10 Rekomendasi Smartband Terbaik Di Dunia Tahun 2020

Jika kau seorang praktisi kebugaran, kau tentu tidak aneh lagi dengan perangkat yang bernama smartband. Ya, fungsi utama dari alat tersebut adalah sebagai fitness tracking atau pelacak kesehatan. Dengan demikian, setiap aktivitas olahraga untuk meningkatkan kebugaran tubuhmu mampu dilacak dengan gampang dengan smartband.

Saat ini kau bisa menerima smartband dengan mudah di pasaran dengan harga dan model yang variatif. Nah, semoga kau tidak galau memilih smartband yang cocok buatmu, kali ini Carisinyal akan membahas daftar smartband terbaik di tahun ini. Semoga mampu membantu, ya.

1. Fitbit Charge 3

Fitbit Charge 3

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Di daftar pertama smartband terbaik yakni Fitbit Charge 3. Perangkat ini dibentuk lebih apik dan ringan dibanding pendahulunya Charge 2. Selain itu, Fitbit Charge 3 juga memiliki layar yang lebih besar serta mempunyai beberapa fitur fitness tracking yang gres. Smartband ini bisa kau dapatkan di angka Rp2 jutaan saja.

Jika Fitbit Charge 2 hanya tahan air saja (seperti tahan cipratan air ketika kau sedang mencuci atau tahan keringat dikala berolahraga), sekarang Fitbit Charge 3 dibentuk sepenuhnya anti air. Dengan demikian, sekarang kamu mampu melacak aktivitas berenangmu dengan smartband ini. Tapi perlu diingat bahwa itu hanya berlaku di bak renang saja, bukan di tempat pemandian terbuka.

Beberapa kelemahan dari Fitbit Charge 3 yaitu masih tidak tersedianya onboard GPS dan layarnya yang monokrom. Akan tetapi, secara keseluruhan Fitbit Charge 3 yakni smartband pilihan terbaik dari Carisinyal untuk kamu miliki.

2. Garmin Vivosmart HR Plus

garmin-vivosmart-hr-plus

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Jangan lihat dari cover-nya – meski smartband ini memiliki desain bodi yang biasa saja, fitur-fitur dan kemampuan Garmin Vivosmart HR Plus tidak boleh diremehkan. Beberapa keunggulannya antara lain dapat bertahan sampai 6 hari dalam sekali cas, memiliki aneka macam sensor dengan hasil akurat, serta dilengkapi fitur GPS.

Smartband ini hanya memiliki dua kontrol: sebuah tombol di bawah layar dan swipe untuk melaksanakan navigasi sajian. Hal ini semakin menjadikannya sebuah pilihan smartband yang sangat mudah dipakai. Anda mampu melaksanakan tracking pada detak jantung, kalori yang dibakar, jumlah langkah kaki, dan sebagainya.

Anda juga mampu menerima berbagai notifikasi dari perangkat Android dan iOS mirip pesan masuk, pesan di Facebook, sampai kontrol musik pada lagu yang diputarkan di HP. Layarnya juga sangat jernih dan terang saat digunakan outdoor, cocok digunakan untuk lari di lapangan.

Sayangnya, dimensi layar yang hanya sebesar 25.3mm x 10.7 mm menciptakan Anda agak harus memicingkan mata saat memakainya. Anda pun tidak dapat memakai smartband ini untuk men-track acara berenang dan bersepeda. Namun, keakuratan dan kedalaman data yang ditampilkan cukup membuat smartband seharga Rp 2,4 jutaan ini terasa worth it.

3. Fitbit Alta HR

fitbit-alta-hr

 

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Jika Anda lebih memprioritaskan ketahanan baterai ketimbang ukuran layar, Fitbit Alta HR bisa jadi pilihan yang cocok. Anda mungkin akan kesulitan membaca tulisan di layar 15.2mm x 24.06mm ini, tapi baterainya bisa tahan hingga seminggu penuh.

Terdapat pelacakan olahraga otomatis sehingga Anda tinggal pribadi berolahraga tanpa perlu melaksanakan input. Namun cukup disayangkan Anda tidak dapat bebas memilih profil olahraga secara manual.

Untuk segi kontrol, tidak terdapat tombol untuk memilih sajian, jadi navigasi hanya dapat dilakukan dengan ketukan dan swipe. Anda dapat menghubungkan smartband ini pada perangkat Android dan iOS untuk mendapatkan notifikasi pemberitahuan panggilan telepon, pesan masuk, kalender, dan pengingat untuk berolahraga. Berminat? Anda bisa menerima Fitbit Alta HR seharga Rp 2,5 jutaan.

4. Garmin Vivosmart 4

Garmin Vivosmart 4

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Produk smartband terjangkau dari Garmin ini adalah pilihan terbaik kedua yang bisa kau miliki. Dengan perangkat ini kau bisa memonitor detak jantung, kadar gula dalam darah, serta energi tubuh sepanjang hari. Dengan banderol kurang lebih hanya Rp2 juta, kau bisa memiliki smartband keren yang didesain tipis ini.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Garmin Vivosmart 4 yakni daya tahan baterainya yang lama. Akan tetapi, hal itu sedikit kurang diimbangi oleh layar OLED-nya yang dirasa terlalu kecil (6,6 mm x 17,7 mm). Hal itu kadang menjadikan layar kurang responsif. Selain itu, kau juga tidak akan menemukan fitur GPS di dalamnya.

5. Samsung Galaxy Fit E

 samsung-galaxy-fit-e

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Merk raksasa asal Korea Selatan ini juga meluncurkan beberapa lini produk smartband, salah satunya berjulukan Samsung Galaxy Fit E yang diklaim bisa bertahan hingga 6 hingga 7 hari dengan pemakaian normal.

Hadir dengan layar PMOLED berukuran 0,74 inci, benda ini termasuk dalam kategori smartband terbaik di dunia. Samsung Galaxy Fit E juga sudah dilengkapi sertifikasi 5ATM – Anda dapat membawanya berenang hingga kedalaman 5 meter.

Ukurannya yang kecil dan bobotnya yang ringan juga sangat nyaman dipakai – Anda akan merasa seperti tidak sedang memakai smartband. Sayangnya, tidak tersedia fitur GPS pada smartband ini. Cukup masuk akal mengingat harganya yang terjangkau, yakni sekitar Rp 500 ribuan saja.

Oh iya, smartband ini bisa melakukan berbagai pemantauan mirip smartband lain pada umumnya – sleep monitoring, detak jantung, dan mampu mendeteksi kegiatan olahraga secara otomatis mirip berjalan, berlari, dan berbagai olahraga lainnya.

6. Xiaomi Mi Band 4

xiaomi-mi-band-4

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kabar baik bagi Anda yang menginginkan smartband dengan ketahanan baterai super berpengaruh, alasannya adalah Xiaomi Mi Band 4 mampu bertahan hingga 20 hari pemakaian normal. Terdapat juga aneka macam fitur berguna lainnya mirip peringatan untuk bergerak jikalau sudah duduk terlalu lama, pemantauan tidur, detak jantung, dan juga pemantauan berenang yang baik.

Sertifikasi 5ATM ini bisa dibawa mandi dan berenang dalam kedalaman 5 meter dan mampu mendeteksi 5 gaya renang. Olahraga lainnya juga mampu dipantau dengan baik mirip berlari, battle rope, bersepeda, dan masih banyak lagi.

Alat ini juga terintegrasi dengan aplikasi Mi Fit yang mampu menghasilkan laporan analisa mengenai keadaan badan Anda, mirip sleep score dan penilaian olahraga. Tidak terdapat GPS pada smartband ini, tapi beberapa keunggulan tadi (ditambah layar AMOLED penuh warna yang cukup besar), membuatnya layak dibeli dengan harga Rp 400 ribuan saja.

7. Fitbit Inspire HR

fitbit-inspire-hr

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Fitbit Inspire HR ialah smartband yang ideal untuk segala kebutuhan fitness tracking. Alat ini akan langsung mengetahui bila Anda sudah mulai berolahraga dan akan memantau progess olahraga seperti bersepeda, berlari, dan berenang.

Bahkan dikala sedang tidak berolahraga, smartband ini juga akan melacak detak jantung, kalori yang terbakar, dan jumlah langkah kaki dengan sangat akurat. Untuk menghitung jarak tempuh dan pacu dikala berjalan, Anda mampu menghubungkan smartband dengan GPS pada HP Anda – tidak tersedia GPS built-in pada Fitbit Inspire HR.

Fitur heart rate monitoring pada smartband juga dapat digunakan sebagai teladan bila Anda ingin melaksanakan sesi pernapasan. Tak hanya itu, Anda mampu menginputkan kuliner yang Anda makan supaya mampu dibandingkan dengan kalori yang keluar. Cocok bagi Anda yang ingin menguruskan tubuh. Kalau dari segi ketahanan baterai, smartband ini mampu bertahan sampai 5 hari dalam sekali cas penuh. Dapatkan Fitbit Inspire HR dengan harga Rp 1 jutaan.

8. Honor Band 5

 honor-band-5

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Pada beberapa masalah, seringkali kita harus memilih antara fungsionalitas dengan desain – tidak berlaku bagi smartband ini. Didukung dengan desain bodi yang stylish dan layar besar AMOLED (0,95 inci) berwarna, Anda pun tidak perlu takut dengan keunggulannya untuk menunjang aktivitas olahraga.

Karena, Honor Band 5 sudah tersertifikasi 5ATM yang mampu memantau jarak dan kecepatan berenang – terdapat juga pemantauan SWOLF untuk mengukur efisiensi berenang. Selain itu, Anda yang pecinta alam bisa menikmati keunggulan seperti pengukuran tingkat saturasi darah dalam oksigen. Cocok dibawa hiking ke gunung!

Honor Band 5 juga hadir dengan banyak sekali profil olahraga yang bisa dipersonalisasikan. Profil yang berbeda ini (seperti lari dan bersepeda dalam atau luar ruangan) akan menampilkan data yang mudah dimengerti dan juga relevan. Anda jadi serasa mempunyai personal trainer sendiri.

Oh, tidak hanya itu saja. Terdapat fitur sinkronisasi yang baik antara smartband dengan HP. Anda bisa mengayunkan alat ini untuk mengambil selfie, mendapatkan banyak sekali notifikasi umum seperti pesan masuk, panggilan telepon, kalender, dan sebagainya. Bahkan Anda mampu mencari HP yang hilang dengan smartband ini. Menarik, bukan?

Tapi, untuk melacak jarak lari, beliau tidak mempunyai GPS-nya sendiri melainkan dengan menggunakan aplikasi Huawei Health. Anda bisa mendapatkan smartband ini dengan harga Rp 400 ribu.

9. Samsung Gear Fit 2 Pro

Samsung Gear Fit 2 Pro

Cek Harga di Shopee

Samsung Gear Fit 2 Pro adalah upgrade dari pendahulunya Samsung Gear Fit 2. Walaupun tentunya dijual dengan harga lebih tinggi, namun nyatanya Fit 2 Pro mempunyai fitur yang sama komprehensifnya dengan Fit 2. Hanya saja Fit 2 Pro ini sudah membawa beberapa aplikasi yang sudah terpasang seperti MapMyRun, Speedo Go, UA Record dan Endomondo.

Selain menyandang rating IP68, Samsung juga menambahkan sertifikasi MIL-STD-810G pada Gear Fit 2 Pro. Makara, selain ramah dikala kau bawa berenang (bisa menahan tekanan air 5ATM), smartband ini juga mampu lebih tahan usang.

Smartband yang sudah memiliki built-in GPS dan didesain sangat keren ini mampu kau dapatkan dengan harga Rp 3 jutaan saja. Nilai plus lain yang kamu dapatkan dari produk ini adalah sudah mendukung penggunaan Spotify secara offline.

10. Garmin Vivosport

Garmin Vivosport

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Bisa dibilang kalau Garmin Vivosport ialah salah satu pelacak kebugaran (fitness tracker) terkecil yang memiliki full GPS atau HR (heart rate) tracking serta sebuah altimeter. Walaupun terlihat minimalis, namun smartband ini memiliki kekuatan tracking yang maksimal. Harga jual untuk Garmin Vivosport adalah sekitar Rp2,8 jutaan.

Hal lain yang menjadi unggulan smartband ini ialah daya tahan baterai yang baik dan akurasi detak jantung yang baik pula. Selain itu, GPS yang sudah tertanam di dalamnya juga mampu bekerja dengan ok.

Makara, ketika kau berjalan atau berlari dengannya, rute yang kau lewati mampu dipetakan secara akurat. Sayangnya, walaupun produk ini dibentuk tahan air, namun kau tidak akan menemukan mode berenang di sana.

Itulah daftar beberapa smartband (dan smartwatch) terbaik pilihan Carisinyal. Semoga kamu bisa menemukan produk smartband terbaikmu melalui goresan pena ini. Informasi lengkap untuk produk-produk di atas bisa kamu tanyakan kepada penjual saat kamu ingin membelinya ya.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online