atau sekedar penggunaan ponsel secara reguler. Agar nantinya kau tidak resah dikala memilih model HP Xiaomi, kau harus tahu dulu tujuanmu.

Jika kau suka bermain game baik dengan grafis rendah atau tinggi, maka pilihlah ponsel Xiaomi yang mampu mendukung acara tersebut dengan baik dan lancar. Kamu mampu memilih hal itu dari segi ukuran layar, prosesor (pilih yang Snapdragon 660 ke atas), kapasitas RAM (minimal 3/4 GB dengan ROM min 32 GB), serta ukuran baterai ponsel (>4000 mAh + pengisian cepat). Salah satu HP terbaik Xiaomi yang cocok untuk bermain game adalah Xiaomi Black Shark Helo.

Lain lagi jika kau hobi fotografi dan tujuanmu membeli HP Xiaomi ialah untuk mengakomodir aktivitas tersebut. Di sini, hal utama yang perlu kau perhatikan yaitu sektor kameranya. Pilihlah smartphone Xiaomi yang tiba dengan teknologi kamera terbaik serta bisa menghasilkan kualitas foto yang baik pula. Xiaomi Mi Mix 3 ialah salah satu ponsel Xiaomi dengan kamera terbaik dikala ini.

Namun, jikalau tujuanmu membeli HP Xiaomi hanya untuk penggunaan standar saja (sms, telepon, dan sedikit bermultimedia), maka beli saja Xiaomi yang harganya Rp 1 jutaan.

2. Ketahui Spesifikasi Lengkap HP Xiaomi yang Ingin Dibeli

GSM Arena

Penting untuk mengetahui spesifikasi lengkap dari HP Xiaomi yang ingin kau bawa pulang ke rumah. Kamu mampu mengeceknya di situs web resmi perusahaan (klik di sini), atau di situs review ponsel terkenal mirip GSM Arena (klik di sini).

Dengan mengetahui spesifikasi lengkap calon HP-mu, kamu dapat dengan mudah menentukan model smartphone Xiaomi yang sesuai dengan kriteriamu. Di kedua situs yang disebutkan tadi, kau mampu mengetahui berita lengkap ponsel, mulai dari bentuk fisik, jeroan, serta harga yang ditawarkan.

3. Beli HP Xiaomi di Waktu yang Tepat

Time

* sumber: pixabay.com

Pabrikan ponsel pandai biasanya suka merilis produk gres dengan spesifikasi dan harga yang hampir seperti dengan model lamanya. Misalnya, jikalau ponsel Xiaomi model lama tersebut cocok dengan apa yang kamu inginkan, maka kau mampu membelinya di waktu yang sempurna. Sebelumnya, kamu juga harus mengetahui dulu perangkat-perangkat gres Xiaomi yang akan segera dirilis ke pasaran.

Maksudnya bagaimana? Jika sebuah ponsel gres datang dengan isian dan harga yang sama dengan model usang, maka harga ponsel lama mampu turun sebelum model gres diluncurkan atau beberapa waktu setelahnya. Dengan demikian, bila kamu bisa membelinya di saat yang sempurna, maka kau bisa berhemat.

Penulis pernah melaksanakan hal ini dan memang terjadi demikian. Jika kau orangnya mampu menunggu, maka tips ini bisa coba kau terapkan. Jika ternyata model yang gres membawa lebih banyak keunggulan, maka pilihannya jatuh ke yang lebih baik.

4. Xiaomi dengan Prosesor Mid-Range Juga Tidak Masalah

prosesor smartphone

HP Xiaomi dengan prosesor Snapdragon kelas wahid tentunya bisa menghasilkan kinerja yang OKE. Namun, pastinya kau akan membayar mahal untuk mendapatkan perangkat tersebut. Jika kau seorang gamer kelas berat, maka ponsel Xiaomi dengan prosesor Snapdragon 835 dan Snapdragon 845 adalah pilihan yang bagus buatmu.

Namun, smartphone Xiaomi dengan Snapdragon kelas menengah seperti S660 (teladan modelnya adalah Xiaomi Mi Max 2 dan Xiaomi Mi Note 3) juga memberikan kinerja yang cukup baik bagi banyak pengguna termasuk penulis.

5. Pilih HP Xiaomi dengan Ukuran Layar yang Pas

Xiaomi Redmi Note 5

* sumber: www.yangcanggih.com

Pastinya kau tidak ingin mendapatkan smartphone Xiaomi yang terlalu besar atau terlalu kecil ketika digenggam, bukan? Oleh alasannya adalah itu, kau perlu memperhatikan ukuran layar HP Xiaomi yang hendak kamu beli.

Jika kamu suka mengoperasikan smartphone dengan satu tangan, maka pilihlah HP Xiaomi yang layarnya tidak lebih dari 5,5 inci. Contoh model ponsel Xiaomi dengan ukuran layar demikian ialah Xiaomi Redmi 5A dan Xiaomi Mi 6. Ponsel-ponsel itu juga cocok untuk penggunaan reguler sehari-hari.

Lantas, jika kau ingin mencicipi pengalaman yang lebih baik ketika menonton video, bermain game, atau melakukan pekerjaan yang mengharuskanmu membuka banyak jendela, maka pilihlah HP Xiaomi dengan layar yang lebih besar. 6 inci yaitu ukuran yang cukup untuk menunjang aktivitas-acara tadi.

6. Jangan Terpaku pada Ukuran Megapixel Kamera

* sumber: teknologi.metrotvnews.com

Jika kamu suka fotografi dan ingin membeli HP Xiaomi yang cocok dengan hobimu, maka salah satu hal yang perlu kamu terapkan yakni jangan terpaku pada ukuran megapixel kameranya. Akan tetapi, yang perlu kau perhatikan adalah fitur-fitur yang disematkannya, seperti aperture (angka yang lebih kecil lebih baik) dan OIS atau Optical Image Stabilization.

Xiaomi Mi Mix 3 dan Xiaomi Mi 8 ialah beberapa smartphone Xiaomi yang masuk daftar HP dengan kamera terbaik. Mi 8 contohnya, datang dengan dual kamera belakang 12 MP, f/1.8, 1/2.55″, 1.4µm, 4-axis OIS, dual pixel PDAF + 12 MP, f/2.4, 56mm, 1/3.4″, 1.0µm, AF, 2x optical zoom. Selain itu, kamera depannya juga cukup mengagumkan, ialah sensor 20 MP, f/2.0, 0.9µm

Jika pilihan HP Xiaomi di atas cukup mahal buat kantongmu, maka kau bisa menjatuhkan pilihan ke Xiaomi Redmi 4 (cocok untuk pemula). Dengan banderol harga yang cukup murah saat ini, kualitas foto yang dihasilkan kamera ponsel tersebut tidak terlalu mengecewakan.

7. Pilih Kapasitas Memori Penyimpanan yang Cukup

Jika kau ingin merasa nyaman saat bermultimedia, mirip menonton film, bermain game, berselancar di dunia maya dan sebagainya, maka sebaiknya kau membeli HP Xiaomi dengan ROM minimal 32 GB. Jika menentukan ruang penyimpanan di bawah angka itu, jangan harap kau mampu menikmati hal-hal tadi dengan lancar dan nyaman.

Pabrikan tampaknya paham bahwa kebutuhan setiap pengguna meningkat dari waktu ke waktu. Jadi, mereka menghadirkan perangkat smartphone dengan kapasitas ROM yang ditingkatkan. Apalagi jika model HP Xiaomi yang kau pilih memiliki slot memori eksternal, maka hal itu bisa menjadi nilai tambah yang baik.

8. Pilih Kapasitas Baterai yang Cocok dengan Penggunaan

baterai xiaomi redmi 1s panas

Ponsel-ponsel terbaru Xiaomi ketika ini tiba dengan daya baterai yang besar-besar. Selain untuk kebutuhan pengguna, hal itu tentu saja diharapkan untuk menunjang perangkat itu sendiri yang membawa banyak peningkatan. Jika kamu punya mobilitas yang tinggi di luar ruangan, maka pilih HP Xiaomi yang berdaya tahan bagus.

Contoh smartphone Xiaomi yang keluar dengan daya baterai yang besar ialah Xiaomi Mi Max 2. Ponsel yang dirilis pada bulan Juni 2017 itu membawa kapasitas baterai sebesar 5300 mAh. Mi Max 2 yang mempunyai ukuran layar 6,44 inci ini bisa menyala selama 128 jam, waktu bicara sampai 30 jam 15 menit, waktu browsing sampai 19 jam 21 menit, dan waktu menonton video sampai 21 jam 37 menit. Ponsel ini sudah membawa teknologi pengisian cepat Quick Charge 3.0.

Selain dari kapasitasnya, kamu juga perlu memikirkan teknologi pengisian yang dibawanya. Mengisi daya baterai ponsel yang besar secara reguler akan membutuhkan waktu berjam-jam dan mungkin mampu membuatmu jengkel alasannya harus menunggu.

Jika Mi Max 2 tidak masuk planning budget-mu yang dijual di angka Rp 4 jutaan, maka kau mampu memilih Xiaomi Redmi 5 Plus dengan banderol harga Rp 2 jutaan (kapasitas baterainya 4000 mAh, RAM 3/4 GB dan ROM 32/64 GB).

9. Beli HP Xiaomi di Gerai Resmi

Mi Official Store

* sumber: www.unbox.ph

Agar kamu terhindar dari segala bentuk penipuan yang dikala ini banyak terjadi, sebaiknya kamu melaksanakan pembelian HP Xiaomi di gerai-gerai resmi mereka. Jika terpaksa membeli di toko ponsel biasa, perhatikan bahwa garansi yang ditawarkan haruslah garansi resmi Xiaomi. Jika ada penjual memperlihatkan garansi biro, dikhawatirkan perangkat tersebut palsu atau tidak original.

Jika membeli lewat toko online, kau juga harus aware dengan toko yang menjualnya (kalau ada toko resmi Xiaomi, beli saja di sana). Perhatikan reputasi toko tersebut, apakah mendapatkan review buruk dari pelanggannya atau tidak. Cek juga harga yang ditawarkannya. Jika ponsel Xiaomi yang kamu inginkan dijual lebih murah dari kebanyakan, kau patut curiga barang yang mereka jual tidak asli.

10. Sesuaikan dengan Kebutuhanmu

Saving Budget

* sumber: pixabay.com

Tips yang terakhir memang tidak terlalu penting, namun sebaiknya kamu membeli HP Xiaomi sesuai kebutuhanmu saja. Beberapa smartphone premium Xiaomi dijual dengan harga lebih dari Rp4 juta. Tentu saja mereka memberikan kinerja yang handal. Akan tetapi, kamu juga masih bisa mendapatkan ponsel Xiaomi dengan harga yang lebih murah namun tetap mampu diandalkan. Jika kamu pengguna yang sedang-sedang saja, maka Xiaomi Redmi Note 4 mampu menjadi opsi yang manis.

Nah, itulah beberapa tips membeli HP Xiaomi dari Carisinyal yang bisa coba kau lakukan sebelum memboyong pulang perangkat baru Xiaomi. Penulis berharap agar bahasan ini bermanfaat bagi pembaca sekalian, ya.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online